Korban Penipuan Jadi Terdakwa

Amr/rel Selasa, 13 Februari 2018 19:55 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Sergei:  Sudah jatuh tertimpa tangga, nasib tidak beruntung inilah yang dialami Santiano Putra Sinulingga, ,39, warga Komplek Perumahan Pinang Baris Permai Medan. Santiano Putra Sinulingga tidak saja telah menjadi korban penipuan, tapi kini malah duduk dikursi pesakitan sebagai terdakwa kasus pertambangan ilegal atau galian C di kawasan di Dusun-III, Desa Sungai Buaya, Kecamatan Selindak/Bangun Purba, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, saat ini perkaranya digelar di Pengadilan Negeri (PN) Rampah Serdang Bedagai, Selasa (13/2/2018).
    


Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Agus Aji Admaja SH menuntut terdakwa telah melakukan penambangan ilegal atau telah melakukan penambangan melawati batas titik kordinat sejauh 60 meter dari  izin batas penambangan.
   
Mendengar dakwaan itu, terdakwa memohon kepada Ketua Majelis Hakim, Doris Saragih SH untuk menyampaikan nota keberatan. Untuk selanjutnya, sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda mendengar nota keberatan dari terdakwa.
   
Setelah persidangan, terdakwa Putra menyatakan bahwa sesungguhnya dirinya telah menjadi korban penipuan oleh Saurina yang mengaku sebagai pemilik tambang sebagaimana tertuang dalam akte perjanjian kerjasama yang dibuat dihadapan Notaris Epi Sulasteri, SH Nomor 1 tertanggal 19 Juli 2016.
   


Dikatakan Putra, bahwa lahan seluas lebih kurang 1,12 Ha sesuai  SIUP dikeluarkan oleh Bupati Serdang Bedagai Nomor : 18.13/540/801/2015 tanggal 03 Maret 2015,  yang diakui milik Saurina, ternyata izinnya telah berakhir dan atas bujuk rayu sudari Saurina terdakwa Putra sebagai Direktur PT.Trimurty Jaya Mandiri diminta untuk membiayai perpanjangan izin pertambangannya, sekaligus untuk memperluas areal pertambangan miliknya. Untuk itu keduanya sepakat untuk melakukan perjanjian dihadapan notaris.
   
Lebih lanjut dijelaskan Putra¸ bahwa sesuai kesepakatan itu ditetapkan hak-hak dan kewajiban masing-masing, termasuk kewajiban terdakwa menalangi dana sebesar Rp 350 juta untuk pengurusan IUP atas nama Saurina Ramadhani ke Provinsi Sumatera Utara untuk luas 20,4.Ha yang tadinya hanya seluas 1,12 Ha. Dalam perjanjian itu juga disebutkan mengenai proses bagi hasil pertambangan melalui bukti bon pengiriman barang.
   
Selanjutnya atas perintah Saurina, terdakwa diminta untuk membawa alat-alat berat berupa damp truk, alat pengayak dan becko ke lokasi galian, dan sekaligus mendirikan bangunan sebagai bass camp yang dikerjakan langsung oleh Saurina melalui orang suruhannya yang bernama Gopal dan di danai oleh terdakwa. Sebagai awal dimulai beroperasinya pertambangan tersebut.
   
Faktanya hasil pertambangan pasir dan batu koral diareal yang diakui milik Saurina ternyata tidak sesuai yang diharapkan, dan atas perintahnya untuk melakukan pertambangan dibagian hilir sungai, namun lagi-lagi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Dan dari sinilah titik awal perseteruan terdakwa dengan Saurina, karena sebagai pihak yang mengaku pemilik lahan tidak mampu menunjukan titik kordinat areal pertambangan yang sebenarnya, termasuk diareal perluasan yang ternyata hak kepemilikannya masih milik warga.
   
Merasa telah menjadi korban penipuan terdakwa melaporkan perbuatan itu ke Polda Sumatera Utara dengan Surat Tanda Terima Laporan Polisi Nomor : STTLP/49/ I/2017/SPKT tertanggal 13 Januari 2017. Namun beberapa bulan kemudian terdakwa malah balik dilaporkan oleh Saurina, tepatnya pada tanggal 11 Pebruari 2017 dengan Laporan Polisi Nomor : LP/10/II/2017/SU/RES SERGAI/SEK KOTARIH dengan tuduhan telah melakukan pertambangan ilegal.
   
Ironisnya, Polda Sumut malah menetapkan Putra Sinulingga menjadi tersangka hingga perkara tersebut disidangkan di PN Serdang Bedagai. Sementara kasus penipuan yang dilaporkannya dinyata SP3 karena salah seorang terlapor Aritah Ginting orang yang pertama kali memperkenalkan terdakwa dengan Saurina dinyatakan masuk daftar pencarian orang (DPO).
   
"Saya telah menjadi korban rekayasa kasus ini, pasalnya bagaimana mungkin saya melakukan perbuatan penambangan ilegal, sebab galian C itu atas perintah Saurina sesuai surat perjanjian yang dibuat dihadapan notaris," ungkap Putra.
   
Dipaparkan Putra, faktanya sangat jelas karena pertambangan itu mulai beroperasi sesuai perintah Saurina yang tertuang dalam akta perjanjian dinotaris, bagaimana mungkin saya dinyatakan sebagai terdakwa, sementara orang yang mengaku sebagai pemilik lahan dan menerima uang untuk perpanjangan izin pertambangan bebas dari jeratan hukum. "Dimana rasa keadilan itu dan penegak hukum telah tebang pilih dalam perkara ini", tutur Putra menyesali.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:kriminalMatatelingaPN SergeiPenegakan hukumPolisiSumut
Komentar
Sabtu, 24 Feb 2018 07:34Nasional

Tim Polri dan Bea Cukai Galkan 3 Ton Sabu Masuk ke Indonesia

Pengecekan dilakukan di seluruh bagian kapal, termasuk bagian freezer oleh Tim Polri dan Bea-Cukai, memeriksa muatan kapal berbendera Taiwan yang diduga membawa sabu dalam jumlah besar di Kepulauan Riau.

Sabtu, 24 Feb 2018 07:19Berita Sumut

Danrem 022/PT Kunjungi Pulau Berhala

Danrem 022/PT Kol Arm Khoirul Hadi melakukan kunjungan kerja ke Pulau Berhala Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Sabtu, 24 Feb 2018 07:04Nasional

Panglima TNI : Jaga dan Tingkatkan Kekompakan TNI dan Polri

Soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri harus terus dijaga dan ditingkatkan, yang sudah bagus dibuat lebih bagus lagi, supaya rakyat Indonesia tahu bahwa TNI dan Polri selalu kompak dalam satu kesatuan untuk menjaga Ibu Pertiwi agar tidak diganggu oleh

Sabtu, 24 Feb 2018 06:49Berita Sumut

Di Hadapan Gubernur NTB, Edy Rahmayadi Yakin Bawa Sumut Bermartabat

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Sabtu, 24 Feb 2018 06:34Berita Sumut

GNPF MUI Deklarasi Dukung ERAMAS di Pilgub Sumut

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:19Berita Sumut

Wagubsu Nurhajizah : PKH Ikut Berkontribusi Dalam Penanggulangan Kemiskinan

Menteri Sosial Idrus Marham bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) DR. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH secara simbolis menyerahkan bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Deli Serdang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:04Berita Sumut

Silaturahmi Alumni Al Azhar: Dihadiri Gubernur NTB Hingga Cagubsu Edy Rahmayadi

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Jumat, 23 Feb 2018 19:55Berita Sumut

Tio Handoko Terpilih Jadi Ketum SP Bun PTPN III Periode 2018 – 2022

Tio Handoko terpilih dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum SP Bun PTPN III (Persero) pada Musyawarah Luar Biasa Serikat Pekerja Perkebunan Tingkat Perusahaan (MUSLUBSERJATIP) PTPN III (Persero)

Jumat, 23 Feb 2018 19:48Berita Sumut

Gubsu Rotasi Delapan Pejabat Pratama Pemprovsu

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi, MSi merotasi delapan pejabat struktural Tingkat Pratama di lingkungan Pemprovsu. Rotasi ini ditandai dengan pengukuhan delapan pejabat tersebut setelah mendapat persetujuan Komisi Aparatur Sipil Neg

Jumat, 23 Feb 2018 19:45Berita Sumut

BPBD Kota Medan Raih Penghargaan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menerima penghargaan sebagai BPBD Kabupaten/ Kota

Jumat, 23 Feb 2018 19:42Berita Sumut

Wali Kota Gelar Pengajian Dengan Pimpinan OPD Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menggelar pengajian bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 23 Feb 2018 19:39Berita Sumut

Gubsu Kukuhkan Effendy Pohan Jadi Pjs Bupati Padang Lawas

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT Erry Nuradim MSi mengukuhkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provsu Effendy Pohan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Padang Lawas

Jumat, 23 Feb 2018 19:37Berita Sumut

Walikota Terima Audensi Inti Sumut

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi, menerima audiensi Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa

Jumat, 23 Feb 2018 19:32Nasional

Panglima TNI : PPRC TNI Siap Digerakkan ke Berbagai Wilayah NKRI

Tantangan tugas TNI kedepan tidak semakin ringan dihadapkan dengan fenomena global yang menghadirkan berbagai bentuk ancaman kedaulatan negara. Hal ini menuntut kesiapsiagaan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang tinggi, untuk selalu siap setiap s

Jumat, 23 Feb 2018 17:30Berita Sumut

Dorr, Begal Ini Lumpuh Dipelor Polisi

Sat Reskrim Polrestabes Medan melumpuhkan seorang tersangka spesialis bandit jalanan berinisial DS alias DY (28) warga Jalan Gurilla, Medan Timur. Polisi terpaksa menembak kaki tersangka karena mencoba kabur saat petugas berupaya meringkus tersangka.

Jumat, 23 Feb 2018 16:46Berita Sumut

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi ke XII Se Sumatera Tahun 2018 Resmi Dibuka

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi (LPPP) Ke-XII Tahun 2018 Se-Sumatera kembali digelar, Jumat (23/2) di Open Stage PRSU, Jl. Gatot Subroto Medan. Kegiatan LPPP dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Sahar Siagian, M.Pd dengan dita