• Home
  • Berita Sumut
  • Korupsi Pengadaan Alat Peraga Sekolah, ASN dan Rekanan Pemko Binjai Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Korupsi Pengadaan Alat Peraga Sekolah, ASN dan Rekanan Pemko Binjai Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Faeza Senin, 15 April 2019 18:33 WIB
Mtc/fae
MATATELINGA, Medan: Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Binjai, Bagus Bangun (58) serta rekanan, Dodi Asmara ,36,, dituntut masing-masing 1,5 tahun penjara denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan. Keduanya dinilai bersalah melakukan korupsi pada pengadaan alat peraga sekolah di Pendidikan (Disdik) Kota Binjai yang mengakibatkan negara mengalami kerugian sebesar Rp499.143.300..


Tuntutan ini dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejari Binjai dalam persidangan di Ruang 9 PN Medan, Senin (15/4/2019). Dodi dan Bagus merupakan dua dari 11 pelaku, yang lebih dulu disidangkan oleh Tim JPU yang waktu itu dipimpin langsung oleh Kajari Binjai Victor Antonius. 

"Meminta kepada majelis hakim untuk menghukum kedua terdakwa dengan hukuman 1 tahun 6 bulan dengan denda Rp50 juta subsider 3 bulan penjara," kata A Ginting di hadapan majelis hakim yang diketuai Azwardi Idris tersebut.

Seusai membacakan tuntutannya, majelis hakim langsung menutup sidang dan melanjutkannya pekan mendatang dengan agenda pledoi terdakwa. 


Sebelumnya, dalam dakwaan JPU menyatakan perbuatan Dodi Asmara dan Bagus Bangun bersalah melanggar pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1  KUH Pidana.

"Terdakwa Dodi Asmara selaku Direktur PT Aida Cahaya Lestari yang memenangi tender pengadaan sekolah kontrak tidak melaksanakan kontrak dan  menyerahkan hasil pekerjaan dalam keadaan lengkap, hal ini adalah melanggar prinsip-prinsip dan etika pengadaan," ujar JPU. 

Sementara terhadap Bagus Bangun, yang mana pembacaan dakwaan dilakukan terpisah, JPU menyatakan perbuatannya selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bersalah karena tidak melakukan pengendalian kontrak. Bagus juga justru menerima penyerahan hasil pekerjaan oleh perusahaan Dodi Asmara (PT Aida Cahaya) padahal, kontrak tersebut tidak lengkap dikerjakan sesuai kesepakatan.


Masih kata JPU, kedua terdakwa bersama pelaku lainnya melakukan penggelembungan harga atau mark-up hingga pengadaannya fiktif dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2010 Pemko Binjai.

"Berdasarkan laporan hasil perhitungan kerugian Negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Popinsi Sumatera Utara Nomor: SR-45/PW02/5.2/2018 tanggal 22 Oktober 2018, negara mengalami kerugian sebesar Rp499.143.300," cetus JPU.

Diketahui, selain Bagus Bangun dan Dodi Asmara, Kejari Binjai turut menetapkan sembilan tersangka lainnya dan belum disidangkan dari kasus yang sama di Dinas Pendidikan Kota Binjai.

Bahkan salah satu dari sembilan tersangka yang ditetapkan oleh penyidik Kejari Binjai, adalah Ismail Ginting selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai yang sempat menjabat Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan merangkap jabatan Sekretaris Disdik. (mtc)

Editor: Faeza

T#g:Korupsi Pengadaan Alat Peraga SekolahMatatelingaTerkinikejari binjaiPN Medan
Komentar
Jumat, 26 Apr 2019 23:25Berita Sumut

Miris, Calon Anggota DPRD P.Sidimpuan Tidak Menghadiri Pemakaman Perwira Pejuang Demokrasi

Sungguh Miris dan sangat disayangkan akan ketidakhadiran para calon DPRD Kota padangsidimpuan yang tidak menghadiri pemakaman perwira polisi

Jumat, 26 Apr 2019 23:22Berita Sumut

Diseutas Tali Pinggang, Nyawaku Hilang

Apriyanto (19) mengakhiri hidupnya Sangat tragis, pria yang tercatat ngekost di Jalan Sisingamangaraja

Jumat, 26 Apr 2019 20:54Berita Sumut

Ibu Mana Yang Tega Membuang Orok Bayi Dalam Parit

Puluhan warga Jalan Saudara, Kelurahan Timbang Deli, Medan Amplas berbondong bondong melihat dengan penemuan sesosok mayat orok bayi perempuan di dalam parit, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 20:34Berita Sumut

Eldin Harapkan Kesejahteraan Buruh Meningkat Dengan Baik

Sumatera Utara khususnya Kota Medan merupakan salah satu Provinsi yang mendapat penghargaan anugerah keselamatan dan kesehatan kerja. Ini semua merupakan buah kerja keras semua pihak yang terus bersinergi untuk menciptakan atmosfer kerja yang terbaik.

Jumat, 26 Apr 2019 20:19Berita Sumut

Pak Wakil Bupati Asahan...Sudah Bolehkah Truck Tronton Bermuatan Non Sembako Masuk Kota ?.

Peraturan Bupati Asahan yang kala itu masih di jabat oleh Almarhum Taufan Gama Simatupang, sudah melarang segala jenis kendaraan berat bermuatan non sembako memasuki inti kota Kisaran, namun peraturan yang dibuat senantiasa tidak diindahkan oleh Dinas Per

Jumat, 26 Apr 2019 20:04Berita Sumut

Tipu Mahasiswa Mau Pergi Study Banding, Indra Mendekam di Jeruji Besi

Ahmad Indra Batubara (48) warga Jalan Prona I, Kelurahan Petapahan Lubukpakam ditangkap personel Polsek Medan Baru.

Jumat, 26 Apr 2019 19:46Nasional

CPNS Bakamla Terima Wawasan Pelatihan Dasar Militer

Personel dan CPNS Bakamla yang terlihat bugar dan berkeringat, berkumpul di tribun Stadion Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 19:29Berita Sumut

Masyarakat Sumut Diajak Dalami Sejarah Kelahiran Provinsi

Ada yang istimewa dan berbeda pada peringatan hari jadi ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun ini. Masyarakat diajak mendalami sejarah tentang kelahiran Provinsi Sumut melalui seminar yang mengusung tema "Menimba Inspirasi Pembangunan yang Berm

Jumat, 26 Apr 2019 19:13Berita Sumut

Sumatera Barat Expo 2019 Akan Diadakan di Medan

ali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Ir Khairul Syahnan menerima kunjungan dari Provinsi Sumatera Barat di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan, Jumat (26/4). Maksud kunjungan Pemerintah Provinsi Sumat

Jumat, 26 Apr 2019 18:55Berita Sumut

Keynote Speaker Seminar Nasional Teknik, Akhyar Paparkan Hal Ini

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi keynote speaker (pembicara utama) dalam Seminar Nasional Teknik di Aula Fakultas Tekhnik Universitas Islam Sumatera Utara (FT-UISU), Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (26/4/2019). Seminar Nasional T

Jumat, 26 Apr 2019 18:40Berita Sumut

Sekdako Medan : Semua Harus Tanggap Terhadap Ancaman Bencana

Selanjutnya Sekda mengungkapkan, berkaitan dengan kejadian tersebut, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik Pemerintah Kota, TNI, Polri, swasta, relawan, dan tentu saja masyarakat dalan upaya pengurangan resiko bencana sampai pada kegiatan evakuasi

Jumat, 26 Apr 2019 18:24Berita Sumut

MIS Open 2019 Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Tangguh & Handal

Sebanyak 386 peserta dari 33 club sepatu roda di Indonesia di Indonesia ditambah 44 peserta dari India mengikuti kejuaraan Indonesia Roller Sport Series II Medan Inline Skate (MIS) Open 2019 di Lintasan Sepatu Roda Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata

Jumat, 26 Apr 2019 18:09Berita Sumut

Jajaran Kepolisian di Sumut Siap Amankan May Day 2019

Jajaran kepolisian di Sumatera Utara siap mengamankan perayaan hari buruh sedunia (May Day) pada 1 Mei 2019 mendatang. Seluruh polres di Sumut sudah melakukan berbagai persiapan untuk pengamanan perayaan kaum buruh tersebut.

Jumat, 26 Apr 2019 17:46Berita Sumut

Nyaru Jadi Pembeli, Personil Polsek Bandar Pulau Ciduk Pengedar Narkoba

Pedagang narkotika jenis sabhu berinisial ARF alias Andre (29) warga dusun I desa Rahuning kecamatan Rahuning Asahan, ketangkul personil Reskrim Polsek Bandar Pulau Asahan. Dia tertangkap tangan setelah polisi menyaru sebagai pembeli narkotika, Kamis (25/

Jumat, 26 Apr 2019 17:15Ekonomi

Sumut Masih Berpeluang Tekan Inflasi

Melihat tren perkembangan harga selama bulan April ini, Sumatera Utara (Sumut) masih berpeluang mencetak laju tekanan inflasi. Sejumlah harga kebutuhan pokok masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah satu komoditasnya adalah bawang putih diman

Jumat, 26 Apr 2019 16:19Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan DBH PBB, Polda Sumut Periksa Bupati Labura

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Poldasu memeriksa Bupati Labuhan Batu Utara (Labura) Khairuddin Syah Sitorus di Mapolda Sumut, Jumat (26/4/2019). Pemeriksaan diduga sekaitan dengan dugaan penyelewengan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak B