• Home
  • Berita Sumut
  • Korupsi Pengadaan Alat Peraga Sekolah, ASN dan Rekanan Pemko Binjai Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Korupsi Pengadaan Alat Peraga Sekolah, ASN dan Rekanan Pemko Binjai Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Faeza Senin, 15 April 2019 18:33 WIB
Mtc/fae
MATATELINGA, Medan: Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Binjai, Bagus Bangun (58) serta rekanan, Dodi Asmara ,36,, dituntut masing-masing 1,5 tahun penjara denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan. Keduanya dinilai bersalah melakukan korupsi pada pengadaan alat peraga sekolah di Pendidikan (Disdik) Kota Binjai yang mengakibatkan negara mengalami kerugian sebesar Rp499.143.300..


Tuntutan ini dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejari Binjai dalam persidangan di Ruang 9 PN Medan, Senin (15/4/2019). Dodi dan Bagus merupakan dua dari 11 pelaku, yang lebih dulu disidangkan oleh Tim JPU yang waktu itu dipimpin langsung oleh Kajari Binjai Victor Antonius. 

"Meminta kepada majelis hakim untuk menghukum kedua terdakwa dengan hukuman 1 tahun 6 bulan dengan denda Rp50 juta subsider 3 bulan penjara," kata A Ginting di hadapan majelis hakim yang diketuai Azwardi Idris tersebut.

Seusai membacakan tuntutannya, majelis hakim langsung menutup sidang dan melanjutkannya pekan mendatang dengan agenda pledoi terdakwa. 


Sebelumnya, dalam dakwaan JPU menyatakan perbuatan Dodi Asmara dan Bagus Bangun bersalah melanggar pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1  KUH Pidana.

"Terdakwa Dodi Asmara selaku Direktur PT Aida Cahaya Lestari yang memenangi tender pengadaan sekolah kontrak tidak melaksanakan kontrak dan  menyerahkan hasil pekerjaan dalam keadaan lengkap, hal ini adalah melanggar prinsip-prinsip dan etika pengadaan," ujar JPU. 

Sementara terhadap Bagus Bangun, yang mana pembacaan dakwaan dilakukan terpisah, JPU menyatakan perbuatannya selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bersalah karena tidak melakukan pengendalian kontrak. Bagus juga justru menerima penyerahan hasil pekerjaan oleh perusahaan Dodi Asmara (PT Aida Cahaya) padahal, kontrak tersebut tidak lengkap dikerjakan sesuai kesepakatan.


Masih kata JPU, kedua terdakwa bersama pelaku lainnya melakukan penggelembungan harga atau mark-up hingga pengadaannya fiktif dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2010 Pemko Binjai.

"Berdasarkan laporan hasil perhitungan kerugian Negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Popinsi Sumatera Utara Nomor: SR-45/PW02/5.2/2018 tanggal 22 Oktober 2018, negara mengalami kerugian sebesar Rp499.143.300," cetus JPU.

Diketahui, selain Bagus Bangun dan Dodi Asmara, Kejari Binjai turut menetapkan sembilan tersangka lainnya dan belum disidangkan dari kasus yang sama di Dinas Pendidikan Kota Binjai.

Bahkan salah satu dari sembilan tersangka yang ditetapkan oleh penyidik Kejari Binjai, adalah Ismail Ginting selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai yang sempat menjabat Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan merangkap jabatan Sekretaris Disdik. (mtc)

Editor: Faeza

T#g:Korupsi Pengadaan Alat Peraga SekolahMatatelingaTerkinikejari binjaiPN Medan
Komentar
Kamis, 20 Jun 2019 13:54Berita Sumut

Penyidikan Dugaan Korupsi DBH dan Disporasu Terkendala Proses Audit

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut belum mampu merampungkan kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) di Pemkab Labusel dan Labura. Padahal, kedua kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan sejak beberapa bulan lalu.

Kamis, 20 Jun 2019 13:38Berita Sumut

Pijatan Tak Memuaskan, Gio Bunuh Tukang Pijatnya

Seorang pemuda di Deliserdang berinisial GAS alias Gio ,18, tega menghabisi nyawa tukang pijat yang juga tetangganya, Arma (56), menggunakan alu. Persoalannya hanya karena pelaku tidak puas dengan pijatan korban.

Kamis, 20 Jun 2019 13:08Berita Sumut

Jajaran Pemkab Sergai Halal bi Halal dengan Warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan

Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menggelar acara halal bi halal dengan warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan, Rabu (19/6/2019). Halal bi halal yitu langsung dihadiri Bupati Sergai Soekirman dan wakilnya Darma Wijaya.

Kamis, 20 Jun 2019 12:56Berita Sumut

Sesak Napas, Calon Penumpang ini Mendadak Tewas di Loket Bus ALS

Salah seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution ,42, warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Padangsidimpuan Utara, mendadak meninggal dunia di loket Bus ALS di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Se

Kamis, 20 Jun 2019 12:49Berita Sumut

Wagub Sumut: Jangan Nanti Diambil Negara Asing

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas kemenangan Zahra Annisa Fitri dan Nadya Khairussyifa pada lomba Indonesian Fun Science Award (IFA) yang mendapat hadiah liburan ke Jerman selama seminggu

Kamis, 20 Jun 2019 12:40Berita Sumut

Kejari Batubara Terkejut Saksi 02 Berstatus Terdakwa Beri Keterangan di MK

Kejaksaan Negeri Batubara mengaku terkejut atas kehadiran Rahmadsyah Sitompul yang dihadirkan pemohon pada persidangan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Pasalnya, Rahmadsyah merupakan terdakwa dalam kasus UU ITE yang ditangani oleh

Kamis, 20 Jun 2019 11:44Berita Sumut

Tingkatkan Binter, Danramil 14/Pancurbatu Komsos dengan Kommas

Guna meningkatkan pembinaan teritorial (Binter),Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Yudha Rismansyah selalu menekankan kepada jajaranya agar meningkatkan komunikasi sosial (Komsos) dengan berbagai kegiatan di masyarakat. Karena dengan komsos bisa meningka

Kamis, 20 Jun 2019 10:39Berita Sumut

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Apresiasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi USU

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut mengapresiasi para mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang tergabung di Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (IMAJINASI), yang melakukan studi banding ke Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut

Kamis, 20 Jun 2019 09:35Berita Sumut

Wagub Sumut Sebut PAB Bantu Majukan Pendidikan

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menerima Pengurus Perkumpulan Amal Bakti (PAB) di ruang kerjanya, lantai 9, Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No.30 Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Edy Rahmayadi: Pemuda Harus Jadi Garda Terdepan Jaga Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah menerima kunjungan silaturahmi Pemuda Muhammadiyah Sumut di Masjid Agung, Jalan Diponegoro, Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:15Ekonomi

Kehadiran Maskapai Asing, Belum Tentu Harga Tiket Pesawat Turun

Kehadiran maskapai asing di penerbangan Indonesia merupakan salah satu opsi untuk menurunkan

Kamis, 20 Jun 2019 08:00Internasional

Atas Pembunuhan Khashoggi, Putra Mahkota Saudi Harus Diselidiki

Penyelidik PBB mengatakan bahwa ada bukti kredibel bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman

Kamis, 20 Jun 2019 07:45Nasional

Netizen Bercibir Usai Sepeda Motor Beratap Payung, Viral

Ada saja inovasi unik yang dibuat orang Indonesia. Salah satunya yang sedang viral adalah sepeda motor beratap

Kamis, 20 Jun 2019 07:30Ekonomi

OJK Revisi Target Pertumbuhan Kredit Perbankan

Atas dasar pertimbangan perang dagang yang mempengaruhi pasar global dan berimbas pada ekspor

Kamis, 20 Jun 2019 07:15Bola

Main Bareng Mbappe dan Pogba di Madrid, ini Komentar Ferland Mendy

Pemain anyar Real Madrid, Ferland Mendy, ikut mengomentari rumor kehadiran dua kompatriotnya

Kamis, 20 Jun 2019 07:00Lifestyle

Ini Keistimewaan Shalat Sunah 8 Rakaat di Bulan Syawal dan Berikut Tata Caranya

Rangkaian ibadah yang ada dari bulan ramadan sampai bulan syawal ini mempunyai fadhilah dan pahala yang luar biasa dari Allah SWT