• Home
  • Berita Sumut
  • Kunker Komisi V DPR RI ke Sumut, Gubernur Edy Minta Kondisi Jalan Nasional Diperhatikan

Kunker Komisi V DPR RI ke Sumut, Gubernur Edy Minta Kondisi Jalan Nasional Diperhatikan

mtch/rel Kamis, 05 Desember 2019 20:00 WIB
Mtc/Ist
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerima kunjungan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara di Auditorium Danau Toba , Perkantoran Angkasa Pura II, Bandara Kua
MATATELINGA, Deliserdang: Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (5/12/2019). Kunker dalam rangka peninjauan infrastruktur dan transportasi khususnya melihat kesiapan angkutan menyambut hari besar Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.






Kunker diawali dengan pertemuan bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Auditorium Danau Toba, Perkantoran Angkasa Pura II, Bandara Kualanamu, Deliserdang. Mengucapkan selamat datang, Edy Rahmayadi meminta dan menyampaikan harapan agar kunker Komisi V DPR yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V  Syarif Abdullah Alkadrie  juga memperhatikan kondisi jalan nasional yang ada di Sumut.

"Kami mohon perhatian dengan kehadiran Bapak dan rombongan, kalau kebutuhan jalan ini memang bukan hanya karena Natal dan Tahun Baru, tetapi manfaatnya berkepanjangan dan efeknya berdampak ke banyak sektor, mulai dari ekonomi, sosial, pariwisata, dan lainnya," ujar Edy saat menyampaikan sambutan.

Selanjutnya, Edy mengatakan bahwa Provinsi Sumut merupakan wilayah yang luas dengan jumlah 33 kabupaten/kota. Pembangunan bandara di Mandailing Natal (Madina) pasti sangat membantu dan memudahkan mobilitas. "Mudah-mudahan ini juga dibantu dan dimudahkan prosesnya," katanya.







Perihal kesiapan menyambut Natal dan Tahun Baru, Edy menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumut telah menyiapkan 27 pos yang disebar di kabupaten/kota khususnya daerah-daerah dengan penduduk mayoritas Nasrani. Pos tersebut untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang terjadi di lapangan atau arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru, yakni sesuai dengan yang ditetapkan pusat, selama 18 hari mulai tanggal 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

"Dengan kehadiran rombongan Komisi V di Sumut untuk meninjau kesiapan, tentunya membantu kami untuk mengevaluasi apa-apa yang masih kurang dan perlu kami persiapkan. Sehingga nanti, mobilisasi saudara-saudara kita yang ingin berlibur dan melakukan aktivitas keagamaan bisa berjalan lancar," harap Edy.






Wakil Ketua Komisi V DPR RI  Syarif Abdullah Alkadrie menjelaskan bahwa kunker dilaksanakan sebagai salah satu tugas fungsi kedewanan dan pengawasan. Menanggapi harapan Gubernur, Syarif menyebut bahwa Komisi V DPR RI akan mendukung pembangunan jalan nasional di Sumut. Begitu pun dengan pembangunan Bandara di Madina.

"Pembangunan Bandara itu sudah masuk di Kementerian Perhubungan dan kita Komisi V sebagai mitra. Hal yang baik tentu akan kita dukung. Setelah kembali ke Jakarta, mungkin ini menjadi catatan-catatan yang kita bawa pulang nantinya," ucap Syarif.

Untuk kesiapan menyambut hari besar keagamaan, Syarif mengimbau agar memperhatikan kondisi cuaca. Begitupun dengan moda trasportasi lainnya. Selain menggunakan jalur darat dan udara, banyak juga yang menggunakan kapal laut. "Prediksi dan pemantauan cuaca harus diperhatikan," pesannya.







Sebelumnya, Kepala Kantor Otoritas Bandara Udara Wilayah II Bintang Hidayat memaparkan sebaran lokasi pemantauan Kantor Otoritas Bandara Udara Wilayah II mencakup Bandara Kualanamu Deliserdang, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Hang Nadim Batam, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh.

Menurut Bintang, ada beberapa strategi yang akan diambil untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru  yakni meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas navigasi penerbangan, fasilitas keamanan penerbangan, memantau tren penumpang, dan melaksanakan instruksi Dirjen Perhubungan Udara. "Di antaranya kesiapan sarpras (sarana dan prasarana) armada, awak pesawat. Antisipasi delay, antisipasi penggunaan narkoba, antisipasi gangguan terorisme, dan lain-lain," tutur Bintang.

Pertemuan Komisi V DPR RI dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi  terkait kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dilanjutkan dengan pemaparan pihak moda transportasi lain, peninjauan fasilitas sarana dan prasarana.

Berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 5-7 Desember 2019, pertemuan turut dihadiri oleh Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dan pejabat Kementerian PUPR lainnya, pejabat Kementerian Perhubungan RI, Kepala Balai Prasarana Premukiman Wilayah Sumut Syafriel Tansier, Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Edison Kurniawan, pejabat Basarnas, Executive GM PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu Bayuh Iswantoro, Direktur Operasi Pelindo I Syahputera Sembiring, pejabat PT ASDP Indonesia Ferry dan OPD Pemprov Sumut.
Editor: Amrizal

T#g:Berita SumutblibliGubernurKunker Komisi V DPR RI ke Sumutmatatelinga.commatatelinga comPemprovsum Edy RahmayadiTerkiniTraveloka
Komentar
Rabu, 29 Jan 2020 14:01Berita Sumut

Airnya Bercampur Kehitam-Hitaman, Pemko Diminta Ganteng PT KIM Mengatasinya

Hujan lebat yang terjadi di kota Medan, mengakibatkan banjir di sejumlah daerah di Sumatera Utara dan termasuk kota Medan

Rabu, 29 Jan 2020 13:52Berita Sumut

Dakwaan Kabur, Arlius Zebua Minta Hakim Hentikan Perkara Dugaan Penipuan Kliennya

Arlius Zebua SH, MH

Rabu, 29 Jan 2020 13:46Berita Sumut

Hadir Ditengah Masyarakat, Kapolsek Medan Timur Evakuasi Anak SD

Warga yang ada di Jalan Veteran Komplek PJKA Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur terdampak banjir, saat hujan deras mengguyur kota Medan, Rabu (29/1/2020) dini hari.

Rabu, 29 Jan 2020 13:22Berita Sumut

Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Menerima Kunjungan Kosul Singapura

Konsul Jenderal Singapura Richard Grosse melakukan silaturahmi dengan pimpinan DPRD Kota Medan

Rabu, 29 Jan 2020 13:07Berita Sumut

Gubernur Edy Perintahkan BPBD Sumut Bantu dan Dampingi Masyarakat Tapteng

Mendengar kabar banjir merendam tujuh desa/kelurahan di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (29/1/2020) dini hari, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bergerak cepat dengan memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencan

Rabu, 29 Jan 2020 12:52Nasional

Panglima TNI : Rapim TNI Mantapkan Soliditas dan Profesionalitas TNI

Rapat Pimpinan (Rapim) TNI sebagai forum menguatkan jalinan komunikasi yang harmonis, guna menyamakan persepsi, memantapkan soliditas profesionalitas TNI dan penyampaian berbagai ide dan gagasan cerdas demi kemajuan TNI, sehingga di masa mendatang akan le

Rabu, 29 Jan 2020 12:37Berita Sumut

Kerap Mengedarkan Narkoba, Rasakan dinginnya Terali Besi

Polsek Teluk Nibung meringkus pengedar Narkoba tersangka berinisial HH ,32, di Jalan Subur, lingkungan 4, Kel. Kuala Silo Bestari, kota Tanjung Balai, dengan barang bukti 10 paket sabu-sabu seberat 0,39 gram

Rabu, 29 Jan 2020 12:22Berita Sumut

Puluhan Adademisi Diedukasi Masalah Kependudukan

Puluhan akademisi dari tiap Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut) dilatih mengedukasi pelajar tentang kependudukan.

Rabu, 29 Jan 2020 12:07Berita Sumut

Ketua Pansus RTRW di Percayakan Pada Dedy Aksyari dan Hendra DS

Ketua Dedy Aksyari Nasution dan Hendra DS Wakil Ketua yang dpercaya sebagai Panitia Khusus (Pansus) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) DPRD Kota Medan.

Rabu, 29 Jan 2020 11:21Berita Sumut

Banjir Bandang Tapteng, Enam Orang Meninggal Dunia

Terkait banjir bandang di Kecamatan Barus dan Kecamatan Andam Dewi yang terjadi pada Selasa kemarin, (28/1/2020) melanda Tapteng, jumlah korban meninggal dunia terus bertambah

Rabu, 29 Jan 2020 11:06Berita Sumut

Kapolres Tapteng turun langsung dan kerahkan personil bantu warga Korban Banjir

Kapolres Tapteng turun langsung dan kerahkan personil bantu warga Korban Banjir, Rabu (29/1/ 2020) pukul 01.30 wib di Tapanuli Tengah mengalami Banjir di beberapa Kecamatan karena hujan yg curah sejak hari Selasa.

Rabu, 29 Jan 2020 10:52Berita Sumut

MPC PP Kota Medan Jalin Silahturahim Bersama Kejari Medan

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Medan bersilahturahim mengunjungi Kejaksaan Negeri Medan, Rabu (29/1/2020).

Rabu, 29 Jan 2020 10:08Berita Sumut

Rabu Bersinar Koramil Sibolangit

Anggota Koramil 03/Sibolangit, Kodim 0204/Deli Serdang, Rabu (29/1/2020) pagi melaksanakan program Rabu Bersinar. Dalam program tersebut, anggota TNI-AD ini memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalah gunaan narkotika kepada sejumlah pelajar di Desa Ban

Rabu, 29 Jan 2020 09:45Berita Sumut

TP PKK Kabupaten Asahan Gelar Rakornis

Tim Penggerak PKK kabupaten Ashan baru pertama kali menggelar Rakornis sejak PKK abupaten Asahan dikendalikan oleh Hj.Titiek Sugiarty Surya, pelaksanaan Rapat Koordinasi Tehnis (Rakornis) di gelar diAula Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (28/1/202

Rabu, 29 Jan 2020 09:08Berita Sumut

Hujan Deras Labuhan Direndam Banjir

Curah hujan tinggi di Kota Medan, Selasa kemarin(28/1/2020) malam menyebabkan banjir dan genangan air di sejumlah titik. Tak luput, kondisi itu terlihat di Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan.

Rabu, 29 Jan 2020 08:35Berita Sumut

MTQ Ke 51 Tingkat Kecamatan Kisaran Barat Dibuka Bupati Asahan

Bupati Asahan H.Surya BSc, membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 51 dan Festival Nasyid tingkat Kecamatan di kecamatan Kisaran Barat, Selasa (28/1/2020) di jalan Kartini kelurahan Sendangsari Kecamatan Kota Kisaran Barat.