Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H

Lagi, Pemkab Tobasa Raih Predikat WTP dari BPK RI

pintor Kamis, 24 Mei 2018 20:45 WIB
mtc/ist
Untuk yang kedua kalinya, pengelolaan keuangan Kabupaten Toba Samosir meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI untuk tahun anggaran 2017.
MATATELINGA, Tobasa: Untuk yang kedua kalinya, pengelolaan keuangan Kabupaten Toba Samosir  meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI untuk tahun anggaran 2017. 

Sebelumnya tahun 2017, Kabupaten Toba Samosir dibawah kepemimpinan Ir. Darwin Siagian dan Ir Hulman Sitorus menerima WTP untuk tahun anggaran 2016.

Selama kurang lebih 18 tahun sejak berdirinya Kabupaten Toba Samosir pada tahun 1999, ini yang kedua kali Tobasa mendapat opini WTP atas laporan keuangan dari BPK RI. 

LHP atau Laporan Hasil Pemeriksaan keuangan diberikan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumut Dra Vincentia Moli Ambar Wahyuni, MM, Ak di Auditorium BPK Sumut di Medan, Kamis (24/5). Didampingi Ketua DPRD Tobasa Ir. Boyke Pasaribu, Bupati Darwin  Siagian sebelumnya menandatangani Berita Acara penyerahan LHP dan ternyata mendapat predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).


Namun hal ini dibantah oleh Pemerintah kabupaten Toba Samosir. Darwin Siagian mengatakan jika perolehan WTP merupakan proses yang lama. "Setiap tahunnya BPK melakukan pemeriksaan. Setiap pemeriksaan mendapatkan rekomendasi yang harus diperbaiki untuk mendapatkan WTP. Jadi rekomendasi beberapa tahun sebelumnya Pemerintah kabupaten Tobasa menanggapi serius dan cepat merespon rekomendasi tersebut. Jadi WTP  merupakan penilaian yang berkesinambungan dari tahun ketahun" ungkap Darwin Siagian. 

Ir. Darwin Siagian mengatakan jika mempertahankan WTP merupakan hal yang tersulit dibanding dengan memperoleh WTP. 

Selanjunya oleh anggota V BPK RI Ir. Isma Yatun MT membacakan nama nama Pemerintah Kab/Kota yang mendapat Opini WTP. 

Dikatakan dari 33 Kab/Kota di Sumut, masih 19 yang menerima LHP, 13 diantaranya mendapat Opini WTP antara lain Pematang Siantar, Asahan, Tapsel, Taput, Dairi, Labura, Labusel, Pakpak Barat, Humbanghas, Tobasa, Samosir, Paluta dan Binjai. Sementara Kab/Kota lainnya masih dalam tahap pemeriksaan BPK.

Sebelumnya Isma Yatun menjelaskan, tujuan pemeriksaan Laporan Keuangan adalah untuk memberi Opini atas Laporan Keungan. Opini berupa pernyataan profesional pemeriksa mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan atas laporan keuangan oleh Pemerintah Kab/Kota.

Menurut peraturan perundang undangan lanjut Isma, kriteria yang digunakan untuk memberi opini terhadap kewajaran Laporan Keuangan yakni kesesuaian laporan keuangan dengan standar akutansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang undangan dan efektivitas sistim pengendalian intern. 

Kemudian dijelaskan pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan atau fraud (kecurangan) dalam pengelolaan keuangan. Meski demikian diakui jika pemeriksa menemukan penyimpangan, fraud atau pelanggaran terhadap perundang undangan khususnya yang berdampak pada adanya potensi dan indikasi kerugian negara maka harus diungkap dalam LHP.

Dan dalam batas tertentu akan mempengaruhi opini terhadap kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan. "Jadi opini yang diberikan pemeriksa termasuk opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan bukan merupakan jaminan tidak adanya kecurangan ditemui," tegasnya.

Hal ini disampaikan mengingat masih banyak terjadi kesalahpahaman di sebagian kalangan mengenai makna opini WTP oleh BPK.

Ditambahkan, dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, Isma menyampaikan beberapa hal penting untuk mendapat perhatian dan perbaikan dari pemerintah kab/kota yakni, terdapat kekurangan kas pada bendahara pengeluaran, aset tetap tidak dapat diyakini kewajarannya karena terdapat perbedaan antara nilai di neraca dengan nilai pendukung, aset disajikan dengan nilai Rp. 0,00; aset tidak didukung rincian memadai serta tanah dibawah ruas jalan dan daerah irigasi belum disajikan dalam neraca serta nilai rehabilitasi aset tetap tidak diatribusikan ke aset tetap perolehan awal. 

Kekurangan volume pekerjaan pada jasa konstruksi dan pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai spesifikasi kontrak. Penatausahaan piutang PBB P2 belum memadai dan belum dilakukan validasi. Terakhir realisasi belanja barang dan jasa tidak dapat diyakini kewajarannya karena tidak menunjukkan kondisi kenyataan serta tidak didukung dokumen yang lengkap dan sah.

Khusus mengenai tindak lanjut oleh DPRD, Isma mengatakan apabila terdapat kekurangjelasan atas isi materi LHP maka DPRD dapat mengusulkan pertemuan konsultasi dengan BPK dalam rangka menjelaskan materi LHP. 
"Pejabat juga wajib menindak lanjuti rekomendasi dalam LHP dan jawaban atau penjelasan disampaikan ke BPK 60 hari setelah LHP diterima," katanya. 

Dalam acara penyerahan LHP hadir Gubsu Tengku Erry Nuradi, Kepala Perwakilan BPKP Sumut Sihar Panjaitan dan lainnya. 

Bupati Tobasa didampingi oleh Kadis Keuangan Thamrin Simanjuntak, Inspektur Wallen Hutahaean, Plt Pertanian Sahat Manullang, Kadis PUPR Darlin Sagala dan Kabag Humas Tulus Hutabarat. 


(mtc/pintor)

Editor: faeza

T#g:
Komentar
Senin, 18 Jun 2018 18:18Berita Sumut

Kapolda Sumut Resmikan Pos Pol. AIRUD di Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Senin siang (18/6/2018),sekira pukul 11.07.wib, melakukan kunjungan kerja ke Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Dengan menggunakan helikopter dinas yang mendarat di bandara lasondre pulau telo

Senin, 18 Jun 2018 18:06Internasional

Kerusuhan di LP Risdon Australia, Empat Petugas Luka Parah

Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Risdon di Hobart Australia , mengakibatkan empat petugas LP terluka parah

Senin, 18 Jun 2018 17:38Bola

Mourinho: Diatas Kertas Inggris Sangat Unggul, Tetapi Tunisia Bisa Saja Menang....!!!!

Jelang pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Inggris melawan Tunisia

Senin, 18 Jun 2018 17:08Berita Sumut

Api Melalap Rumah Miliknya Prapanca

Belum lagi hilang dari ingatan kebakatan di kampung Kubur, kini terjadi lagi kebakaran di Jalan Bunga Ncole Lingkungan V Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan

Senin, 18 Jun 2018 09:14Lifestyle

Justin Bieber Tak Segan Pamer Kemesraan

Justin Bieber kini tak lagi segan pamer kemesraan dengan Hailey Baldwin. Keduanya tepergok menghabiskan waktu bersama di tempat publik di New York, AS pada Minggu (17/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:59Lifestyle

Piala Dunia 2018, Politisi Rusia Serukan Aturan Bercinta

Politikus Rusia Tamara Pletnyova memberi peringatan kepada perempuan lokal Rusia untuk tak bercinta dengan pria non-kulit putih selama Piala Dunia 2018.

Senin, 18 Jun 2018 08:44Internasional

Kunjungi Mosul, Angelina Jolie: Ini Kerusakan Terparah yang Penah Saya Lihat

Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, Sabtu (16/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:29Internasional

Pangeran Kamboja Alamai Kecelakaan Mobil

Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh dikabarkan mengalami luka-luka serius dalam kecelakaan mobil di Kota Sihanoukville, Minggu (17/6). Adapun istrinya meninggal dunia.

Senin, 18 Jun 2018 08:14Internasional

Capres Turki Tampil di TV, Sampaikan Pidato Dari Balik Penjara

Politisi sekaligus kandidat presiden Turki, Selahattin Demirtas, tampil di TV dari balik sel penjara untuk menyampaikan pidato celaan terhadap rezim pemerintah. Hal itu dilakukannya menjelang pemilu presiden yang akan digelar pekan depan.

Senin, 18 Jun 2018 07:59Nasional

JK Tegaskan Tak Lagi Berlaga di Bursa Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku lebih memilih beristirahat ketimbang kembali mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Senin, 18 Jun 2018 07:46Nasional

Venue Asian Games Dipastikan Siap Pakai Pada Juli Mendatang

Chief de Mission Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan seluruh venue atau arena pertandingan akan tuntas secara keseluruhan pada awal Juli.

Senin, 18 Jun 2018 07:31Nasional

Puisi Karangan Sukmawati Berujung Protes, PA 212 Minta Polisi Tegas

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin tidak terima dengan keputusan polisi yang menghentikan penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri terkait puisi berjudul Ibu Indonesia.

Senin, 18 Jun 2018 07:16Berita Sumut

Samuel Situmorang Berharap Pelaku Pengeroyokan Ditangkap

Samuel Situmorang ,43, warga Desa Lumban Bulbul Kecamatan Balige Toba Samosir diduga menjadi korban pengeroyokan oleh tiga orang bersaudara

Senin, 18 Jun 2018 07:01Bola

Swiss Mampu Mempertahankan Bermain Imbang Lawan Brasil

Babak pertama dimulai dengan tempo yang tidak terlalu cepat dan tampak kedua tim saling membaca permainan masing-masing. Kendati demikian, Brasil dengan keunggulan kualitas individu yang dimilikinya mampu memegang bola lebih banyak untuk menguasai jalanny

Senin, 18 Jun 2018 06:54Berita Sumut

Pengedar Narkotika Dibekuk Polisi

Seorang lelaki yang dikenal dengan nama panggilan DS ,31, warga Jalan Sei Sibalam Kelurahan Muara Sentosa Kecamatan sei Tualang Raso Tanjung Balai merupakan seorang pengedar narkotika jenis sabhu yang sering memperdagangkan barang haram tersebut didaerah

Senin, 18 Jun 2018 06:40Bola

Jerman Harus Mengakui Kekuatan Timnas Meksiko di Lapangan Hijau

Bertanding di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (17/6/2018), Jerman mendapat perlawanan sengit dari Meksiko sejak kick off. Juara bertahan Piala Dunia itu bahkan tertinggal 0-1 lewat gol Lozano pada menit ke-35, yang bertahan hingga istirahat