Langgar UU ITE, Dosen USU Dihukum Percobaan

faeza Kamis, 23 Mei 2019 14:04 WIB
Mtc/ist
Dosen Universitas Sumatera Utara (USU), Himma Dewiyana Lubis (45), dinyatakan terbukti melakukan ujaran kebencian di halaman aku Facebooknya. Dia dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dengan 2 tahun masa percobaan dan denda Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan
MATATELINGA,  Medan: Dosen Universitas Sumatera Utara (USU), Himma Dewiyana Lubis ,45, dinyatakan terbukti melakukan ujaran kebencian di halaman aku Facebooknya. Dia dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dengan 2 tahun masa percobaan dan denda Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.


Hukuman terhadap Himma dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Riana Pohan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (23/5/2019). 

Majelis menyatakan Himma 
terbukti melanggar Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). 

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan selama 2 tahun dan denda Rp 10 juta. Apabila denda tidak dibayar, maka diganti dengan 3 bulan kurungan," kata Riana.


Hukuman yang dijatuhkan majelis hakim hampir sama dengan tuntutan. Hanya hakim memutuskan memberi hukuman percobaan kepada dosen Fakultas Ilmu Budaya USU itu.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Tiorida Juliana Hutagaol juga meminta agar Himma dijatuhi pidana 1 tahun penjara dam denda Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Kuasa hukum terdakwa,  Rina Melati Sitompul, mengapresiasi putusan majelis hakim. Meskipun majelis tidak sependapat dengan penasihat hukum soal landasan yuridis. 

"Tapi kita sepaham dalam landasan psikologis," ucapnya.

Rina mengatakan, pihaknya masih mempelajari vonis yang dijatuhkan hakim. "Dengan vonis 2 tahun kita pertimbangkan dulu, kita cooling down dulu. Kita masih pikir-pikir dulu," tegas Rina.


Dalam dakwaan disebutkan, Himma ditangkap setelah menulis kalimat "Skenario pengalihan yang sempurna #2019GantiPresiden" dan "Ini dia pemicunya Sodara, Kitab Al-Quran dibuang" di laman Facebook-nya. Status itu ditulis di rumahnya, di Kompleks Johor Permai, Gedung Johor, Medan Johor, Medan. 

Himma membuat status itu karena merasa kesal, jengkel dan sakit hati atas kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia, karena harga sembako, tarif listrik, dan semua keperluan/kebutuhan sehari–hari pada naik atau mahal.

Padahal Himma sebelumnya sangat mengagung-agungkan Jokowi sebelum menjadi Presiden RI.  Dia pun menuliskan "Di mana Janji-janji Bapak Jokowi pada saat kampanye pemilihan Presiden RI tahun 2014 sangat mendukung terdakwa dalam kehidupan sehari-hari." 

Postingan Himma menjadi viral di media sosial dan akhirnya sampai ke personel Subdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sumut pada Kamis (17/5/2018). Penyelidikan dilakukan, Himma pun diamankan dan sempat ditahan. Dia kemudian diadili. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:Dosen himmaDosen usuMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPN MedanTerkiniUu ite
Komentar
Jumat, 15 Nov 2019 20:46Nasional

Peduli Lansia di Perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS,

Peduli Lansia di perbatasan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS mengajarkan bagaimana cara membaca dan menulis kepada warga Lanjut Usia (Lansia) di Dusun Nino, Kecamatan Bikomi Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara

Jumat, 15 Nov 2019 20:31Berita Sumut

Kadis Pariwisata Harap Pertemuan Pelaku UMKM Menjadi Motivasi Pengembangan Potensi Daerah

Kadis Pariwisata Harap Pertemuan Pelaku UMKM Menjadi Motivasi Pengembangan Potensi Daerah

Jumat, 15 Nov 2019 20:16Berita Sumut

Pemkab Sergai Memperingati Maulid Nabi Muhammad 1441 H

Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Sergai memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H Tingkat Kabupaten Sergai di Lapangan sepak bola MIN 1 Kecamatan Bintang Bayu, Jum'at (15/11/2019)

Jumat, 15 Nov 2019 20:01Berita Sumut

Pangdam I/BB Berserta Pejabat Utama Kodam I/BB Jenguk Korban Terkena Ledakan Bom Bunuh diri

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen MS Fadhilla beserta pejabat utama Kodam I/BB menjenguk para korban bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, di Rumah Sakit Bhayangkara Poldasu

Jumat, 15 Nov 2019 19:46Berita Sumut

Kasatpol PP Ajak Jajaran Teladani Rasulullah SAW

Teladan dan semangat Rasulullah Muhammad SAW diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam menjalankan tugas dan fungsi selaku pamong ditengah-tengah masyarakat Kota Medan

Jumat, 15 Nov 2019 19:31Berita Sumut

Percepatan Pembangunan Daerah Butuh Dukungan Data Akurat

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina menyampaikan, ketersediaan data yang akurat dan terbuka sangat dibutuhkan dalam upaya percepatan pembangunan daerah, terutama dalam penyusunan anggaran pembangunan.

Jumat, 15 Nov 2019 19:16Nasional

Bakamla RI Ajak K/L Tingkatkan Keamanan di Grey Area Laut Natuna Utara

Direktur Strategi Kamla Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy Muchjidin Latief, S.IP. mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan pengamanan ZEE, khususnya di Unresolved Maritime Boundary Area di Laut Natuna Utara

Jumat, 15 Nov 2019 19:01Berita Sumut

Mayarakat Kota Medan, Beri Dukungan Kinerja Kepolisian Jajaran Poldasu

Masyarakat Kota Medan terus memberikan dukungan terhadap kinerja kepolisian untuk melawan paham radikal dan terorisme, pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Jumat, 15 Nov 2019 18:30Berita Sumut

Bawaslu Kabupaten Asahan Sosialisasikan Pilkada Serentak ke Jurnalis

Guna merajut sinergitas Bawaslu Kabupaten Asahan bersama jurnalis menggelar acara Sosialisasi Pengawasan dan Pencegahan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan Tahun 2020, Jum'at (15/11/2019) di hotel Marina Kisaran .

Jumat, 15 Nov 2019 18:15Berita Sumut

Bom Bunuh Diri di Maporestabes Medan, Kakak Beradik di Sicanang Diamankan Polisi

Dua orang warga lingkungan 20 Jalan Sentosa Barat Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan yang diduga terkait dengan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan diamankan petugas Polda Sumatera pada Kamis malam (14/11/2019) sekitar pukul 22.30 wib. Sa

Jumat, 15 Nov 2019 18:01Berita Sumut

Tuahman Purba Prihatin Dengan Pembuangan Bangkai Babi ke Sungai

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut dr.Tuahman F Purba menyampaikan keprihatinannya terhadap sikap oknum-oknum yang membuang bangkai babi ke sungai, ke danau dan info terbaru ada yang buang bangkai babi ke pinggir jalan dengan cara membungkusnya dalam goni.

Jumat, 15 Nov 2019 18:00Lifestyle

Chef Renata Buat Saksang Guiness di Medan

Saksang identik dengan makanan yang dibuat dengan babi dan anjing. Namun oleh chef Renata Moeloek, Saksang dibuat dari daging sapi.

Jumat, 15 Nov 2019 17:45Nasional

Momen saat Panglima TNI Jadi Juri Lomba Memasak Nasi Goreng

Ada hal unik dan menarik pada pelaksanaan Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture Tahun 2019 yaitu “Lomba Memasak Nasi Goreng” yang diikuti oleh para Atase Pertahanan dan Isteri dari negara-negara sahabat.

Jumat, 15 Nov 2019 17:28Berita Sumut

Hasil Pra Studi Kelayakan PLTGU Diserahkan, Gubsu Harap Groundbreaking Terlaksana Secepatnya

Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) pada Agustus 2019 lalu, PT Hanlim Power Indonesia (HPI) telah

Jumat, 15 Nov 2019 17:14Berita Sumut

16 Pelajar Kota Medan Ikuti Program Pertukaran Pelajar Ke Gwangju

Sebanyak 16 pelajar asal Kota Medan akan mengikuti program pertukaran pelajar (student exchange program) ke kota Gwangju, Korea Selatan . Kegiatan ini digelar dalam rangka mempererat hubungan sister city antara Kota Medan dengan Kota Gwangju. Rencananya,

Jumat, 15 Nov 2019 16:36Berita Sumut

Polsek Medan Baru Sosialisasikan Larangan Ternak Kaki Empat

Kapolsek Medan Baru yang diwakili oleh Wakapolsek AKP Uli Lubis SH, bersama tiga pilar menyampaikan sosialisasi tentang larangan pemeliharaan ternak kaki empat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Sei Putih Tengah Kec. Medan Petisah, Jumat (1