• Home
  • Berita Sumut
  • Langgar UU Perpajakan, Tiga Terdakwa Ini Dituntut Pidana Penjara dan Bayar Denda Rp 81 Miliar

Langgar UU Perpajakan, Tiga Terdakwa Ini Dituntut Pidana Penjara dan Bayar Denda Rp 81 Miliar

Faeza Kamis, 16 November 2017 19:30 WIB
mtc/fae
Tiandi Lukman, pemilik PT Jasa Sumatera Travelindo dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hendri Sipahutar selama 4 tahun penjara dan membayar denda dua kali lipat dari Rp 40 miliar lebih yakni Rp 81 miliar. Dia dinilai bersalah melanggar undang-undang p
MATATELINGA, Medan:   Tiandi Lukman, pemilik PT Jasa Sumatera Travelindo dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hendri Sipahutar selama 4 tahun penjara dan membayar denda dua kali lipat dari Rp 40 miliar lebih yakni Rp 81 miliar. Dia dinilai bersalah melanggar undang-undang perpajakan.

Tidak hanya Tiandi, dalam persidangan itu, JPU juga memberikan tuntutan yang sama kepada terdakwa Hendro Gunawan alias Aheng selaku Manajer Kantor Konsultan Pajak Adi Dharma Medan.

"Menuntut terdakwa Tiandi Lukman dan Hendro Gunawan alias Aheng masing-masing selama 4 tahun serta membayar denda dengan cara tanggung renteng sebesar Rp 81 miliar," tandas Hendri di Ruang Cakra I Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (16/11) sore.

Selain keduanya, JPU dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) itu juga menuntut terdakwa Rudi Nasution selaku Direktur PT Putri Windu Semesta selama 1 tahun 3 bulan penjara dan denda dua kali Rp 7 miliar lebih yakni Rp 15 miliar.

JPU menilai, terdakwa Tiandin dan Ahen terbukti mendirikan beberapa perusahaan untuk membuat faktur pajak berdasarkan transaksi jual beli fiktif. Sedangkan terdakwa Rudi, hanya mendirikan satu perusahaan.

"Perbuatan ketiga terdakwa terbukti melanggar Pasal 39 ayat (1) jo Pasal 43 ayat (1) UU RI No 6 Tahun 1983 sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 16 Tahun 2000 jo UU Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan jo Pasal 64 ayat (1) jo Pasal 65 ayat (1) KUHPidana," jelas Hendri.

Usai mendengarkan tuntutan, majelis hakim yang diketuai oleh Marsudin Nainggolan memberikan waktu kepada ketiga terdakwa maupun penasehat hukumnya untuk membuat nota pembelaan (pledoi) selama lima hari.

"Kita tunda sidangnya hingga Selasa (21/11) karena masa tahanan para terdakwa habis tanggal 2 Desember 2017," ujar hakim Marsudin seraya mengetuk palu.

Usai sidang, JPU Hendri mengaku kalau hukuman penjara terhadap ketiga terdakwa merupakan alternatif.

Ia menegaskan bahwa petugas pajak akan tetap menagih kewajiban para terdakwa meski mereka telah menjalani hukuman penjara.

"Tetap ditagih (uang denda), tapi itu urusan pajak. Karena hukuman penjara ini alternatif. Prioritasnya uang pajak itu diselamatkan," tegas Hendri.

Dalam dakwaan JPU, pada tahun 2007, terdakwa Tiandi bersama Aheng mendirikan beberapa perusahaan untuk membuat faktur pajak berdasarkan transaksi jual beli fiktif yang bertujuan untuk mendapat keuntungan.

Mereka menawarkan kepada Busra sebagai Direktur pada sebuah perusahaan perdagangan minyak sawit. Busra menyetujuinya.

"Atas transaksi faktur pajak fiktif itu, PT Batanghari Oilindo Palm berpotensi menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 8.572.906.218," cetus JPU.

Selanjutnya, Tiandi bersama Hendro juga membuat transaksi fiktif pada PT Permata Witmas Hijau. Transaksi fiktif itu membuat PT Permata Witmas Hijau berpotensi menimbulkan kerugian pendapatan negara sebesar Rp 8.198.748.111.

"Terdakwa Tiandi bersama Hendro juga membuat transaksi fiktif pada PT Cipta Karya Insani yang berpotensi menimbulkan kerugian pendapatan negara sebesar Rp 7.7 miliar, PT Al Ansar Binasawindo Plantation sebesar Rp 8.2 miliar dan PT Putri Windu Semesta sebesar Rp 7.9 miliar. jelas JPU.

Dalam kasus ini, Busra Ridwan alias Busro alias Bustomi selaku Direktur PT Batanghari Oilindo Palm juga telah diadili. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:pengemplang pajakperpajakanPN Medan
Komentar
Senin, 11 Des 2017 15:58Berita Sumut

Prihatin Kondisi Drainase, Anggota DPRD Medan Ini Turun Langsung Korek Parit di Jalan M Jamil

Prihatin dengan kondisi di Jalan M. Jamil Lubis yang kerap dilanda banjir, anggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak turun langsung mengorek drainase di kawasan itu. Tidak sendiria, dia dibantu dengan pihak Kelurahan Bandar Setia dan satu unit alat be

Senin, 11 Des 2017 15:40Berita Sumut

Pemkab Karo Sosialisasikan Perundanga-undangan Tentang Penetapan dan Penegasan Batas Desa Tahun 2017

Pemerintah Kabupaten Karo melalui Bagian Kemasyarakatan dan Bina Pemerintahan Desa/Kelurahan Setda Kab Karo adakan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Tentang Penetapan Dan Penegasan Batas Desa Tahun 2017 khusus bagi Desa yang masuk kawasan hutan.

Senin, 11 Des 2017 15:20Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi E-Planning SIPEREKAT

Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi mengharuskan kita untuk beradaptasi dalam pemanfaatannya guna mendukung efektifitas kerja terutama instansi pelayanan publik pemerintah seperti aplikasi E-Government. Dalam rangka meningkatkan pelayanan pu

Senin, 11 Des 2017 15:00Berita Sumut

Demo Konjen Amerika, Cipayung Plus Sumut Kecam Pernyataan Presiden Donald Trump Soal Ibukota Israel

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus Sumut menggeruduk kantor Konjen Amerika Serikat yang berada di Gedung Uniland Plaza Jalan MT. Hariyono, Senin (11/12). Mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang organisasi kemahasiswa

Senin, 11 Des 2017 14:45Ekonomi

Triwulan III, Bongkar Muat Pelindo 1 Tumbuh 32,46%

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 turut mendukung percepatan pembangunan industri maritim Indonesia. Hal ini tercermin dari peningkatan trafik kunjungan kapal Pelindo 1 baik dalam call maupun GT (Gross Tonage).

Senin, 11 Des 2017 14:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Program Penerapan LAPOR SP4N

Pemko Medan mendukung pelaksana Program “Penguatan Penerapan LAPOR Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)” yang dilaksanakan oleh USAID Cegah bekerjasama dengan TIM SP4N yang terdiri dari perwakilan Kementerian PAN & RB, Kanto

Senin, 11 Des 2017 12:45Berita Sumut

Maulid Nabi Juga Diperingati Pasukan Garuda di Afrika

Pasukan Garuda Misi Perdamaian PBB yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Konga XXXVII-D/Minusca (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic) dibawah pimpinan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, S.E. sebagai Dansatga

Senin, 11 Des 2017 12:15Berita Sumut

ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar Bimbingan T

Senin, 11 Des 2017 12:00Berita Sumut

Peduli Lingkungan, SMKN I Beringin Tingkatkan Program Adiwiyata

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) - I Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, terus berupaya meningkatkan program Adiwiyata yang mandiri.

Senin, 11 Des 2017 11:18Lifestyle

Ini Rekam Jejak Sutradara X-Men yang Gemar Gelar Pesta Seks

Banyak yang kemudian menyampaikan pengakuan tentang rekam jejak sutradara film X-Men ke permukaan. Rekam jejak Bryan Singer yang bersinar dikenal sebagai sutradara film-film X-Men kini telah tercoreng. Singer dituding melakukan pelecehan seksual di masa l

Senin, 11 Des 2017 07:14Berita Sumut

Ayo, Siapa Mau Jadi Cawagub dari Partai Golkar

Sejumlah agenda yang dibahas oleh Partai Golkar Provinsi Sumut dalam Rapat Pleno, Sabtu (9/12/2017), yang digelar di Grand Aston Hotel. Salah satunya pembentukan Tim Penjaringan Calon Wakil Gubernur Sumut menggantikan Ngogesa Sitepu.

Senin, 11 Des 2017 06:59Nasional

Suasana usai Pertemuan di rumah Airlangga

Plt Ketum Golkar Idrus Marham tak terlihat hadir di pertemuan , sedangkan sejumlah pengurus Partai Golkar mulai dari Kepala Bidang Pemenangan Pemilihan Umum Daerah I Partai Golkar Nusron Wahid hingga Anggota DPR Komisi III Aziz Syamsuddin tampak hadir di

Senin, 11 Des 2017 06:44Bola

Saul Niguez Mencetak gol kemenangan atas Real Betis

Laga di Stadion Benito Villamarin, Minggu (10/12/2017), berjalan ketat sejak menit awal. Gelandang Betis Ryad Boudebouz bahkan langsung diganjar kartu kuning di menit pertama usai melanggar Gabi.

Senin, 11 Des 2017 06:29Bola

Olivier Giroud Jadi Penyelamat Arsenal di Southampton

Arsenal bermain imbang 1-1 saat bertandang ke St. Mary's Stadium, Minggu (10/12/2017) malam WIB. The Gunners sudah langsung tertinggal saat laga baru berjalan empat menit, ketika dibobol oleh Charlie Austin.

Senin, 11 Des 2017 06:14Internasional

Korut: Donalp Trump "aksi ceroboh dan licik." Tentang Yerusalem

Kini Korut bergabung dengan banyak negara di dunia mengutuk keputusan Trump atas Yerusalem dan juga menyebut aksi itu sebagai "aksi ceroboh dan licik."

Minggu, 10 Des 2017 20:04Berita Sumut

Jangan Pertajam Perbedaan dan Utamakan Persamaan

Kyai Haji Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah dan Kyai Haji Hasyim Asyari mendirikan Nahdalatul Ulama diawal abad ke-20