• Home
  • Berita Sumut
  • Luncurkan Website Dekranasda, Gubsu Desak Kabupaten/Kota Kembangkan Ekonomi Kreatif

Luncurkan Website Dekranasda, Gubsu Desak Kabupaten/Kota Kembangkan Ekonomi Kreatif

Faeza Selasa, 19 Februari 2019 20:12 WIB
mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membuka Rapat Kerja Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 di Gedung Aula Bina Graha Pemprov Sumut Jl. P.Diponegoro Medan, Selasa (19/2). Pada kesempatan ini Edy Rahmaya
MATATELINGA, Medan: Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Nawal Edy Rahmayadi mendorong seluruh Dekranasda Kabupaten/Kota untuk memiliki kreatifitas tinggi, sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah yang berbasis ekonomi kreatif.


Hal itu disampaikannya pada acara Rapat Kerja Daerah Dekranasda Provsu tahun 2019, Selasa (19/2/2019) di aula Bina Graha, Jalan Pangeran Diponegoro Medan. Acara yang dirangkai dengan peluncuran website Dekranasda Sumut  "dekranasdasu.sumutprov.go.id" oleh Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi itu juga dihadiri Ketua Bidang Pameran dan Hubungan Luar Negeri Dekranas RI  Hesti Indah Kresnarini, Kadis Perindag Provsu Alwin Sitorus, serta perwakilan Dekranasda kabupaten/kota se Sumut.

Ketua Dekranasda Provsu Nawal Edy Rahmayadi mengatakan, industri kerajinan memiliki potensi yang besar, dilihat dari jumlah unit usaha dan persebarannya. Industri kerajinan juga merupakan salah satu bagian dari industri kecil yang dapat menggerakkan ekonomi daerah dan berperan besar dalam penumbuhan wira usaha baru, penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan penghasilan masyarakat di daerah. "Dan salah satu penentu keberhasilan industri kerajinan  adalah peningkatan kapasitas produksi itu sendiri," ujarnya.

Disampaikan juga, Sumut kaya akan warisan budaya, sehingga mempunyai prospek sangat besar dalam pengembangan industri kerajinan. "Warisan budaya merupakan sumber inspirasi yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi,"jelasnya.


Sementara, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan setiap kabupaten/kota harus menunjukkan produk kerajinan unggulan. Bila ada produk yang sama, bisa dilakukan kompentisi produk mana yang memiliki kualitas baik dan memiliki purna jual baik dalam maupun negeri.

"Saya akan datang ke daerah dan melihat langsung produk –produk kerajinan unggulan buatan tangan, ini akan mendorong saya untuk membuat atau menfasilitasi produk-produk tersebut, agar kedepan tidak lagi belanja produk luar negeri. Dan saya yakin produk Sumut memiliki kualitas layak jual dengan harga baik," ujar Gubsu, ketika meluncurkan (me-launching) website Dekranasda Sumut  'dekranasdasu.sumutprov.go.id'.

Ketua Bidang Pameran dan Hubungan Luar Negeri Dekranas RI Hesti Indah Kresnarini menyampaikan, produk –produk UMKM Sumut  sudah dikenal kalangan masyarakat luar negeri, seperti kerajinan rotan dan lainnya.

Meski demikian, Hesti tetap memberi semangat kepada Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota untuk memberi pembinaan yang lebih baik kepada UKM, misalnya tidak menggunakan pekerja dibawah umur, dan memakai pewarna kimia. "Di luar negeri produk kerajinan tidak lagi memakai pewarna kimia, juga untuk motif menggunakan tangan,"paparnya.


Kadis Perindag Provsu Alwin Sitorus mengatakan bahwa rapat kerja daerah Dekranasda Sumut ini diikuti oleh 120 peserta, yang terdiri dari pengurus pusat dan 33 Ketua/perwakilan kabupaten/kota, serta sejumlah perajin di Sumut.

"Harapnya rapat kerja ini akan melahirkan pemikiran dan penambah pengetahuan para ketua/perwakilan Dekranasda di Kabupaten/Kota untuk lebih maju dan kreatif lagi menghasilkan produk-produk kerajinan para UKM binaan," ujarnya.(mtc)
Editor: faeza

T#g:Ekonomi KreatifMatatelingaTerkiniWebsite DekranasdaGubsu Edy RahmayadiPemprovsu
Komentar
Jumat, 06 Des 2019 14:30Berita Sumut

Soekirman Narasumber Seminar Road to Youth Agripreneur Festival 2019

Bupati Sergai Soekirman memperoleh kehormatan menjadi narasumber Seminar Road to Youth Agripreneur Festival 2019 menuju Agrosociopreneur sukses di Era 4.0 di aula Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Kamis (5/12). Hadir juga dalam k

Jumat, 06 Des 2019 14:28Ekonomi

Garda Mall, Solusi Terbaik Bagi Pemilik Kendaraan

Memasuki usianya yang ke-63 tahun, Asuransi Astra mempersembahkan fitur terbaru dalam layanan aplikasi Garda Mobile Otocare, Garda Mall. Dengan kehadiran Garda Mall, aplikasi yang diperkenalkan sejak tahun 2015, kini sudah mampu memenuhi semua kebutuhan

Jumat, 06 Des 2019 14:00Berita Sumut

Prajurit Kodam I/BB Praka Welman Pasaribu Finish Ke-4 Full Marathon Sea Games 2019

Kerja keras, komitmen dan dukungan doa dari seluruh Prajurit Kodam I/Bukit Barisan sukses mengantarkan Praka Welman Pasaribu finish ke-4 di lomba lari Full Marathon (42 Km) Sea Games Filipina 2019, Jumat (6/12/2019) waktu setempat.

Jumat, 06 Des 2019 12:40Berita Sumut

Astaga !! Pria di Pancur Batu Ini Bayar Hutang dan Beli Baju dari Uang Hasil Jual Motor Curian

Akibat keteledoran korban, pelaku yang berinisial AVK (39) warga Jl Pembanguna, Desa Baru, Pancur Batu yang saat itu usai sarapan pagi disalah satu warung di sekitar pajak Pancur Batu tersebut melihat sepeda motor tersebut yang masih dilengkapi kunci kont

Jumat, 06 Des 2019 12:20Berita Sumut

Bupati Sergai Hadiri Pertunjukan Rakyat HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara

Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri pertunjukan rakyat dalam rangka HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (5/12). Hadir dalam acara itu Dandim 0204/DS Letkol (Inf) Syamsul Arifin, anggota DPRD Maryanto dan S

Jumat, 06 Des 2019 12:00Berita Sumut

Bupati Asahan Berikan Apresiasi Pemutaran Film Sang Prawira

Bupati Asahan H.Surya memberikan apresiasi atas pemutaran film edukasi berjudul "Sang Prawira" yang diperankan oleh anggota Kepolisian R.I di gedung XXI Irian Market Kisaran hingga beberapa hari. Bahkan dia menilai warga masyarakat Asahan begit

Jumat, 06 Des 2019 08:00Nasional

Gara Harley Davidson, Direktur Utama Garuda Indoensia Terseret Kasus

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara terseret kasus penyuludpan Harley Davidson secara ilegal., sehingga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) kembali terseret kasus.

Jumat, 06 Des 2019 07:45Lifestyle

Video Obrolan Nakal Berbau Mesum Tersebar, di Medsos

Oboral nakal Kekasih Rahmawati Kekeyi, Rio Ramadhan dengan seorang perempuan, kembali terciduk. Percakapan itu dilakukan melalui video dan tersebar di media sosial.

Jumat, 06 Des 2019 07:30Nasional

Presiden Jokowi di Nobatkan Tokoh Asian of The Year Media Cetak Singpura

Jokowi dinobatkan sebagai tokoh Asian of The Year oleh media cetak asal Singapura

Jumat, 06 Des 2019 07:15Ekonomi

Sentimen ini Membuat Kurs Rupiah Menguat

Analis Asia Tradepoint Futures Deddy Yusuf mengatakan, penguatan rupiah didominasi sentimen eksternal.

Jumat, 06 Des 2019 07:00Nasional

Papua di Guncang Gempa Warga Terjaga

Warga Ambon yang sedang tertidur dengan nyenyak sempat terjaga dengan Gempa bumi magnitudo 2,9 mengguncang wilayah Ambon, Maluku, pada Jumat (6/12/2019) dini hari.

Jumat, 06 Des 2019 06:45Bola

Sheffield United Harus Mengakui Keunggulan Newcastle

Bermain di Bramall Lane, Inggris, Jumat (6/12/2019) dini hari WIB, Sheffield menyerah dengan skor akhir 0-2. Sheffield United harus mengakui keunggulan Newcastle pada pekan ke-15 Liga Inggris 2019-2020.

Jumat, 06 Des 2019 06:30Berita Sumut

Peringati HUT ke-58, Korps Kowad Kodam I/BB gelar Donor Darah

Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan, melakukan donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan No 35 Medan

Jumat, 06 Des 2019 06:15Berita Sumut

Pelepasan Peserta Binjai Off Road Expedition One 2019

Puluhan peserta Binjai Off Road Expedition One 2019 dilepas oleh perwakilan pengurus IOF cabang kota Binjai, bertempat di pendopo Umar Bakie Binjai, Jalan Veteran Kel. Tangsi, Kec. Binjai Kota

Jumat, 06 Des 2019 06:00Berita Sumut

Eksekutif Sumut Lawatan ke Alor Setar

Tim Tenis Meja Eksekutif Sumatera Utara melakukan lawatan ke Majlis Bandaraya Alor Setar (MBAS) Malaysia, 6-8 Desember 2019. Lawatan ini merupakan pertandingan uji coba untuk meningkatkan tali silaturahim.

Kamis, 05 Des 2019 22:50Ekonomi

JNE Pecahkan Rekor MURI di Hari Ulang Tahunnya yang Ke-29

Pada acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun JNE yang ke-29 lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya karena JNE memecahkan Rekor MURI dalam acara bertema “29 Tahun Bersama Indonesia” pada hari Minggu 1 Desember 2019, yaitu Rekor Pembagian Liwetan