• Home
  • Berita Sumut
  • M Nasir : Kenaikan Harga Cabai Harus Bisa Diantisipasi Dinas Ketapang

M Nasir : Kenaikan Harga Cabai Harus Bisa Diantisipasi Dinas Ketapang

Mtc/rel Rabu, 14 Agustus 2019 20:26 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Medan:  Seharusnya dengan kenaikan harga cabai, diantisipasi sejak dini dengan melakukan berbagai macam program untuk mengajari masyarakat bisa mengembangkan jenis tanaman pangan ini di pekarangan rumah masing-masing.




[adx]

Kalau hal ini bisa dilakukan sejak lama, kenaikan harga bahan pangan tidak akan merepotkan ibu rumah tangga (IRT), ujar Sekretaris Komisi I M Nasir kepada SIB, Rabu (14/8/2019) pasca rapat P-APBD dengan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) yang dihadiri Kadisnya Emelia dan dipimpin Ketua Komisi I Sabar Syamsurya Sitepu serta dihadiri Anggota Komisi Drs Proklamasi K Naibaho, Andi Lumban Gaol SH Zulkarnaen Yusuf dan lainnya.

Kenaikan harga cabai ini sudah menjadi isu nasional karena harganya yang melambung tinggi. Padahal masyarakat Indonesia khususnya di Sumut, sangat menggemari cabai sebagai campuran masakan.

Kondisi ini sebenarnya bisa diantisipasi Dinas Ketapang dengan melakukan menggerakkan masyarakat melalui sosialisasi ke masyarakat melalui kelurahan yang ada. Namun berdasarkan hasil rapat P-APBD, baru diketahui ternyata anggaran di dinas ini kurang mendapat dukungan.

"Anggaran tidak berbanding lurus dengan program yang hendak dilaksanakan Dinas Ketapang," ujar Politisi PKS ini sembari menyebutkan, kalau dilihat dari sisi anggarannya, cuma Rp.19,9 miliar selama setahun. Pada P-APBD 2019 ini, mata anggarannya tidak mendapat kenaikan ataupun pergeseran. Padahal kalau dilihat dari kebutuhannya untuk menjaga ketahanan pangan di Kota Medan, anggaran itu sangat kurang, sebutnya.



[adx]


Menurutnya, paling tidak, perlu ada penambahan 2 kali lipat dari anggaran sekarang agar dinas tersebut bisa bergerak menjalankan program yang sudah disusunnya, sebutnya. Dinas Ketapang sudah mengusulkan ke Bapeda dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Medan, namun tidak mendapat porsi yang pas.

Kalau ada penambahan anggaran, dinas terkait bisa membantu masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membangun infrastruktur bibit dan perawatan tanaman pangan di pekarangan masing-masing. Masyarakat bisa menanam tanaman holtikultura seperti cabe, terong dan beberapa jenis sayuran lainnya untuk mencukupi paling tidak kebutuhan rumah tangga. Bahkan kalau dikelola dengan baik, bisa dijual untuk menambah penghasilan keluarga, akunya.
Editor: Amrizal

T#g:blibliDPRD MedanHarga CabaiMatatelingaMedanSumutTerkiniTraveloka
Komentar
Sabtu, 30 Mei 2020 21:14Nasional

Soal Logo Covid -19, RSO Ikut Mengecam

Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengecam adanya logo Olimpiade digabungkan dengan gambar virus Corona atau Covid pada sampul sebuah majalah.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:49Nasional

Inovasi Teknologi Cegah COVID-19, TNI AD Gunakan Helmet Thermal KC Wearable

Pertegas komitmennya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, TNI AD akan menggunakan helm berteknologi terbaru helmet thermal KC wearable.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:25Ekonomi

Pergerakan NIlai Tukar Rupiah berhasil di Tutup, Menguat Akhir Depan

Dipengaruhi oleh perkembangan hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:10Ekonomi

Hari ini Harga Emas Naik Rp 1.000 Menjadi Rp 914.000 per gram

Biasanya harga per gram emas Antam akan berbeda tergantung berat batangnya. Logam Mulia Antam menjual emas dan perak batangan dalam beberapa ukuran berat (misalnya 1 gram, 2 gram, dan 500 gram).

Sabtu, 30 Mei 2020 19:52Lifestyle

Bila Anda ke Jepang, Jangan Ketinggalan Mencicipi Makan Jepang

Di Jepang tidak cuma Kota Osaka yang terkenal dengan kuliner dan jajanannya.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:37Berita Sumut

Horeee,,, Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Dibuka Kembali

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kembali dibuka.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:22Internasional

Pemulangan 4.800 TKI Indonesia, Pakai Dana Malaysia Apa Dana Indonesia..?

Sebanyak 4.800 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang berada di Depo Tahanan Imigrasi (DTI) Malaysia akan dipulangkan secara bertahap.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:07Berita Sumut

Akhyar Kunjungi Anak Kurang Gizi, Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Baik

Mendengar kabar bahwa salah satu warganya mengalami kekurangan gizi, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi langsung mendatangi warga tersebut

Sabtu, 30 Mei 2020 18:22Berita Sumut

Akhyar Tekankan Jangan Ada Bantuan yang Tumpang Tindih

Bantuan Sosial (bansos) tahap II terus digulirkan kepada masyarakat Kota Medan yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19.

Sabtu, 30 Mei 2020 18:07Berita Sumut

Akhyar Ingatkan Seluruh Kantor Pelayanan Pemerintahan Terapkan Protokol Kesehatan

Penyaluran bantuan sosial (bansos) tahap kedua Pemko Medan kepada masyarakat berupa 20kg beras dan 2kg gula pasir terus dipantau langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi

Sabtu, 30 Mei 2020 17:52Berita Sumut

Akhyar Minta Warga Dilayani Dengan Baik

Proses penyaluran bantuan tahap kedua dari Pemko Medan kepada warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan VI dan XII, Kelurahan Pasar Merah, Kecamatan Medan Area berlangsung tertib dan lancar

Sabtu, 30 Mei 2020 17:37Internasional

Tindakan Polisi Amerika Serikat (AS) Terhadap Pers Kembali Disorot

Sebuah rekaman yang memperlihatkan seorang reporter dan kru kamera stasiun televisi lokal ditembak peluru merica dari jarak dekat oleh polisi saat melaporkan demonstrasi yang memprotes kematian George Floyd di Kentucky

Sabtu, 30 Mei 2020 17:12Nasional

Ingin Tahu Jumlah Pasien Sembuh Memecahkan Rekor Selama Virus Corona

Jumlah pasien sembuh itu memecahkan rekor selama pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia.

Sabtu, 30 Mei 2020 16:22Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan Dana Bansos Corona, Polisi Sudah Periksa Pejabat di 5 Kabupaten/Kota di Sumut

Direktur Ditkrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Santama mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat pemerintahan di 5 kabupaten/kota yang diduga melakukan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) Covid-19. Namun, dirinya be

Sabtu, 30 Mei 2020 16:00Aceh

Para Angkutan Umum Diperbolehkan Masuk Aceh, Tapi.....?

Para angkutan umum diperbolehkan masuk Aceh kembali pada 5 Juni 2020 jam 00.00, hal tersebut dikatakan Dirlantas Polda Aceh Kombes. Pol. Dicky Sondani.

Sabtu, 30 Mei 2020 15:30Internasional

Pemuda Tewas Tertembak Saat Demontrasi di Detroit

Tembakan yang dilepaskan ke arah kerumunan pengunjuk rasa di Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS) pada Jumat malam (29/5/2020), seorang Pemuda tewas