Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H

MUI Sumut Tunggu Itikad Baik Bolu Meranti dan Risol Gogo

Amr/rel Sabtu, 06 Januari 2018 07:39 WIB
Google
MATATELINGA, Medan:  Meskipun, sudah bertahun lamanya belum juga diperpanjang. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) masih menunggu pihak Bolu Meranti dan Risol Spesial Gogo, yang hingga kini belum memperpanjang sertifikat halal.



Ketua Komisi Fatwa MUI Sumut Prof Dr H Ramli Abdul Wahid mengatakan, pihaknya masih mengharapkan supaya mereka melakukan itikad baik agar melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

"Kenapa baru sekarang tersebar luas surat pernyataan tentang belum diperpanjangnya sertifikat halal mereka, karena masih menunggu itikad baik. Makanya, kita berhati-hati dan tidak terlalu terburu-buru mengambil sikap atau menyampaikan kepada masyarakat luas. Sebab, dampaknya dapat mempengaruhi bisnis mereka," ungkapnya, Jumat (5/1/2018).

Oleh karena sudah berlarut-larut dan masyarakat komplain atau mempertanyakan, sebut Ramli, sehingga mau tidak mau dikeluarkan surat pernyataan itu.



"Sebenarnya kita tidak ingin seperti itu, karena MUI selalu mengedepankan sifat edukasi atau kekeluargaan. Makanya, belakangan kita sampaikan," ucapnya.

Disinggung mengenai kelengkapan persyaratan apa saja yang belum dilengkapi kedua penjual makanan oleh-oleh khas Medan, Ramli mengaku tak begitu mengingatnya.

"Saya tidak ingat persisnya persyaratan apa saja yang belum dilengkapi oleh mereka, karena audit itu urusan LP POM. Setelah audit selesai dan disetujui, maka dibawa ke sidang Fatwa yang digelar setiap Hari Selasa," sebut dia.

Dalam sidang fatwa, sambung Ramli, dipertanyakan bagaimana kebersihan mereka dalam mengelola usaha dan lingkungannya. Selain itu, turut dipertanyakan juga historis perusahaan hingga bagaimana mendapatkan dan mengolah bahan makanan.

"Kita sudah surati mereka tetapi hingga saat ini tidak ada tindak lanjutnya. Walau demikian, kita tetap beritikad baik dan membujuk agar melengkapi persyaratan," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Bolu Meranti dan Risol Spesial Gogo, belum memperpanjang sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM) MUI Sumut.

Kabar ini pun telah beredar luas di dunia maya dan menjadi perbincangan hangat. Kabar itu diketahui lewat sepucuk Surat Pernyataan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM) MUI Sumut tertanggal 20 September 2017.

Surat bernomor 182/C/LP-POM/MUI-SU/IX/17 tersebut, ditandangani oleh Ketua Komisi Fatwa MUI Sumut Prof Dr H Ramli Abdul Wahid dan Direktur LP POM MUI Sumut Prof Dr Ir H Basyaruddin.

Dalam surat itu, Bolu Meranti yang diproduksi oleh CV Cipta Rasa Nusantara yang beralamat di Jalan Kruing No 2K Medan, telah memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI Sumut yang berlaku selama 2 tahun mulai 2 April 2013 dan berakhir 2 April 2015. Setelah berakhirnya masa berlaku sertifikat halal itu, pihak Bolu Meranti pernah mengajukan perpanjangan sertifikat halal kembali pada April 2015.

Namun, dalam proses perpanjangan dan setelah dilakukan audit, Bolu Meranti tidak dapat melengkapi persyaratan untuk memenuhi standar sertifikat halal/sistem jaminan halal sampai batas waktu yang ditentukan.

Tanpa adanya informasi, Bolu Meranti tidak bersedia memenuhi permintaan penyempurnaan persyaratan proses sertifikat halal. Sehingga, proses itu pun tidak dapat diselesaikan dan sertifikat halal tidak dapat diterbitkan lagi.

Sedangkan, Risol Spesial Gogo yang diproduksi oleh Perusahaan Risol Spesial Gogo yang beralamat di Jalan Mojopahit No 53 Medan, telah memiliki sertifikat halal yang berlaku sejak 23 Februari 2010 hingga 22 Februari 2012.

Setelah berakhirnya masa berlakunya, pihak Risol Gogo tidak ada melakukan perpanjangan sertifikat halal. Padahal, LP POM MUI Sumut sudah melayangkan surat pemberitahuan agar melalukan audit ulang dalam waktu 3 bulan sebelum habis masa berlaku sertifikat itu
 
(Mtc/rel) 
Editor: Amrizal

T#g:Bolu MerantiMUI SumutMatatelingaMeranti MedanTak pakai lebel Hala
Komentar
Selasa, 19 Jun 2018 17:34Berita Sumut

Kemlompok Komunitas Vespa, Ikut Tenggelam

im gabungan diantaranya Tim SAR, Kepilisian, TNI AL serta yang lainnya terus melakukan penacaraian terhadap korban penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam belum ditemukan. Hal tersebut dikatakan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan.

Selasa, 19 Jun 2018 17:19Berita Sumut

Anggota DPD RI Asal Sumut Tinjau Langsung Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Para pejabat bayak "berbondong bondong" menuju lokasi kejadian dengan tenggelamnnya kapal KM Sinar Bangun, diantaranya Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sumatera Utara, Parlindungan Purba meninjau langsung kondisi lokasi di Da

Selasa, 19 Jun 2018 17:04Berita Sumut

Kombatan dan Tim Kuasa Hukum Djoss Laporkan Penyebaran Fitnah ke Polda Sumut

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) Sumatera Utara (Sumut) didampingi Tim Kuasa Hukum Djarot-Sihar (Djoss) menyambangi Polda Sumut untuk membuat laporan terhadap akun media Facebook bernama Kayla Kusmawati yang diduga

Selasa, 19 Jun 2018 16:49Berita Sumut

Trimedya Panjaitan: Warga Harus Bersama Awasi Tindakan Curang

Politisi senior dari PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan menegaskan bahwa pasangan Djarot dan Sihar Sitorus di Pemilihan Gubernur

Selasa, 19 Jun 2018 16:37Berita Sumut

Ombudsman Minta Pengawasan Kapal Laik Layar di Danau Toba Diperketat

Tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6/2018) sore mengundang keprihatinan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Selasa, 19 Jun 2018 16:34Berita Sumut

Tangkap Pelaku Money Politics, Dapat Hadiah Dari Timses Eramas

Perkumpulan Pokja Humas Sumatera Utara himbau relawan dan masyarakat pendukung paslon Gubsu dan Wagubsu nomor urut satu, H. Edi Rahmayadi dan H. Musa Rajekshah untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilgubsu pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018. Bahkan Pokja Hum

Selasa, 19 Jun 2018 16:23Nasional

94 Orang Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan, Ini Identitasnya

Sebanyak 94 orang penumpang KM Sinar Bangun yang karam di Perairan Danau Toba hingga kini masih belum ditemukan. Sedangkan 18 orang dinyatakan selamat dan satu dinyatakan meninggal dunia.

Selasa, 19 Jun 2018 16:19Berita Sumut

Sihar Janji Akan Perhemat Anggaran, Dialokasikan untuk Kesejahteraan Warga

Penggunaan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Sumatera Utara (Sumut) saat ini lebih dominan digunakan untuk gaji dan belanja pegawai. Hal itu menurut Sihar Sitorus harus dapat ditekan dan menambah anggaran untuk kesejahteraan warga

Selasa, 19 Jun 2018 16:04Berita Sumut

Wali Kota Rayakan Lebaran Bersama Masyarakat Melalui Open House

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama istri Hj Rita Maharanai Dzulmi Eldin SH beserta keluarga menggelar open house di hari pertama Hari Raya Idu Fitri 1 Syawal 1439 H bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Selasa, 19 Jun 2018 15:49Berita Sumut

Pawai Takbiran Kenderaan Hias Berlangsung Meriah

Diiringi lantunan gema takbir, Gubsu Ir H T Erry Nuriadi bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan melepas pawai takbiran kenderaan hias dalam menyambut datangnya H

Selasa, 19 Jun 2018 15:34Berita Sumut

Wali Kota Shalat Ied Bersama Ribuan Warga

MATATELINGA, Medan:  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama ribuan masyarakat melaksanakan Shalat Idul Fitri  1439 H di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (15/6) pagi. Bertindak seb

Selasa, 19 Jun 2018 15:19Lifestyle

Terungkap Hobi 'Unik' Rihana, Curi Gelas Wine

Penyanyi Rihanna baru saja memamerkan bakatnya berakting sebagai peretas di film Ocean's 8. Namun siapa sangka, tindak pencurian itu ternyata turut dilakoninya di kehidupan nyata.

Selasa, 19 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Kapolda Akan Bentuk Tim Terpadu untuk Lidik Kasus Kapal Tenggelam

Terkiat dengan tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba,hingga menimbulkan keprihatinan dari orang nomor satu Kepolisian Polda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw

Selasa, 19 Jun 2018 15:04Ekonomi

Invansi Ke Indonesia, Korsel Akan Bangun Pabrik Kabel Listrik

Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel), LS Cable & System (LS C&S) akan membangun pabrik kabel listrik seluas 64 ribu meter persegi dengan nilai investasi mencapai US$50 juta atau setara Rp703 juta di Artha Industrial Hill, kawasan industri Karawa

Selasa, 19 Jun 2018 14:59Ekonomi

Mahathir Tinjau Ulang Proyek Kerjasama Dengan China di Era Najib

Malaysia pernah menjadi mitra setia China dalam mengembangkan infrastuktur global, tapi pemerintahan baru kini berjanji untuk meninjau ulang proyek-proyek yang disokong negeri Tirai Bambu tersebu

Selasa, 19 Jun 2018 14:49Ekonomi

Indeks Hangseng dan Shanghai Composite Terjun Bebas Akibat Perang Dagang

Bursa saham Asia terdampak perang dagang yang dilakukan Amerika Serikat dan China, terutama bursa saham China. Indeks Hang Seng dan Shanghai Composite menunjukkan penurunan lebih dari dua persen sejak diperdagangkan pagi hari hingga hari penutupan, Selasa