• Home
  • Berita Sumut
  • Masalah e-KTP masih menjadi kendala dalam rangka pendataan pemilih.

Masalah e-KTP masih menjadi kendala dalam rangka pendataan pemilih.

Robby Jumat, 12 Januari 2018 20:36 WIB
Google
MATATELINGA, Medan: KPU Sumut bersama Stakeholder mengelar rapat Forum Koordinasi untuk coklit pilgub dan wagub Sumut tahun 2018, Kamis (11/1/2018), di ruang Lavender Meeting Room Hotel Grand Mercure Medan,

Kegiatan diikuti kurang lebih 30 orang diantaranya dari KPU Sumut, dihadiri oleh Komisioner dan anggota Nazir Salim Manik, Yulhasni, Benget Silitonga, Sekretaris KPU Sumut Abdul Rajab, Irwan Siregar Kabag Program Data, dan Juli Kasubbag Program.


Selanjutnya perwakilan TNI dan Polri diantaranya dari Poldasu AKBP Titus Sianturi Kasubdit 1 Ditintelkam, Kodam I/BB Kolonel Nursyamsudin Aster Kasdam I/BB, AL Letkol Laut Husiri, kemudian dari BINDA Sumut Mayor Ricky (staf BINDASU).

Selain TNI-Polri, turut diundang dan hadir perwakilan dari Pengadilan Tinggi Medan M. Manurung (Hakim Tinggi).

Sedangkan dari Pemprovsu, dihadiri perwakilan dari Dinas Sosial Luxi Lingga (staf program), dan Dinas Kesehatan Jamaluddin, Dinas Dukcapil Riris D. Sijabat (Kasi Pengelolaan dan penyajian data), Kemenag Provsu Ernawati Ritonga (Pranata Humas), Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Cacat (PPUA) Penca Sumut M. Yusuf (Ketua).


Dalam sambutannya, Komisioner KPU Sumut Nazir Salim Manik, meminta agar unsur terkait terutama Dinas Dukcatpil dapat memberikan masukan tentang Data Pemilih untuk Provinsi Sumatera Utara.

Menjawab pertanyaan dari perwakilan AL, Letkol Laut Husiri, tentang personil militer yang sudah di mutasi dan keluarga (stri dan anaknya) tidak dibawa, Nazir Salim Manik menjelaskan bahwa, syarat bagi warga untuk bisa memilih, wajib memiliki KK dan e-KTP atau minimal memiliki Surat Keterangan sedang mengurus e-KTP.

Nazir menambahkan, untuk masalah e-KTP apabila tidak ada, dapat menunjukkan Surat Keterangan dari Dinas Dukcatpil.

"KPU Sumut meminta agar Pilgubsu dilakukan dengan Jujur dan Adil tanpa memihak kepada Paslon siapapun,". Tegasnya.

Menanggapi apa yang ditanyakan AKBP Titus, tentang pendataan pemilih di Lapas, Nazir menjawab akan memusyawarahkannya lebih lanjut dengan Kanwil Kemenkumham RI Sumut.

Menanggapi soal e-KTP Ririn dari Dinas Dukcatpil Provsu menjelaskan, penyebab mengapa sampai saat ini masih banyak warga yang tidak memiliki e-KTP, karena data masyarakat pemilih direkam di pusat sehingga membutuhkan waktu lama untuk membuat e-KTP nya.

"Blangko e- KTP sebenarnya ada stok, tetapi tergantung permintaan kebutuhan dari Kab/Kota agar di kirim dari pusat,".

"Untuk KTP seumur hidup jika pindah alamat cukup melapor ke Dinas Dukcapil setempat untuk di rubah alamat baru,", tutupnya.


(Mtc/Robby)
Editor: Amrizal

T#g:
Komentar
Kamis, 17 Jan 2019 06:59Lifestyle

Menikah Dengan Bule, 3 Artis ini Blak - Blakan Beberkan Pengalaman Ranjangnya

Keputusan untuk menikah dengan seorang bule memang bukanlah hal mudah, namun berbeda dengan tiga selebriti dibawah ini yang lebih memilih hidup bersama bule. Mereka adalah Lia Waode, Baby Margaretha hingga Melaney Ricardo.

Kamis, 17 Jan 2019 06:44Berita Sumut

Empat Komplotan Pembobol ATM, Terkapar di Terjang Timah Panas

Tim unit jatanras Polres Asahan melumpukan empat komplotan pembobol kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dengan modus mengganjal slot (tempat kartu ATM) di mesin, dengan timah panas dibagian kaki, karena berusaha melawan melarikan diri saat hendak dilakuka

Kamis, 17 Jan 2019 06:30Bola

Meski Kalah 0-1 Atas Leganes, Real Madrid Tetap Lolos ke perempatfinal

Real Madrid harus mengakui keunggulan Leganes di leg II 16 besar Copa del Rey 2018-2019 dengan kalah 0-1, pada Kamis (17/1/2019) dini hari WIB. Akan tetapi meski kalah di laga tersebut, Madrid tetap dipastikan lolos ke perempatfinal lantaran menang agrega

Kamis, 17 Jan 2019 06:29Internasional

14 Orang Militan Bersenjata Tewas di tangan Pasukan Keamanan Kenya

Sedikitnya 14 orang militan yang menyerang hotel mewah di Ibu Kota Nairobi tewas ditangan Pasukan keamanan Kenya, dalam aksi teror yang terjadi sejak Selasa, 15 Januari itu. Kelompok militan Al Shabaab yang berafiliasi dengan Al Qaeda mengklaim bertanggun

Kamis, 17 Jan 2019 06:15Lifestyle

Sarapan Super Praktis dan Bergizi, ini 2 Tips & Rekomendasinya

Apakah pola hidup sehat termasuk dalam daftar resolusi Anda di tahun 2019? Jika benar, Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri menyantap menu sarapan sehat. Salah satu resep makanan super praktis dan sehat adalah pancake.

Rabu, 16 Jan 2019 21:30Ekonomi

Terus Meningkat, Penerimaan Negara dari Hulu Migas Capai Rp246,7 Triliun

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat, penerimaan negara dari industri hulu migas di tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Rabu, 16 Jan 2019 21:15Lifestyle

Sakit atau Sehatnya Kita Bisa di Ungkap dari Kondisi Kaki, ini Faktanya

Sementara ada beberapa orang yang rutin melakukan general check up yang harganya tidak murah, ternyata kaki Anda bisa mengungkapkan kesehatan dengan mata telanjang!

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Kelompok Bersenjata Serang Hotel,Sejumlah Orang Tewas

Sejumlah pria yang diduga anggota kelompok milisi menyerang sebuah hotel mewah di Nairobi, Kenya, sehingga menewaskan sedikitnya enam orang.Sejumlah orang, beberapa di antara mereka bersimbah darah, dituntun polisi meninggalkan tempat kejadian perkara

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Setahun Abu Sayyaf Sandera Nelayan Indonesia Akhirnya di Bebaskan

Seorang sandera warga negara Indonesia (WNI) yang tampak meminta tolong pada sebuah video yang beredar pada awal bulan ini telah dibebaskan di Jolo, Filipina pada Selasa, 15 Januari.

Rabu, 16 Jan 2019 20:45Ekonomi

Menkeu Sri Mulyani: Impor Minyak Pertamina Kian Tumbuh Hingga 13,5%

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan memperbaiki transaksi berjalan (current account deficit/CAD) dan neraca perdagangan di 2019. Salah satunya dengan pelaksanaan B20.

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Nasional

Panglima TNI : Program Kerja Mabes TNI Prioritaskan Modernisasi Alutsista dan Kekuatan Integratif

Program kerja Mabes TNI tahun 2018 disusun dengan diprioritaskan modernisasi alutsista dan penggunaan kekuatan integratif, sedangkan Mabes Angkatan memiliki program prioritas yaitu modernisasi Alutsista, peningkatan profesionalisme prajurit dan dukungan k

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Lifestyle

Berikut 3 Durian Terlezat di Dinia, Indonesia Termasuk Gak Ya...

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mencicipi kelezatan durian. Meski pada akhirnya sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi buah tersebut karena aromanya cenderung tajam, tidak dapat dipungkiri bahwa durian merupakan salah satu buah tropis fa

Rabu, 16 Jan 2019 20:15Lifestyle

Kota Cirebon Gaet Wisatawan Domestik & Manca Negara Hingga 2 Juta Pengunjung, ini Triknya

Selama ini masih ada sebagian orang yang beranggapan jika Kota Cirebon hanya menjadi tempat persinggahan semata. Padahal di setiap sudutnya, kota ini menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh kota lain di Jawa Barat. Hal itu tercermin dari banyak

Rabu, 16 Jan 2019 20:00Bola

Nasib Solskjaer di Manchester United di Tentukan dalam 5 Laga Kedepan

United tengah memulai era barunya di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Hasil positif pun didapat oleh Setan Merah dengan memetik enam kemenangan beruntun. Kendati begitu, nyatanya masih terdapat sejumlah pihak yang meragukan kualitas Solskjaer menangani

Rabu, 16 Jan 2019 19:52Nasional

Ka Bakamla RI Wujudkan Indonesian Coast Guard dengan Kemampuan Personel Paramiliter

Guna menunjang tugas pokok Bakamla RI dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut di wilayah yurisdiksi nasional, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. bertekat mewujudkan sebuah cita-cita luhur, membangun Bakamla menjadi Indonesian Coa

Rabu, 16 Jan 2019 19:37Berita Sumut

Korban Teriak, Dua Pelaku Begal di Pancurbatu Kritis Dihajar Warga

Dua orang pelaku begal kritis usai dihajar warga di kawasan Jalan Jamin ginting, Dusun IV Lau Burah Desa Bintang Meriah Kec. Pancur Batu Kab.Deliserdang, Selasa (15/1/2019). Keduanya masih beruntung setelah polisi mengamankan mereka dari amukan massa.