MARHABAN YA RAMADHAN

HUT ke 71 Provinsi Sumut,

Masyarakat Sumut Diajak Dalami Sejarah Kelahiran Provinsi

Faeza Jumat, 26 April 2019 19:29 WIB
mtc/ist
Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Provinsi Sumatera Utara H Muhammad Yusuf mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuka secara resmi Seminar Hari Jadi ke 71 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar Lantai 2 Kantor Gubernur Sumatera
MATATELINGA, Medan: Ada yang istimewa dan berbeda pada peringatan hari jadi ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun ini. Masyarakat diajak mendalami sejarah tentang kelahiran Provinsi Sumut melalui seminar yang mengusung tema "Menimba Inspirasi Pembangunan yang Bermartabat Lewat Proses Lahirnya Provinsi Sumut", Jumat (26/4/2019), di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro No 30 Medan.


Seminar yang digelar Pemprov Sumut melalui Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprovsu bersama Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial Lembaga Penelitian (PUSSIS) Universitas Negeri Medan (Unimed) tersebut dihadiri 300 orang peserta dari para guru IPS SMP, guru sejarah SMA, dosen, mahasiswa, pengurus dan anggota organisasi pejuang di Sumut, serta ASN Pemprov Sumut.

"Sangat perlu bagi kita untuk mengenang dan mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa kita, dalam hal ini kelahiran Provinsi Sumut yang kita cintai ini. Hal ini untuk mendorong dan memotivasi kita semua, bahu membahu meneruskan cita-cita para pendahulu yang telah memperjuangkan kelahiran provinsi kita," ujar Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprovsu Muhammad Yusuf saat membacakan sambutan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, pada pembukaan seminar.


Budaya asli Sumut yang sekian lama telah ada dan masih eksis sampai saat ini, katanya, merupakan warisan leluhur serta mempunyai nilai-nilai filosofi kehidupan yang berkaitan dengan petunjuk bagaimana seharusnya berpikir, berbicara, dan bertindak terhadap sesama dan segenap makhluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa.

" Dengan demikian budaya Sumut mencakup sikap perilaku yang berlandaskan pada prinsip-prinsip keagamaan, nilai-nilai budi pekerti dan kearifan lokal, yang senantiasa diupayakan dapat terimplementasi dalam sikap hidup masyarakat sehari-hari," katanya.

Ketua PUSSIS Unimed Dr Pil Ikhwan Azhari MS membawakan materi "Jalan Berliku dari Provinsi Sumatera menjadi Sumatera Utara", menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sumut. Menurutnya, ini merupakan pertama kalinya peringatan hari jadi menyentuh kajian sejarah.

"Kami tahu Bapak Gubernur Edy Rahmayadi sangat perhatian dengan sejarah, pelestarian dan penyelamatan situs sejarah. Semoga kedepan tidak hanya seminar, tapi juga pameran, workshop, dan aksi lainnya," ujar Ikhwan.


Dalam pemaparannya, Ikhwan Azhari menyampaikan bahwa mula-mula Sumatera hanya terdiri dari satu provinsi, dimana Mr Muhammad Hasan menjabat sebagai Gubernur. Selanjutnya, pada tahun 1946, Sumatera dibagi jadi 3 Sub Provinsi yakni Sumut, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan.

"Pada tahun 1947, dilantiklah Gubernur Muda Sumut yakni SM Amin di Siantar. Jadi Sumut pemerintahannya berjalan sudah sejak 1947, baru pada rahun 1948 keluar UU No 10 Tahun 1948 yang menetapkan Sumut jadi provinsi dan Provinsi Sumatera dibubarkan tanggal 15 April. Dan tanggal ini lah yang kita peringati sebagai hari jadi hari ini," terang Ikhwan.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU Dr Drs Budi Agustono MS yang membawakan materi "Para Gubernur Sumatera Utara; Kajian, Sosial, dan Budaya" menerangkan tentang perjuangan para Gubernur dalam menghadapi dinamika yang terjadi di Republik Indonesia dan kaitannya dengan kontribusi Sumut dalam memperjuangkan NKRI.


Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana acara seminar yakni Kepala Bagian Pembinaan Sosila Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprovsu Yakub Hasibuan menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya seminar ini adalah untuk memupuk solidaritas dan kebersamaan serta menguatkan rasa persaudaraan, sekaligus menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap Provinsi Sumut bermartabat.

"Juga, untuk memperkenalkan berbagai keragaman budaya, produk-produk lokal, dunia industri dan multi etnis yang ada di Provinsi Sumut sebagai aset bangsa yang dapat dihandalkan baik regional, nasional, maupun internasional," tuturnya.

Seminar yang dipandu oleh moderator Dosen Pendidikan Sejarah Unimed Dra Flores Tanjung MA tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi.(mtc)

Editor: Faeza

T#g:Berita MedanBerita SumutHUT ke 71 PemprovsuHUT ke 73 provsuMatatelingaPemprovsuTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Senin, 27 Mei 2019 14:20Berita Sumut

Warga Minta Polisi dan Dishub Tertibkan Kendaraan Berat Parkir "Seenaknya" di Kawasan Jalan KL Yos Sudarso

Warga pengguna Jalan KLY Sudarso resah karena setiap pagi dan petang banyak alat alat berat parkir disepanjang jalan dan mengganggu arus Lalulintas. Sementara petugas Polisi Lalulintas dan Dinas Perhubungan terkesan tutup mata.

Senin, 27 Mei 2019 14:00Berita Sumut

Antisipasi Terulangnya Insiden KM Sinar Bangun, Ini Langkah yang Dilakukan BPODT dan Pihak Lainnya di Danau Toba

Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) bersama sejumlah pihak terkait sudah melakukan kesiapan pelayanan liburan Lebaran tahun 2019. Persiapan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terulang kembali insiden kapal motor Sinar Bangun yang tenggelam&am

Senin, 27 Mei 2019 13:18Berita Sumut

Terlibat Kasus Suap Bupati Labuhanbatu, Thamrin Ritonga Diganjar 4,5 Tahun Penjara

Terbukti terlibat dalam proses suap menyuap Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Thamrin Ritonga dihukum 4 tahun dan 6 bulan penjara. Orang kepercayaan Pangonal Harahap itu juga dihukum untuk membayar denda sebesar Rp 200 juta dengan subsider 4 tahun bula

Senin, 27 Mei 2019 12:42Berita Sumut

Tiga Personil Polri di Sumut yang Gugur Saat Tugas Pengamanan Pemilu Peroleh Penghargaan

Tiga orang personil Polri di Sumatera Utara yang gugur saat pengamanan Pemilu 2019 kemarin mendapat penghargaan. Penghargaan itu diserahkan langsung Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto kepada keluarga ketiga personil Polri tersebut dalam

Senin, 27 Mei 2019 12:22Berita Sumut

7.760 Personil Polri Amankan Libur Lebaran 2019 di Sumut

Sebanyak 7.760 orang personil Polri di Sumut dikerahkan untuk mengamankan libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. Ribuan personil Polri ini akan disebar di seluruh wilayah di Sumatera Utara.

Senin, 27 Mei 2019 12:07Berita Sumut

Pemerintah Kabupaten Asahan Bagikan Seribu Karung Beras Untuk Kaum Dhuafa.

Pemerintah Kabupaten Asahan membagikan sebanyak 1000 karung beras ukuran 10 kilogram kepada warga masyarakat di 25 kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Timur dan Kecamatan Kota Kisaran Barat, Senin (27/5/2019) bertempat di Gedung Serba Guna Kisara

Senin, 27 Mei 2019 08:15Internasional

Sediktknya 50 Orang Lebih Jadi Korban Usai Kapal Kargo Terbakar dan Meledak di Pelabuhan

Sedikitnya 50 orang mengalami luka-luka setelah sebuah kebakaran yang terjadi di sebuah kapal

Senin, 27 Mei 2019 08:00Nasional

Lagi, Kini Giliran Mustofa Nahra Diboyong Polisi

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresiasi penahanan yang dilakukan pada anggota BPN Prabowo-Sandiaga

Senin, 27 Mei 2019 07:45Nasional

Ajukan Bukti Link Berita ke MK, TKN Ngaku Diuntungkan BPN

Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggugat Keputusan KPU terkait hasil pemilihan presiden ke Mahkamah Konstitusi

Senin, 27 Mei 2019 07:30Lifestyle

Jangan Lupa Panjatkan Doa Ini, di Jelang Akhir Ramadhan

Di tengah gegap gempita masyarakat Indonesia yang membelanjakan uang THR (Tunjangan Hari Raya)

Senin, 27 Mei 2019 07:15Nasional

Gempa 4,6 SR Guncang Maluku Utara

Gempa bumi dengan berkekuatan M 4,6 terjadi di Daruba, Maluku utara pada Senin (27/5/2019) dini hari

Senin, 27 Mei 2019 07:00Bola

Meski Menang, Milan Tetap Gagal ke Liga Champions Musim Depan

AC Milan memainkan laga penentuan Liga Italia 2018-2019 dengan melawan SPAL di Stadion Paolo Mazza

Senin, 27 Mei 2019 06:45Lifestyle

Saat Berpuasa, Ini yang Terjadi pada Lambung dan Kerongkongan

Berpuasa Ramadan sebulan lamanya akan membawa pengaruh besar pada kondisi tubuh manusia

Senin, 27 Mei 2019 06:30Nasional

Kadernya Ditetapkan Sebagai Tersangka, PAN Tunjukkan Kepriahatinannya

Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay merasa prihatin usai Mustofa Nahrawardaya

Senin, 27 Mei 2019 06:15Bola

Ivan Rakitic Beri Sinyal Tinggalkan Barcelona

Kekalahan di final Copa del Rey membuat Barcelona terancam kehilangan salah satu gelandang

Senin, 27 Mei 2019 06:00Bola

Demi Pulangkan Pogba, Juventus Rela Buang Pemainnya

Juventus akan melakukan perubahan besar pada musim depan demi mewujudkan impian mereka