Medan Juara Pertama Produk Olahan Pangan Lokal

Mtc/zal Rabu, 09 Oktober 2019 15:42 WIB
Matatelinga.com
Produk olahan makanan lokal
MATATELINGA, Medan: Kota Medan berhasil keluar sebagai juara pertama Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Sumut kategori Produk Olahan  Pangan Lokal Komersial yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 dan Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Propinsi Sumatera Utara  di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (9/10/2019).

[adx]




Sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Kota Medan tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Hj Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut  Ny Sri Ayu Muhari Musa Rajekshah memberikan hadiah berupa tropi kepada Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH.


Penyerahan hadiah disaksikan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK beserta sejumlah Bupati dan Wali Kota se-Sumut. Keberhasilan itu selanjutnya didedikasikan Ny Hj Rita Maharani kepada seluruh pengurus dan anggota TP PKK Kota Medan, termasuk warga Kota Medan yang selama ini mendukung penuh seluruh kegiatan program PKK.

"Alhamdulillah, kerja keras yang dilakukan selama ini membuahkan hasil dan pagi menjelang siang ini kita berhasil keluar sebagai juara pertama Festival Pangan Lokal Provinsi Sumut Kategori Paket Lunchbox B2SA. Meski demikian saya berpesan agar keberhasilan ini tidak cepat  membuat kita langsung berpuas diri. Jadikan kemenangan ini sebagai motivasi untuk terus menggiatkan dan memberhasilkan seluruh program PKK, termasuk B2SA di wilayah Kota Medan," kata Ny Hj Rita Maharani.

[adx]





Dikatakan Hj Ny Hj Rita Maharani, masyarakat, trutama kaum ibu saat ini perlu terus diedukasi guna meningkatkan pemahaman akan pentingnya penerapan prinsip B2SA dengan berbasis sumber daya local dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, salah satu faktor penting dan sangat mempengaruhi terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas adalah konsumsi pangan yang bergizi.

"Mari kita jadikan keberhasilan ini sebagai momentum untuk membangun budaya keluarga agar mengkonsumsi aneka menu makanan B2SA guna memenuhi kebutuhan gizi sehari hari dengan memanfaatkan potensi pangan lokal. Dengan demikian insya Allah akan terbentuk sumber daya manusia berkualitas dan mampu berdaya saing," pesannya.

[adx]





Peringatan HPS dan HKP turut dihadiri Wakapolda sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK serta sejumlah Bupati dan Wali Kota di Sumut. Selain pameran dan bazar, HPS dan HPK juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang sejumlah perlombaan yang digelar guna memeriahkan peringatan tersebut.

Sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya, berharap agar peringatan HPS dan HPK ke depan tidak lagi lakukan secara seremonial seperti ini. Gubsu ingin peringatan dilakukan dalam ruangan dan diisi dengan pembahasan sekaligus evaluasi upaya peningkatan hasil pertanian dan pangan di Sumut dengan melibatkan seluruh Bupati dan Wali Kota.

[adx]





 "Saya tidak mau ada acara seremonial seperti ini. Kita harus membahas bagaimana meningkatkan pangan dan pertanian di Sumut.   Dengan memiliki lahan yang sangat luas, saya  optimis Sumut dapat menghasilkan surplus beras yang bermanfaat, termasuk mengirimkan ke provinsi lain di Indonesia," ungkap Gubsu.

Selain beras, mantan Pangkostrad itu juga optimis hasil pertanian lainnya di Sumut seperti jagung, cabai merah, wortel, tomat, kentang dan ubi kayu juga bisa surplus jika dikelola dengan sebaik-baiknya. "Kita punya potensi, jika dikelola dengan baik hasilnya bisa berlimpah sehingga Sumut dapat surplus, jelasnya.

[adx]





Di kesempatan itu Gubsu juga melaporkan kepada seluruh pengunnung yang hadir, jumlah warga asal Sumut yang di Wamena, Papua berjumlah 651 orang. Saat ini ungkapnya, baru 14 orang warga yang baru dipulangkan. "Insya Allah nanti sore akan dating lagi 34 orang, sehingga total keseluruhannya menjadi 48 orang," jelasnya.

Umumnya warga yang telah dipulangkan itu, jelas Gubsu, kondisinya dalam kesulitan dan segera dikembalikan ke daerah asal masing-masing. Gubsu menambahkan, saat ini Tim Provinsi Sumut masih ada di sejumlah tempat di Papua dan siap memulangkan warga asal Sumut yang berada di Wamena. "Intinya, kita siap untuk memulangkan sleuruh saudara-saudara kita yang ada di Wamena," pungkasnya. 
Editor: James P Pardede

T#g:Berita SumutMakanan OlahanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comMedanPemko MedanProduk LokalTerkiniTraveloka
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 21:46Berita Sumut

Polisi Labuhanbatu Kembangkan Ternak Lalat Dengan Hasil 20juta/Bulan

Apresiasi diberikan kapolres labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK. MH kepada salah seorang personilnya Aiptu H. Solihin yang berhasil menambah penghasilan disaat wabah virus corona (covid-19), dengan cara beternak lalat BSF

Kamis, 28 Mei 2020 21:31Berita Sumut

Penarik Betor Jiwa Melayang di Tangan Teman Sendiri

Seorang penarik becak motor (Betor), Ramadhani (35) warga Jalan Karya Jaya Gang Eka Lembah Kecamatan Medan Johor tewas ditikam oleh temannya sendiri di Jalan Eka Karya Gang Eka Kencana

Kamis, 28 Mei 2020 21:16Berita Sumut

Masa Belajar di Rumah Diperpanjang Hingga 14 Juni 2020

Harusnya, Jumat (29/5/2020) siswa sudah bisa mengikuti proses belajar mengajar kembali di sekolah. Namun, berdasarkan surat Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan Nomor : 420/.SMP/2019, masa belajar di rumah diperpanjan

Kamis, 28 Mei 2020 21:01Ekonomi

Penyaluran Elpiji Naik, Konsumsi BBM Turun

Satuan tugas Ramadhan, Idul Fitri dan Covid-19 (Rafico) Pertamina mendata penyaluran elpiji 3 kg subsidi selama H-3 sampai H+3 lebaran 2020 menunjukkan konsistensi tren meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya. Penyaluran di periode tersebut pada tahun in

Kamis, 28 Mei 2020 20:57Nasional

Kasal Berikan Exit Briefing kepada Prajurit Kogabwilhan I

Mengakhiri jabatannya sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memberikan Exit Briefing kepada prajurit Kogabwilhan I, bertempat di kantor perwaki

Kamis, 28 Mei 2020 19:52Berita Sumut

Pemprov Sumut Segera Bebaskan Lahan Benteng Putri Hijau

Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk menyelematkan situs bersejarah di daerah ini akan segera direalisasikan dengan melakukan pengadaan (pembebasan) lahan Benteng Putri Hijau.

Kamis, 28 Mei 2020 18:48Nasional

Panglima TNI Terima Audiensi Dirut PT KAI

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi menerima audiensi Ditektur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur

Kamis, 28 Mei 2020 17:45Berita Sumut

Tak Ada Kata Berhenti, Polres Sergai Tetap Himbau Masyarakat Cegah Corona

Banyak hal dilakukan oleh jajaran Kepolisian Polres Serdang Bedagai dalam melakukan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai.

Kamis, 28 Mei 2020 17:15Berita Sumut

Ini Tanggapan GTPP Covid-19 Sumut Terkait Hilangnya Sampel Swab Anak PDP

Menanggapi hilangnya sampel swab anak PDP, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut menganggap wajar hilangnya spesimen swab test anak 12 tahun yang menjadi PDP di RS Pirngadi tersebut.

Kamis, 28 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Kapolsek Medan Baru Bagikan Face Mask Kepada Personil

Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah H.Tobing SIK MH, membagikan face mask kepada personil Polsek Medan Baru yang melaksanakan tugas di lapangan, Kamis, 28 Mei 2020.

Kamis, 28 Mei 2020 16:45Berita Sumut

Saling Tikam, Pengendara dan Pengidap Gangguan Jiwa di Sunggal Tewas

Seorang pengendara sepeda motor terlibat aksi saling tikam dengan seorang pengidap gangguan jiwa di Sunggal, Deli Serdang, Sumut, Kamis (28/5) siang. Akibat pertarungan itu pengendara motor dan pengidap gangguan jiwa tersebut meninggal dunia.

Kamis, 28 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Polda Sumut Perpanjang Masa Operasi Ketupat Toba 2020

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara memperpanjang masa Operasi Ketupat Toba 2020 hingga 7 Juni mendatang.

Kamis, 28 Mei 2020 16:15Berita Sumut

Kepala Ombudsman RI : Kerja Tenaga Kesehatan Ceroboh, Sampel Anak PDP Untuk Tes Swab Hilang

Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar merasa kaget luar biasa, begitu mendapat penjelasan tentang hilangnya sampel atau specimen untuk swab test seorang anak PDP yang dirawat di RS Pirngadi Medan. Hal ini menjadi peny

Kamis, 28 Mei 2020 16:00Berita Sumut

Sidak Kantor Satpas Satlantas, Kapolres Simalungun: Masyarakat Harus Dilayani dengan Baik dan Humanis

Kapolres Simalungun AKBP.Agus Waluyo, S.I.K., melaksanakan Sidak mengawali tugas Pagi hari ini di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Simalungun, Jl.Sangnawaluh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangintar, K

Kamis, 28 Mei 2020 15:49Berita Sumut

Liason Officer BNPB Pusat Kunjungi Posko Gugus Tugas Sergai

Liason officer (LO) BNPB Pusat Mayjend (Purn.) Darlan Harahap mengunjungi Posko Gugus Tugas Sergai yang bertempat di Rumah Dinas Bupati di Sei Rampah, Kamis, 28 Mei 2020. Kedatangan LO BNPB Mayjend (Purn.) Darlan Harahap disambut langsung Ketua Tim Gugus

Kamis, 28 Mei 2020 15:00Nasional

Sudah Siapkah Kita Menerapkan Tatanan Hidup Normal Baru ?

Penerapan PSBB di beberapa daerah ternyata belum mendapat respon positif dari sebagian besar masyarakatnya, ada saja yang melanggar aturan-aturan yang disepakati bersama. Sekarang, kita sedang memperbincangkan penerapan 'New Normal' dengan berba