• Home
  • Berita Sumut
  • Medan Labuhan Kecamatan Terbaik Malah,Hujan Turun Air "Tergenang"

Medan Labuhan Kecamatan Terbaik Malah,Hujan Turun Air "Tergenang"

Amr/rel Jumat, 12 Oktober 2018 06:20 WIB
Google
MATATELINGA, Labuhan:  Kecamatan Medan Labuhan merupakan kecamatan terbaik di Kota Medan. Mirisnya, beberapa kawasan di kecamatan ini malah tergenang usai diguyur hujan. Contohnya di Perumahan Komplek BTN Martubung, Lingkungan XI, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Hingga sore kemarin, (11/10/2018), genangan air di kawasan tersebut tak juga surut. Akibatnya, aktifitas warga nyaris lumpuh.



Parahnya kondisi itu kurang mendapat perhatian dari aparatur pemerintahan setempat, baik kelurahan maupun kecamatan. Menurut warga, tak seorang pun pihak dari kelurahan dan kecamatan turun ke lokasi untuk meninjau banjir di kawasan mereka.

"Seperti inilah keadaan kami tak pernah diperhatikan kecamatan. Padahal kondisi banjir ini jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit,''sebut salah seorang Warga Martubung bernama  Amirudin.


Kekuatiran pria anak tiga ini seolah mewakili kekuatiran warga lainnya yang juga mengalami banjir. pasalnya, akibat air yang tak kunjung surut, nyamuk pun semakin merajalela dan dapat menebarkan penyakit demam berdarah dengue (dbd) dan malaria. Selain itu, warga rentan mendapat penyakit seperti flu, demam dan diare.

"Kita berharap ada perhatian pemerintah, karena banjir ini bisa menimbulkan berbagai penyakit menular yang bisa menelan korban jiwa," sebutnya lagi.


Dia mengakui, banjir yang terjadi lantaran saluran drainase di wilayah mereka tak berfungsi dengan baik. Akibat setiap kali hujan deras mengguyur, kawasan mereka pun tergenang lantaran saluran pembuangan tumpat.

Sementara Camat Medan Labuhan Arrahman Pane SSTP MAP tak berhasil dikonfirmasi wartawan via seluler. Terdengar nada aktif ponselnya, namun tak kunjung direspon.

//Perusahaan Sumbangkan Dana CSR Untuk Penanggulangan Banjir //


Anggota DPRD Medan Surianto yang akrab disapa Butong tak menampik wilayah Kecamatan Medan Labuhan kerap tergenang jika hujan deras melanda. Bahkan di Komplek BTN, kondisi banjir diperparah lantaran saluran drainase buruk.

"Saya sudah pernah meninjau ke lokasi, memang di sana (Komplek BTN) rentan banjir. Lokasinya lebih rendah dan seperti kuali, makanya sering banjir,'' ujar politisi Gerindra ini.

Dia menghimbau, agar warga sering melakukan gotong royong untuk membersihkan saluran drainase. Tak hanya itu, politisi Medan Utara ini juga meminta agar perusahaan-perusahaan di Kawasan Industri Medan (KIM) menyisihkan dana csr untuk penanggulangan banjir warga di sekitar mereka.

"Masalah banjir ini sudah bertahun dialami warga. Kita berharap agar pemerintah mendapat solusi menyelesaikan banjir ini, karena bisa menimbulkan berbagai penyakit. Harus ada reaksi cepat dari Pemko Medan meninjau ke lokasi banjir, jangan ada pembiaran,''sebutnya.

Dia juga meminta kepedulian dari perusahaan yang berada di sekitar kawasan tempat tinggal warga. "Kepedulian perusahaan juga kita harapkan. Sisihkan dana csr untuk menanggulangi banjir, biar masalah ini tak berlarut-larut dialami warga,''tukas Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan ini.

Dia mengingatkan agar warga dan kepala lingkungan setempat saling bekerjasama membentuk drainase yang selama ini ada dan perlu diperbaiki.

"Dengan adanya dasar, berfungsi atau tidaknya drainase yang ada selama ini, baru bisa kita ketahui dan ajukan anggaran pembangunan drainase yang rusak, kita tidak ingin warga di kawasan utara Kota Medan ini terus menerus menjadi korban banjir akibat buruknya drainase," sebutnya.
Editor: Amrizal

T#g:Aktifitas lumpuhKota MedanLabuhan Kecamatan TerbaikMartubung BanjirMartubung air tergenangMatatelingaTerkini
Komentar
Senin, 10 Des 2018 17:29Berita Sumut

Sepanjang 2018, Kejatisu Selamatkan Uang Kerugian Negara Rp 39 Milyar

Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara (Kejatisu) berhasil menyelamatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 39 Milyar lebih sepanjang tahun 2018 ini. Uang negara itu berasal dari penyidikan, penuntutan, uang pengganti dan denda.

Senin, 10 Des 2018 16:55Berita Sumut

Kejatisu : Kasus JR Saragih Sudah Kadaluarsa

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sumut Edward Kaban menyatakan kasus penggunaan dokumen palsu dalam Pilkada dengan tersangka JR Saragih sudah kadaluarsa.

Senin, 10 Des 2018 16:37Berita Sumut

Ini Persiapan PT KAI Sumut Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre 1 Sumut mempersiapkan 30 unit lokomotif dan 76 unit kereta api untuk melayani masyarakat di Sumut pada musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Senin, 10 Des 2018 16:24Berita Sumut

Kapolsek Percut Seituan Rutin Cek RTP

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri melakukan pengecekan pelaksanaan piket RTP, di dampingi Kanit Sabhara dan piket Provost, Polsek Percut Seituan, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 16:05Berita Sumut

Mahasiswa Minta Kurikulum Anti Korupsi Diterapkan di Sekolah

Massa yang mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa Hukum Indonesia (SMHI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Tugu Titik Nol Kota Medan, di Jalan Kantor Pos, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 15:47Berita Sumut

30 Kg Sabu dan 159 Inex Direbus Ditres Narkoba Polda Sumut

Sebanyak 30 kilogram sabu dan 159 Inex dimusnahkan di halaman Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditnarkoba Polda Sumut), Senin (10/12). Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan selama tiga bulan.

Senin, 10 Des 2018 15:30Berita Sumut

UNPRI Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan berbagai hal, salah satunya menjalin kerjasama dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) dan menggelar "The 7th Internat

Senin, 10 Des 2018 15:15Berita Sumut

Tiga Anggota Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Tangkap

Satres Narkoba Polrestabes Medan menjaring tiga anggota sindikat jaringan narkoba internasional, Minggu (9/12/2018). Salah seorang yang diciduk diduga oknum TNI.

Senin, 10 Des 2018 15:00Lifestyle

Cegah Anak Kecanduan Main Gadget, ini 6 Tipsnya

Saat memperkenalkan gadget, orang tua harus siap untuk memberikan batasan yang jelas terkait dengan penggunaan gadget pada anak. Pasalnya jika terus-menerus dibiarkan, anak akan mulai kecanduan bermain gadget.

Senin, 10 Des 2018 15:00Berita Sumut

Walikota Binjai : Tidak Ada Toleransi Dengan ASN Pengguna Narkoba

Pemerintah kota (pemko) Binjai bersikap sangat tegas kepada aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Wali Kota Binjai HM Idaham menegaskan tidak ada toleransi terhadap ASN pengguna, apalagi pengedar narkoba.

Senin, 10 Des 2018 14:25Berita Sumut

Bakal Ada Penghapusan Data, Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB

Seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau untuk memanfaatkan program pemutihan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlaku mulai 28 November hingga 28 Desember 2018. Pasalnya, mulai Januari 201

Senin, 10 Des 2018 14:00Berita Sumut

DPRD Medan Setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan

DPRD Medan bersama Pemko Medan setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Persetujuan menjadi Perda setelah Fraksi di DPRD Medan menyampaikan pendapat menerima dan menyetujui laporan panitia khusus (pansus).

Senin, 10 Des 2018 13:30Berita Sumut

Pemko Medan Raih Penghargaan Top 25 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018 Terbaik

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI MH kembali mendapatkan penghargaan yang cukup membanggakan di Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/12).

Senin, 10 Des 2018 13:00Berita Sumut

12 Panti Asuhan di Sumut Peroleh Rp 100 Juta dari Pertamina

Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) menyerahkan bantuan santunan kepada 12 Panti Asuhan di Sumatera Utara. Pemberian santunan ini dalam rangka syukuran HUT Pertamina yang ke-61.

Senin, 10 Des 2018 12:30Berita Sumut

Ahmad Doli : Golkar, Partai yang Siap Hadapi Pemilu

Pelaksana Tugas (Plt) DPD Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengakui partainya sudah solid dan siap memenangkan Pemilu 2019.

Senin, 10 Des 2018 12:17Berita Sumut

Pangdam I/BB Pimpin Sertijab Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU

Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah memimpin langsung acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU dan Tradisi Koprs Penerimaan serta Pelepasan perwira di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln