• Home
  • Berita Sumut
  • Medan Labuhan Kecamatan Terbaik Malah,Hujan Turun Air "Tergenang"

Medan Labuhan Kecamatan Terbaik Malah,Hujan Turun Air "Tergenang"

Amr/rel Jumat, 12 Oktober 2018 06:20 WIB
Google
MATATELINGA, Labuhan:  Kecamatan Medan Labuhan merupakan kecamatan terbaik di Kota Medan. Mirisnya, beberapa kawasan di kecamatan ini malah tergenang usai diguyur hujan. Contohnya di Perumahan Komplek BTN Martubung, Lingkungan XI, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Hingga sore kemarin, (11/10/2018), genangan air di kawasan tersebut tak juga surut. Akibatnya, aktifitas warga nyaris lumpuh.



Parahnya kondisi itu kurang mendapat perhatian dari aparatur pemerintahan setempat, baik kelurahan maupun kecamatan. Menurut warga, tak seorang pun pihak dari kelurahan dan kecamatan turun ke lokasi untuk meninjau banjir di kawasan mereka.

"Seperti inilah keadaan kami tak pernah diperhatikan kecamatan. Padahal kondisi banjir ini jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit,''sebut salah seorang Warga Martubung bernama  Amirudin.


Kekuatiran pria anak tiga ini seolah mewakili kekuatiran warga lainnya yang juga mengalami banjir. pasalnya, akibat air yang tak kunjung surut, nyamuk pun semakin merajalela dan dapat menebarkan penyakit demam berdarah dengue (dbd) dan malaria. Selain itu, warga rentan mendapat penyakit seperti flu, demam dan diare.

"Kita berharap ada perhatian pemerintah, karena banjir ini bisa menimbulkan berbagai penyakit menular yang bisa menelan korban jiwa," sebutnya lagi.


Dia mengakui, banjir yang terjadi lantaran saluran drainase di wilayah mereka tak berfungsi dengan baik. Akibat setiap kali hujan deras mengguyur, kawasan mereka pun tergenang lantaran saluran pembuangan tumpat.

Sementara Camat Medan Labuhan Arrahman Pane SSTP MAP tak berhasil dikonfirmasi wartawan via seluler. Terdengar nada aktif ponselnya, namun tak kunjung direspon.

//Perusahaan Sumbangkan Dana CSR Untuk Penanggulangan Banjir //


Anggota DPRD Medan Surianto yang akrab disapa Butong tak menampik wilayah Kecamatan Medan Labuhan kerap tergenang jika hujan deras melanda. Bahkan di Komplek BTN, kondisi banjir diperparah lantaran saluran drainase buruk.

"Saya sudah pernah meninjau ke lokasi, memang di sana (Komplek BTN) rentan banjir. Lokasinya lebih rendah dan seperti kuali, makanya sering banjir,'' ujar politisi Gerindra ini.

Dia menghimbau, agar warga sering melakukan gotong royong untuk membersihkan saluran drainase. Tak hanya itu, politisi Medan Utara ini juga meminta agar perusahaan-perusahaan di Kawasan Industri Medan (KIM) menyisihkan dana csr untuk penanggulangan banjir warga di sekitar mereka.

"Masalah banjir ini sudah bertahun dialami warga. Kita berharap agar pemerintah mendapat solusi menyelesaikan banjir ini, karena bisa menimbulkan berbagai penyakit. Harus ada reaksi cepat dari Pemko Medan meninjau ke lokasi banjir, jangan ada pembiaran,''sebutnya.

Dia juga meminta kepedulian dari perusahaan yang berada di sekitar kawasan tempat tinggal warga. "Kepedulian perusahaan juga kita harapkan. Sisihkan dana csr untuk menanggulangi banjir, biar masalah ini tak berlarut-larut dialami warga,''tukas Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan ini.

Dia mengingatkan agar warga dan kepala lingkungan setempat saling bekerjasama membentuk drainase yang selama ini ada dan perlu diperbaiki.

"Dengan adanya dasar, berfungsi atau tidaknya drainase yang ada selama ini, baru bisa kita ketahui dan ajukan anggaran pembangunan drainase yang rusak, kita tidak ingin warga di kawasan utara Kota Medan ini terus menerus menjadi korban banjir akibat buruknya drainase," sebutnya.
Editor: Amrizal

T#g:Aktifitas lumpuhKota MedanLabuhan Kecamatan TerbaikMartubung BanjirMartubung air tergenangMatatelingaTerkini
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 11:29Berita Sumut

Halal Bi Halal dengan Warga, Bupati Sergai Sampaikan Sejumlah Pesan

Bupati Serdangbedagai Soekirman menggelar halal bi halal dengan masyarakat di Kecamatan Perbaungan dan Pantai Cermin, Senin (17/6/2019). Dalam kesempatan itu, Soekirman menyampaikan banyak pesan untuk para warga dan OPD.

Selasa, 18 Jun 2019 11:14Nasional

569 Atlet Panahan Bersaing Rebut Piala Panglima TNI Open Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P membuka Kejuaraan Panahan Piala Panglima TNI Open tahun 2019 di lapangan Pusjaspermildas TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 11:06Berita Sumut

Apel Hari Kesadaran Nasional Kota Binjai 2019

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 10:59Berita Sumut

Tim Verifikasi Tertib Administrasi Pusat Kunjungi Binjai

Ketua TP PKK, Hj Lisa Andriani Idaham didampingi Asisten I Otto Harianto,SH , beserta pimpinan OPD, dan anggota PKK, menyambut kehadiran tim verifikasi lapangan lomba pelaksanaan terbaik tingkat nasional tertib administrasi dalam rangka Hari Kesatuan Ger

Selasa, 18 Jun 2019 10:55Berita Sumut

Puluhan Pelajar Diamankan Polsek Medan Baru

Petugas Polsek Medan yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Philip Purba, Antonio Purba SH MH didampingi Pawas Panit 3 Sabhara Ipda Carles BA, mengamankan puluhan pelajar dari berbagai sekolah dari salah satu rumah makan samping Power Salon Jalan Darussalam, Se

Selasa, 18 Jun 2019 10:35Nasional

34 Perwira Tinggi TNI Dipromosi Jabatan Baru

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 18 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Berkali-kali Beraksi, 3 Orang Pelaku Perampokan Rumah di Medan Dilumpuhkan Polisi

Tim Pegasus Polrestabes Medan meringkus 3 orang kawanan pelaku perampokan rumah yang sudah beraksi berkali-kali. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas saat penangkapan.

Selasa, 18 Jun 2019 08:30Bola

Chelsea Tolak Tawaran Dua Klub Besar Dunia untuk Willian Borges

Hanya menyisakan masa kontrak selama satu tahun lagi bersama Chelsea membuat Willian Borges

Selasa, 18 Jun 2019 08:15Lifestyle

Positif Hamil, Shandy Aulia Sempat Tak Percaya Hingga Gunakan 10 Testpack

Kehamilan aktris Shandy Aulia setelah 7,5 tahun menikah, tentu menambah bahagia biduk

Selasa, 18 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Harapkan Satgas Yonif 132/BS Mampu Menjaga Keutuhan NKRI Di Perbatasan Timor Leste

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI MS.Fadillah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas

Selasa, 18 Jun 2019 07:45Internasional

Dibalik Jeruji Besi, Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Dunia

Mantan Presiden Mohammed Morsi meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah pingsan di balik

Selasa, 18 Jun 2019 07:30Nasional

Hari ini, MK Kembali Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Sengketa Pilpres 2019, Berikut Agendanya

Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Selasa, 18 Jun 2019 07:15Ekonomi

Syarifuddin: Tahun Depan Tukin dan Insentif Tak Dinikmati PNS lagi

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menerima insentif tidak diperbolehkan menerima

Selasa, 18 Jun 2019 07:00Ekonomi

Menanti Pejabat Baru PLN, Menteri Rini Siapkan 5 Kandidat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut sudah menyiapkan

Selasa, 18 Jun 2019 06:45Bola

Meski Dianggap Pengkhianat Juve, Fabio Capello Tetap Bela Antonio Conte

Keputusan Antonio Conte untuk melatih Inter Milan nyatanya mendapat banyak kritik, yang utamanya

Selasa, 18 Jun 2019 06:30Lifestyle

Memasuki Babak Baru, Kriss Hatta Protes Usai Dituntut 4 Tahun Penjara

Sidang kasus pemalsuan dokumen pernikahan yang dilakukan oleh aktor sekaligus presenter Kriss Hatta