Mengerikan, Petinggi Tobasa "Terjun" Ke Sungai Asahan

Pintor Maruli Rabu, 08 Agustus 2018 06:37 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Tobasa:    Siapa yang tidak kenal dengan ganasnya aliran sungai Asahan. Sungai ini merupakan aliran sungai danau Toba yang melewati Asahan  hingga ke laut.



Sungai ini merupakan sungai yang terganas nomor 3 di dunia. Jika sudah pernah mengarungi aliran sungai Asahan ini, maka anda memiliki nyali yang besar dan tangguh.

Namun hal ini tidak menyurutkan niat para petinggi Tobasa ini. Mereka tertantang untuk terjun dan mengarungi derasnya aliran sungai. Bahkan mereka lebih dulu mendaftar agar bisa di barisan terdepan melakukan arung jeram pada Selasa,  (7/8/2018).



Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian beserta ibu Brenda Ritawati Darwin Siagian dan wakil bupati Ir. Hulman Sitorus dan Ibu Iin Hulman Sitorus mendapatkan posisi pertama.

Tak hanya itu, plt. Sekda Harapan Napitupulu dan Wakapolres Arifin Siagian ikut juga terjun menantang alam.

Namun ada juga yang tidak berani turun ke sungai. Padahal sebelumnya mereka sudah  punya semangat yang tinggi sebelum melihat kondisi air yang sebenarnya.  

Setibanya di lokasi start awal dan melihat gelombang air sungai Asahan yang ganas, nyali merekapun hilang.  Padahal, mereka sudah menggunakan pelampung, helm dan kayak.

Diantaranya, kepala  dinas sosial dr. Raja Ipan Sinurat, kadis Koperindag Marsarasi Simanjuntak, Kadisnaker trans dan masih banyak lagi. Merekapun akhirnya kembali ke warung kopi dengan menaikki tangga seribu yang cukup melelahkan.



Sementara    camat Siantar Narumonda Lahsa Manullang berani mengambil keputusan untuk ikut melakukan rafting ala kelas dunia.

Para pemula arung jeram ini dipandu para pemandu yang sudah  lulus sertifikasi dan membawa mereka di jalur pendek yang aman dan gelombang airnya yang bagi pemula tetap mengerikan.

Mereka tidak diijinkan memulai rafting (arung jeram) dari start awal lomba kelas dunia dari jembatan Parhitean.

Di jalur kelas dunia ini sangat berbahaya bagi pekayak profesional sekalipun apalagi bagi pemula.

Di jalur ini memiliki jalur yang di namakan NECK yaitu jalur yang mematikan. Tidak banyak pekayak profesional yang bisa melewati ini. Jika sudah bisa melewati ini maka anda merupakan pekayak yang handal dan bernasib baik.

Pekayak pemula seperti rombongan bupati ini harus dipandu oleh 3 orang satu kayak. Setiap kayak diisi 7 orang. Mereka harus menggunakan helm, pelampung dan kayak.

Sebelum memulai rafting, terlebih dahulu para pemandu memberikan arahan agar para pemula agar tahu apa yang mereka lakukan ketika mengarungi sungai ganas ini.

Disamping itu, ada tim rescue yang selalu melakukan pemantauan ketika dibutuhkan mereka sudah sigap dan bisa dengan cepat melakukan pertolongan.

"Ini perlu kita viralkan agar masyarakat pecinta kayak bisa tau dan datang mencoba ilmunya. Kami hanya terjun di jalur yang aman dan bagi kami pemula ini jalur yang ganas" ungkap bupati sembari menikmati kopi hitam setelah selesai melakukan arung jeram.

Nah, bagi anda pembaca yang berminat untuk mencoba adu nyali, silahkan datang ke Parhitean Tobasa yang berada di Kecamatan Pintupohan Meranti Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara.

Dengan menempuh perjalanan 2 jam dari pusat kita Balige, anda sudah tiba dilokasi yang dituju.

Kepala dinas pariwisata Audi Murphy Sitorus bertekad akan melakukan kegiatan rutin setiap tahun dan mengundang para pekayak." Sungai Asahan ini memang  suatu anugerah besar bagi Toba Samosir selama ini belum kita olah menjadi  event di Toba Samosir terutama untuk wisata. Dan kita berencana tahun-tahun berikutnya akan kita  buat agenda rutin di Toba Samosir bagaimana supaya kita bisa mendatangkan wisatawan. Apakah bentuknya lomba atau eksebisi. Kalau lomba harus mendatangkan orang yang profesional sedangkan untuk eksebisi, siapapun yang berminat bisa melakukan rafting (arung jeram)" terang beliau.


(Mtc/Pintor)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaMengerikanarum jeramTerkini
Komentar
Sabtu, 15 Des 2018 06:50Internasional

Senat AS Hentikan Dukungan ke Arab Saudi dalam Perang di Yaman dan Kecam MBS

Senat Amerika Serikat (AS) memberi pukulan bersejarah terhadap Arab Saudi, sekutu lama AS, dengan meloloskan sebuah resolusi untuk mengakhiri dukungan Amerika bagi intervensi militer kerajaan itu dalam perang saudara di Yaman.

Sabtu, 15 Des 2018 06:35Nasional

Gempa 5,2 SR Guncang Gorontalo

Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter mengguncang Provinsi Gorontalo, Sabtu (15/12/2018) pukul 02.27 WIB. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Sabtu, 15 Des 2018 06:20Bola

Bertandang Markas Liverpool, Man United Andalkan Semangat Bertarung

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, berjanji untuk menurunkan tim terbaik saat menyambangi markas Liverpool, Stadion Anfield, pada Minggu 16 Desember 2018 malam WIB. Ia yakin skuad yang akan diturunkan memiliki keinginan serta ambisi untuk menang di

Sabtu, 15 Des 2018 06:05Nasional

Kecelakaan di Depan Kampus Seorang Pengendara Sepeda Motor Tewas

Seorang pemotor yang belum diketahui identitasnya tewas di tempat setelah kecelakaan ‎di dekat Kampus Budi Mulia, Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi, Sabtu (15/12/018) sekira pukul 02.28 WIB.

Jumat, 14 Des 2018 23:45Lifestyle

7 Fakta Mengagetkan Tentang Kopi yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Kopi adalah minuman yang digemari oleh jutaan orang di segala kalangan usia. Bahkan Thomas Jefferson menyebutnya minuman ini, "minuman favorit dari dunia yang beradap”.

Jumat, 14 Des 2018 23:30Berita Sumut

Wakil Wali Kota Medan Buka Turnamen Sepak Bola Antar Klub SSB

Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution,MSi mengapresiasi digelarnya Turnamen Sepak Bola antar Klub Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Kota Medan. Apalagi turnamen ini dikhususkan bagi pemain mulai usia dini hingga remaja. Untuk itu Diharapkan kegiatan ini m

Jumat, 14 Des 2018 23:15Berita Sumut

Sinergi Diperlukan tuk Perkuat Ketahanan Ekonomi

Pjs. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Hilman Tisnawan mengungkapkan kondisi perekonomian global yang masih tidak menentu semakin mempertegas perlunya sinergi untuk memperkuat ketahanan dalam menghadapi dampak rambatan glo

Jumat, 14 Des 2018 23:00Aceh

Presiden Jowowi Resmikan Lajur Tol Aceh

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli sebagai upaya memudahkan mobilitas masyarakat dan barang di daerah untuk pertumbuhan ekonomi.

Jumat, 14 Des 2018 22:45Nasional

Kementrian LHK Punya Cara Jitu Mengatasai Kerusakan Ekosistem Laut Dunia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, lingkungan pesisir dan laut dengan keragaman, keunikan ekosistem menghadapi ancaman pencemaran dan kerusakan lingkungan

Jumat, 14 Des 2018 22:30Nasional

Jembatan Lajur Padang Menuju Bukittinggi Ambruk

Pemerintah melakukan pemasangan jembatan sementara sepanjang 36 meter menyusul robohnya jembatan di jalur Padang-Bukittinggi, Senin 10 Desember 2018. Pemasangan dilakukan dalam tempo 48 setelah informasi robohnya diterima Kementerian PUPR.

Jumat, 14 Des 2018 22:15Berita Sumut

Bupati Asahan Serahkan Bantuan Kendaraan Dinas Ke Polres Asahan

Pemerintah Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan kendaraaan dinas kepada Kepolisian Resor Asahan, penyarahan kendaraan dinas dimaksud bertujuan untuk melancarkan tugas keseharian Kepolisian resor Asahan dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Asahan, kenda

Jumat, 14 Des 2018 21:43Berita Sumut

Longsor Kembali Menerjang Tobasa, Satu Pengendara Sepeda Motor Tewas

Bencana longsor kembali menerjang Kabupaten Tobasa. Kali ini longsor itu terjadi di Jalan Umum, Kecamatan Nassau menuju Labuhanbatu, tepatnya di Dusun Hasang, Desa Cinta Dame, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (14/12/2018) sekitar p

Jumat, 14 Des 2018 21:25Aceh

Presiden Serahkan 320 Sertifikat Wakaf di Banda Aceh

Presiden Joko Widodo menyerahkan 320 sertifikat hak atas tanah wakaf kepada masyarakat di Provinsi Aceh, dalam rangkaian kunjungan kerjanya hari ini, Jumat, 14 Desember 2018. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan usai melaksanakan ibadah salat Jumat di

Jumat, 14 Des 2018 19:53Berita Sumut

FTIK UNPRI Gelar MECnIT 2018

Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan menggelar event International Conference on Mechanical, Electronics, Computer, and Industrial Technology (MECnIT) 2018, (13/12/2018).

Jumat, 14 Des 2018 19:00Berita Sumut

Forlispar Prioritaskan Aspek Ekonomi untuk Publikasikan Danau Toba

Para pekerja media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar) akan menjadikan aspek ekonomi sebagai salah satu perspektif yang akan dikedepankan dalam publikasi-publikasi terkait dengan Danau Toba.

Jumat, 14 Des 2018 18:45Berita Sumut

Dua Pegawai BPK Dianiaya Kontraktor saat Bertugas di Nias

Dua pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menjadi korban pemukulan saat memeriksa proyek pembangunan di Nias Utara. Aksi pemukulan terhadap dua pejabat negara itu dilakukan sejumlah orang, termasuk kontraktor yang menjadi rekanan proyek.