Mengerikan, Petinggi Tobasa "Terjun" Ke Sungai Asahan

Pintor Maruli Rabu, 08 Agustus 2018 06:37 WIB
Matatelinga
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Tobasa:    Siapa yang tidak kenal dengan ganasnya aliran sungai Asahan. Sungai ini merupakan aliran sungai danau Toba yang melewati Asahan  hingga ke laut.



Sungai ini merupakan sungai yang terganas nomor 3 di dunia. Jika sudah pernah mengarungi aliran sungai Asahan ini, maka anda memiliki nyali yang besar dan tangguh.

Namun hal ini tidak menyurutkan niat para petinggi Tobasa ini. Mereka tertantang untuk terjun dan mengarungi derasnya aliran sungai. Bahkan mereka lebih dulu mendaftar agar bisa di barisan terdepan melakukan arung jeram pada Selasa,  (7/8/2018).



Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian beserta ibu Brenda Ritawati Darwin Siagian dan wakil bupati Ir. Hulman Sitorus dan Ibu Iin Hulman Sitorus mendapatkan posisi pertama.

Tak hanya itu, plt. Sekda Harapan Napitupulu dan Wakapolres Arifin Siagian ikut juga terjun menantang alam.

Namun ada juga yang tidak berani turun ke sungai. Padahal sebelumnya mereka sudah  punya semangat yang tinggi sebelum melihat kondisi air yang sebenarnya.  

Setibanya di lokasi start awal dan melihat gelombang air sungai Asahan yang ganas, nyali merekapun hilang.  Padahal, mereka sudah menggunakan pelampung, helm dan kayak.

Diantaranya, kepala  dinas sosial dr. Raja Ipan Sinurat, kadis Koperindag Marsarasi Simanjuntak, Kadisnaker trans dan masih banyak lagi. Merekapun akhirnya kembali ke warung kopi dengan menaikki tangga seribu yang cukup melelahkan.



Sementara    camat Siantar Narumonda Lahsa Manullang berani mengambil keputusan untuk ikut melakukan rafting ala kelas dunia.

Para pemula arung jeram ini dipandu para pemandu yang sudah  lulus sertifikasi dan membawa mereka di jalur pendek yang aman dan gelombang airnya yang bagi pemula tetap mengerikan.

Mereka tidak diijinkan memulai rafting (arung jeram) dari start awal lomba kelas dunia dari jembatan Parhitean.

Di jalur kelas dunia ini sangat berbahaya bagi pekayak profesional sekalipun apalagi bagi pemula.

Di jalur ini memiliki jalur yang di namakan NECK yaitu jalur yang mematikan. Tidak banyak pekayak profesional yang bisa melewati ini. Jika sudah bisa melewati ini maka anda merupakan pekayak yang handal dan bernasib baik.

Pekayak pemula seperti rombongan bupati ini harus dipandu oleh 3 orang satu kayak. Setiap kayak diisi 7 orang. Mereka harus menggunakan helm, pelampung dan kayak.

Sebelum memulai rafting, terlebih dahulu para pemandu memberikan arahan agar para pemula agar tahu apa yang mereka lakukan ketika mengarungi sungai ganas ini.

Disamping itu, ada tim rescue yang selalu melakukan pemantauan ketika dibutuhkan mereka sudah sigap dan bisa dengan cepat melakukan pertolongan.

"Ini perlu kita viralkan agar masyarakat pecinta kayak bisa tau dan datang mencoba ilmunya. Kami hanya terjun di jalur yang aman dan bagi kami pemula ini jalur yang ganas" ungkap bupati sembari menikmati kopi hitam setelah selesai melakukan arung jeram.

Nah, bagi anda pembaca yang berminat untuk mencoba adu nyali, silahkan datang ke Parhitean Tobasa yang berada di Kecamatan Pintupohan Meranti Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara.

Dengan menempuh perjalanan 2 jam dari pusat kita Balige, anda sudah tiba dilokasi yang dituju.

Kepala dinas pariwisata Audi Murphy Sitorus bertekad akan melakukan kegiatan rutin setiap tahun dan mengundang para pekayak." Sungai Asahan ini memang  suatu anugerah besar bagi Toba Samosir selama ini belum kita olah menjadi  event di Toba Samosir terutama untuk wisata. Dan kita berencana tahun-tahun berikutnya akan kita  buat agenda rutin di Toba Samosir bagaimana supaya kita bisa mendatangkan wisatawan. Apakah bentuknya lomba atau eksebisi. Kalau lomba harus mendatangkan orang yang profesional sedangkan untuk eksebisi, siapapun yang berminat bisa melakukan rafting (arung jeram)" terang beliau.


(Mtc/Pintor)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaMengerikanarum jeramTerkini
Komentar
Selasa, 21 Agu 2018 23:33Berita Sumut

Kedatangan Kapolda Sumut Agus Andrianto Disambut Pj Gubsu

Kedatangan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH disambut Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Sum

Selasa, 21 Agu 2018 23:29Berita Sumut

Bupati Asahan Melantik Jabatan Sekertaris Daerah

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP melantik Taufik Zainal Abidin Siregar memangku jabatan Sekertaris daerah, setelah selama kurun waktu tiga bulan lamanya Taufik ZA sebgai pelaksana tehnis

Selasa, 21 Agu 2018 22:59Nasional

Panglima TNI : Paskibraka 2018 Mampu Teruskan Estafet Perjuangan dan Kepemimpinan Bangsa

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2018 diyakini mampu meneruskan estafet perjuangan dan kepemimpinan bangsa di masa mendatang dalam rangka mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa

Selasa, 21 Agu 2018 22:55Berita Sumut

Wakil Wali Kota & Unsur Forkopimda Takbiran di Balai Kota

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

Selasa, 21 Agu 2018 22:51Berita Sumut

ASN Pemkab.Asahan Qurban 95 Ekor Hewan Ternak Lembu dan 30 Ekor Kambing

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Asahan pada hari raya Idhul Adha 1439 H

Selasa, 21 Agu 2018 22:05Berita Sumut

Bus Sentosa Masuk Jurang Di Tobasa,8 Meninggal, 14 Selamat

Pencarian korban kecelakaan bus Sentosa yang terperosok kedalam jurang di Desa Lumban Rau Tengah diantara Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau Km 24 25, Kabupaten Toba Samosir

Selasa, 21 Agu 2018 21:50Berita Sumut

BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas III Langkat

Selasa, 21 Agu 2018 21:41Berita Sumut

Komisi A DPRD Medan BKOW Sumut Layak Pertahankan Lahan Wisma Kartini

Ketua Komisi A DPRD Medan,Andi Lumban Gaol SH menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Badan Kerjasama Organisasi Wanita(BKOW) Sumut yang mempertahankan lahan Wisma Kartini,untuk tetap dijadikan sebagai tempat berhimpunya Organisasi Wanita di Sumut

Selasa, 21 Agu 2018 21:30Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sedekahkan 13 Ekor Lembu di Hari Raya Idul Adha 1439 H

Sambut Hari Raya Idul Adha 1439 H Tahun 2018 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sedekahkan 13 ekor Lembu kepada masyarakat yang berada disekitar Sumber Air dan Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi

Selasa, 21 Agu 2018 21:26Berita Sumut

Polda Sumut Tetapkan Dua Tersangka

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan

Selasa, 21 Agu 2018 21:00Berita Sumut

Dua Pegawai BP2RD Gelapkan Uang Negara Rp 31 Juta

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) akhirnya memberikan keterangan resmi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan terhadap dua pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Meda

Selasa, 21 Agu 2018 20:52Berita Sumut

Dinas Pariwisata Petakan Potensi Industri Kreatif di Medan

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata tengah melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatif di ibu kota Sumatra Utara ini

Selasa, 21 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Kurban Tiga Ekor Lembu

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB & PP PA) Kabupaten Asahan, dalam rangka menyambut kedatangan hari raya Idhul Adha 1439 H, menyembelih tiga ekor lembu yang berkualitas baik serta seh

Selasa, 21 Agu 2018 16:40Berita Sumut

Produksi Padi Sumut Diharapkan Capai 7 Ton/Tahun

Program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Produksi padi tahun 2017 yang mencapai 5,1 ton diharapkan terus meningkat menjadi 7 ton/tahun.

Selasa, 21 Agu 2018 16:00Berita Sumut

Protes Azan Hingga Picu Keributan, Meiliana Dihukum 18 Bulan Penjara

Perbuatan Meiliana ,44, yang memprotes suara azan hingga memicu kerusuhan SARA di Tanjungbalai pada dua tahun lalu diganjar dengan 1 tahun 6 bulan penjara. Putusan ini sama dengan tuntutan yang diajukan oleh tim JPU dari Kejari Tanjungbalai.

Selasa, 21 Agu 2018 15:30Berita Sumut

Pemprovsu Dukung Pengumpulan Koleksi Kayu Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung kegiatan pengumpulan koleksi kayu yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi sumbangsih kepada berbagai kalangan termasuk akademisi, industri, dan masyarakat.