Menko Maritim Minta Kabupaten se-Kawasan Jemput Bola

Amr/rel Kamis, 11 Januari 2018 08:40 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Tobasa:  Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan meminta pemerintah kabupaten se-kawasan Danau Toba serius dalam upaya memajukan pariwisata dengan system jemput bola terhadap apa saja yang diperlukan guna dalam pengembangannya. Hal tersebut disampaikannya dalam Rakor Pembahasan Perkembangan Pengelolaan kawasan wisata andalan Sumatera Utara (Sumut) di Laguboti Tobasa, Rabu (10/1/2018).



"Kami minta supaya pemerintah kabupaten se-kawasan untuk serius terhadap pengembangan kawasan pariwisata di Danau Toba. Karena Pak Presiden sudah memerintahkan kita untuk bekerja melayani, bukan sebaliknya. Jadi harus jemput bola, jangan menunggu," ujar Luhut di Aula Kampus Institut Teknologi Del, Tobasa.

Hadir diantaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana, Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Bupati Karo Terkelin Brahmana, serta perwakilan dari Pemkab Simalungun, Taput, Dairi, Direktur Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, Kepala BPJN Sumut Paul Ames, Tokoh Masyarakat RE Nainggolan serta perwakilan sejumlah kementerian terkait.



Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut dirinya juga meminta kepada seluruh pihak terkait, baik pemerintah kabupaten se-kawasan, pemerintah provinsi serta kementerian seperti Pekerjaan Umum, Perhubungan, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Paiwisata dan swasta agar dapat mempercepat pengerjaan pengembangan tersebut pariwisata di Danau Toba.

Dari pertemuan tersebut, Luhut juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama soal limbah yang masuk ke dalam air danau. Sebab katanya, saat ini akibat pencemaran yang tinggi, muncul bakteri baru yang membuat kualitas air terus menurun. Termasuk keberadaan perusahaan yang dinilai menyumbang pencemaran.

"Kita berharap Danau Toba ini bisa seperti Bali baru di Sumut. Jadi dengan upaya ini, semua kepala daerah kami harapkan juga terus koordinasi," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Gubernur Sumut Hj Nurhajizah Marpaung mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah mengupayakan mengejar pembangunan di kawasan Danau Toba. Selain pembangunan jalan provinsi yang menjadi akses ke sejumlah lokasi wisata, pihaknya juga mempersiapkan bagaimana Geopark Kaldera Toba bisa masuk dan diakui UNESCO sebagai bagian dari warisan bumi dengan pengelolaan yang kompleks.

"Untuk jalan provinsi yang ada di kawasan Danau Toba, tahun ini kita juga fokus untuk perbaikan di bebrapa tempat. Namun kita minta agar pembebasan lahan seperti pelebaran badan jalan, agar pemerintah kabupaten bisa mempercepat prosesnya," kata Wagub didampingi Kadis Lingkungan Hidup Hidayati dan Staf Ahli Bidang Ekbang Binsar Situmorang.

Sementara Direktur BPODT Arie Prasetyo menyampaikan bahwa kondisi saat ini, perkembangan Bandara Silangit yang telah resmi beroperasi sejak Oktober 2017 lalu, masih membutuhkan penambahan luas landasan pacu sekaligus perluasan lahan parkir pesawat.

"Kita juga minta Pemkab (Taput) bisa membantu untuk penyediaan lahan perluasan landasan pacu di SIlangit agar bisa didarati pesawat yang lebih besar. Kita juga mendorong operasional kereta api wisata dengan rute Medan-Pematang Siantar," kata Arie.

Selain itu lanjut Arie, pihaknya juga mendorong dilakukannya revitalisasi pelabuhan yang ada, penyediaan kapal wisata sekaligus memberikan kesempatan pihak swasta untuk bergiat melatih anak muda untuk bisa menjadi pemandu wisata khususnya awak kapal, dalam melayani para wisatawan yang berkunjung.

Mendukung percepatan pengembangan itu, Kepala Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah II Paul Ames Haloman mengatakan akses Jalan Tol dari Medan ke Tebing Tinggi ditargetkan akan terhubung pada Oktober 2018 mendatang. Saat ini katanya, prose pembangunan seksi 1 (Tanjung Morawa) dan seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) telah berjalan. Begitu juga ruas tol Binjai-Medan yakni di seksi I Helvetia-Tanjung Mulia, sudah dikerjakan. Sedangkan terkait pembebasan lahan warga, ditargetkan pada Februari mendatang sudah tuntas untuk bisa dilanjutkan pengerjaan hingga jalur tol dari Binjai-Medan-Tebing Tinggi bisa rampung.

"Untuk seksi satu Sei Rampah-Tebing Tinggi, April sudah bisa dibuka. Tetapi untuk semuanya, target kita Oktober selesai semuanya," katanya sekaligus menerangkan bahwa dengan akses jalur bebas hambatan itu, waktu tempuh dari Medan/Kualanamu ke Danau Toba bisa dipangkas menjadi 2-3 jam dan mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata andalan Sumut itu.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Danau tobaMatatelingaTobasa
Komentar
Sabtu, 20 Jan 2018 21:59Berita Sumut

Wow!!!!, Ayah dan Dua Anaknya Kompak Melakukan pembunuhan

Ayah dan dua anaknya melakukan pembunuhan terhadap mantan juragan ikan asin di Kabupaten Sedang Bedagai

Sabtu, 20 Jan 2018 21:59Berita Sumut

Wow!!!!, Ayah dan Dua Anaknya Kompak Melakukan pembunuhan

Ayah dan dua anaknya melakukan pembunuhan terhadap mantan juragan ikan asin di Kabupaten Sedang Bedagai

Sabtu, 20 Jan 2018 21:42Berita Sumut

Wabup Darma Wijaya Ajak Masyarakat Dukung Upaya Peninjatan Pembangunan

Memperoleh keridhaan dan kecintaan Allah SWT merupakan kainginan umat muslim, maka yang paling utama adalah mengikuti jejak langkah Rasulullah, meneladani apa yang telah di lakukannya, berperilaku sesuai dengan akhlak dan tata kramanya. Semua itu merup

Sabtu, 20 Jan 2018 21:36Nasional

Komandan Kontingen Garuda Unifil kunjungi Markas Indobatt XXIII-L/Unifil

Komandan Kontingen Garuda Unifil 2017-2018, Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo didampingi beberapa staf terkait melaksanakan kunjungan ke Markas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion

Sabtu, 20 Jan 2018 21:33Berita Sumut

Kapolres Asahan Hadiri Kegiatan Study Work Champ

Kapolres Asahan AKBP.Kobul Syahrin Ritinga,SIK.M.Si menghadiri kegiatan study work champ yang di gelar oleh mahasiswa yang tergabung dalam wadah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kabupaten Asahan

Sabtu, 20 Jan 2018 21:27Berita Sumut

Dua Unit Damkar Padamkan Dua Rumah Yang Terbakar

Dua unit rumah tinggal yang di huni oleh Budi dan Malau warga jalan Merpati kelurahan karang Anyer kecamatan Kota Kisaran Timur ludes terbakar api , Sabtu (20/1/2018) sekira pukul 14.00 Wib, dua unit mobil pemadam kebarakan

Sabtu, 20 Jan 2018 16:09Berita Sumut

Ini Wajah Samsul, Tersangka yang Nekad Membunuh Karena Ditagih Hutang

Samsul (35) warga dusun VIII desa teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Asahan , pelaku penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain kini masih dalam pengejaran pihak Reskrim Polsek Simpang Empat, Sabtu (20/1/2018)

Sabtu, 20 Jan 2018 15:45Berita Sumut

Kunjungi Bocah Korban Penganiayaan Orangtua, Kapoldasu : Ayah Tiri Korban Suka Mabuk-Mabukan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw mengunjungi Siti Aminah, bocah asal Paluta yang menjadi korban penganiayaan ibu kandung dan ayah tirinya di RSUP H Adama Malik, Medan, Sabtu (20/1/2018).

Sabtu, 20 Jan 2018 15:35Berita Sumut

Pelaksanaan Kegiatan Coklit di Kabupaten Simalungun, Ini Arahan Wakil Bupati

Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitihan (Coklit) data pemilih di wilayah Kabupaten Simalungun, Sabtu (20/

Sabtu, 20 Jan 2018 15:01Berita Sumut

Duh, Petugas Damkar Medan Kerap Terima Telpon Iseng Warga

Meski Kadis pemadam kebakaran Drs, M Tampubolon telah mengingatkan masyarakat agar tidak mempermainkan nomor telepon darurat pemadam kebakaran, hal ini sepertinya tidak di gubris oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sabtu, 20 Jan 2018 13:00Berita Sumut

Hutangnya Ditagih, Samsul Malah Tikam Andri Hingga Tewas

Persoalan hutang piutang dalam kehidupan merupakan hal yang biasa dan kerap terjadi di tengah tengah kehidupan masyarakat. Namun lain halnya dengan yang dilakukan oleh tersangka Samsul (35 ) warga Dusun VIII desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Asahan i

Sabtu, 20 Jan 2018 09:00Berita Sumut

Diduga Dibunuh, Siswi SMA Tewas Bersimbah Darah di Kamar Mandi

Seorang siswi SMA, Anggi Syahputri Tanjung (16) ditemukan tewas bersimbah darah di kediamannya Jalan Bustamam Gg Satria Dusun XI Desa ‎Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan, Jumat (19/1) malam. Korban tewas diduga karena pembunuhan.

Sabtu, 20 Jan 2018 08:45Berita Sumut

1,2 Juta Warga Sumut Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, Ini Penyebabnya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut kembali mengingatkan bahwa 1,2 juta penduduk di Sumatera Utara hingga saat ini belum melakukan rekam KTP elektronik atau E-KTP. Jumlah ini menurut Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan sangat rawan tidak terakomodir

Sabtu, 20 Jan 2018 08:15Berita Sumut

Ketua Umum Dharma Pertiwi : Tumbuhkan Budaya Saling Asah, Asih dan Asuh Dalam Organisasi

Dalam menjalankan organisasi perlu ditumbuhkan budaya saling asah, asih dan asuh. Demikian disampaikan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto pada acara penyerahan jabatan Ketua Umum PIA Ardhya Garini dari Ibu Nanny Hadi Tjahjanto kepada Ibu A

Sabtu, 20 Jan 2018 08:00Nasional

Satgas Kesehatan TNI Masuki Kampung-Kampung Terpencil di Asmat

Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB), terdiri dari Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Dinas Kesehatan TNI AL dan Dinas Kesehatan TNI AU bersama dengan Dinas Kesehatan Wilayah setempat, bergerak cepat memasuki kam

Jumat, 19 Jan 2018 18:35Berita Sumut

Harga Beras Naik, Pedagang di Padangsidempuan Menjerit

Naiknya harga beras beberapa minggu belakangan ini juga dirasakan di Kota Padangsidimpuan. Akibatnya, para pedagang beras pun menjerit lantaran omset mereka turun.