Menko Maritim Minta Kabupaten se-Kawasan Jemput Bola

Amr/rel Kamis, 11 Januari 2018 08:40 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Tobasa:  Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan meminta pemerintah kabupaten se-kawasan Danau Toba serius dalam upaya memajukan pariwisata dengan system jemput bola terhadap apa saja yang diperlukan guna dalam pengembangannya. Hal tersebut disampaikannya dalam Rakor Pembahasan Perkembangan Pengelolaan kawasan wisata andalan Sumatera Utara (Sumut) di Laguboti Tobasa, Rabu (10/1/2018).



"Kami minta supaya pemerintah kabupaten se-kawasan untuk serius terhadap pengembangan kawasan pariwisata di Danau Toba. Karena Pak Presiden sudah memerintahkan kita untuk bekerja melayani, bukan sebaliknya. Jadi harus jemput bola, jangan menunggu," ujar Luhut di Aula Kampus Institut Teknologi Del, Tobasa.

Hadir diantaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana, Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Bupati Karo Terkelin Brahmana, serta perwakilan dari Pemkab Simalungun, Taput, Dairi, Direktur Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, Kepala BPJN Sumut Paul Ames, Tokoh Masyarakat RE Nainggolan serta perwakilan sejumlah kementerian terkait.



Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut dirinya juga meminta kepada seluruh pihak terkait, baik pemerintah kabupaten se-kawasan, pemerintah provinsi serta kementerian seperti Pekerjaan Umum, Perhubungan, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Paiwisata dan swasta agar dapat mempercepat pengerjaan pengembangan tersebut pariwisata di Danau Toba.

Dari pertemuan tersebut, Luhut juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama soal limbah yang masuk ke dalam air danau. Sebab katanya, saat ini akibat pencemaran yang tinggi, muncul bakteri baru yang membuat kualitas air terus menurun. Termasuk keberadaan perusahaan yang dinilai menyumbang pencemaran.

"Kita berharap Danau Toba ini bisa seperti Bali baru di Sumut. Jadi dengan upaya ini, semua kepala daerah kami harapkan juga terus koordinasi," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Gubernur Sumut Hj Nurhajizah Marpaung mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah mengupayakan mengejar pembangunan di kawasan Danau Toba. Selain pembangunan jalan provinsi yang menjadi akses ke sejumlah lokasi wisata, pihaknya juga mempersiapkan bagaimana Geopark Kaldera Toba bisa masuk dan diakui UNESCO sebagai bagian dari warisan bumi dengan pengelolaan yang kompleks.

"Untuk jalan provinsi yang ada di kawasan Danau Toba, tahun ini kita juga fokus untuk perbaikan di bebrapa tempat. Namun kita minta agar pembebasan lahan seperti pelebaran badan jalan, agar pemerintah kabupaten bisa mempercepat prosesnya," kata Wagub didampingi Kadis Lingkungan Hidup Hidayati dan Staf Ahli Bidang Ekbang Binsar Situmorang.

Sementara Direktur BPODT Arie Prasetyo menyampaikan bahwa kondisi saat ini, perkembangan Bandara Silangit yang telah resmi beroperasi sejak Oktober 2017 lalu, masih membutuhkan penambahan luas landasan pacu sekaligus perluasan lahan parkir pesawat.

"Kita juga minta Pemkab (Taput) bisa membantu untuk penyediaan lahan perluasan landasan pacu di SIlangit agar bisa didarati pesawat yang lebih besar. Kita juga mendorong operasional kereta api wisata dengan rute Medan-Pematang Siantar," kata Arie.

Selain itu lanjut Arie, pihaknya juga mendorong dilakukannya revitalisasi pelabuhan yang ada, penyediaan kapal wisata sekaligus memberikan kesempatan pihak swasta untuk bergiat melatih anak muda untuk bisa menjadi pemandu wisata khususnya awak kapal, dalam melayani para wisatawan yang berkunjung.

Mendukung percepatan pengembangan itu, Kepala Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah II Paul Ames Haloman mengatakan akses Jalan Tol dari Medan ke Tebing Tinggi ditargetkan akan terhubung pada Oktober 2018 mendatang. Saat ini katanya, prose pembangunan seksi 1 (Tanjung Morawa) dan seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) telah berjalan. Begitu juga ruas tol Binjai-Medan yakni di seksi I Helvetia-Tanjung Mulia, sudah dikerjakan. Sedangkan terkait pembebasan lahan warga, ditargetkan pada Februari mendatang sudah tuntas untuk bisa dilanjutkan pengerjaan hingga jalur tol dari Binjai-Medan-Tebing Tinggi bisa rampung.

"Untuk seksi satu Sei Rampah-Tebing Tinggi, April sudah bisa dibuka. Tetapi untuk semuanya, target kita Oktober selesai semuanya," katanya sekaligus menerangkan bahwa dengan akses jalur bebas hambatan itu, waktu tempuh dari Medan/Kualanamu ke Danau Toba bisa dipangkas menjadi 2-3 jam dan mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata andalan Sumut itu.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Danau tobaMatatelingaTobasa
Komentar
Minggu, 21 Okt 2018 21:08Berita Sumut

Wakil Walikota Medan Tegur Kontraktor Jembatan yang Ambruk

Wakil Walikota Medan Ir Ahyar Nasution menegur pihak kontraktor pembangunan jembatan titi ll Kelurahan si Canang Kecamatan Medan Belawan, karena tidak memiliki stap ahli dibidang pembangunan jembatan.

Minggu, 21 Okt 2018 21:02Berita Sumut

Gubernur Sumut Bersama MNSBDI Tanam 10.000 Pohon di Pantai Cermin

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama seribuan anggota Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) dari Sumut dan berbagai daerah di Indonesia, menanam 10.000 pohon di Pantai Desa Lubuk Saban, Kecamatan Pantai Cermin, Serdang

Minggu, 21 Okt 2018 20:57Nasional

Dubes LBBP RI Untuk Sri Lanka Sambut Prajurit KRI Usman Harun-359

Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Sri Lanka H.E. I Gusti Ngurah Adyksa menyambut kedatangan prajurit KRI Usman Harun-359 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL saat singgah di Colombo Sri Lan

Minggu, 21 Okt 2018 19:19Berita Sumut

Tim Pegasus Polsek Patumbak Seser Sejumlah Wilayah Rawan Narkoba dan Judi

Tim Pegasus Polsek Patumbak yang langsung dipimpin Kapolsek AKP Ginanjar Fitriadi SH.SIK menyeser sejumlah kawasan rawan narkoba dan judi, Minggu (21/10) dinihari. Hasilnya, tiga orang pelaku narkoba serta lima unit mesin judi jackpot dan kendaraan tanpa

Minggu, 21 Okt 2018 18:40Berita Sumut

Sumut Tuan Rumah Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional

Setelah menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-27, Sumatera Utara (Sumut) kembali terpilih menjadi tuan rumah kegiatan nasional yaitu Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) nasional. Kegiatan ini akan diselenggarakan d

Minggu, 21 Okt 2018 18:23Berita Sumut

Jembatan Kembali Ambruk, Warga Sicanang Mengaku Kecewa

Pasca amblasnya tanah di jembatan titi dua Sicanang, Sabtu (20/10/2018) kemarin membuat segala kegiatan warga Sicanang macet total. Hal ini terlihat pada Minggu, (21/10/2018) warga yang ingin bekerja dan berbelanja harus menaiki titi darurat yang terbuat

Minggu, 21 Okt 2018 18:06Berita Sumut

Gagal Merampok, Dua Pelaku Jambret Malah Sekarat Tabrak Trotoar Jalan

Apes benar nasib yang dialami kedua pelaku jambret ini. Gagal menjambret, keduanya malah sekarat masuk rumah sakit.

Minggu, 21 Okt 2018 17:30Nasional

Prajurit TNI Distribusikan Bantuan Logistik Untuk Warga di Lombok Timur

Prajurit TNI dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1615-03/Sambelia yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpàdu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nusa Tenggara Barat (NTB), mendistribusikan bantuan logistik bahan makanan untuk warg

Minggu, 21 Okt 2018 17:15Berita Sumut

Pemprov Sumut Serius Jajaki Kerjasama dengan Jepang

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) serius menjajaki kerjasama dengan Jepang. Terutama untuk investasi di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pengelolaan sampah.

Minggu, 21 Okt 2018 17:00Berita Sumut

Eldin Apresiasi & Dukung Kopi Amal Peduli Palu, Donggala & Sigi

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh penggalangan dana yang dilakukan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan untuk

Minggu, 21 Okt 2018 16:47Berita Sumut

Ancaman Teroris Jelang Pemilu 2109, Kapoldasu : Jajaran Harus Turun ke Bawah

Tim Densus 88 Mabes Polri baru-baru ini berhasil mengungkap keberadaan teroris di Tanjungbalai, pada Kamis (18/10) lalu. Dalam penggerebekannnya itu, sebanyak dua orang terduga teroris berhasil ditembak mati, karena melakukan perlawanan kepada petugas saa

Minggu, 21 Okt 2018 16:15Berita Sumut

Festival Pesona Lokal Dukung Pengembangan Budaya & Kemajuan Pariwisata

Lebih dari 7.000 warga Kota Medan ikut memeriahkan Festival Pesona Lokal yang digelar di halaman Istana Maimun Medan, Minggu (21/10). Selain dimeriahkan dengan lomba karnaval budaya, event ini juga menampilkan fashion show Batik Medan hasil kreasi Ketua

Minggu, 21 Okt 2018 16:00Nasional

TNI Bersama ITB Dirikan Bangunan Serbaguna Untuk Pengungsi di Palu

Sebanyak 48 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 714/Sintuwu Maroso dipimpin Mayor Inf Arianto Maskare S. yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Penanggulangan Bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi Kota Palu, Sigi dan Dongg

Minggu, 21 Okt 2018 15:45Berita Sumut

Jembatan Ambruk, Warga Sicanang Khawatirkan Bahan Pokok

Seribuan warga Kelurahan Belawan Sicanang resah pasalnya pasca ambruknya jembatan titi II dikhawatirkan alat kebutuhan pokok tak bisa masuk ke pemukiman warga.

Minggu, 21 Okt 2018 15:30Berita Sumut

Ratusan Pengunjung Diskotik LG Terbirit-birit Dirazia Polisi

Ratusan pengunjung diskotik Lee Garden di Jalan Nibung Raya minggu(20/10) pagi digerebek kepolisian dari Tim Pegasus sat Sabhara Polrestabes Medan dan sat Narkoba Polrestabes Medan.

Minggu, 21 Okt 2018 15:07Berita Sumut

Pemkab Samosir Gelar Samosir Jazz Session 2018

Pemerintah Kabupaten Samosir kembali menggelar even Samosir Jazz Session 2018. Even yang didukung Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BOPDT) ini akan digelar di Pelataran Hotel Dainang, Pangururan, Samosir, 27 Oktober 2018 mendatang.