Merajut Benang Menguntai Kebersamaan

Amr/rel Selasa, 24 April 2018 07:15 WIB
Istimewa
Patricia Siahaan, Istri Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus menyambangi komunitas GeMar (Gerakan Mamak Mamak Rajut) Kelurahan Aur, Medan Maimun
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan:   Matahari bersinar cukup terang, pancarkan cahaya mengantarkan panas. Namun perempuan bernama Patricia Boru Siahaan itu tidak menghiraukannya. Dia melangkah menapaki jejak di Jalan Syahbandar, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimon, Senin (23/4/2018).

Istri dari Sihar Sitorus itu  berjalan menemui kelompok kaum ibu yang disebut Gemar atau Gerakan Mamak-mamak Rajut. Patricia mengatakan bahwa dia sudah berjanji ingin bertemu dengan komunitas tersebut untuk menyapa dan belajar bagaimana merajut benang untuk menjadi bahan jadi.

Sesampainya di tempat tersebut, Patricia disambut dengan kekeluargaan. Para kaum ibu yang sedang beraktivitas menghentikan sejenak rajutannya dan menyalami istri dari Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) nomor urut dua itu. "Selamat siang ibu, senang bisa bertemu dengan kalian di sini. Lagi pada sibuk ini? Saya boleh ikutan," kata Patricia menyapa para kaum ibu itu.

Patricia yang duduk berbaur dengan komunitas kaum ibu itu pun berbincang-bincang tentang komunitas Gemar dan manfaat komunitas tersebut terhadap keluarga. Komunitas Gemar ternyata adalah komunitas kaum ibu yang tinggal di bantaran Sungai Deli. Mereka disatukan oleh salah satu yayasan untuk ikut berkarya dan membantu perekonomian mereka. "Sedikitnya kami ada 25 keluarga yang menjadi anggota komunitas ini. Sekarang kita menjadi komunitas rajut benang untuk dibentuk berbagai kebutuhan sandang. Seperti kopiah, tas dan berbagai kebutuhan lainnya," terang Ketua Gemar, Arsini Piliang (44).

Arsini mengatakan bahwa mereka merajut benang untuk mengisi waktu luang dan menambah pendapatan rumah tangga. Kini, produk mereka sudah dipasarkan ke berbagai daerah dan komunitas dengan promosi lewat jejaring sosial. "Kami senang ibu datang ke sini, kita berharap ibu menjadi bagian dari komunitas ini. Karena di sini kita bukan sekadar merajut benang tetapi berbagi pengalaman dan kekeluargaan," katanya.

Sementara itu, Patricia Siahaan yang ikut belajar merajut mengaku sangat kagum dengan komunitas tersebut. Karena mereka bukan sekadar mencari tambahan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya melainkan juga menjalin kebersamaan dalam suasana kekeluargaan yang kuat.

Patricia menambahan bahwa dari komunitas itu banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran. Pertama ajaran untuk sabar saat menguntai benang. Sabar dalam artian agar benang-benang yang diuntai sesuai dengan keinginan. Sementara yang kedua, kebersamaan dalam kekeluargaan. Di mana komunitas tersebut berkumpul untuk bertukar pikiran, saling mendukung untuk kemajuan bersama.

Bagi Patricia, mereka adalah sosok yang menginspirasi banyak hal. Khususnya dalam membangun paradigma baru untuk kemajuan bersama. "Mereka menguntai benang dan membangun kebersamaan. Kebersamaan itu untuk maju bersama," kata Patricia.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:DJOSSERAMASMatatelingaSIHAR SITORUS
Komentar
Minggu, 19 Agu 2018 17:29Berita Sumut

Buku 'Kita Telah Mati', Keresahan Dadang Darmawan akan Degradasi Pancasila

Dadang Darmawan Pasaribu, mantan aktivis dan merupakan salah seorang bakal calon anggota DPD RI asal Sumatera akan merilis buku berjudul 'Kita Telah Mati. Buku ini akan mengupas soal ideologi Pancasila lewat kacamata kritis.

Minggu, 19 Agu 2018 15:51Berita Sumut

Merampok dan Memberikan Perlawanan di Bedil Polisi

Tersangka berinisial MJ Alias Jefri ,21, Jalan Selebes Gang 17 Kampung Salam Kel.Belawan II Kec.Medan Belawan, terpaksa di lumpuhkan dengan timah panas

Minggu, 19 Agu 2018 15:50Berita Sumut

Tim Evakuasi Temukan Satu Lagi Jasad Korban Bus Masuk Jurang di Tobasa

Pada pencarian lanjutan hari ini Minggu (19/8/18), tim evakuasi berhasil menemukan satu jasad korban bus masuk jurang di Tobasa.

Minggu, 19 Agu 2018 14:48Berita Sumut

Wali Kota Ingin Wujudkan Medan Bagian Utara Jadi Ekowisata Mangrove & Bahari

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali kota or Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan menanam sebanyak 2018

Minggu, 19 Agu 2018 13:44Berita Sumut

Pasukan Garuda UNIFIL Gelar Upacara HUT RI ke-73 di Lebanon Selatan

Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) misi perdamaian dunia menggelar upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, bertempat di Lapangan Soekarno, Markas Indobatt UNP 7-1 Adchits

Minggu, 19 Agu 2018 12:30Berita Sumut

Gasak Harta Benda Tetangga, Pemuda Ini Meringkuk Dibui

Seorang pemuda berinisial SB (19) warga Dusun III Desa cinta Dame Kecamatan Percut Seituan diamankan warga karena menggasak harta benda milik tetangganya Timbul Sinaga (39), Sabtu (18/8/2018) malam. Saat ini tersangka sudah diamankan di Polsek Percut Seit

Minggu, 19 Agu 2018 11:52Nasional

Milad ke-20, Wakil Ketum FPI Teriakkan Kader Harus Tunduk pada Ulama dan Siap Bertempur Demi Ulama

Wakil Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ja'far Shodiq menggemakan wacana 2019 Ganti Presiden di acara ulang tahun atau Milad ke-20 FPI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (19/8) pagi.

Minggu, 19 Agu 2018 11:46Berita Sumut

Pemuda Ini Menjambret untuk Belikan Sang Adik Kado Ulangtahun

Keinginan AY,22, untuk membelikan kado ulangtahun untuk sang adik kandas. Bahkan dia nyaris tewas dihajar warga di kawasan Jalan Perjuangan Desa Bandar Setia kec. Percut Seituan, Sabtu (18/8/2018) malam yang emosi melihat aksi Ayub dan rekanny

Minggu, 19 Agu 2018 11:22Berita Sumut

HUT Proklamasi di PTPN IV Kebun Balap Berlangsung Meriah, Karyawan Kebun Jadi Tim Paskibra

Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 73 Republik Indonesia di PTPN IV Kebun Balap, Desa Kuala Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal berlangsung meriah dan berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Mengapa

Minggu, 19 Agu 2018 11:03Internasional

Presiden Palestina Ancam Akan Tinjau Kesepakatan Damai dengan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengancam akan meninjau kembali seluruh perjanjian damai yang pernah disepakati dengan Israel jika Tel Aviv terus melanggar aturan internasional.

Minggu, 19 Agu 2018 11:00Internasional

Fiji Diguncang Gempa Berkekuatan 8,2 SR

Gempa berkekuatan 8,2 SR yang kuat melanda Fiji pada Minggu, (19/8).

Minggu, 19 Agu 2018 10:56Internasional

Qatar Tuduh Arab Saudi Halangi Warganya Berhaji

Pemerintah Qatar menuduh Arab Saudi telah menghalangi masyarakat mereka untuk menunaikan ibadah haji pada 2018 ini.

Minggu, 19 Agu 2018 10:51Lifestyle

Perhelatan Asian Games, Ini Dia Hal-hal yang Diharamkan Ketika Memasuki Stadion GBK

Upacara pembukaan Asian Games 2018 tinggal beberapa jam lagi. Acara megah tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (18/8) pukul 19.00 WIB.

Minggu, 19 Agu 2018 10:47Lifestyle

Penerbangan Danau Toba-Malaysia Resmi Beroperasi, Malindo Air jadi Maskapai Pembuka

Penerbangan internasional pertama Bandara Silangit resmi dilakukan maskapai Malindo Air, Jumat (17/8) dengan menghubungkan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Subang, Malaysia, dengan Bandara Silangit.

Minggu, 19 Agu 2018 10:34Nasional

Kapolri: Saya Paham Kebebasan Berpendapat, Tapi Dilarang Demonstrasi Selama Perhelatan Asian Games

Kepolisian Republik Indonesia mengeluarkan maklumat pelarangan demonstrasi selama penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September.

Minggu, 19 Agu 2018 10:30Ekonomi

Lira Terpuruk, Erdogan Tantang Pihak yang Permainkan Ekonomi Turki

Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan siap meladeni semua pihak yang mempermainkan ekonomi Turki.