• Home
  • Berita Sumut
  • Modus Tukar Kartu ATM, Kawanan Rampok Ini Gasak Uang Nasabah di Tembak

Modus Tukar Kartu ATM, Kawanan Rampok Ini Gasak Uang Nasabah di Tembak

Faeza Rabu, 09 Januari 2019 15:00 WIB
Mtc/ist
Polsek Sunggal Polrestabes Medan membongkar sindikat pembobol ATM dengan modus menukar Kartu ATM. Komplotan ini juga sudah beraksi di sejumlah lokasi di Medan dengan modus yang sama.
MATATELINGA, Medan: Polsek Sunggal Polrestabes Medan membongkar sindikat pembobol ATM dengan  modus menukar Kartu ATM.  Komplotan ini juga sudah beraksi di sejumlah lokasi di Medan dengan modus yang sama dilumpuhkan dengan timah panas.


Bedasarkan informasi yang dihimpun, dari tiga orang anggota komplotan ini, petugas berhasil meringkus dua orang pelaku yaitu TH alias Dapit ,30, warga  Jalan Air Bersih Ujung Komplek Residen Blok II Kel. Binjai Kec. Medan Denai dan IWPN alias Indra ,31, warga Jalan Seksama Gg. Jati Bamban Kel. Sitirejo III Kec. Medan Amplas.

"Seorang lagi rekan mereka berinisial R masih  kita buru," ucap Kapolsek Sunggal Kompol Yasir Ahmadi, Rabu (9/1/2019).

Yasir menjelaskan aksi kejahatan komplotan ini terbongkar berawal dari laporan salah seorang warga bernama Iyan Suhadi (30) warga Jalan Pungguk, Kelurahan Sei Sikambing Medan pada Kamis  (27/12/2018) silam. Saat itu korban menyuruh salah seorang karyawannya untuk mengambil uang melalui counter ATM di samping SPBU Jl. Sei Mencirim Desa Payageli  Kecamatan Sunggal.


"Ketika saksi masuk ke ruang ATM dan memasukkan kartu ATM Bank Mandiri milik korban. Kartu itu tersangkut dan tidak bisa di masukkan, lalu  saksi mencoba menggunakan mesin ATM BNI tapi  tetap saja kartu ATM Mandiri itu tidak bisa digunakan karena sangkut,"urai Kapolsek.
 
Kemudian lanjut Yasir, ketika saksi akan meninggalkan ruang ATM,  seorang pelaku berinsial R (DPO), menghampiri saksi dan 

menawarkan bantuan cara menggunakan kartu ATM itu. Saksi kemudian menuruti dan  memasukkan kembali kartu ke ATM.

"Namun tanpa disadari saksi, pelaku sudah terlebih dahulu menukar kartu ATM  tersebut dengan warna kartu yang serupa, lalu pelaku R  langsung meninggalkan saksi di ruang counter ATM itu, sedang saksi kembali mencoba menggunakan kartu atm yang sudah ditukar tersebut namun tetap tidak bisa,"kata Yasir.

Selanjutnya saksi keluar dari ruangan ATM. Saat itu Rezky langsung dihampiri pelaku lainnya bernama TH alias Dapit dan berpura-pura memberikan bantuan . 

"hingga akhirnya saksi menuruti pelaku dan menuntun saksi agar mau memberikan nomor pin kartu ATM tersebut," sebut Kapolsek.

"Akhirnya nomor pin kartu ATM yang dipegang saksi berhasil didapat pelaku yang langsung meninggalkan ruangan ATM,"imbuh Yasir.

Selanjutnya ketiga pelaku langsung meninggalkan lokasi dengan  menggunakan mobil merk Toyota Avanza BK 1144 EB.  Selanjutnya giliran pelaku Indra bertugas mengambil uang ke mesin ATM setelah sebelumnya kartu atm korban diberikan oleh pelaku R (DPO) dan nomor  pin kartu diberikan oleh pelaku TH kepada pelaku Indra.

"hingga akhirnya ketiga pelaku berhasil mengambil uang lebih dari 12 juta rupiah milik korban," sebut Yasir.

Lantas, korban baru sadar keesokan harinya dan langsung membuat laporan ke Polsek Sunggal. 
"Tim kita langsung melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus dua dari tiga pelaku," terang Yasir.

Dari komplotan ini, polisi menyita 2 buah pisau cutter, 1 kotak kecil tusuk gigi, 20 buah kartu ATM berbagai bank antara lain BNI, BRI, Mandiri, Mandiri Syariah, BCA, CIMB Niaga.  

Dari hasil pemeriksaan, komplotan ini mengaku sudah beraksi di 7 lokasi dengan modus yang sama.  Antara lain di Counter ATM Jalan Sei Mencirim Desa Payageli Kec. Sunggal DS, Counter ATM di samping Dunkin Donuts Jl. Binjai km 13,5, Jl. TB Simatupang  (Toserba) Kel. Sunggal Kec Medan Sunggal/

Kemudian SPBU daerah Binjai Kotamadya Binjai dan ATM yang berada di lokasi SPBU daerah Marelan.

"Umumnya modus yang dilakukan komplotan ini sama yaitu dengan menukar kartu ATM,"tukas Kapolsek. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaPolsek Medan Sunggalditembakkriminalpembobol atm modus tukar kartuPolsek SunggalTerkini
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 19:54Nasional

Pansel KPK Pastikan Tak Ada Konflik Kepentingan

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK), Yenti Ganarsih menegaskan bahwa tak ada konflik kepentingan dalam meloloskan 20 nama Capim KPK ke tahapan seleksi profil asessment.

Jumat, 23 Agu 2019 19:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Dampingi Kapoldasu Bersilaturahmi Dengan Warga Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi dampingi Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH saat bersilaturahmi dan tatap muka dengan warga Kota Medan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan, Jum'at ( 23/8/2019

Jumat, 23 Agu 2019 18:44Berita Sumut

Bayi Kembar Siam Asal Taput Akan Dipulangkan Senin

Direncanakan, bayi kembar siam dempet perut yang telah menjalani operasi pemisahan tubuh, Adam dan Malik akan segera dipulangkan ke Tapanuli Utara (Taput), ke tempat tinggalnya pada Senin 26 Agustus 2019.

Jumat, 23 Agu 2019 18:29Berita Sumut

Kejurnas Tinju Junior-Youth 2019 Digelar di Medan

Diperkirakan, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Amatir Junior - Youth 2019 akan diikuti sekitar 200 orang petinju terbaik berpredikat nasional, berbakat dan terbaik yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia memperebutkan Piala Kepala Kejaksaan Tinggi S

Jumat, 23 Agu 2019 18:13Berita Sumut

Pemko Medan dan PT KAI Bahas Persiapan Pengoperasian Sky Bridge

Pemko Medan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Nota Kesepahaman terkait pemanfaatan dan pengoperasian sky bridge yang berada di Jalan Stasiun Kereta Api. Tujuannya, agar sky bridge y

Jumat, 23 Agu 2019 17:58Berita Sumut

Syukuran 30 Tahun Mengabdi di Kepolisian, Kapoldasu Silaturahmi dengan Warga Medan

Sebagai wujud rasa syukur atas pengabdian dalam dunia kepolisian selama 30 tahun, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar silaturahmi dan ramah tamah dengan ribuan warga Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (23/8). Silaturahmi dilakukan Ka

Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Jumat, 23 Agu 2019 16:12Berita Sumut

Pejambret yang Seret IRT Dekat Polsek Helvetia Diringkus

Polisi tak lama meringkus pelaku jambret yang menyeret korbannya di dekat Mapolsek Helvetia. Ada dua orang pelaku yang ternyata sudah berulang kali melakukan penjambretan. Pelaku yang tertangkap yakni AS (20) dan FA. Keduanya warga Jalan Setia Luhur, Dwik

Jumat, 23 Agu 2019 15:56Berita Sumut

Polsek Kisaran Kota Ringkus Tiga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Pasutri

Tiga orang tersangka pengedar narkotika jenis sabhu diantaranya merupakan pasutri dibekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran yang dipimpin Ipda Arbin Rambe, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 22.30 Wib dari dua tempat yang berbeda.

Jumat, 23 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Kapoldasu Lantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani Sebagai Dirlantas Polda Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto resmi melantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menjadi Direktur Lalulintas Polda Sumut di Aula Tribarata Polda Sumut

Jumat, 23 Agu 2019 14:25Berita Sumut

TPL Targetkan Pembibitan 2,8 Juta Eucalyptus

Eucalyptus merupakan bahan baku utama produksi pulp (bubur kertas) bagi PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk. Batang pohon Eucalyptus diolah menjadi bubur kertas yang hasilnya diekspor ke dalam hingga luar negeri.

Jumat, 23 Agu 2019 14:02Berita Sumut

Polisi Grebek Rumah Pengoplosan Kecap Asin di Sidimpuan

Sebuah rumah yang dijadikan tempat pengoplosan kecap asin di i Jalan Sutoyo, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan digrebek polisi, Selasa (20/8/2019) kemarin. Polisi mendapatkan 400 botol kosong yang diduga akan dijadik