• Home
  • Berita Sumut
  • Motivasi Aparatur di Humbahas, Gubsu Berharap Sumut Harus Tambah Ekspor Sayur

Motivasi Aparatur di Humbahas, Gubsu Berharap Sumut Harus Tambah Ekspor Sayur

faeza Senin, 11 Maret 2019 17:33 WIB
mtc/ist
Gubernur pada pertemuan bersama camat dan kepala desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Aula Badan Keuangan, Dolok Sanggul, Humbahas, Senin (11/3).
MATATELINGA, Humbahas: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memotivasi aparatur pemerintahan tingkat kecamatan dan desa tentang pentingnya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk kesejahteraan rakyat. Dengan potensi sumber daya alam (SDA) yang cukup, provinsi ini seharusnya menambah ekspor sayur.

Hal itu disampaikan Gubernur pada pertemuan bersama camat dan kepala desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Aula Badan Keuangan, Dolok Sanggul, Humbahas, Senin (11/3). Menurutnya sebagai daerah yang subur, kabupeten ini harus bisa mengelola potensi pertanian  secara  maksimal dan  menjadikan para petani hidup sejahtera.

"Ayo para camat, kepala desa, sayangi rakyatmu, perhatikan," ujar Gubernur di hadapan ratusan aparatur pemerintahan di Humbahas.

Dalam hal pengelolaan SDA, Gubernur mengatakan bahwa perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) kepada Kabupaten Humbahas cukup besar. Sebab pada dasarnya potensi dari sektor pertanian terus menjadi andalan. Apalagi daerah ini sebagian besar pencahariannya sebagai petani.

"Nanti kalau permintaan (bantuan pertanian) itu kita akan bahas bersama jajaran di provinsi. Makanya cerita pertanian ini, kalau Humbahas minta 100 ekor kerbau, saya minta ada (bantuan) 500 kerbau di sini," sebut Edy Rahmayadi.

Langkah itu, katanya, agar selain mengembangkan peternakan, juga bisa mendukung penyediaan pupuk organik melalui kotoran kerbau. Dengan demikian, produksi pertanian yang berkualitas bisa dihasilkan. Muaranya adalah mendorong upaya ekspor sayuran, setidaknya ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Saya mau, kalau bisa saya tandatangani ekspor (hasil pertanian) setiap tiga hari. Tapi pakai pupuk organik, tak boleh pakai pestisida. Makanya saya mau ada kerbau, kotorannya bisa digunakan jadi pupuk. Itu makanya kita mau buat pabrik pupuk di sini," sebut Gubernur yang didampingi Ketua TP-PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Melihat antusiasme dan komitmen Gubernur tersebut, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menyampaikan, saat ini sejumlah komoditi terus dibudidaya dan menjadi andalan seperti pertanian jagung, cabai, padi, kentang, bawang dan lainnya.

"Sekarang harga jagung sudah lumayan baik, kita berharap Humbahas jadi pusat pangan nasional. Dengan begitu,  kita harapkan pertanian lebih maju, agar anak kita nanti tidak mencari kerja ke daerah lain atau kota besar," katanya.

Dosmar juga menyampaikan, kondisi harga kopi di petani jauh lebih kecil dibandingkan dengan harga kopi di warung tertentu. Begitu juga pupuk yang langka di masyarakat. "Terimakasih atas bantuan dari Pemprov Sumut ke sini. Kita juga minta perhatian untuk sektor pendidikan, pariwisata dan infrastruktur," sebut Dosmar, yang selanjutnya menyerahkan proposal bantuan kepada Gubernur secara langsung.

Sebelumnya, Gubernur Edy Rahmayadi juga melihat dan menandatangani prasasti gedung Akademi Keperawatan Humbahas, serta melantik pengurus Korpri Kabupaten Humbahas. Sebelum beranjak, Gubernur juga menerima hibah sertifikat tanah untuk pembangunan Pertanian di Kecamatan Paranginan.(mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:Gubsu Edy RahmayadiPemprovsu
Komentar
Sabtu, 23 Mar 2019 09:15Nasional

Danpuspom TNI Klarifikasi Video Mobil Plat Dinas 3005-00

Komandan Polisi Militer (Danpom) TNI, Mayjen TNI Dedy Iswanto, S.E. didampingi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi menggelar jumpa pers

Sabtu, 23 Mar 2019 09:00Nasional

NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

Partai NasDem semakin memperkuat posisinya sebagai parpol papan atas. Keputusan terbaru Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuktikan itu.

Sabtu, 23 Mar 2019 08:45Nasional

Ketum Dharma Pertiwi: Tugas Taruna/Taruni Belajar dan Berlatih

Tugas para Taruna/Taruni di Akademi ini adalah belajar dan berlatih, karena apa yang didapatkan disini masih bersifat dasar-dasarnya saja

Sabtu, 23 Mar 2019 08:30Nasional

Jelang Pemilu 2019, Bakamla Telkom Kerja Sama Pengamanan Jalur SKKL

Menyambut agenda perhelatan nasional Pemilu 2019 pada bulan April mendatang, Telkom sebagai pihak yang diberikan amanat oleh pemerintah dalam penyediaan infrastruktur ICT

Sabtu, 23 Mar 2019 08:15Nasional

Aksi Nenek Panjat Pohon Sontak Viral & Undang Detakagum Warga Net

Seorang nenek berkemben hijau mendadak viral di dunia maya lantaran aksi nekatnya.

Sabtu, 23 Mar 2019 08:00Bola

Gelandang Real Madrid Toni Kroos di Lepas

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, kembali dikabarkan akan merapat ke Old Trafford dalam waktu dekat.

Sabtu, 23 Mar 2019 07:45Lifestyle

Cocok Jadi Panutan, Berikut 5 Artis Ini Utamakan Gelar Akademis

Bekerja sebagai entertainer tentunya menyita banyak waktu. Jadwal mereka selalu padat, apalagi jika terikat beberapa kontrak pekerjaan sekaligus

Sabtu, 23 Mar 2019 07:30Internasional

2 Pasukan AS dan 1 Pasukan Khusus Afghanistan Tewas Usai Perang

Operasi bersama menghadapi Taliban di Afghanistan Utara, Juma't (22/3/2019)

Sabtu, 23 Mar 2019 07:15Internasional

Teroris Penyerang Masjid di Selandia Baru Terancam Penjara Seumur Hidup

Deputi Perdana Menteri Selandia Baru, Winston Peters menyatakan

Sabtu, 23 Mar 2019 07:00Bola

Manchester City Lebih Didominasi Juarai Liga Inggris Musim Ini

Manchester City lebih dijagokan ketimbang Liverpool untuk menjuarai Liga Inggris 2018-2019.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:45Bola

Berikut Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu Dini Hari

Sebanyak tujuh pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2020 digelar pada Sabtu (23/3/2019), dini hari WIB.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:30Ekonomi

Modal Kecil Untung Berlipat, ini Bisnis yang Kamu Cari, Yuk di Coba...

Tahu yang sering kita jumpai biasanya hanya digoreng, dibumbu bacem, atau dibuat sayur.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:15Nasional

Diduga Terlibat, 2 Pemuda Diciduk TNI-Polri usai Tawuran di Pasar

Anggota Kepolisian Sektor Pancoran mengamankan dua pemuda

Sabtu, 23 Mar 2019 06:00Bola

Timnas Inggris Antam Republik Ceko 5-0

Tim Nasional (Timnas) Inggris menjamu Republik Ceko di Wembley Stadium dalam babak kualifikasi Grup A Piala Eropa 2020.

Jumat, 22 Mar 2019 22:00Internasional

Puluhan Nyawa Melayang Usai 2 Bus Bertabrakan

Setidaknya 60 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas

Jumat, 22 Mar 2019 21:45Nasional

Presiden Jokowi Bangun Sejumlah Infrastruktur Demi Terselenggaranya Balapan MotoGP di Tanah Air

Pemerintah akan melakukan berbagai pembangunan infrastruktur demi terselenggaranya ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021