MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Mujianto Tak Kunjung Dilimpahkan, Kejatisu Digugat Rp104 Miliar

Mujianto Tak Kunjung Dilimpahkan, Kejatisu Digugat Rp104 Miliar

Faeza Senin, 04 Maret 2019 14:09 WIB
mtc/ist
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) digugat senilai Rp104 miliar lantaran tak kunjung melimpahkan berkas perkara penipuan dengan tersangka Mujianto. Gugatan ini diajukan oleh Armen Lubis yang merupakan korban dalam kasus penipuan sebesar Rp3 miliar
MATATELINGA, Medan: Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) digugat senilai Rp104 miliar lantaran tak kunjung melimpahkan berkas perkara penipuan dengan tersangka Mujianto. Gugatan ini diajukan oleh Armen Lubis yang merupakan korban dalam kasus penipuan sebesar Rp3 miliar tersebut.

Melalui Arizal selaku penasehat hukumnya, Armen secara resmi mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Medan pada Senin (4/3).

"Klien saya kecewa kenapa kasus yang menjerat Mujianto cs belum dilimpah ke pengadilan. Pasalnya kasus ini sudah dinyatakan lengkap serta ditindaklanjuti dengan penyerahan tersangka dan barang bukti dari pihak penyidik Poldasu kepada Pidum Kejatisu pada Juli 2018,"ucap Arizal sembari menunjukan gugatan dengan Nomor Registrasi : 161/Pdt.G/2019/Pn.Medan tersebut.

Padahal sebagai warganegara yang baik lanjut Arizal, kliennya telah melaporkan Mujianto ke Poldasu dengan ditindaklanjuti dengan penetapan tersangka. Ia juga memaparkan adanya dugaan akrobatik hukum dalam kasus ini. 

"Kenapa dengan adanya jaminan uang senilai Rp3 miliar yang diberikan tersangka Mujianto sehingga kasusnya tidak dilimpahkan? Sedangkan kita ketahui sebelumnya Mujianto sempat buron dan kemudian ditangkap oleh pihak kepolisian di Cengkareng," sebutnya kepada wartawan seusai mendaftarkan gugatan di PN Medan.

Selain mengugat Kejatisu, pihaknya juga memasukan gugatan kepada pihak Kejagung (tergugat II) selaku atasan langsung dan ke Presiden RI Joko Widodo sebagai tergugat III. Terlebih lagi, sebelumnya klien mereka Armen Lubis telah menyurati ke Presiden RI dengan tembusan Ketua DPR, para Wakil Ketua DPR, Komisi III DPR, Menkopolhukam, LPSK, Komnas HAM, Ombudsman, Jaksa Agung, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

"Jadi dengan berat hati kami mengajukan gugatan ke Presiden RI selaku tergugat III, dengan harapan ini menjadi perhatian," tandasnya.

Sebelumnya diketahui perkara penipuan itu sudah dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejatisu sejak 7 April 2018 silam. Bahkan, tersangka Mujianto dan Rosihan berikut berkas perkaranya telah diserahterimakan dari Ditreskrimum Poldasu kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Kemudian Mujianto dan Rosihan ditetapkan sebagai tersangka pada November 2017. Selanjutnya, pada 7 April 2018 perkara penipuan itu dinyatakan lengkap (P21). Namun, Mujianto sangat tidak kooperatif sehingga Poldasu sejak 19 April 2018 menetapkannya dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Poldasu juga menerbitkan surat pencekalan Mujianto yang ditujukan kepada Dirjen Imigrasi.

Setelah tiga bulan DPO, pada 23 Juli 2018 pihak Imigrasi Bandara Soekarno Hatta berhasil menangkap dan menyerahkan tersangka Mujianto kepada Polda Sumatera Utara. 

Selanjutnya, pada 26 Juli 2018, penyidik Poldasu menyerahkan tersangka Mujianto dan stafnya Rosihan Anwar kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara, untuk diproses secara hukum di pengadilan. 

Hanya beberapa jam setelah penyerahan itu, JPU Kejati melepaskan Mujianto dengan jaminan uang sebesar Rp 3 miliar. Dia dikenakan wajib lapor. Namun mirisnya, setelah 10 bulan perkara itu dinyatakan lengkap, JPU Kejatisu belum juga melimpahkannya ke Pengadilan Negeri Medan.(mtc/fae)

Editor: faeza

T#g:Kejati Sumutmujianto
Komentar
Minggu, 19 Mei 2019 13:46Berita Sumut

Rumah Tanpa Penghuni di Lalap Sijago Merah

Warga dikejutkan kobaran api dari salah satu rumah tanpa penghuninya yang berada di Jalan Sei Berantas, Lingkungan III, Kelurahan Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (19/5/2019).

Minggu, 19 Mei 2019 13:30Internasional

Tumpukan Sandal Bekas Penuhi Pulau Cocos

Sebelah selatan Pulau Jawa di kawasan Samudra Hindia "pantai yang belum terjamah", tersapu jutaan sepatu plastik dan sandal-sandal bekas ditemukan di antara puing-puing sampah.

Minggu, 19 Mei 2019 12:19Nasional

BNN Amankan 50 Kg Sabu dan 23 Ribu Butir Ekstasi

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) berhasil mengamankan barang bukti narkotika berupa 50 kg sabu dan 23 ribu butir pil ekstasi dalam tindakan pengejaran terhadap pelaku penyelundup narkotika asal Malaysia di wilayah Dumai, Riau.

Minggu, 19 Mei 2019 11:26Berita Sumut

Polrestabes Medan Gelar Patroli Skala Besar

Guna mengantisipasi adanya gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Polrestabes Medan menggelar patroli skala besar, di sejumlah lokasi di wilayah Medan, Sabtu (19/5/2019).

Minggu, 19 Mei 2019 08:45Berita Sumut

Razia Pekat Pemkab. Asahan Jaring 12 Orang

Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Sat.Pol.PP dan Dinas Sosial melakukan razia penyakit masyarakat ( Pekat )

Minggu, 19 Mei 2019 08:15Internasional

Jalani Puasa di Amerika Serikat, Begini Suasananya

Menjalani ibadah puasa di Amerika Serikat tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Yang membedakan

Minggu, 19 Mei 2019 08:00Bola

Presiden Juventus: Pecat Allegri, Itu Keputusan Tersulit

Presiden Juventus, Andrea Agnelli, menyebut tindakan timnya untuk berpisah dengan Massimiliano Allegri

Minggu, 19 Mei 2019 07:45Aceh

Di Lanud Sultan Iskandar Muda, 7 Pesawat Tempur Prancis Mendarat Darurat, Ada Apa...

7 pesawat tempur Angkatan Laut Perancis jenis Rafale mendarat darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda

Minggu, 19 Mei 2019 07:30Ekonomi

Mendag: Produk Kertas, Potensi Ekspor yang Bakal Meningkat ke Chili

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai, kertas menjadi salah satu produk ekspor Indonesia

Minggu, 19 Mei 2019 07:15Nasional

Tinggal Sendirian, Seorang Kakek Renta Ditemukan Tewas Membusuk

Kasman, seorang kakek berusia 70-an yang hidup sendirian dan jarang dijenguk oleh keluarganya

Minggu, 19 Mei 2019 07:00Lifestyle

Mohon Keturunan, Ini Doa Khusus yang Dipanjatkan Para Nabi

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti mengharapkan kehadiran seorang anak. Dengan kehadiran seorang anak

Minggu, 19 Mei 2019 06:45Lifestyle

Sulit Bangun Sahur, Yuk Intip Tips Jitunya

Selama bulan Ramadan umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Tentunya sebelum menjalankan ibadah puasa

Minggu, 19 Mei 2019 06:30Lifestyle

Viral Tren Make-up Mata Kucing, Selebriti Dunia Tak Mau Ketinggalan

Make-up adalah seni menuangkan kreativitas ke wajah. Selain untuk menambah kecantikan, make-up

Minggu, 19 Mei 2019 06:15Bola

Josep Guardiola: Musim Ini Luar Biasa

Manchester City resmi menjadi kampiun Piala FA 2018-2019 setelah menaklukkan Watford

Minggu, 19 Mei 2019 06:00Bola

Final Piala FA, Manchester City Sabet Treble Winners Musim Ini

Manchester City mengusung misi untuk meraih trofi domestik ketiganya pada musim 2018-2019

Sabtu, 18 Mei 2019 22:20Nasional

Bakamla Siapkan Personel Awak Kapal 80 Meter

Kepala Biro Sarana dan Prasarana Bakamla Laksma Bakamla Amrein, S.E. membuka kegiatan Pendidikan, Pelatihan, dan Familiarisasi Calon Awak Kapal Patroli Bakamla 80 Meter di Galangan PT Citra Shipyard, Tanjung Uncang, Batam, kemarin