• Home
  • Berita Sumut
  • Mulai 25 April, Gojek Layani Warga dan Wisatawan di Kawasan Danau Toba

Mulai 25 April, Gojek Layani Warga dan Wisatawan di Kawasan Danau Toba

Faeza Selasa, 26 Maret 2019 11:54 WIB
Mtc/fae
Muhammad Ruslan, Senior Manager of Government Relation Regional Sumatera Gojek Indonesia bersama Dirut BPODT Arie Prasetyo, Senin (25/3)
MATATELINGA, Medan: Gojek, salah satu aplikator transportasi daring di Indonesia memastikan akan beroperasi di kawasan Danau Toba pada 25 April 2019. Untuk tahap awal mereka akan membuka layanan di Balige karena jarak yang dekat dengan Bandara Silangit.


Muhammad Ruslan, Senior Manager of Government Relation Regional Sumatera Gojek Indonesia, saat ini pihaknya sudah membentuk organisasi manajemen yang akan bertugas di Balige, bahkan sudah mengirim mereka ke ibu kota kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tersebut. Mereka juga tengah merampungkan proses verifikasi armada kendaraan roda dua dan empat yang akan menjadi mitra.

"Insya Allah tanggal 25 April nanti kami akan launching di Balige," ungkapnya di kantor Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), di Medan, Senin (25/3) malam.

Begitu juga dengan proses verifikasi mitra kuliner dalam layanan gofood. Karena akan beroperasi di salah satu wisata terbesar di Indonesia, Gojek menerapkan seleksi lebih ketat terhadap para calon mitra gofood.


Pada tahap awal, mereka akan menempatkan basis operasi di Balige dengan menggandeng para operator lokal untuk layanan Gocar. Setelah berjalan, Parapat akan dijadikan basis pengoperasian berikutnya di kawasan Danau Toba.

Dia menuturkan, pengoperasian Gojek di kawasan Danau Toba sebenarnya sudah direncanakan sejak akhir 2018. Bermula dari pertemuan manajemen Gojek dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Mengapa tertunda sampai sekarang? Karena ada beberapa aspek persiapan yang belum selesai.

Salah satunya, manajemen Gojek masih mencari mitra vendor di Balige, Kabupaten Toba Samosir, untuk layanan Gocar. Kemudian mensinergiskan dengan jadwal manajemen Gojek sendiri yang sejak awal memproyeksikan pengoperasian di kawasan Danau Toba dilakukan pada kuartal I 2019.

Dari sisi kebijakan, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga delapan pemda yang memiliki irisan wilayah di kawasan Danau Toba, disebut sudah menyetujui rencana pengoperasian ini.


Dalam pengoperasiannya di kawasan Danau Toba, Gojek bekerja sama dengan BPODT, terutama ada aspek pelatihan hospitality dan pembekalan pengetahuan kepariwisataan kepada para driver.

"Tobasa agak rentan dari sisi hospitality. Karakter beberapa daerah di kawasan Danau Toba bagi wisatawan kerap agak berlebihan," ujarnya.

Selain itu, BPODT juga akan mendukung pengoperasian Gojek dengan memberikan pelatihan UMKM kepada para mitra Gofood. Sedangkan untuk memerkuat kedisiplinan berlalu lintas, Gojek akan bekerja sama dengan kepolisian dan dinas perhubungan pemda setempat.(mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:BpodtDanau tobagojekGojek Layani Warga dan Wisatawan di Kawasan Danau TobaMatatelingaTerkini
Komentar
Selasa, 12 Nov 2019 19:45Berita Sumut

Jumlah "Desa Hantu" Tak Berpenghuni Bertambah Dapat Dana Desa

Ombudsman RI Perwakilan Sumut terus menerima informasi penambahan jumlah desa tidak berpenghuni yang menerima kucuran dana desa ratusan juta hingga miliaran rupiah di Kecamatan Sirombu, Nias Barat. Ini setelah Ombudsman Sumut sebelumnya membuka keberadaan

Selasa, 12 Nov 2019 19:30Berita Sumut

BNN RI Dapat Penghargaan Keberhasilan Pembrantasan Narkoba

Upaya BNN RI dalam menanggulangi narkotika di wilayah Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara, mendaptkan apresiasi positif dari walikota Tebing Tinggi Ir. H. UMAR ZUNAIDI HASIBUAN, MM dengan memberikan penghargaan kepada BNN RI

Selasa, 12 Nov 2019 19:15Berita Sumut

Sabrina Kagumi Hasil Inovasi Pertanian Kutagadung Berastagi

Dalam kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Karo, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sabrina menyempatkan untuk berkunjung dan meninjau UPTD Benih Induk Hortikultura, Jalan Djamin Ginting Km 67, Kutagadung, Berastagi, Kabupaten Karo, Senin

Selasa, 12 Nov 2019 19:00Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pelatihan Kalangan/Kantor Sendiri

Untuk meningkatkan pemahaman penyusunan program kerja pengawasan tahunan (PKPT), Pemkab Sergai menggelar sosialisasi pelatihan kalangan/kantor sendiri, di Hotel Sibayak, Selasa (12/11/2019).

Selasa, 12 Nov 2019 18:53Berita Sumut

Dandim 0201/BS dan Kapolrestabes Patroli Pembuangan Bangkai Babi

Sebagai wujud atas kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan ekosistem lingkungan sungai, Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S.Sos bersama Kapoltabes Medan Kombes Pol Dr. H. Dadang Hartanto SH,. S.I.K M.Si, melaksanakan patroli pemb

Selasa, 12 Nov 2019 18:38Berita Sumut

Praktisi Hukum Dukung Polisi Tangkap Pelaku Pembuangan Bangkai Babi Ke Sungai

Terkait pembungan ratusan bangkai babi, disejumlah Sungai dan kawasan Danau Siombak Medan., Praktisi hukum, Dr Drs H. Mhd Syafi'i, SH, MH, M.Si mendukung penuh upaya pihak kepolisian menangkap pelaku dan kini sedang sedang dikejar polisi.

Selasa, 12 Nov 2019 18:23Internasional

WNI Dihimbau Waspada Dengan kebakaran di Australia

Warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Australia dihimbau Kementerian Luar Negeri, untuk meningkatkan kewaspadaan terkait kebakaran hutan yang melanda negara itu.

Selasa, 12 Nov 2019 18:08Berita Sumut

Pemko Medan Optimis SPAM Mebidang Segera Terealisasi

Pemko Medan mendukung dan optimistis operasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dilakukan guna menyediakan Air Minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, agar masyar

Selasa, 12 Nov 2019 17:53Berita Sumut

Raja Belanda akan Kunjungi Sumut, Danau Toba Salah Satu Destinasi Tujuan

Raja Belanda Willem-Alexander rencananya akan mengunjungi Indonesia, 10-12 Maret 2020. Selain akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, juga akan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Danau Toba pun menjad

Selasa, 12 Nov 2019 17:38Berita Sumut

Bawa 28 Kg Sabu, Joni Iskandar Dihukum Mati

Joni Iskandar (39), terdakwa kasus 28 Kg sabu-sabu dan 13.500 butir pil ekstasi dijatuhi hukuman mati, Selasa (12/11/2019) di PN Medan. Warga Dusun IX Gg Bantan, Desa Bandar Klippa, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut ini terbukti bersalah membawa puluh

Selasa, 12 Nov 2019 17:23Berita Sumut

Upaya Peningkatan Pembangunan Kota Lewat Sosialisasi dan Pelatihan JIGD

Guna merancang pembangunan kota yang lebih maju, modern dan efisien perlu adanya inovasi dan kompetensi terhadap unsur-unsur pembangunan daerah termasuk para aparatur sipil negara (ASN). Atas dasar itulah, Pemko Medan melalui Badan Perencanaan Pembangunan

Selasa, 12 Nov 2019 17:08Berita Sumut

Pemkab Sergai Sukseskan Program Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan Rakyat

Pemkab Sergai dinilai ikut mensukseskan Program Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan Rakyat. Hal ini disampaikan Perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Banua Pane SP, M.Si dalam Sosialisasi Pengawalan dan Evaluasi Program Peremajaan Kelapa Sa

Selasa, 12 Nov 2019 16:50Berita Sumut

Diangkut Gunakan Alat Berat, 351 Bangkai Babi Dikubur di Tepi Danau Siombak

Setelah tertunda sehari, akhirnya sebanyak 351 bangkai babi yang dibuang ke sungai dikubur di tepi Danau Siombak, Medan Marelan, Medan, Selasa (12/11/2019). Namun tim gabungan tetap masih mencari bangkai lainnya.

Selasa, 12 Nov 2019 16:35Berita Sumut

Pimpinan Defenitif DPRD Kabupaten Simalungun Dilantik

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM diwakili oleh Wakil Bupati Ir. Amran Sinaga, M.Si menghadiri Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Simalungun Periode 2019 - 2024 yang dilaksanakan di Gedung DPRD Simalungun, Pamatang Raya. Selasa (12/11/2019).

Selasa, 12 Nov 2019 16:20Berita Sumut

Kodam I/BB Investigasi Kematian Serda Iman Berkat Gea

Guna menyelidiki kematian prajurit Kompi B Yonif 122 TS, Serda Iman Berkat Gea, Kodam I Bukit Barisan (Kodam I/BB) membentuk tim investigasi. Serda Iman Berkat Gea diduga mengalami kekerasan.

Selasa, 12 Nov 2019 16:05Berita Sumut

Bahrumsyah Klaim Seluruh Fraksi DPRD Medan Sepakati Sistem Proporsional Pembagian AKD

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Bahrumsyah SH memastikan kedelapan fraksi di DPRD Kota Medan sudah menyepakati akan menggunakan sistem proporsional dipembagian alat kelengkapan dewan (AKD) pada periode 2019 2024 ini.