• Home
  • Berita Sumut
  • Optimalisasi Pendapatan di Daerah oleh KPK, Gubsu Edy: Kita Kumpul Ini Bicara Serius

Optimalisasi Pendapatan di Daerah oleh KPK, Gubsu Edy: Kita Kumpul Ini Bicara Serius

faeza Selasa, 12 Februari 2019 18:29 WIB
Mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi membuka Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Bidang Optimalisasi Penerimaan Daerah di Provinsi Sumatera Utara di Ruang Rapat Kaharuddin Nasution, Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponego
MATATELINGA, Medan: Dalam rangka optimalisasi pendapatan negara, Komisi Pemberantasan  Korupsi (KPK) mendorong pemerintah daerah untuk memaksimalkan potensi penerimaan yang ada. Atas dorongan itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menekankan bahwa seluruh komponen harus bicara serius dalam rangka perbaikan.

"Kita kumpul hari ini ingin bicara serius. Saya bilang, minta ke KPK menyelesaikan masalah ini. Saya yakin KPK ini tidak gila jabatan, karena tujuannya untuk memperbaiki bangsa ini," ujar Gubsu Edy Rahmayadi  saat membuka Rapat Pembahasan Optimalisasi Pendapatan Daerah bersama Satgas Korsupgah KPK di ruang rapat Kaharuddin Nst, Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (12/2).

Hadir diantaranya Sekdaprovsu Dr Hj Sabrina, Ketua Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah 1 Sumbagut Juliawan bersama staf Azril dan Harun, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Wakil Walikota Pematang Siantar Togar Sitorus, Kepala Inspektorat Sumut OK Hendry, Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Arief S Trinugroho, Kadis Kominfo Sumut HM Fitriyus, Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus, Sekdako/Sekdakab, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD), Direksi Bank Sumut dan pejabat lainnya.

Dalam pidatonya, Gubsu meyakini kerja KPK dalam rangka memberantas korupsi maupun pencegahan cukup maksimal. Karena dalam perjalanannya, tidak mengedepankan jabatan, namun lebih mengutamakan kinerja yang baik. Sehingga dirinya berharap pertemuan tersebut dapat menjadi awal untuk membuktikan bahwa Sumut bisa lebih baik dan bermartabat.

"Kalau sudah KPK yang turun tangan, kita yakin bisa. Kalau tidak, siapa lagi yang mau kita percaya. Mari kita buktikan kalau kita bisa," tegas Gubsu Edy,  yang mengimbau untuk bekerjasama dengan Bank Sumut sebagai bank milik daerah.

Sementara Ketua Satgas Korsupgah KPK Wilayah 1 Sumbagut Juliawan menyebutkan bahwa upaya optimalisasi penerimaan daerah ini dilakukan secara nasional. Program tersebut merupakan hal yang menjadi fokus mereka di 2018 yang sudah berjalan. Tujuannya adalah mendorong supaya potensi daerah yang cukup besar bisa dirasakan.

"Ada laporan kebocoran, maka kami mendorong agar itu (potensi penerimaan) bisa maksimal. Karena itu di KPK ada unit supervisi pencegahan. Kami mendorong supaya potensi di daerah, dibuat semacam adatabase dan juga perhitungan target pendapatan," pungkasnya yang menekankan pentingnya pencegahan daripada penindakan. (mtc)
Editor: faeza

T#g:KPKGubsu Edy RahmayadiPemprovsu
Komentar
Selasa, 02 Jun 2020 23:45Nasional

Menteri Perindustrian : Investasi Bakal Dongkrak Daya Saing RI

Ke depan, kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, pihaknya berupaya memastikan proses penanaman modal oleh para calon investor bisa berjalan tanpa hambatan. Dengan begitu, investasi dapat terealisasi cepat, pemerintah telah mengeluarkan sej

Selasa, 02 Jun 2020 23:30Bola

Jurgen Klopp Dinobatkan Sebagai Pelatih Terbaik di Dunia?

Penampilan Liverpool dalam tiga musim terakhir ini mencuri perhatian. Liverpool bermain atraktif dan agresif. Liverpool pun mampu menjuarai Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Klub 2019, berkat penampilan apik tersebut.

Selasa, 02 Jun 2020 23:15Ekonomi

Pandemi Covid-19, Garuda Terpaksa PHK Pilot

PT Garuda Indonesia memutuskan untuk melakukan pemutusah hubungan kerja (PHK) pada sebagian pilotnya per tanggal 1 Juni 2020.

Selasa, 02 Jun 2020 23:00Berita Sumut

Sinergitas Pemko Medan & Polrestabes Membangun Visi Misi Kota Medan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi minta dan mohon dukungan Polrestabes Medan untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kekondusifan Kota Medan.

Selasa, 02 Jun 2020 22:30Ekonomi

Mulai 5 Juni, Lion Air Group Untuk Sementara Waktu Tak Terbang Lagi

Perusahaan penerbangan sepertinya sangat terdampak akibat wabah corona ini. Seperti, Lion Air Group kembali akan melakukan penghentian sementara operasional penerbangan penumpang berjadwal domestik dan internasional. Rencananya penghentian itu dijadwalkan

Selasa, 02 Jun 2020 22:15Berita Sumut

Polres Sergai Gelar Pelepasan Purna Bhakti Kabag Sumda

Polres Serdang Bedagai menggelar acara pelepasan Purna Bhakti Polri AKBP (Purn) S.K Purba Kabag Sumda Polres Serdang Bedagai bertempat di Aula Patriatama Polres Serdang Bedagai, Selasa (02/06/2020) sekira Pukul 14.00 WIB.

Selasa, 02 Jun 2020 22:15Berita Sumut

KPK Periksa Sejumlah Mantan Anggota DPRD Sumut di Mapolda Sumut

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah mantan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Mapolda Sumut, Selasa (2/5/2020).

Selasa, 02 Jun 2020 22:00Berita Sumut

Karyawan BRI Kancab Air Joman Asahan Positif Terinfeksi Corona

Karyawan BRI Kancab Air Joman Asahan dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona setelah melakukan uji Swab maupun PCR di RSU Dr.Pringadi Medan pada 20 Mei 2020.

Selasa, 02 Jun 2020 21:45Nasional

Kepala Bakamla RI Buka Long Distance Learning On Job Training

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. membuka Long Distance Learning On Job Training (OJK) bagi Pengawak Kapal Negara, Stasiun Pengamat dan Admin PPK Bakamla RI

Selasa, 02 Jun 2020 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Tawarkan 2 Aset Dikelola Pihak Ketiga Kembali

Dalam upaya menggeliatkan kembali perekonomian menyusul pandemo Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menerpa, Pemko Medan membuka peluang bagi pihak ketiga yang ingin mengontrak atau memanfaatkan aset yang dimilikinya.

Selasa, 02 Jun 2020 21:15Nasional

Pemerintah Pusat dan Pemda Bersatu Atasi Banjir dari Hulu ke Hilir

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bersatu dalam mengatasi bencana banjir dari hulu ke hilir.

Selasa, 02 Jun 2020 21:00Berita Sumut

Tikam Polisi, Dua Butir Peluru Bersarang di Betisnya

Aksi penikaman terhadap anggota Polres Tobasa terjadi, Selasa (2/6/2020) pagi. Tersangka dihadiahi dua butir timah panas untuk menghentikan 'kekonyolannya'.

Selasa, 02 Jun 2020 20:15Berita Sumut

Polsek Batangtoru Evakuasi Mayat Korban Pembunuhan di Kebun Karet Milik Warga

Polsek Batangtoru mengevakuasi mayat seorang pria bernama Mareko Gea alias Ama Roli Gea ,40, warga Pintu Angin Kel. Rianiate Kec. Angkola Sangkunur Kab. Tapanuli Selatan ditemukan tewas dengan sejumlah luka tusukan di kebun karet milik warga ZN Lingkunga

Selasa, 02 Jun 2020 20:00Nasional

Kemendagri Tekankan Sinergitas Pusat dan Daerah dalam Menghadapi Covid-19

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menekankan pentingnya sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi Covid-19 sebagai eksplorasi nilai-nilai Pancasila.

Selasa, 02 Jun 2020 19:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima dan Serahkan Tugas, Wewenang dan Tanggung jawab Jabatan Irdam I/BB

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhillah Pimpin acara penerimaan dan penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab Jabatan Irdam I/BB, acara di gelar di Serambi kehormatan Lt I Makodam I/BB

Selasa, 02 Jun 2020 19:15Nasional

Setelah Buron, Nurhadi dan Menantunya Berhasil Ditangkap KPK

Akhirnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi (NHD) dan menantunya yang bernama Rezky Herbiyono (RH). Diketahui bahwa eduanya buron atas kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengurusan per