Orangtua Yusuf Tak Yakin Anaknya Terlibat Aksi Terorisme

faeza Rabu, 16 Mei 2018 13:35 WIB
mtc/ist
Zulfahri Rangkuti, orangtua M Yusuf Rangkuti yang diamankan Tim Densus 88, sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa kemarin tidak yakin jika anaknya terkait aksi terorisme.
MATATELINGA, Medan: Zulfahri Rangkuti, orangtua M Yusuf Rangkuti yang diamankan Tim Densus 88, sekitar
pukul 19.00 WIB, Selasa kemarin tidak yakin jika anaknya terkait aksi terorisme.

"Saya tidak percaya Yusuf terlibat dalam kelompok teroris. Apalagi terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Surabaya," kata Zulfahri saat ditemui di rumahnya Jalan Pukat I, Gang Sekolah, Kelurahan Banten, Kecamatan Medan Tembung, Medan , Rabu (16/5/2018).

Zulfahri menyebutkan bahwa anaknya merupakan anak yang dikenal baik. Sehari-harinya Yusuf bekerja sebagai tukang ojek. Dia biasa berangkat pagi dan siang pulang. Lalu sore biasa berbakat lagi hingga malam hari. Yusuf tidak pernah berbuat aneh selama dirumah.

Lelaki berbadan kurus ini sempat terkejut saat petugas kepolisian datang ke rumah membawa Yusuf. Serta seluruh rumah di geledah, buku dan Alquran juga di bawa petugas.

"Kami terkejut saat petugas datang membawa Yusuf dan mengeledah rumah." ucap Zulfahri.

Yusuf yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online Gojek, diamankan saat di persimpangan Jalan Sei Sikambing Sekip, Medan, Sumatera. Dia tengah menunggu orderan penumpang.

"Selama ini kita tidak tahu apa kegiatannya diluar rumah. Apalagi katanya gabung sama kelompok tertentu. Mana tahu kita dia ada ikut aliran tertentu atau tidak," terang Zulfahri .

Zulfahri menuturkan tidak pernah melihat gelagat aneh atau teman-teman pengajiannya datang kerumah.

"Tadi malam Yusuf datang kerumah dibawa Polisi. Mereka sempat mengucapkan salam meminta izin untuk masuk. Mereka bilang ada mau mencari barang dirumah kami," kata Zulfahri.

Lebih lanjut, Zulfahri menjelaskan bahwa anak ketiganya itu, tidak ada terlibat jaringan teroris seperti yang diberitakan. Menurutnya Yusuf anak yang baik-baik dirumah dan baru kali ini dilakukan penangkapan terhadap dirinya.

"Harapan kita kalau bisa Yusuf dilepaskanlah. Karena kami pun orang susah, aku cuma kerja tukang becak dayung, yang biasa mangkal diterminal pancing depan Polsek. Anakku banyak bisa kasih makan sehari-hari saja sudah syukur," ujarnya.

Terpisah, Ibu Yusuf, Zahriana mengatakan anak ketiganya tersebut baru sekitar 15 hari terakhir mengikuti salah satu pengajian, yang tidak ia ketahui dimana keberadaannya.

"Paling ada 15 hari dia mengikuti pengajian," kata Zahriana.

Zahriana menceritakan bahwa menurut Mualimah atau Ustadzah tempatnya mengaji Yusuf harus cepat ditarik dari pengajian yang diikutinya. Jangan lama-lama lagi, karena bisa berbahaya tentang pemahaman agama yang diterimanya.

"Tarik anakmu itu, jangan disitu mengaji. Jangan lama-lana lagi," ucap Zahriana menirukan perkataan Mualimahnya.

Ditanya dimana alamat tempat pengajian Yusuf berada, Zahriana tidak mengetahui dimana tempat pengajian anaknya tersebut, karena anak ketiganya itu juga tidak pernah mau terbuka. (mtc/fae)

Editor: faeza

T#g:
loading...
Loading...
Komentar
Jumat, 20 Jul 2018 08:05Berita Sumut

Pangdam I/BB: Raih Hasil Yang Terbaik Lomba Tembak PIala Kasad

Meraih hasil yang terbaik pada lomba tembak piala Kasad yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, S.I.P., pada upacara pelepasan kontingen lomba tembak piala Kasad Tahun 2018

Jumat, 20 Jul 2018 07:50Berita Sumut

Antusias Warga dan Polri Saksikan Film 22 Menit

Pemutaran film 22 Menit di XXI Center Point Medan hari pertama, dipadati ratusan warga dan polri,

Jumat, 20 Jul 2018 07:35Berita Sumut

PSI Yakin Rebut 10 Kursi di DPRD Medan

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kini menjadi sorotan publik. Debut perdana pada Pemilu 2019 mendatang, PSI banyak mendaftarkan para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari kaum muda, baik di tingkat DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kot

Jumat, 20 Jul 2018 07:20Berita Sumut

Mengedepankan Strategi Pencegahan dan Penindakan dan Pelanggaran Yang Cepat dan Profesional

Bawaslu Sumut 2018-2023 Mengedepankan Strategi Pencegahan dan Penindakan dan Pelanggaran Yang Cepat dan Profesional

Jumat, 20 Jul 2018 07:05Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Dzikir & Doa Bersama

Pemko Medan menggelar dzikir dan doa bersama di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (19/7/2018). Ribuan umat Muslim menghadiri kegiatan yang digelar dalam rangka untuk memperingati Hari Jadi Kota Medan ke-428,

Jumat, 20 Jul 2018 06:50Berita Sumut

Walikota Medan Buka Rapat Kordinasi LKS Tripartit

Pemerintah Kota Medan menyambut baik atas penyelenggaraan rapat koordinasi Lembaga Kerjasama Tripartit (LKS) ini sehingga ke depannya kita dapat membahas berbagai

Kamis, 19 Jul 2018 20:02Berita Sumut

Berbagi Itu Bagian dari Wujud Kepedulian kepada Sesama

Berbagi dengan sesama adalah wujud dari kepedulian terhadap anak panti asuhan dan anak yang kurang beruntung ditengah keluarga kurang mampu.

Kamis, 19 Jul 2018 19:48Berita Sumut

14 Warga Ditetapkan Sebagai Tersangka Kerusuhan di Taput

Penyidik Polres Tapanuli Utara (Taput), menetapkan 14 orang sebagai tersangka dalam aksi yang berakhir pada pengrusakan Kantor Panwaslih Taput di Hutagalung, Tarutung, Senin (16/17/2018) kemarin.

Kamis, 19 Jul 2018 19:25Berita Sumut

Ini Alasan Dirut PTPN II Batalkan SK Persetujuan Penghapusbukuan Tanah 106 Hektar

Direktur Utama( Dirut) PTPN II, Ir Teten Jaka bersama dua anak buahnya mengaku dipanggil dan diperiksa penyidik Kejaksaan Agung( Kejagung) karena dianggap menghambat proses persidangan.

Kamis, 19 Jul 2018 17:15Berita Sumut

Sosialisasi Penguatan Kapasitas Pengelola Pelayanan Informasi Publik

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan penguatan kapasitas pengelola pelayanan informasi publik, yang diikuti seluruh pimpinan OPD, dan Kepala Bagian (Kabag), Narasumber yaitu Robinson Simb

Kamis, 19 Jul 2018 17:00Berita Sumut

Walikota Binjai Terima Peserta Pertukaran Pelajar Asal Italia

Walikota Binjai HM Idaham SH Msi menerima kunjungan Emanuele Colombo, remaja asal Italia yang menjadi peserta program pertukaran pelajar kerjasama Bina AntarBudaya dan American Field Service (AFS), di ruang Binjai Command Center Kantor Walikota B

Kamis, 19 Jul 2018 16:45Berita Sumut

Dinsos Sosialisasikan Dana Penerima Bantuan Dari Pemerintah

Sosialisasi Basis Data Terpadu (BDT) atau yang lebih dikenal pemutahiran daftar penerima bantuan di Kecamatan Silaen Kabupaten Tobasa Sumatera Utara pada Kamis siang, 19/7/18 dilaksanakan di Balai Pertemuan Silaen. Dalam pertemuan tersebut hadir 23 kep

Kamis, 19 Jul 2018 16:30Berita Sumut

Bacaleg Pernah Terjerat Hukum Tetap Peroleh SKCK

Meski pernah terjerat kasus hukum, seorang bakal calon legislatif (bacaleg) akan tetap dapat memperoleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kamis, 19 Jul 2018 16:19Berita Sumut

10 Bulan Buron, Polisi Bekuk Pelaku Penganiayaan

Petugas Kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan meringkus seorang tersangka pelaku penganiayaan di Pekan Lolowau Desa Lolowau Kecamatau Lolowau Kabupaten Nias Selatan

Kamis, 19 Jul 2018 16:00Berita Sumut

Suami Kabur, Wanita Ini Diringkus Polisi dalam Kasus Narkoba

Tim pegasus Polsek Pancur Batu mengamankan seorang ibu rumah tangga yang disinyalir mengedarkan narkotika jenis daun ganja kering. Tersangka berinisial W (35) diringkus di dalam rumahnya di Jalan Bunga Kardiol Kel. Ladang Bambu Kec. Medan Tuntungan Medan

Kamis, 19 Jul 2018 15:33Berita Sumut

Sekdaprovsu Tekankan Agar ASN Perhatikan Penulisan Tata Naskah Dinas

Untuk menciptakan tata laksana pemerintahan yang lebih jelas, efektif, efisien dan akuntabel, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi menekankan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memperhatikan penulisan tata na