Otak pelaku Penggelapan Mobil Gunakan Yayasan sosial

amrizal Rabu, 14 Februari 2018 18:30 WIB
mtc/ist
Otak pelaku penipuan ratusan mobil mewah, NZ sengaja membuka yayasan sosial untuk melancarkan aksinya. Hal itu terkuak setelah Dit Reskrimum Poldasu memaparkan kasus tersebut.
MATATELINGA, Medan: Otak pelaku penipuan ratusan mobil mewah, NZ sengaja membuka yayasan sosial untuk melancarkan aksinya. Hal itu terkuak setelah Dit Reskrimum Poldasu memaparkan kasus tersebut.

"Untuk yayasannya sendiri sampai saat ini belum bisa ditunjukan akte pendiriannya. Kita belum bisa memastikannya (ilegal) karena sedang proses mencari. Kalau wilayah kerjanya itu fiktif. Itu tergantung masing-masing kontrak itu bermacam daerah," kata Dir Reskrimum Poldasu Kombes Pol Andi Rian, Rabu (14/2).

Sebut dia, modus dalam melancarkan aksinya, tersangka dengan membuat kontra perjanjian pinjam pakai mobil dengan para korban dengan alasan mobil tersebut digunakan untuk proyek pembangunan Yayasan Sumatera Women Foundation yang bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan lalu dijual kepada penadah.

"Modus mengikat kontrak atas nama yayasan atau NGO atau LSM woman foundation. Ternyata mobil pidah tangan dengan cara jual beli. Modus penipuan ini, kata direktur, sudah berlangsung semenjak tahun 2016," katanya.

Andi sendiri menyebutkan kalau, pada jual beli mobil itu, pelaku yang merupakan aalah ketua DPW organisasi prempuan di Sumut itu sengaja mengganti nomor polisi atau memalsukan STNK mobil. Dan ia menyebutkan kalau pasti ada tersangka lain.

"Kita masih lidik apakah ada keterlibatan oknum dalam kasus ini," terangnya.

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi menangkap empat tersangka dengan peran yang berbeda-beda. "Nova Zein otak pelakunya, Usman Gumanti warga Jalan Sunggal berperan sebagai mengantar mobil kepada Hotma Tua Pulungan dan Andika. Khairul Bariah alias Cece warga Jalan Paya Bakung Perumahan Puri San Jadi Blok D No 1 Kelurahan Serba Jadi Kecamatan Sunggal berperan sebagai mengambil uang dan Hotma Tua Pulungan warga Jalan Selamat Ujung Medan Amplas berperan sebagai mengambil mobil dari Usman dan Cece," katanya.

Andi mengaku, dalam perkara ini Dit Reskrimum Poldasu telah menerima 6 laporan polisi dengan jumlah 67 korban. "Jadi siapa saja yang pernah berhubungan dengan Nova Zein baik itu menyewa maupun membeli mobil segera datang ke Poldasu," ucapnya.

Selain para pelaku, petugas juga menyita barang bukti empat mobil diantaranya satu unit mobil alpahart, pajero sport dan dua unit mobil inoova. "Satu lembar fotocopy BPKB mobil Mitsubishi Pajero Sport BK 1505 El, satu bundel fotocopy akte perjanjian, satu lembar fotocopy BPKB MOBIL Toyota Fortuner BK 401 W, sejumlah akte perjanjian. Kalau mobil kita sita dari pembeli sedangkan dokumen kita sita dari kediaman/kantor pelaku," ungkapnya.

Untuk meyakinkan korbannya, dalam pembaran pertama hingga ketiga pelaku selalu lancar membayar pinjam pakai mobil. "Membayar dengan cekn nah ketiga di bulan keempat pembayaran mulai nyendat dan pembayaran dipakai dengan cek kosong. Disitulah awalnya para korban mulai mencurigai dan meminta kepada pelaku menunjukan mobilnya dan tak bisa dipenuhi oleh pelaku,"sebutnya.

Sementara itu, seorang korban IR warga Glugur Medan, mengaku mengenal NZ  dari temannya. "Awalnya pembayaran selalu lancar tapi lama-lama pembayaran mulai tersendat," ujarnya.

Ia berharap polisi dapat mengungkap kasus ini untuk menangkap tersangka lain. "Ini pasti ada keterlibatan oknum aparat," ungkapnya.

Sementara itu Kuasa korban penggelapan mobil bernama M Iqbal Sinaga SH didampingi H Rizal SH  mengatakan, kita sangat mengapresiasi dengan Direktorat Krminal Umum Poldasu dengan cepat dan tanggap laporan masyarakat tentang penggelapan mobil.

"Terbukti, dalam waktu singkat para tersangka berhasil diringkus serta menyita sejumlah mobil yang disenyalir sempat diperjual belikan dari tangan tersangka. Kita berharap pada masyarakat yang lainnya dengan menguasa kenderaan yang diperolehnya dari tersangka NZ, untuk segera dapat dikembalikan dan dapat diserahkan ke Direktorat Krminal Umum Poldasu, sehingga pemeriksaan lancar, sebutnya.(mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:nova zeinpenggelapanpenipuanPolda sumut
Komentar
Minggu, 27 Mei 2018 17:00Berita Sumut

MUI Medan Gelar Safari Ramadhan di 43 Mesjid

Banyak cara yang bisa dilakukan agar ibadah puasa tetap berjalan nikmat dan lancar, salah satunya mengisinya dengan berbagai kegiatan islami seperti dalam Safari Ramadhan.

Minggu, 27 Mei 2018 16:45Berita Sumut

Tim Pemantauan Asmara Subuh Amankan 12 Sepeda Motor Tanpa Surat

Sebanyak 18 pengendara sepeda motor terjaring dalam penertiban yang dilakukan Tim Pemantauan Asmara Subuh di Jalan Ring Road, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (27/5). Dari jumlah itu, 12 sepeda motor terpaksa diamankan karena pengendara

Minggu, 27 Mei 2018 16:30Berita Sumut

Begal Apes, Diteriaki Rampok Lalu Terjatuh Lantas Masuk Bui

Seorang pelaku pria spesialis pelaku jambret berinisial MD berhasil diamankan personel Polsek Medan Kota. Warga Jalan Brigjen Katamso, Gang Nasional, Kota Medan itu diringkus karena sepeda motor yang ia kendarai terjatuh pascadikejar petugas Opsnal Unit

Minggu, 27 Mei 2018 16:15Berita Sumut

Lurah dan Kepling Harus Kenal Wilayah dan Dinamika Masyarakatnya

Setiap lurah dan kepala lingkungan wajib mengenal wilayah dan dinamika yang berkembang di masyarakat. Koordinasi antara kepala lingkungan, lurah, dan camat harus terus berjalan.

Minggu, 27 Mei 2018 16:00Berita Sumut

Dengan Safari Ramadhan, Pemko Medan Pererat Tali Silaturahmi dengan Masyarakat

Safari Ramadhan yang secara rutin digelar Pemko Medan setiap tahunnya menjadi sebuah ajang silaturrahmi serta wadah mendekatkan diri dengan warga masyarakat Kota Medan di 21 kecamatan, demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Syaiful Bahri keti

Minggu, 27 Mei 2018 14:15Berita Sumut

Kapolsek Sunggal Turun Pantau Kegiatan Asmara Subuh, 12 Unit Motor Ditindak

Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna bersama unsur kepolisian dari Polrestabes Medan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Pemko Medan turun langsung melakukan Pemantauan Asmara Subuh di Wilayah Hukum Polsek Sunggal, Minggu 27/5/2018).

Minggu, 27 Mei 2018 14:00Berita Sumut

Tujuh Orang Perempuan dan Tujuh Anak Sekolah Diamankan

Operasi Pekat Toba 2018 Jajaran Polres Pelabuhan Belawan dengan jumlah personil berjumlah kurang lebih 40 orang dipimpin Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan Kompol Ernial, Sabtu (26/05/2018) sekira pukul 14.30 wib

Minggu, 27 Mei 2018 13:45Berita Sumut

Usai Tabrak Ruko, Supir Truk Lari Takut Dimassa

Akibat rem blong, mobil kontainer (truk) BK 8754 AC menabrak sebuah rumah ruko milik warga di jalan Yos Sudarso Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (26/05/2018) malam.

Minggu, 27 Mei 2018 13:33Lifestyle

Puasa Bikin Bibir Kering? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Tips Berikut Ini

Bulan puasa ditambah panasnya cuaca kerap membuat bibir menjadi kering. Tak hanya itu, bibir juga menjadi pecah-pecah. Menurut Cindy Luken, pendiri label lipstik asal Australia, ada beragam alasan mengapa bibir mudah kering.

Minggu, 27 Mei 2018 13:19Lifestyle

Kenali Kebudayaan Daerah Yang Kamu Kunjungi Untuk Memudahkan Dapat Teman Kencan

Berwisata ke luar negeri berarti mempelajari kebudayaan baru. Yang sedang mencari pasangan kemungkinan besar bisa bertemu dengan jodohnya, asalkan mau mengikuti aturan berkencan di negara tersebut.

Minggu, 27 Mei 2018 13:04Berita Sumut

Gelar Operasi Pekat, Tim Gabungan di Deliserdang Boyong 5 Pasangan Mesum

Tim gabungan dari Polres Deliserdang, Kodim 0204/DS dan Satpol PP menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) di sejumlah tempat hiburan malam dan hotel, Minggu (27/5/2018) dinihari. Dalam operasi gabungan ini, tim mengamankan 5 pasangan bukan suami ist

Minggu, 27 Mei 2018 12:49Lifestyle

Atur Jadwal Libur Panjang Lebaran Ke Menara 'Miring' di Roma? Why Not

Barangkali, salah satu misteri terbesar di dunia adalah mencari alasan logis tentang apa yang menyebabkan menara miring Pisa, bisa selamat dari serbuan gempa bumi.

Minggu, 27 Mei 2018 12:34Internasional

Gunung Kilauea Semburkan Api Setinggi 11 Ribu Kaki

Observatorium Gunung Api Hawaii menyatakan serangkaian letusan dari Kilauea menyemburkan abu hingga setinggi 11 ribu kaki atau 3,3 kilometer, berdampak pada masyarakat yang tinggal di sisi barat daya.

Minggu, 27 Mei 2018 12:19Berita Sumut

Grebek Basis Peredaran Narkoba di Tanjung Morawa, Polisi Ringkus Bandar dan Belasan Pembeli

Tim gabungan dari Satres Narkoba Polres Deliserdang dan Polsek Tanjung Morawa menggrebek kawasan yang menjadi basis peredaran narkoba di Tanjung Morawa, Minggu (27/5/2018). Hasilnya, petugas mengamankan dua orang bandar narkoba dan belasn pembelinya.

Minggu, 27 Mei 2018 12:04Opini

Bersatu Melawan Aksi Terorisme

Korban tindakan Terorisme seringkali adalah orang yang tidak bersalah. Mereka memanfaatkan media massa untuk mengekpos aksi teror yang mereka lakukan guna menunjukan eksistensi perjuangannya. Terorisme merupakan musuh dunia yang tidak mengenal batas wilay

Minggu, 27 Mei 2018 11:48Berita Sumut

Indonesia-Australia Sharing Data Dalam Operasi GANNET

Operasi Bersama GANNET antara Indonesia-Australia sebagai salah satu bentuk kerja sama dua negara yang dilaksanakan melalui sharing data dan aksi bersama Bakamla, KKP, dan ABF, di daerah operasi bersama di perbatasan Indonesia-Darwin telah memasuki hari