Otak pelaku Penggelapan Mobil Gunakan Yayasan sosial

amrizal Rabu, 14 Februari 2018 18:30 WIB
mtc/ist
Otak pelaku penipuan ratusan mobil mewah, NZ sengaja membuka yayasan sosial untuk melancarkan aksinya. Hal itu terkuak setelah Dit Reskrimum Poldasu memaparkan kasus tersebut.
MATATELINGA, Medan: Otak pelaku penipuan ratusan mobil mewah, NZ sengaja membuka yayasan sosial untuk melancarkan aksinya. Hal itu terkuak setelah Dit Reskrimum Poldasu memaparkan kasus tersebut.

"Untuk yayasannya sendiri sampai saat ini belum bisa ditunjukan akte pendiriannya. Kita belum bisa memastikannya (ilegal) karena sedang proses mencari. Kalau wilayah kerjanya itu fiktif. Itu tergantung masing-masing kontrak itu bermacam daerah," kata Dir Reskrimum Poldasu Kombes Pol Andi Rian, Rabu (14/2).

Sebut dia, modus dalam melancarkan aksinya, tersangka dengan membuat kontra perjanjian pinjam pakai mobil dengan para korban dengan alasan mobil tersebut digunakan untuk proyek pembangunan Yayasan Sumatera Women Foundation yang bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan lalu dijual kepada penadah.

"Modus mengikat kontrak atas nama yayasan atau NGO atau LSM woman foundation. Ternyata mobil pidah tangan dengan cara jual beli. Modus penipuan ini, kata direktur, sudah berlangsung semenjak tahun 2016," katanya.

Andi sendiri menyebutkan kalau, pada jual beli mobil itu, pelaku yang merupakan aalah ketua DPW organisasi prempuan di Sumut itu sengaja mengganti nomor polisi atau memalsukan STNK mobil. Dan ia menyebutkan kalau pasti ada tersangka lain.

"Kita masih lidik apakah ada keterlibatan oknum dalam kasus ini," terangnya.

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi menangkap empat tersangka dengan peran yang berbeda-beda. "Nova Zein otak pelakunya, Usman Gumanti warga Jalan Sunggal berperan sebagai mengantar mobil kepada Hotma Tua Pulungan dan Andika. Khairul Bariah alias Cece warga Jalan Paya Bakung Perumahan Puri San Jadi Blok D No 1 Kelurahan Serba Jadi Kecamatan Sunggal berperan sebagai mengambil uang dan Hotma Tua Pulungan warga Jalan Selamat Ujung Medan Amplas berperan sebagai mengambil mobil dari Usman dan Cece," katanya.

Andi mengaku, dalam perkara ini Dit Reskrimum Poldasu telah menerima 6 laporan polisi dengan jumlah 67 korban. "Jadi siapa saja yang pernah berhubungan dengan Nova Zein baik itu menyewa maupun membeli mobil segera datang ke Poldasu," ucapnya.

Selain para pelaku, petugas juga menyita barang bukti empat mobil diantaranya satu unit mobil alpahart, pajero sport dan dua unit mobil inoova. "Satu lembar fotocopy BPKB mobil Mitsubishi Pajero Sport BK 1505 El, satu bundel fotocopy akte perjanjian, satu lembar fotocopy BPKB MOBIL Toyota Fortuner BK 401 W, sejumlah akte perjanjian. Kalau mobil kita sita dari pembeli sedangkan dokumen kita sita dari kediaman/kantor pelaku," ungkapnya.

Untuk meyakinkan korbannya, dalam pembaran pertama hingga ketiga pelaku selalu lancar membayar pinjam pakai mobil. "Membayar dengan cekn nah ketiga di bulan keempat pembayaran mulai nyendat dan pembayaran dipakai dengan cek kosong. Disitulah awalnya para korban mulai mencurigai dan meminta kepada pelaku menunjukan mobilnya dan tak bisa dipenuhi oleh pelaku,"sebutnya.

Sementara itu, seorang korban IR warga Glugur Medan, mengaku mengenal NZ  dari temannya. "Awalnya pembayaran selalu lancar tapi lama-lama pembayaran mulai tersendat," ujarnya.

Ia berharap polisi dapat mengungkap kasus ini untuk menangkap tersangka lain. "Ini pasti ada keterlibatan oknum aparat," ungkapnya.

Sementara itu Kuasa korban penggelapan mobil bernama M Iqbal Sinaga SH didampingi H Rizal SH  mengatakan, kita sangat mengapresiasi dengan Direktorat Krminal Umum Poldasu dengan cepat dan tanggap laporan masyarakat tentang penggelapan mobil.

"Terbukti, dalam waktu singkat para tersangka berhasil diringkus serta menyita sejumlah mobil yang disenyalir sempat diperjual belikan dari tangan tersangka. Kita berharap pada masyarakat yang lainnya dengan menguasa kenderaan yang diperolehnya dari tersangka NZ, untuk segera dapat dikembalikan dan dapat diserahkan ke Direktorat Krminal Umum Poldasu, sehingga pemeriksaan lancar, sebutnya.(mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:nova zeinpenggelapanpenipuanPolda sumut
Komentar
Sabtu, 24 Feb 2018 07:34Nasional

Tim Polri dan Bea Cukai Galkan 3 Ton Sabu Masuk ke Indonesia

Pengecekan dilakukan di seluruh bagian kapal, termasuk bagian freezer oleh Tim Polri dan Bea-Cukai, memeriksa muatan kapal berbendera Taiwan yang diduga membawa sabu dalam jumlah besar di Kepulauan Riau.

Sabtu, 24 Feb 2018 07:19Berita Sumut

Danrem 022/PT Kunjungi Pulau Berhala

Danrem 022/PT Kol Arm Khoirul Hadi melakukan kunjungan kerja ke Pulau Berhala Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Sabtu, 24 Feb 2018 07:04Nasional

Panglima TNI : Jaga dan Tingkatkan Kekompakan TNI dan Polri

Soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri harus terus dijaga dan ditingkatkan, yang sudah bagus dibuat lebih bagus lagi, supaya rakyat Indonesia tahu bahwa TNI dan Polri selalu kompak dalam satu kesatuan untuk menjaga Ibu Pertiwi agar tidak diganggu oleh

Sabtu, 24 Feb 2018 06:49Berita Sumut

Di Hadapan Gubernur NTB, Edy Rahmayadi Yakin Bawa Sumut Bermartabat

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Sabtu, 24 Feb 2018 06:34Berita Sumut

GNPF MUI Deklarasi Dukung ERAMAS di Pilgub Sumut

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:19Berita Sumut

Wagubsu Nurhajizah : PKH Ikut Berkontribusi Dalam Penanggulangan Kemiskinan

Menteri Sosial Idrus Marham bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) DR. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH secara simbolis menyerahkan bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Deli Serdang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:04Berita Sumut

Silaturahmi Alumni Al Azhar: Dihadiri Gubernur NTB Hingga Cagubsu Edy Rahmayadi

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Jumat, 23 Feb 2018 19:55Berita Sumut

Tio Handoko Terpilih Jadi Ketum SP Bun PTPN III Periode 2018 2022

Tio Handoko terpilih dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum SP Bun PTPN III (Persero) pada Musyawarah Luar Biasa Serikat Pekerja Perkebunan Tingkat Perusahaan (MUSLUBSERJATIP) PTPN III (Persero)

Jumat, 23 Feb 2018 19:48Berita Sumut

Gubsu Rotasi Delapan Pejabat Pratama Pemprovsu

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi, MSi merotasi delapan pejabat struktural Tingkat Pratama di lingkungan Pemprovsu. Rotasi ini ditandai dengan pengukuhan delapan pejabat tersebut setelah mendapat persetujuan Komisi Aparatur Sipil Neg

Jumat, 23 Feb 2018 19:45Berita Sumut

BPBD Kota Medan Raih Penghargaan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menerima penghargaan sebagai BPBD Kabupaten/ Kota

Jumat, 23 Feb 2018 19:42Berita Sumut

Wali Kota Gelar Pengajian Dengan Pimpinan OPD Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menggelar pengajian bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 23 Feb 2018 19:39Berita Sumut

Gubsu Kukuhkan Effendy Pohan Jadi Pjs Bupati Padang Lawas

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT Erry Nuradim MSi mengukuhkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provsu Effendy Pohan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Padang Lawas

Jumat, 23 Feb 2018 19:37Berita Sumut

Walikota Terima Audensi Inti Sumut

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi, menerima audiensi Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa

Jumat, 23 Feb 2018 19:32Nasional

Panglima TNI : PPRC TNI Siap Digerakkan ke Berbagai Wilayah NKRI

Tantangan tugas TNI kedepan tidak semakin ringan dihadapkan dengan fenomena global yang menghadirkan berbagai bentuk ancaman kedaulatan negara. Hal ini menuntut kesiapsiagaan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang tinggi, untuk selalu siap setiap s

Jumat, 23 Feb 2018 17:30Berita Sumut

Dorr, Begal Ini Lumpuh Dipelor Polisi

Sat Reskrim Polrestabes Medan melumpuhkan seorang tersangka spesialis bandit jalanan berinisial DS alias DY (28) warga Jalan Gurilla, Medan Timur. Polisi terpaksa menembak kaki tersangka karena mencoba kabur saat petugas berupaya meringkus tersangka.

Jumat, 23 Feb 2018 16:46Berita Sumut

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi ke XII Se Sumatera Tahun 2018 Resmi Dibuka

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi (LPPP) Ke-XII Tahun 2018 Se-Sumatera kembali digelar, Jumat (23/2) di Open Stage PRSU, Jl. Gatot Subroto Medan. Kegiatan LPPP dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Sahar Siagian, M.Pd dengan dita