Otak pelaku Penggelapan Mobil Gunakan Yayasan sosial

amrizal Rabu, 14 Februari 2018 18:30 WIB
mtc/ist
Otak pelaku penipuan ratusan mobil mewah, NZ sengaja membuka yayasan sosial untuk melancarkan aksinya. Hal itu terkuak setelah Dit Reskrimum Poldasu memaparkan kasus tersebut.
MATATELINGA, Medan: Otak pelaku penipuan ratusan mobil mewah, NZ sengaja membuka yayasan sosial untuk melancarkan aksinya. Hal itu terkuak setelah Dit Reskrimum Poldasu memaparkan kasus tersebut.

"Untuk yayasannya sendiri sampai saat ini belum bisa ditunjukan akte pendiriannya. Kita belum bisa memastikannya (ilegal) karena sedang proses mencari. Kalau wilayah kerjanya itu fiktif. Itu tergantung masing-masing kontrak itu bermacam daerah," kata Dir Reskrimum Poldasu Kombes Pol Andi Rian, Rabu (14/2).

Sebut dia, modus dalam melancarkan aksinya, tersangka dengan membuat kontra perjanjian pinjam pakai mobil dengan para korban dengan alasan mobil tersebut digunakan untuk proyek pembangunan Yayasan Sumatera Women Foundation yang bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan lalu dijual kepada penadah.

"Modus mengikat kontrak atas nama yayasan atau NGO atau LSM woman foundation. Ternyata mobil pidah tangan dengan cara jual beli. Modus penipuan ini, kata direktur, sudah berlangsung semenjak tahun 2016," katanya.

Andi sendiri menyebutkan kalau, pada jual beli mobil itu, pelaku yang merupakan aalah ketua DPW organisasi prempuan di Sumut itu sengaja mengganti nomor polisi atau memalsukan STNK mobil. Dan ia menyebutkan kalau pasti ada tersangka lain.

"Kita masih lidik apakah ada keterlibatan oknum dalam kasus ini," terangnya.

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi menangkap empat tersangka dengan peran yang berbeda-beda. "Nova Zein otak pelakunya, Usman Gumanti warga Jalan Sunggal berperan sebagai mengantar mobil kepada Hotma Tua Pulungan dan Andika. Khairul Bariah alias Cece warga Jalan Paya Bakung Perumahan Puri San Jadi Blok D No 1 Kelurahan Serba Jadi Kecamatan Sunggal berperan sebagai mengambil uang dan Hotma Tua Pulungan warga Jalan Selamat Ujung Medan Amplas berperan sebagai mengambil mobil dari Usman dan Cece," katanya.

Andi mengaku, dalam perkara ini Dit Reskrimum Poldasu telah menerima 6 laporan polisi dengan jumlah 67 korban. "Jadi siapa saja yang pernah berhubungan dengan Nova Zein baik itu menyewa maupun membeli mobil segera datang ke Poldasu," ucapnya.

Selain para pelaku, petugas juga menyita barang bukti empat mobil diantaranya satu unit mobil alpahart, pajero sport dan dua unit mobil inoova. "Satu lembar fotocopy BPKB mobil Mitsubishi Pajero Sport BK 1505 El, satu bundel fotocopy akte perjanjian, satu lembar fotocopy BPKB MOBIL Toyota Fortuner BK 401 W, sejumlah akte perjanjian. Kalau mobil kita sita dari pembeli sedangkan dokumen kita sita dari kediaman/kantor pelaku," ungkapnya.

Untuk meyakinkan korbannya, dalam pembaran pertama hingga ketiga pelaku selalu lancar membayar pinjam pakai mobil. "Membayar dengan cekn nah ketiga di bulan keempat pembayaran mulai nyendat dan pembayaran dipakai dengan cek kosong. Disitulah awalnya para korban mulai mencurigai dan meminta kepada pelaku menunjukan mobilnya dan tak bisa dipenuhi oleh pelaku,"sebutnya.

Sementara itu, seorang korban IR warga Glugur Medan, mengaku mengenal NZ  dari temannya. "Awalnya pembayaran selalu lancar tapi lama-lama pembayaran mulai tersendat," ujarnya.

Ia berharap polisi dapat mengungkap kasus ini untuk menangkap tersangka lain. "Ini pasti ada keterlibatan oknum aparat," ungkapnya.

Sementara itu Kuasa korban penggelapan mobil bernama M Iqbal Sinaga SH didampingi H Rizal SH  mengatakan, kita sangat mengapresiasi dengan Direktorat Krminal Umum Poldasu dengan cepat dan tanggap laporan masyarakat tentang penggelapan mobil.

"Terbukti, dalam waktu singkat para tersangka berhasil diringkus serta menyita sejumlah mobil yang disenyalir sempat diperjual belikan dari tangan tersangka. Kita berharap pada masyarakat yang lainnya dengan menguasa kenderaan yang diperolehnya dari tersangka NZ, untuk segera dapat dikembalikan dan dapat diserahkan ke Direktorat Krminal Umum Poldasu, sehingga pemeriksaan lancar, sebutnya.(mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:nova zeinpenggelapanpenipuanPolda sumut
Komentar
Rabu, 14 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Korban Tewas Keempat Longsor Nisel Kembali Ditemukan

Korban keempat akibat tanah longsor yang terjadi di Dusun Dua, Desa Suka Maju Mohili, Gomo, Nias Selatan (Nisel), ditemukan Tim SAR gabungan.

Rabu, 14 Nov 2018 20:15Ekonomi

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS.. Bank Indonesia masih menunggu data domestik di mana kurs tengah rupiah melemah cukup dalam kemarin.

Rabu, 14 Nov 2018 20:00Berita Sumut

Balitbang Kaji Potensi dan Daya Tarik Wisata Kota Medan

Pengembangan bidang pariwisata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh Pemko Medan mengingat potensi wisata Kota Medan sendiri sangat besar. Untuk mengembangan pariwisata dibutuhkan berbagai pendukung untuk memperlancar jalannya kegiatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:45Lifestyle

Beli Produk Harus Mengantisipasi Kemanan dan Kesehatan

Masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan sangat mudah sekarang ini, Namun, harus lebih hati hati. Pasalnya, produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:30Berita Sumut

Dua Rekannya Berhasil Kabur, Sedangkan Dirinya Babak Belur Pukuli Warga

Sepandai pandai tupai melompat, sekali kali akan jatuh ketanah. Kata kiasan ini, pantas dilontar terhadap tersangka jambret handpone milik salah seorang pengemudi ojek online.

Rabu, 14 Nov 2018 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Tak Terbebani Pencapaian Target PAD

Dengan dicabutnya Perda Kota Medan No. 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Gangguan, Pemko Medan tidak terbebani dalam pencapaian target PAD Kota Medan. Sebab, langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan potensi PAD pada

Rabu, 14 Nov 2018 19:00Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Be

Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.

Rabu, 14 Nov 2018 17:30Berita Sumut

Personel Satpol PP Terluka Dilempar Batu Saat Bongkar Bangunan Kios di Jalan Gedung Arca

Tim gabungan Pemko Medan membongkar 8 unit bangunan kios di halaman Perguruan Al Ittihadiyah Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/11). Meski berhasil meratakan seluruh bangunan kios dengan tanah namun pembongkaran se

Rabu, 14 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Penambahan Anggaran e KTP Rp 3 M di Disdukcapil Dinilai Penting

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang tergabung di panitia khusus (Pansus) R APBD Pemko Medan TA 2019 mendukung penambahan anggaran Rp 3 Miliar untuk pengadaan tinta dan film e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Penam

Rabu, 14 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Warga Dua Desa di Kecamatan Lau Baleng Minta Dishut Sumut Tinjau Ulang Penerbitan SK HKM

Puluhan warga Desa Desa Laugarut dan Desa Pintu Angin, mendatangi kantor Dinas Kehutanan Sumut di Jln SM Raja, Medan, Rabu (14/11) siang. Mereka meminta klarifikasi soal terbitnya SK hutan kemasyarakatan (HKM) di dua desa tersebut.

Rabu, 14 Nov 2018 16:30Berita Sumut

Wanita Pengutil di Medan Mall Ditangkap

Polsek Medan Kota mengamankan seorang wanita karena kedapatan mencuri pakaian di pusat perbelanjaan Medan Mall Jalan MT Haryono Medan