• Home
  • Berita Sumut
  • PPK Kecamatan Setia Janji Diduga Bermain Suara, Caleg Adukan Ke Bawaslu Asahan

PPK Kecamatan Setia Janji Diduga Bermain Suara, Caleg Adukan Ke Bawaslu Asahan

Mtc/Benawi Minggu, 05 Mei 2019 08:45 WIB
MATATELINGA
Sidang administratif pelanggaran Pemilu, Surat Kuasa dan Saksi sera kuasa hukum Ranto Ramanda Sinambela
MATATELINGA, Asahan: Pasca Pemilu serentak yang dilaksanakan Rabu 17 April 2019 lalu, kini sudah mulai menuai badai dengan banyaknya para calon legeslatif dari berbagai Partai Politik yang merasa dirugikan rame rame mengadukan persoalannya ke Bawaslu Asahan.



Seperti halnya yang dilakukan oleh Caleg DPRD Kabupaten Asahan  dari Partai Gerinda nomor urut 2 atas nama Rantho Rumandha Sinambela  daerah pemilihan 6 Kecamatan Setia Janji Asahan, melalui kuasa hukumnya melakukan pelaporan dan pengaduan kepada Bawaslu Asahan atas dugaan penghilangan perolehan suara yang didapatnya yang di duga dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kecamatan Setia janji.

Keterangan Leo Napitupulu, SH Mhum melalui Ericson Saut Timbul Purba,SH kuasa hukum Ranto Ramanda Sinambela usai mengikuti persidangan penanganan pelanggaran administratif Pemilu di kantor Bawaslu Asahan, Sabtu (04/5/2019) sekira pukul 23.20.Wib kepada matatelinga.com mengatakan  Leo Napitupulu, SH.Mhum dan Rekan merupakan advokat dan Penasehat Hukum yang telah di berikan kuasa khusus untuk dan atas nama serta guna kepentingan hukum pemberi  kuasa bik sendiri maupun bersama, bertindak  mewakili  dan mendampingi pemberi kuasa untuk mempertahankan hak dan kepentingan hukum pemberi kuasa, guna melaporkan dan meneruskan laporan ke badan pengawas pemilihan Umum (Bawaslu) Asahan, atas adanya persangkaan "Perbuatan melakukan manipulasi berupa penggelembungan suara pada Calon Legeslatif DPRD Kabupaten Asahan dari Partai Gerinda Dapil 6 nomor urut 1 atas nama Bambang Rusmanto, ujarnya.



Lebih lanjut Ericson Saut Timbul Purba, SH mengatakan  pada malam ini Bawaslu Asahan telah memeriksa dan mendengarkan keterangan tiga orang saksi serta dokumen  yang telah kami bawa atas adanya dugaan manipulasi perolehan suara sebagaimana dimaksud perkara dimaksud, dan kami akan terus mendampingi pemberi kuasa dalam pemeriksaan di Sentra Penegakan Hukum terpadu (Gakkumdu) maupun proses hukum lanjutan.

Kami selaku kuasa hukum pelapor sangat berharap Bawaslu Asahan dapat bekerja secara profesional dalam menyelesaikan perkara adanya dugaan penggelembungan suara, yang berdampak pada kerugian pada klien kami, dan tentunya proses hukum lanjutan tetap dijalankan sebagai mana mestinya, ungkapnya.

Sementara  keterangan saksi Budi Manurung  saat dikonfirmasi  terkait hal tersebut  juga membenarkan adanya dugaan penggelembungan suara untuk Caleg  DPRD Kabupaten Asahan nomor urut 1 atas nama Bambang Rusmanto, indikasi penggelembungan perolehan suara yang di sangkakan pada caleg DPRD Kabupaten Asahan atas nama Bambang Rusmanto tersebut diambil dari perolehan suara yang di dapat Partai Gerinda, dan penggelembungan perolehan suara yang dikumpulkan Bambang Rusmanto sebnayak 26 suara, sehingga caleg DPRD Kabupaten Asahan nomor urut 2 atas nama Ranto Ramanda Sinambela sangat dirugikan.

Budi Manurung juga mengatakan indikasi terjadinya penggelembungan dan manipulasi perolehan suara tersebut dilakukan oleh oknum yang berada di PPK kecamatan Setia Janji Asahan, terlebih lagi kuat dugaan kami ini terjadi dikarenakan antara oknum PPK Kecamatan Setia janji tersebut merupakan saudara kandung dari Caleg  DPRD Kabupaten Asahan nomor urut 1 juga dari Partai Gerinda atas nama Bambang Rusmanto, dan kejadian ini dapat kami ketahui setelah pleno di PKK dimana form C1 hasilnya tidak sama dengan yang ada di PPK, pungkasnya.



Sementara pihak Komisioner Bawaslu Asahan saat hendak di konfirmasi, masih belum dapat di konfirmasi sehubungan masih melayani pengaduan beberapa caleg yang merasa tidak puas dengan kinerja PPK.

(Mtc/Ben)
Editor: FJR

T#g:AsahanblibliKisruh Caleg AsahanMatatelingaPemilu 2019pileg 2019pilpres 2019SumutSumut BermartabatTerkini
Komentar
Selasa, 14 Jul 2020 19:45Berita Sumut

Operator SPBU Tewas Kesetrum Listrik

Seorang operator di SPBU Amplas Jalan Panglima Denai Medan, tewas setelah kesetrum kabel listrik

Selasa, 14 Jul 2020 19:00Nasional

Panglima TNI : Penegakkan Disiplin Kesehatan Cegah Penyebaran Covid-19

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin rapat intern terkait Penegakkan Disiplin Kesehatan di delapan Provinsi prioritas di Indonesia yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Papua

Selasa, 14 Jul 2020 18:45Berita Sumut

Ranperda Kota Medan Tentang Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Tahun 2019

DPRD Medan menyetujui Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi atas Pelaksanaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2019 untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Tahun 2020.

Selasa, 14 Jul 2020 18:30Berita Sumut

Pangdam Pimpin Penyerahan Jabatan Pamen Ahli Pangdam I/Bukit Barisan

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA., MSc., memimpin acara penyerahan jabatan Pamen Ahli Bidang Hukum dan Humaniter dan Pamen Ahli bidang Jemen Sishanneg Pangdam I/Bukit Barisan

Selasa, 14 Jul 2020 18:15Berita Sumut

Kamar Mandi Taman Teladan Jadi Tempat Nyabu

Dua pecandu narkoba berinisial DS ,26, warga Jalan Menteng III Medan dan US ,30, warga Pintu Air Gang Gabetua, Medan, sangat tak patut ditiru.

Selasa, 14 Jul 2020 18:00Berita Sumut

Resmikan Rumah Tahfizd Qur'an Wakil Walikota: " Baca, Pahami Dan Implementasikan Al-Qur'an

Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar dalam peresmian rumah tahfidz Alquran Saida Mulia di Jalan Taman Bahagia Kota Tebing Tinggi

Selasa, 14 Jul 2020 17:45Berita Sumut

KPK 'Geledah' Rumah Pengusaha Di Kisaran

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa 14 Juli 2020 satroni rumah Muliono SL yang kerap disapa dengan panggilan AHONG yang berada di Ruko jalan SM.Raja no.226 Kisaran Asahan.

Selasa, 14 Jul 2020 17:30Berita Sumut

“Early Warning System” Perlu Diterapkan Di Sepanjang Bantaran Sungai

Anggota Komisi IV DPRD Medan Syaiful Ramadhan mendesak pemerintah Kota Medan agar segera membuat “early warning system” atau sistem peringatan dini kepada masyarakat disepanjang bantaran sungai sehingga masyarakat dapat melakukan persiapan ke

Selasa, 14 Jul 2020 17:15Berita Sumut

Ditelantarkan, Ajar Bawa Bayinya Adukan Nasib ke DPRD Deliserdang

Siti Al Hajar Nasution terus berupaya memperjuangkan keadilan akibat ulah sang suami berinisial TMS yang menelantarkan ia dan bayinya berinisial ARS, masih terus berlanjut.

Selasa, 14 Jul 2020 17:00Berita Sumut

Juni 2020, Transaksi Pasar Modal Investor Sumut Naik 2 Kali Lipat

Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Pintor Nasution menjelaskan pada bulan Juni 2020, warga Sumut sudah mulai kuat mempercayai pasar modal.

Selasa, 14 Jul 2020 16:40Berita Sumut

Ratusan Santri Ponpes Al Hasyimiyah Ikuti Rapid Tes

Ratusan santri dan tenaga pengajar di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hasyimiyah Jalan Danau Singkarak Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, jalani rapid test secara massal, Selasa (14/07).

Selasa, 14 Jul 2020 16:30Berita Sumut

Fraksi PKS : Perencanaan Anggaran Pemko Medan Amburadul dan Tidak Profesional

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan menilai sistem perencanaan anggaran pemerintah Kota Medan masih amburadul dan tidak profesional. Penilaian ini disampaikan jurubicara Fraksi PKS Syaiful Ramdhan dalam penyampaian pendapat fraksi terh

Selasa, 14 Jul 2020 16:15Nasional

Kata Pengacara, Hana Hanifah Ada Job Pemotretan di Medan

Beredar kabar bahwa Hana Hanifah datang ke Medan untuk menghadiri sesi pemotretan. Hal itu disampaikan Machi Ahmad selaku kuasa hukum Hana yang menangani perseteruannya dengan Nabilla Aprillya.

Selasa, 14 Jul 2020 16:04Berita Sumut

Idap Tumor Ganas, Warga Perdagangan Ini Butuh Bantuan Warga & Pemerintah

Malang betul nasib Harianto alias Doeng (40) warga Lormes Perdagangan ini. Sudah tiga bulan lamanya, pria ini terbaring di tempat tidur tanpa bisa melakukan apa- apa hidup dalam kondisi memprihatinkan, lantaran menderita tumor ganas.

Selasa, 14 Jul 2020 15:30Berita Sumut

2 Warga Sergai Kembali Positif, Masyarakat Diimbau Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Laju pertambahan korban Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) belum usai. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Drs. H. Akmal, AP, M.Si saat ditemui di Kantor Dinas Kominfo Sergai, Selasa (14/07/2

Selasa, 14 Jul 2020 15:15Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sumut Laksanakan Program L2T2 dan L2T3

Setelah dilaunching Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada tanggal 18 Februari 2020 lalu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumut akan segera melaksanakan program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan Layanan Lumpur Tinja Tida