• Home
  • Berita Sumut
  • PT TPL, Sangat Menyayangkan Tindakan Anarkis Sekelompok Oknum Masyarakat

Nanam di Areal PT Toba Pulp

PT TPL, Sangat Menyayangkan Tindakan Anarkis Sekelompok Oknum Masyarakat

Mtc/rel Selasa, 17 September 2019 05:45 WIB
Mtc/Ist
Bahara Sibuea, rompi hitam, saat mengupayakan dialog damai dengan masyarakat Sihaporas yang masuk dan berladang tanpa ijin di lahan konsesi TPL
MATATELINGA, Simalungun:    PT Toba Pulp Lestari Tbk atau PT TPL menyayangkan terjadinya tindakan anarkis yang dilakukan sekelompok oknum masyarakat Desa Sihaporas, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (16/9/2019). Tindakan tersebut menyebabkan 1 orang karyawan PT TPL mengalami luka berat dan 8 orang mengalami luka ringan.




[adx]

Kepala Humas PT TPL, Norma Patty Handini Hutajulu pada Matatelinga.com, Selasa (17/9/2019) mengatakan, terjadi pemukulan terhadap personil Humas dan keamanan PT TPL oleh sekelompok oknum masyarakat Desa Sihaporas di Compartement (Compt.) atau Blok B.553 Pada Senin pagi 16 September 2019, pukul 10.30 WIB . Kejadian ini bermula sekitar pukul 10.00 WIB; personil keamanan yang berjaga di Compt. B.068 dan B.081 melaporkan bahwa ada kurang lebih 100 orang warga Sihaporas melakukan penanaman jagung di Compt. B.553, areal yang dimaksud adalah lahan konsesi yang telah selesai dipanen.

Setelah itu, tim keamanan dan Humas TPL, bergerak menuju areal tersebut dan melihat penanaman jagung yang dilakukan oleh sekelompok oknum masyarakat di dalam konsesi PT TPL. Humas TPL melakukan upaya dialog damai dan menyampaikan kepada warga agar kegiatan penanaman jagung diberhentikan dahulu dan diadakan musyawarah dan dibicarakan secara baik-baik.

Saat upaya dialog damai itu dilakukan Humas TPL, untuk dapat duduk berbicara bersama di salah satu tepian lokasi, warga Sihaporas bersikeras melakukan penanaman sembari mengeluarkan ancaman yang membuat suasana menjadi memanas. Hingga terjadi pemukulan saat salah seorang warga menolak mengindahkan upaya dialog dengan memukul balok kayu ke personil keamanan TPL hingga terjatuh, sebutnya.




[adx]

Tambah Norma, kemudian, masyarakat lain mengambil cangkul dan kayu, memukul Humas dan personil keamanan PT TPL lainnya - berdasarkan kronologis yang dibuat bersama para pihak-.

Dijelaskan bahwa areal penanaman tersebut merupakan areal konsesi PT TPL yang telah memiliki izin dan telah memasuki rotasi tanam ekaliptus yang ke-empat.

Sementara itu, Mulia Nauli, Direktur PT TPL mengatakan, "Izin konsesi PT TPL berada di kawasan hutan negara. Pada pelaksanaan operasionalnya, perseroan selalu menghormati hak-hak masyarakat dan komunitas adat yang berada dalam wilayah kerja perseroan dengan mengedepankan proses dialog yang terbuka yang dilandasi undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam penyelesaian masalahnya."

Kejadian ini sendiri telah dilaporkan perseroan kepada pihak berwenang dan berwajib, sebagai salah satu tanggung jawab perseroan sebagai pemegang izin pengelolaan konsesi yang diberikan negara.

Dalam penyelesaian konflik lahan, perseroan melakukan berbagai upaya positif untuk mengatasi penyelesain klaim dengan mediasi yang melibatkan lembaga pemerintahan sebagaimana diwajibkan oleh izin yang dipegang oleh perseroan, dan musyawarah dengan masyarakat hingga terwujudnya program kemitraan untuk operasional yang berkelanjutan sebagaimana yang diamanahkan Perhutanan Sosial dan ditetapkan oleh pemerintah melalui SK Menhut Nomor P.83/MenLhk/Setjen/KUM.1/10/2016. Perseroan bersama KPH melakukan sosialisasinya kepada masyarakat dengan pertemuan yang intensif dengan komunitas adat, baik di perkampungan masyarakat, di kantor Kepala Desa, dan di kantor perseroan.




[adx]

Dalam melakukan penyelesaian dengan konsep perhutanan sosial, perusahaan membangun Tanaman Kehidupan berupa tanaman aren, petai, jengkol, dll dan tumpang sari jagung, yang hasilnya diperuntukkan bagi masyarakat

Penyelesaian klaim hutan adat sendiri mengikuti proses pengakuan hutan adat sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku, antara lain; melakukan kajian kebenaran keberadaan hutan adat tersebut, salah satunya adanya PERDA Masyarakat Hutan Adat.

Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Hutan Tanaman Industri (IUPHHK-HTI) PT Toba Pulp Lestari Tbk atau PT TPL diberikan oleh Kementerian Kehutanan melalui SK Menhut No. 493 / KPTS II/1992 jo SK. 179/Menlhk/Sedjen/HPL.0/4/2017 yang tersebar di beberapa kabupaten kota di Sumatera Utara.
Editor: Amrizal

T#g:blibliMatatelingamatatelinga.commatatelinga comMenanam di TPLPT TPLSamosirSimalungunTerkiniTravelokapenyerobotan tanah TPLperselisihan sekelompok Oknum Masyarakat
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 08:45Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Berikan Tali Asih Kepada Orang Tua Korban Pencabulan

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Rissa Agus Waluyo menunjukkan kepedulian nya dengan memberikan tali asih kepada korban perbuatan cabul yang masih di bawah Umur berinisial AN (10). Bocah yang masih duduk di bangku kelas 4 SD itu didampingi oleh orangt

Kamis, 28 Mei 2020 08:30Berita Sumut

Dana Anggaran Penanganan Corona Kabupaten Asahan Ditambah Rp 36 Milyar Lebih.

Pemerintah Kabupaten Asahan memanmbah dana anggaran yang diperuntukan pada penanganan dan percepatan Covid 19 sebanyak Rp.36.200.000.000,- dari semula hanya Rp.26,8 Milyar menjadi Rp.63 Milyar lebih.

Kamis, 28 Mei 2020 08:15Berita Sumut

Muspika Sibolangit Kunjungi Keluarga PDP Covid-19 yang Meninggal, Puskesmas akan Lakukan Rapid Test

Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke rumah keluarga terduga PDP di Dusun I, Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Rabu (27/5) kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 08:00Aceh

Nelayan Tak Melaut, Masyarakat Sulit Dapatkan Ikan

Karena para Nelayan merayakan lebaran Idul Fitri 1441 hijriyah bersama keluarga, sehingga hampir ribuan unit kapal motor (KM) masih terparkir sepanjang dermaga dan kolam Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Kab. Aceh Timur.

Kamis, 28 Mei 2020 07:45Ekonomi

Perum Bulog Kanwil Sumut, Lanjutkan Operasi Pasar Gula Pasir

Operasi pasar gula pasir untuk membantu menjaga ketersediaan komoditas itu di daerah tersebut setelah Lebaran, dilanjutkan Perum Bulog Kanwil Sumut.

Kamis, 28 Mei 2020 07:30Nasional

Sejak Usia 10 Tahun Sudah Pelecehan Ayah Tirinya

Sejak masih berusia 10 tahun, seorang bapak di Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan tega menyetubuhi anak tirinya sendiri

Kamis, 28 Mei 2020 07:15Berita Sumut

Pemilik Mobil Fortune, Laporkan Pihak SPBU Pancurbatu ke Polrestabes Medan

Merasa tertipu oleh pihak SPBU Pancurbatu dilaporkan ke Polrestabes Medan, karena dugaan melakukan penipuan terhadap konsumen.

Kamis, 28 Mei 2020 07:00Berita Sumut

GTPP Covid-19 Siantar Patroli di Lapangan Merdeka dan Pusat Perbelanjaan

Di hari keempat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Rabu (27/5/2020) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (GTPP Covid-19) Kota Pematangsiantar kembali menggelar patroli dan sosialisasi protokol kesehatan. Patroli dan sosialisasi dilakukan

Kamis, 28 Mei 2020 06:45Bola

Lionel Messi, Pesepakbola Terbaik Yang Ada Dalam Sejarah.

Pada 2010, ikon Liverpool, Steven Gerrard, nyatanya pernah berkomentar bahwa rekan setimnya kala itu, Joe Cole, lebih hebat ketimbang Messi. Nama Joe Cole sejatinya mulai dikenal secara luas kala ia bergabung dengan Chelsea pada 2003.

Kamis, 28 Mei 2020 06:15Bola

Liga Spanyol 2019-2020 Akan Bergulir, Setiap Tim Bola Berlatih

Setiap klub telah memulai kembali latihan sejak Senin 18 Mei 2020, meski dengan protokol kesehatan ketat.

Kamis, 28 Mei 2020 06:00Berita Sumut

Polsek Patumbak Gelar Patroli Antisipasi C-3 dan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Masih dalam situasi wabah pandemi Covid 19, Polsek Patumbak menggelar razia di wilayah hukumnya

Rabu, 27 Mei 2020 23:03Nasional

Terinfeski Virus Corona, Satu Keluarga Mudik dan Halal Bi Halal

Meski mereka satu keluarga yang terkonfirmasi positif corona asal Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, tak menghambat mereka melakukan mudik dan halalbihalal ke sejumlah tempat di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Rabu, 27 Mei 2020 22:55Internasional

Sebelum Vaksinnya Ditemukan, Duterte Larang Siswa Kembali ke Sekolah

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan dia tidak akan mengizinkan siswa untuk kembali ke sekolah sampai vaksin virus corona tersedia. Langkah itu diumumkannya meski beberapa negara telah mengizinkan para siswa kembali belajar di ruang kelas.

Rabu, 27 Mei 2020 22:50Nasional

Tito Karnavian Minta Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menuturkan, pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 bisa digelar pada tanggal 9 Desember. Namun, protokol kesehatan Covid-19 tetap diutamakan saat ajang pemilihan kepala daerah serentak itu dilaksanakan.

Rabu, 27 Mei 2020 22:35Internasional

Merampok Pergunakan kaki Menggenggam Senpi di Toko

Pelaku perampokan, yang juga bisu, kemudian mengeluarkan senjata api untuk memperkuat pernyataan tertulisnya dan membuktikan bahwa perampokan itu bukan lelucon.

Rabu, 27 Mei 2020 22:17Ekonomi

Ingin Tahu Penyebab Kurangnya Pasokan Gula Pasir di Indonesia......

Kurangnya pasokan gula kristal putih pada saat ini terutama disebabkan oleh tiga faktor, hal tersebut dikatakan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana. Pertama produksi gula dalam negeri tahun 2019 yang tidak sesuai dengan perk