Pangdam I/BB: Kita adalah Pahlawan Bagi Indonesia

Amr/rel Sabtu, 10 November 2018 18:39 WIB
ist
MATATELINGA, Medan:  Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, menjadi momentum penting dalam upaya menggelorakan semangat bahwa "Kita adalah Pahlawan bagi Indonesia". 


Hal ini disampaikan Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah dalam pidato yang disampaikan Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, bertempat di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Sabtu (10/11/2018).

Dalam pidatonya, Pangdam I/BB mengutip kalimat Bung Karno yang pernah mengatakan, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya". Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Ungkapan Bung Karno ini, lanjut Pangdam I/BB, juga mengandung maksud untuk membangkitkan jiwa dan karakter kepahlawanan kepada segenap komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk bersatu di dalam perbedaan dan mengajak generasi bangsa untuk lebih mencintai bangsa.


Dalam rangkaian perjuangan kepahlawanan Indonesia, sebut Pangdam I/BB, generasi muda dapat mengambil pelajaran dari semangat perjuangan yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua, yakni semangat persatuan Indonesia dalam melawan musuh bangsa saat ini, yaitu kelompok-kelompok yang gemar melontarkan ujaran kebencian, bersikap intoleransi, dan penganut aliran radikalisme, narkoba, seks bebas, terorisme dan korupsi.

"Selaku Pangdam I/BB dan pribadi, saya menyambut  baik diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengenang dan menghargai kembali perjuangan para pahlawan. Kita harus membangun visi bahwa kita adalah pahlawan bagi Indonesia (We Are Heroes for Indonesia), dengan misi menjangkau seluruh masyarakat agar bersatu, berdoa dan bangkit untuk kebaikan bangsa Indonesia," ucapnya, seraya menambahkan, ketika kita bisa berbuat sesuatu yang terbaik untuk bangsa, maka saat itulah kita disebut sebagai Pahlawan Bangsa.

Pangdam I/BB mengaku, hal ini penting dalam menggali nilai-nilai dan etos kepahlawanan dalam meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang dikhawatirkan memudar dan tergerus oleh zaman dan globalisasi, terutama yang dialami oleh generasi muda.


"Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 ini, kita tingkatkan rasa kecintaan pada Tanah Air dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," pungkas Pangdam I/BB.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 yang dilaksanakan serentak di 17 Kota di Indonesia, mengusung tema "Pesta Para Pahlawan untuk Membangun Patriotisme dan Nasionalisme bagi Generasi Muda di Seluruh Indonesia".

Acara yang digelar di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Sabtu (10/11/2018), diawali dengan pelepasan marching band Kodam I/BB dan karnaval kendaraan hias dari jajaran Kodam I/BB, Pemko Medan, serta barisan pecinta jeep wills, sepeda ontel, pelajar pembawa bendera Merah Putih sepanjang 50 meter, dan ditutup oleh marching band MAN 1 Medan.
   
Sebelumnya, dilakukan pelepasan peserta karnaval kendaraan hias oleh Pangdam I/BB diwakili Kasdam I/BB, Gubsu Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi diwakili Asisten Ekbangkes Setdaprovsu, Ir Ibnu Sri Hutomo, Kapoldasu diwakili Karoops Kombes Pol Imam Prakoso, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Anggota DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba, dan Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution.  

Usai pelepasan peserta karnaval, acara dilanjutkan dengan penampilan solo Marching Band Kodam I/BB yang bermaterikan personel Yon Zipur 1/DD, Yonif Raider 100/PS, Yon Armed 2/105 KS, Yonkav 6/NK, dan Yon Arhanud 11/WBY.

Di kesempatan ini, Kasdam I/BB bersama unsur FKPD Provsu dan Kota Medan menyempatkan diri mengikuti tarian Ahoi yang dibawakan belasan pasangan pemuda-pemudi berpakaian adat dari seluruh etnis Sumut, para pelajar, ASN, dan prajurit TNI-Polri.

Di acara ini, Kasdam I/BB juga menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada para veteran dan pejuang perintis Kemerdekaan RI, serta pelepasan balon ke udara yang dilakukan bersama dengan unsur FKPD Sumut dan Kota Medan.

Kemeriahan peringatan Hari Pahlawan ini semakin semarak dengan digelarnya panggung hiburan rakyat oleh band-band lokal, serta bazaar.
Editor: Amrizal

T#g:10 Novemberbliblihari pahlawanKodam I/BBKodam I BBKodam I?BBkodam I.BBMatatelingaPrabowo - sandiagaPrabowo sandiagaTerkiniTomohonrambut rontok
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 20:17Internasional

Ini Mobil Yang Diproduksi Menggunakan Sampah Daur Ulang

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh manusia dalam mengolah limbah sampah. Hal ini dilakukan agar mengurangi populasi sampah yang semakin banyak dan menyebabkan pencemaran. Salah satu cara yang unik dalam mengelola limbah sampah daur ulang adalah dengan

Jumat, 23 Agu 2019 19:54Nasional

Pansel KPK Pastikan Tak Ada Konflik Kepentingan

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK), Yenti Ganarsih menegaskan bahwa tak ada konflik kepentingan dalam meloloskan 20 nama Capim KPK ke tahapan seleksi profil asessment.

Jumat, 23 Agu 2019 19:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Dampingi Kapoldasu Bersilaturahmi Dengan Warga Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi dampingi Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH saat bersilaturahmi dan tatap muka dengan warga Kota Medan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan, Jum'at ( 23/8/2019

Jumat, 23 Agu 2019 18:44Berita Sumut

Bayi Kembar Siam Asal Taput Akan Dipulangkan Senin

Direncanakan, bayi kembar siam dempet perut yang telah menjalani operasi pemisahan tubuh, Adam dan Malik akan segera dipulangkan ke Tapanuli Utara (Taput), ke tempat tinggalnya pada Senin 26 Agustus 2019.

Jumat, 23 Agu 2019 18:29Berita Sumut

Kejurnas Tinju Junior-Youth 2019 Digelar di Medan

Diperkirakan, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Amatir Junior - Youth 2019 akan diikuti sekitar 200 orang petinju terbaik berpredikat nasional, berbakat dan terbaik yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia memperebutkan Piala Kepala Kejaksaan Tinggi S

Jumat, 23 Agu 2019 18:13Berita Sumut

Pemko Medan dan PT KAI Bahas Persiapan Pengoperasian Sky Bridge

Pemko Medan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Nota Kesepahaman terkait pemanfaatan dan pengoperasian sky bridge yang berada di Jalan Stasiun Kereta Api. Tujuannya, agar sky bridge y

Jumat, 23 Agu 2019 17:58Berita Sumut

Syukuran 30 Tahun Mengabdi di Kepolisian, Kapoldasu Silaturahmi dengan Warga Medan

Sebagai wujud rasa syukur atas pengabdian dalam dunia kepolisian selama 30 tahun, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar silaturahmi dan ramah tamah dengan ribuan warga Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (23/8). Silaturahmi dilakukan Ka

Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Jumat, 23 Agu 2019 16:12Berita Sumut

Pejambret yang Seret IRT Dekat Polsek Helvetia Diringkus

Polisi tak lama meringkus pelaku jambret yang menyeret korbannya di dekat Mapolsek Helvetia. Ada dua orang pelaku yang ternyata sudah berulang kali melakukan penjambretan. Pelaku yang tertangkap yakni AS (20) dan FA. Keduanya warga Jalan Setia Luhur, Dwik

Jumat, 23 Agu 2019 15:56Berita Sumut

Polsek Kisaran Kota Ringkus Tiga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Pasutri

Tiga orang tersangka pengedar narkotika jenis sabhu diantaranya merupakan pasutri dibekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran yang dipimpin Ipda Arbin Rambe, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 22.30 Wib dari dua tempat yang berbeda.

Jumat, 23 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Kapoldasu Lantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani Sebagai Dirlantas Polda Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto resmi melantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menjadi Direktur Lalulintas Polda Sumut di Aula Tribarata Polda Sumut

Jumat, 23 Agu 2019 14:25Berita Sumut

TPL Targetkan Pembibitan 2,8 Juta Eucalyptus

Eucalyptus merupakan bahan baku utama produksi pulp (bubur kertas) bagi PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk. Batang pohon Eucalyptus diolah menjadi bubur kertas yang hasilnya diekspor ke dalam hingga luar negeri.