Panglima TNI Pimpin Apel Khusus Satuan Marinir

Faeza Jumat, 11 Januari 2019 14:00 WIB
Mtc/ist
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin Apel Khusus Satuan Marinir yang diikuti oleh 1.850 Prajurit Marinir beserta kendaraan tempurnya, bertempat di Lapangan Kesatrian Hartono, Brigif 1 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (11/1/20
MATATELINGA, Jakarta: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin Apel Khusus Satuan Marinir yang diikuti oleh 1.850 Prajurit Marinir beserta kendaraan tempurnya, bertempat di Lapangan Kesatrian Hartono, Brigif 1 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (11/1/2019).
 

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Prajurit Marinir adalah prajurit pilihan yang senantiasa membina diri dan pantang menyerah. "Dari tatapan mata yang memancarkan semangat, Saya yakin saudara-saudara adalah prajurit kebanggaan bangsa dan negara," ucapnya.
 
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan dalam sejarah bangsa satuan Marinir telah membuktikan bahwa persatuan dan kesatuan adalah kunci keutuhan NKRI. Sebagai prajurit, khususnya Marinir, sudah ditempa untuk menjadi garda terdepan negara ini. Hal tersebut bukan hanya kiasan melainkan juga suatu kenyataan.
 
"Marinir adalah ujung tombak dalam setiap pendaratan. Sesulit apapun situasi yang kita hadapi, sebesar apapun tantangan yang menghadang, Marinir tidak boleh goyah dan harus mampu bertahan sebagai perintis, karena untuk itulah kalian dibentuk. Dalam konteks ini, NKRI adalah harga mati," tegasnya.
 

Disisi lain Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menuturkan bahwa Revolusi Industri 4.0 dengan teknologi informasinya menyebabkan kebanjiran informasi sehingga sangat sulit untuk dipilah dan diverifikasi kebenarannya. Menurutnya Media Sosial kini tidak sekedar menjadi media komunikasi, tetapi cenderung menjadi media provokasi dan adu domba. "Tanpa disadari, kita yang awalnya toleran kini menjadi beringas dan mudah terbakar amarah. Dengan mudah kita mencaci dan menghujat tanpa arah. Sehingga tanpa disadari bangsa ini menjadi rentan untuk terpecah," katanya.
 
"Ancaman lainnya yang juga bergerak semakin kompleks adalah teknologi perang. Saat ini mode perang mengalami disrupsi. Sehingga kedepan, kita bisa saja bertempur melawan robot, drone, atau senjata tanpa awak atau mode asimetris lainnya," terangnya.
 
Panglima TNI memerintahkan agar Korps Marinir tidak boleh berpuas diri dengan segala keberhasilannya, pelihara dan tingkatkan terus kemampuan perorangan serta satuan. Lakukan adaptasi cepat terhadap berbagai kemajuan dan perubahan yang ada. "Ingatlah filosofi kemampuan seorang Marinir sebagai pasukan perintis yang mampu hidup dan bersenyawa dengan lingkungan sekitarnya," jelasnya.
 
Diakhir sambutannya, Panglima TNI mengingatkan antara lain, Teguhkan hati dalam mengabdi pada negara demi menjaga tetap tegaknya kedaulatan dan keutuhan NKRI; Sebagai prajurit TNI, loyalitas kita tegak lurus hanya kepada Negara dan Pemimpin TNI demi menjaga garis komando serta legalitas pergerakan pasukan; Hati-hati dan hindari pesan-pesan viral di Media Sosial yang cenderung memecah belah soliditas TNI. Laporkan kepada pimpinan secara garis komando bila menemui persoalan khususnya dengan instansi samping.
 

"Saya percaya setiap prajurit Marinir memiliki keteguhan hati dan tidak berhenti menyiapkan diri sebaik mungkin. Seluruh kerja keras dan pengorbanan kita adalah sumbangsih bagi masa depan bangsa dan negara. Setiap tugas yang dilaksanakan, menjadi catatan ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa," pungkasnya.
 
Turut hadir pada acara tersebut diantaranya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S, Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, M.A., Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto, Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Wiratmoko, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Pangdivif I Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman, Pangkoopsau I Marsda TNI Fadjar Prasetyo, Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan Kapuspen TNI Brigjen TNI Sisriadi.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:bliblitniTerkiniTravelokaPanglima TNIpasukan marinir
Komentar
Senin, 25 Mar 2019 17:41

Bocah 9 Tahun Tewas Terpanggang di Langkat

Kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah di Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (24/3) malam menyisakan luka yang sangat mendalam bagi korban. Tidak hanya kehilangan harta benda, mereka juga harus kehilangan salah satu anggota keluarganya.

Senin, 25 Mar 2019 17:14Berita Sumut

Korban Penyiraman Air Panas di Jalan S Parman Berharap Polisi Segara Tangkap Pelaku

Seorang korban penyiraman air panas bernama Sujito Suharjono alias A Huat (63) warga Jalan S Parman No 52 G Medan berharap agar pihak kepolisian menindak pelakunya. Mirisnya, pelaku merupakan tetangganya sendiri.

Senin, 25 Mar 2019 16:50Berita Sumut

Cabuli Tiga Anak Tetangga, Pria Uzur Ini Diboyong ke Kantor Polisi

Polsek Medan Kota mengamankan seorang pria uzur berusia 56 tahn berinisial PS warga Jalan Multatuli, Medan Maimun lantaran dilaporkan telah mencabuli tiga orang anak tetangganya. Pencabulan itu terungkap saat salah seorang korban mengadu ke orangtuanya.

Senin, 25 Mar 2019 16:35Berita Sumut

BMKG: Equinox Hanya Fenomena Biasa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantah kabar yang beredar yang menyebutkan fenomena Equinox dapat menyebabkan peningkatan suhu ekstrem, sehingga bisa berakibat sun stroke dan dehidrasi. BMKG menyebutkan fenomena Equinox ini merupak

Senin, 25 Mar 2019 16:20Berita Sumut

Pokja Bunda PAUD Sergai Dikukuhkan

Bupati Serdangbedagai mengukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se kecamatan di Sergai, di Aula Sultan Serdang, Senin (25/3). Kegiatan ini juga diselingi dengan Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Gur

Senin, 25 Mar 2019 16:02Berita Sumut

Kunjungi Warkop Jurnalis, Parlindungan Purba Berbincang dengan Wartawan dan Sahuti Keluhan Pengemudi Taksi Online

Anggota DPD-RI asal Sumatra Utara, Parlindungan Purba mengunjungi warung jurnalis di Jalan Agus Salim Medan. Selain bersilaturrahmi dengan kalangan jurnalis, juga bertemu dengan sejumlah pengemudi taksi online, Senin (25/3/2019).

Senin, 25 Mar 2019 15:39Berita Sumut

Kapolres Asahan : Wartawan Harus Kompak dan Profesional

Dalam menjalin hubungan mitra kerja dengan insan jurnalis, Kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu,SIK.MH senantiasa memberikan suasana baru dan mengayomi serta tidak membedakan satu sama lainnya. Hal tersebut dibuktikan AKBP.Faisal Florentinus

Senin, 25 Mar 2019 15:19Berita Sumut

Soekirman Motivasi Peserta UNBK SMK dan USBN SMP Kabupaten Serdang Bedagai

Bupati Serdangbedagai memantau pelaksanaan UNBK SMK dan USBN SMP di SMK Negeri 1 Perbaungan dan SMP Negeri 1 Perbaungan, Senin, 25 Maret 2019. Dalam kesempatan itu, Soekirman memotivasi para pelajar.

Senin, 25 Mar 2019 14:17Berita Sumut

Kajati Sumut Pimpin Acara Sertijab Aspidsus, Asdatun dan Kajari

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Fachruddin Siregar melalui Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Yudhi Sutoto memimpin acara serah terima jabatan Aspidsus, Asdatun dan Kajari di Wilayah Kerja Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Senin (25/3/2019

Senin, 25 Mar 2019 14:00Berita Sumut

Tahun 2019, Hanya 25 SMK di Sumut yang Masih Gelar UNKP

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut, Arsyad Lubis mengatakan SMK di Sumatera Utara yang masih menjalani UNKP hanya sebanyak 25 sekolah. Dia mengatakan seluruhnya berada di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Senin, 25 Mar 2019 13:14Berita Sumut

Poldasu Bongkar Komplotan Perampok di Jalan Tol yang Nyaru Sebagai Polisi Narkoba

Personil Ditkrimum Polda Sumatera Utara meringkus 5 orang yang menjadi bagian dari komplotan perampok di jalan Tol. Dalam aksinya mereka menyaru sebagai polisi.

Senin, 25 Mar 2019 12:38Berita Sumut

Diresmikan Menteri BUMN, Tol Sei Rampah-Tebingtinggi Digratiskan Hingga 21 April 2019

Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan seksi 7 ruas jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi, Minggu (24/3/2019). Tol tersebut digratiskan hingga 21 April 2019 mendatang.

Senin, 25 Mar 2019 11:33Nasional

Akhyar Harap Porwil ke V Pemko Medan Hasilkan Atlet Berprestasi

Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kota Medan ke V Tahu 2019 resmi dibuka Wakil Wali Kota Ir.H Akhyar Nasution, M.Si di Sekolah Angkasa Medan, Sabtu (23/3). Digelarnya salah satu ajang bergengsi bagi atlet asal Kota Medan ini diharapkan menjadi bagian dari

Senin, 25 Mar 2019 11:16Berita Sumut

Binjai Selatan Juara Umum MTQ ke-50 Kota Binjai

Walikota Binjai, HM Idaham didampingi Ketua TP PKK, Hj Lisa Andriani Idaham, Sekda, M Mahfullah P Daulay, pimpin OPD, dan FKPD, menghadiri penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 Tingkat Kota Binjai ,di Arena MTQ Jalan Bejomuna, Kelurahan Timban

Senin, 25 Mar 2019 10:58Nasional

Bakamla Kupang Bersama Tim SAR Gabungan Selamatkan Kapal Yacht Mati Mesin

Personel SPKKL Kupang Bakamla yang sedang tergabung dalam Tim SAR gabungan bersama Basarnas Kupang, Lantamal VII dan Bea Cukai, melakukan penyelamatan terhadap kapal Yacht Marakot yang sedang mengalami mati mesin di tengah gelombang laut tinggi.

Senin, 25 Mar 2019 10:39Berita Sumut

Kapal Pukat Trawl Masih Beroperasi, Nelayan Tradisional Kembali Resah

Sejak Pemerintah Republik Indonesia melalui Kepmen No.71 melarang kapal ikan pukat Trawl beroprasi maka nelayan tradisionil di Propinsi Sumatera Utara ini merasa gembira karena pendapatan mereka bertambah.