• Home
  • Berita Sumut
  • Para Diplomat Muda Diharapkan Informasikan Potensi Sumut di Luar Negeri

Para Diplomat Muda Diharapkan Informasikan Potensi Sumut di Luar Negeri

Amrizal Kamis, 22 Maret 2018 08:20 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:    Para diplomat muda yang akan bertugas di berbagai daerah di Amerika, Eropa , Asia Fasifik dan Afrika diharapkan dapat menginformasikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara. Sehingga dapat dikembangkan atau dikerjasamakan dengan para investor di tempat para diplomat bertugas di luar negeri.



Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi ketika menerima kunjungan para pejabat diplomatik dan konsuler, serta pejabat pembantuan perwakilan RI di luar negeri di ruang Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Rabu (21/3/2018).

Sebanyak 76 diplomat muda yang akan bertugas di luar negeri itu, dibekali pengetahuan tentang Sumatera Utara, baik dari bidang ekonomi sosial dan budaya. Pembekalan ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan hubungan diplomasi bilateral dengan negara di Asia Pasifik, Afrika dan Amerika serta Eropa.



Kunjungan ini dipimpin Sekretaris Ditjen Amerika Eropa Ratu Silvi Gayatri bersama Sekretaris Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Rosy Verona. Turut hadir juga mantan Dubes RI untuk Yunani Beni Bahana Dewa, mantan Dubes RI untuk Turki Nahari Agustini dan mantan Konjen RI untuk Mumbay Saut Siringo-ringo.

Gubsu Erry Nuradi menyampaikan, Sumatera Utara merupakan gambaran miniatur Indonesia dilihat dari keragaman suku etnis agama dan budaya. Dengan luas wilayah yang mencapai 71.680 km dan jumlah penduduk yang mencapi 14 juta jiwa. "Keragaman ini merupakan potensi besar," kata Gubsu.

Disampaikan juga, secara umum kondisi makro ekonomi sosial Sumut juga terus berada di atas pertumbuhan nasional. Pertumbuhan ekonomi Sumut tahun 2017 berada pada angka 5,12 persen, sementara pertumbuhan ekonomi nasional berada pada 5,07 persen.



Namun, Gubsu menyadari potensi yang dimiliki belum sepenuhnya diberdayakan secara maksimal. "Karena itu saya berharap para delegasi kementerian luar negeri  RI yang bertugas di luar negeri untuk dapat menginformasikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara untuk dapat di kembangkan atau dikerjasamakan dengan para investor di tempat para diplomat bertugas," harap Gubsu.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekretaris Ditjen Amerika dan Eropa Ratu Silvi Gayatri mengatakan, dengan kunjungn ini diharapkan peserta mendapat informasi yang lengkap mengenai potensi Sumatera Utara. Sehingga dapat menjadi bekal bagi diplomat untuk memperjuangkan kepentingan negara Indonesia di dunia dan sekaligus mempromosikan Indonesia, khususnya Sumatera Utara di luar negeri.

Kunjungan para diplomat ini juga diisi dengan acara saling memberikan cenderamata. Gubsu didampingi Kepala Bapeda Sumut Ir H Irman MSi, Staf Ahli Bidang Ekonomi Elisa Marbun, mewakili Kepala Dinas Pariwisata Sumut Maike Moganai dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan  Indah Dwi Kumala.

Acara yang di tutup dengan tarian kompilasi etnis Sumut itu juga menarik perhatian semua peserta. Selain tepuk tangan meriah, para peserta juga terlihat antusias berfoto dengan Gubsu dan para penari yang menggunakan pakaian adat seluruh etnis yang ada di Sumatera Utara.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:DiplomatMatatelingaMudaPemk MedanT Erry
Komentar
Sabtu, 16 Feb 2019 23:20Lifestyle

Nomor 1 Hampir Rp100 Triliun, Berikut 5 Perceraian Termahal dalam Sejarah

Jika Anda selama ini menganggap hanya pesta pernikahan yang menelan banyak biaya, Anda keliru. Karena perceraian pun bisa mengeluarkan biaya. Bahkan bisa jadi lebih mahal ketimbang pernikahannya dulu.

Sabtu, 16 Feb 2019 23:10Nasional

TNI AD Kembali Buka Rekrutmen Untuk Putra/Putri Terbaik Indonesia

TNI Angkatan Darat akan merekrut 15 ribuan orang dengan skala prioritas para pemuda-pemudi dari wilayah Aceh, Kalimantan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Maluku dan Maluku Utara, serta beberapa wilayah lainnya.

Sabtu, 16 Feb 2019 23:00Nasional

Tragis, Pembalap Nasional M Zaki Tewas

Kabar meninggalnya pembalap nasional Muhammad Hasyim Zaki Adil atau akrab dikenal M Zaki akibat ditikam orang cukup membuat publik terkejut. Peristiwa itu berawal saat Zaki menyetel sepeda motor balapnya di garasi milik temannya Aswandi di Dusun Krajan, R

Sabtu, 16 Feb 2019 22:50Lifestyle

Penasaran, Yuk Intip 5 Potret Artis Bening dan Hot Bella Luna

Baru-baru ini pesinetron cantik Bella Luna dikabarkan telah melangsungkan pernikahan dengan pengusaha kaya. Dirinya mendapat mahar yang tak tanggung-tanggung, berupa emas batangan dan sertifikat rumah dengan harga yang fantastis!.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:45Lifestyle

Menurut Primbon Jawa, Berikut 5 Tafsir Mimpi Bertemu Tuhan

Mimpi adalah bunga tidur, saat orang tidur maka mimpi ini akan muncul. Biasanya orang dapat memimpikan hal yang mereka cemaskan sehingga terbawa mimpi, bahkan ada juga orang yang mimpinya tersebut menjadi sebuah pertanda akan datangnya sesuatu.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:30Lifestyle

Berikut 9 Mimpi Rasulullah SAW yang Menakjubkan

Mimpi adalah segala kejadian alam bawah sadar yang melibatkan indra manusia saat tidur. Mimpi yang singgah sebagai bunga tidur manusia bisa berupa mimpi indah mau pun mimpi buruk.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:15Lifestyle

Sering Mimpi Orang Sudah Meninggal, Berikut Penjelasan anak Indigo

Mimpi adalah sebuah kondisi dimana seseroang akan melihat visualisasi di alam bawah sadar mereka. Mimpi adalah hal yang lumrah dan sering dialami oleh semua orang.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:05Berita Sumut

Menkumham: Indonesia Kejar Uang Hasil Kejahatan di Luar Negeri

Pemerintah Republik Indonesia saat ini terus melakukan inventarisasi uang hasil kejahatan yang disimpan di luar negeri. Pemerintah bahkan akan memberikan hadiah bagi masyarakat yang membantu memberikan data terkait hal tersebut.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:00Nasional

Kembali Maskapai Penerbangan Bersimbol Singa ini Kejutkan Penumpangnya

Seorang penumpang Pesawat Lion Air yang tergelincir di landas pacu Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengalami trauma dan masih dirawat di rumah sakit.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:45Berita Sumut

Menteri Hukum dan HAM Memungut Sampah

Seribuan warga Fun Walk Bersama Bersama Yasonna Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Medan, Sabtu (16/2/2019).

Sabtu, 16 Feb 2019 21:40Berita Sumut

Cipayung Plus Kota Medan Tolak Hoax dan Politisi Agama

Menyikapi ancaman perpecahan antar umat beragama dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, khususnya di Kota Medan, Kelompok Cipayung Plus Kota Medan, Sabtu (16/2/2019) menggelar deklarasi anti hoax dan politisasi agama dalam mengejar kepen

Sabtu, 16 Feb 2019 21:30Lifestyle

Penyakit Jantung Tidak Berbahaya Terhadap Hubungan Seks, Berikut Penjelasanya

Penyakit jantung memang sangat ditakuti oleh semua orang karena keganasannya. Penyakit ini juga dapat merenggut nyawa orang penderitanya. Oleh karena itu, banyak orang yang belum terkena penyakit ini lebih menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Lalu, yan

Sabtu, 16 Feb 2019 21:15Nasional

BPPTKG: Kembali Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar, Begini Kondisinya

Gunung Merapi kembali memuntahkan lava pijar ke arah Kali Gendol hingga sejauh 800 meter. Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi dan radius tiga kilometer dari puncak harus steril dari kegiatan warga.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:00Internasional

AS Lakukan Sabotase Peluncuran Satelit Iran

Menteri luar negeri Iran mengatakan ada upaya sabotase Amerika Serikat di balik gagalnya dua peluncuran satelit milik Iran dalam beberapa bulan terakhir.

Sabtu, 16 Feb 2019 20:45Nasional

Kasum TNI Ikuti Kejurnas Menembak Pangdam Jaya 2019

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto menghadiri pembukaan dan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lomba Menembak Pangdam Jaya 2019 di Lapangan Tembak Rakca Jaya Den Arhanud 003/1/F Kodam Jaya, Cikupa, Tangerang, Provinsi Banten, Sa

Sabtu, 16 Feb 2019 20:01Berita Sumut

Polsek Medan Baru Tali Asih Bagi Warga Kurang Mampu

Wujud dari keperdulian Polri terhadap warga yang kurang mampu, Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Baru berbagi Tali Asih kepada warga binaannya yang kurang mampu, Sabtu (16/2/2019).