• Home
  • Berita Sumut
  • Partisipasi Masyarakat Sumut Kunci Wujudkan Kesejahteraan Perempuan dan Anak

Partisipasi Masyarakat Sumut Kunci Wujudkan Kesejahteraan Perempuan dan Anak

Faeza Kamis, 08 November 2018 17:45 WIB
mtc/ist
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Dr Ir Hj Sabrina MSi saat memimpin rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Temu Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK PUSPA) tingkat nasional, di Ruang Sutan Komala Pontas Lant
MATATELINGA, Medan:Partisipasi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu kunci penting untuk mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak. Semakin banyak masyarakat yang peduli dan paham dengan isu-isu perempuan dan anak, semakin mudah pula untuk melakukan perlindungan terhadap perempuan dan anak.


Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Dr Ir Hj Sabrina MSi saat memimpin rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Temu Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK PUSPA) tingkat nasional, di Ruang Sutan Komala Pontas Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (8/11/2018).

"Semoga kegiatan temu FK PUSPA ini menjadi salah satu kesempatan untuk mensosialisasikan dan mendekatkan masyarakat dengan isu perempuan dan anak, khususnya di Sumut. Terkadang pemerintah tidak bisa menjangkau hingga ke tingkat keluarga, tetapi masyarakat sebagai tetangga, sebagai sanak saudara, bisa mencegah tindakan-tindakan kekerasan pada anak dan perempuan," ujar Sabrina.


Sabrina mencontohkan, bahwa beberapa tahun yang lalu marak aktivitas porno aksi di Medan melalui hiburan 'Kibot' (organ tunggal) tertentu di masyarakat. Menampilkan nyanyian dangdut pada malam hari dan sarat dengan penampilan biduan yang vulgar. Penampilan banyak disaksikan oleh anak-anak di bawah umur dan merisaukan masyarakat.

"Aparat tak ada yang bisa menghentikannya. Tetapi akhirnya bisa berakhir. Berkat emak-emak yang risau dengan kondisi anak-anak mereka. The power of Emak-emak, mereka ramai-ramai protes dan merusuhi kibot. Ini lah salah satu contoh partisipasi masyarakat," tutur Sabrina.

Menurut Sabrina, ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan partisipasi publik. Pertama, menyediakan sistem informasi yang memuat kondisi perempuan dan anak, kejadian atau kasus-kasus perempuan dan anak, serta panduan atau pedoman perlindungan anak dan perempuan.


Berikutnya, meningkatkan kegiatan-kegiatan yang banyak melibatkan publik seperti sosialisasi dan pelatihan. Dan yang ketiga, yakni penguatan jejaring antar sesama pelaku perlindungan anak dan perempuan.

Sementara itu, Asisten Deputi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa) Sri Prihartanto Lestari Wijayanti SH MH menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya FK PUSPA ialah untuk mendukung upaya mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia, dan kesenjangan ekonomi perempuan.

"FK PUSPA ini adalah forum yang dibentuk Kemenpppa untuk memfasilitasi sinergi antar seluruh elemen baik pemerintah, lembaga profesi, riset, dunia usaha, keagamaan, masyarakat, perguruan tinggi, media dan lainnya. Tujuannya untuk mempercepat perwujudan kesejahteraan perempuan dan anak," ucapnya.

Kepala Dinas PPPA Hj Nurlela MAP menyampaikan bahwa temu FK PUSPA akan dilaksanakan di Kota Medan mulai tanggal 11- 13 November 2018. Mengangkat tema "Sinergi untuk Percepatan Pembangunan Perempuan dan Perlindungan Anak", kegiatan ini akan dihadiri oleh peserta dari 34 provinsi Indonesia dan direncakan akan dihadiri Sekretaris Menteri Kemenpppa Pribudiarta Nur Sitepu.

Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Sumut Zonny Waldi, staf Kemenpppa dan Dinas PPPA Provinsi Sumut, mewakili Kapolda Sumut, dan pihak event organizer.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:FK PuspaMatatelingaTerkiniTomohonPemprovsusekda provsu
Komentar
Senin, 13 Jul 2020 14:15Berita Sumut

Panggil Saksi Kasus Korupsi, Kejati Sumut Pasang Iklan di Koran

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memasang iklan pemanggilan ketiga terhadap pegawai BRI Kabanjahe, Yoan Putra di salah satu media cetak terbitan lokal, Rabu 8 Juli 2020 pada halamam 12 yang ditandatangani Asisten Pidana Khusus Agus Sahat Sampeh Tua Lumba

Senin, 13 Jul 2020 13:50Berita Sumut

Akhyar: Medan Bersih Bukanlah Mimpi

Pemko Medan menerima 1000 keranjang sampah dan 500 sapu lidi dari Komunitas Masyarakat Peduli Sampah (KMPS) Kota Medan. Bantuan ini diberikan sebagai wujud kontribusi dan dukungan untuk menjadikan ibukota provinsi Sumatera Utara menjadi bersih, rapi, inda

Senin, 13 Jul 2020 13:21Berita Sumut

Panwascam Belawan Dibegal, Laptop Lewong

Seorang anggota Panwascam Medan Belawan, Adek Irawan (40) warga Kelurahan Bagan Deli menjadi korban begal di kawasan simpang Buaya Kampung Salam Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan Kota Medan, menjelang Minggu (12/7) dinihari. Akibat aksi begal

Senin, 13 Jul 2020 13:00Berita Sumut

Dua Bulan Dalam Pengejaran, Dua Orang Tahanan Kabur Polsek Raya Diciduk Kembali

Polisi berhasil meringkus kembali dua orang tahanan yang dua bulan lalu berhasil kabur dari Ruang Tahanan Polsek (RTP) Raya. Kedua tahanan itu diringkus dari dua lokasi berbeda.

Senin, 13 Jul 2020 12:15Berita Sumut

Bertambah 1 Orang Warga Sergai Positif Covid-19

Jumlah korban dalam peta sebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali bertambah. Ditemui di Posko Gugus Tugas, Rumah Dinas Bupati, Sei Rampah, Senin (13/07/2020), Juru Bicara Tim Gugus Tugas Drs. H. Akmal, AP, M.

Senin, 13 Jul 2020 11:30Berita Sumut

Pegawai Positif Corona, BPJS Kesehatan Medan Hentikan Sementara Layanan Tatap Muka

Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Medan di Jalan Karya menghentikan layanan tatap muka, mulai hari ini, Senin (13/7/2020). Langkah ini dilakukan pascapegawainya terkonfirmasi Covid-19.

Senin, 13 Jul 2020 10:30Berita Sumut

Diduga Terkait Prostitusi, Artis dan Selebgram Diciduk Polisi di Hotel

Seorang selebgram sekaligus artis ditangkap petugas Polrestabes Medan. Perempuan muda yang disebut pernah membintangi FTV ini diduga terlibat prostitusi.

Senin, 13 Jul 2020 08:15Aceh

Objek wisata pantai Leuge di 'Serbu' Ratusan Santri

Ratusan santri dari beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Aceh Timur

Senin, 13 Jul 2020 08:00Nasional

Bantul di Guncang Gempa, Magnitude 5.2

Terjadi gempa bumi lagi dengan berkekuatan Magnitude 5.2 di kawasan Bantul, Yogyakarta

Senin, 13 Jul 2020 07:45Ekonomi

Sevilla Tak Mau Malu di Kandang Sendiri, Menang 2-0 atas Mallorca

Setelah babak pertama berakhir, permainan di babak kedua bisa dikatakan tak terlalu berbeda jauh. Sevilla masih menjadi tim yang menguasai jalannya pertandingan dan Mallorca juga masih kesulitan untuk mencari celah di sisi pertahanan lawannya tersebut.

Senin, 13 Jul 2020 07:30Berita Sumut

Bertambah Satu Orang Warga Asahan Terpapar Virus Corona

Warga Asahan bertambah satu orang yang terinfeksi virus Corona, MAS ,31, warga desa Gonting Malaha kecamatan Bandar Pulau Asahan terindentifikasi terinfeksi virus Corona, setelah melakukan test laboratorium kesehatan Swab Nasoorofaring dengan hasil posit

Senin, 13 Jul 2020 07:15Berita Sumut

Pedagang Bensin Eceran Tak Berhasil Selamatkan Jiwa Istrinya

Sebuah kios semi permanen yang menjual minyak bensin eceran, di Jalan Ihklas, Kelurahan Sri Padang, Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tingg

Senin, 13 Jul 2020 07:00Berita Sumut

Dana Kesehatan Dari Pusat Besar, Sanpai Apa Tidak Ke Puskesmas..?

Besarnya dana kesehatan yang dikucurkan kedaerah harusnya mensejahterakan puskesmas yang ada di Desa-desa sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik dikala sedang berobat.

Senin, 13 Jul 2020 06:45Berita Sumut

Longsor di Deliserdang, Empat Rumah Rusak

Terjadi Longsor di Desa Damak Maliho, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, mengakibatkan sebanyak 4 rumah rusak ditimpa tanah longsor.

Senin, 13 Jul 2020 06:00Bola

Napoli dan Milan Bersaing Ketat, Menuju Liga Eropa

Laga dimulai, Milan langsung mencoba mengambil inisiatif serangan. Meski datang sebagai tamu, Milan tak gentar untuk memberi perlawanan kepada Napoli.

Minggu, 12 Jul 2020 23:00Bola

Siapa Penerus Pemain terbaik Dunia Ronaldo dan Messi.

Ronaldo telah berusia 35 tahun sedangkan Messi lebih muda dua tahun dari sang rival. Dalam kurun waktu tiga atau empat tahun lagi mungkin Ronaldo dan Messi akan gantung sepatu. Patut dinanti siapa pemain yang bisa mengikuti langkah Ronaldo dan Messi.