Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Berita Sumut
  • Pasca Penetapan Paslon, Ratusan Alat Peraga di Medan Akan Ditertibkan Serentak

Pasca Penetapan Paslon, Ratusan Alat Peraga di Medan Akan Ditertibkan Serentak

Faeza Senin, 12 Februari 2018 15:20 WIB
mtc/ist
PANWASLU KOTA MEDAN
MATATELINGA, Medan: Ratusan alat peraga berisi sosialisasi tentang bakal pasangan calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018 akan ditertibkan secara serentak.  Hal itu dilakukan pasca penetapan  Calon peserta Pemilihan Gubernur Sumatera Utara oleh KPU Provinsi Sumut pada Senin 12 Februari 2018. Ratusan alat peraga yang terpasang dapat dikategorikan melanggar ketentuan sehingga harus ditertibkan dengan cara dibersihkan. 
   
Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Medan Henry Sitinjak SH, Minggu (10/2) mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan  di total 21 kecamatan, tercatat sebanyak 698 alat peraga yang berisi tentang sosialisasi bakal pasangan calon yang harus ditertibkan. Terdiri dari alat peraga spanduk berjumlah 552 buah, baleho sebanyak 52 buah, billboard 17 buah ,umbul- umbul 29, poster  17 buah, stiker 31 buah.
   
"Ini merupakan hasil pantauan dan pengawasan yang dilakukan melibatkan 63 Panwascam di 21 kecamatan dan 151 Panwas Lapangan di setiap kelurahan se-kota Medan," kata Henry Sitinjak SH didampingi Koordinator Pencegahan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Muh. Fadly S.Sos dan Koordinator Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Raden Atmiral S.Sos. MAP.
   
Panwaslih Kota Medan dikatakan menindaklanjuti Surat Bawaslu Provinsi Sumut tanggal 9 Februari 2018 terkait intruksi pembersihan seluruh bahan sosialisasi yang memuat gambar, slogan/tagline atau informasi lainnya tentang bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, untuk menyurati pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) dalam rangka membersihkan ratusan alat peraga tersebut menjelang penetapan 12 Februari.
   
"Sebelum dilakukan penertiban, kami himbau agar semua pihak seperti tim kampanye, atau para relawan pendukung masing-masing bakal pasangan calon, untuk menertibkan sendiri dengan kesadaran masing-masing. Karena jika sudah ditertibkan, seluruh APK atau bahan kampanye itu tidak bisa ditarik lagi karena akan dimusnahkan," kata Koordinator PHL Panwaslih Medan Muh. Fadly, menambahkan.
   
Sedangkan Koordinator OSDM Panwaslih Medan Raden Atmiral menjelaskan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur Bupati Walikota (GBW), tahapan kampanye Pilgub Sumut dimulai tanggal 15 Februari 2018 sampai dengan 23 Juni 2018. 
   
Berdasarkan PKPU No 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan, alat peraga kampanye (APK) seperti baliho, umbul umbul, spanduk, difasilitasi oleh KPU Provinsi atau kabupaten/kota. Termasuk ukuran dan lokasi pemasangannya, ditetapkan dengan Keputusan KPU Provinsi atau Kabupaten/Kota. Begitu juga dengan bahan kampanye seperti selebaran, brosur, pamflet, poster. 
   
Dikatakan, Raden, pasangan calon peserta dapat menambah  APK tambahan maksimal 150% dari jumlah yang dipasang oleh KPU Provinsi atau kabupaten/kota dan bahan kampanye maksimal 100 % dari jumlah kepala keluarga pada daerah pemilihan, dengan total jumlah ditetapkan Keputusan KPU kabupaten/kota serta bukti pemesanan alat peraga yang dicetak, disampaikan kepada KPU kabupaten/kota.
   
Pasangan calon, tim kampanye atau parpol maupun gabungan parpol dapat membuat dan mencetak bahan kampanye seperti pakaian, kalender, kartu nama, payung, atau stiker ukuran maksimal 10X 5 centimeter.
   
"Namun pemasangan stiker dilarang dipasang di tempat umum seperti rumah ibadah, rumah sakit, lembaga pendidikan, jalan-jalan protokol atau jalan tol,  taman dan pepohonan,"kata Raden. (mtc/rel) 
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Senin, 18 Jun 2018 19:41Berita Sumut

Petugas Gabungan Mengevakuasi Penumpang Kapal di Perairan Danau Toba

Terkait dengan terbaliknya Kapal penumpang dari Pelabuhan Tigaras menuju Simanindo terbalik, Senin (18/6/2018), puluhan penumpang masih terombang-ambing di perairan Danau Toba.

Senin, 18 Jun 2018 18:36Berita Sumut

Kapal kayu Melayani Penumpang di Danau Toba, Kabarnya Terbalik

abar beredar dilapangan menyebutkan, sebuah Kapal kayu berpenumpang berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun) dikabarkan terbalik di Danau Toba

Senin, 18 Jun 2018 18:18Berita Sumut

Kapolda Sumut Resmikan Pos Pol. AIRUD di Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Senin siang (18/6/2018),sekira pukul 11.07.wib, melakukan kunjungan kerja ke Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Dengan menggunakan helikopter dinas yang mendarat di bandara lasondre pulau telo

Senin, 18 Jun 2018 18:06Internasional

Kerusuhan di LP Risdon Australia, Empat Petugas Luka Parah

Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Risdon di Hobart Australia , mengakibatkan empat petugas LP terluka parah

Senin, 18 Jun 2018 17:38Bola

Mourinho: Diatas Kertas Inggris Sangat Unggul, Tetapi Tunisia Bisa Saja Menang....!!!!

Jelang pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Inggris melawan Tunisia

Senin, 18 Jun 2018 17:08Berita Sumut

Api Melalap Rumah Miliknya Prapanca

Belum lagi hilang dari ingatan kebakatan di kampung Kubur, kini terjadi lagi kebakaran di Jalan Bunga Ncole Lingkungan V Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan

Senin, 18 Jun 2018 09:14Lifestyle

Justin Bieber Tak Segan Pamer Kemesraan

Justin Bieber kini tak lagi segan pamer kemesraan dengan Hailey Baldwin. Keduanya tepergok menghabiskan waktu bersama di tempat publik di New York, AS pada Minggu (17/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:59Lifestyle

Piala Dunia 2018, Politisi Rusia Serukan Aturan Bercinta

Politikus Rusia Tamara Pletnyova memberi peringatan kepada perempuan lokal Rusia untuk tak bercinta dengan pria non-kulit putih selama Piala Dunia 2018.

Senin, 18 Jun 2018 08:44Internasional

Kunjungi Mosul, Angelina Jolie: Ini Kerusakan Terparah yang Penah Saya Lihat

Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, Sabtu (16/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:29Internasional

Pangeran Kamboja Alamai Kecelakaan Mobil

Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh dikabarkan mengalami luka-luka serius dalam kecelakaan mobil di Kota Sihanoukville, Minggu (17/6). Adapun istrinya meninggal dunia.

Senin, 18 Jun 2018 08:14Internasional

Capres Turki Tampil di TV, Sampaikan Pidato Dari Balik Penjara

Politisi sekaligus kandidat presiden Turki, Selahattin Demirtas, tampil di TV dari balik sel penjara untuk menyampaikan pidato celaan terhadap rezim pemerintah. Hal itu dilakukannya menjelang pemilu presiden yang akan digelar pekan depan.

Senin, 18 Jun 2018 07:59Nasional

JK Tegaskan Tak Lagi Berlaga di Bursa Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku lebih memilih beristirahat ketimbang kembali mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Senin, 18 Jun 2018 07:46Nasional

Venue Asian Games Dipastikan Siap Pakai Pada Juli Mendatang

Chief de Mission Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan seluruh venue atau arena pertandingan akan tuntas secara keseluruhan pada awal Juli.

Senin, 18 Jun 2018 07:31Nasional

Puisi Karangan Sukmawati Berujung Protes, PA 212 Minta Polisi Tegas

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin tidak terima dengan keputusan polisi yang menghentikan penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri terkait puisi berjudul Ibu Indonesia.

Senin, 18 Jun 2018 07:16Berita Sumut

Samuel Situmorang Berharap Pelaku Pengeroyokan Ditangkap

Samuel Situmorang ,43, warga Desa Lumban Bulbul Kecamatan Balige Toba Samosir diduga menjadi korban pengeroyokan oleh tiga orang bersaudara

Senin, 18 Jun 2018 07:01Bola

Swiss Mampu Mempertahankan Bermain Imbang Lawan Brasil

Babak pertama dimulai dengan tempo yang tidak terlalu cepat dan tampak kedua tim saling membaca permainan masing-masing. Kendati demikian, Brasil dengan keunggulan kualitas individu yang dimilikinya mampu memegang bola lebih banyak untuk menguasai jalanny