• Home
  • Berita Sumut
  • Pastikan Pelayanan Kependudukan Lancar, Eldin Tinjau Disduk & Capil

Pastikan Pelayanan Kependudukan Lancar, Eldin Tinjau Disduk & Capil

faeza Senin, 10 Juni 2019 15:45 WIB
mtc/ist
Usai memimpin apel perdana di hari pertama kerja usai libur pajang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung meninjau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk & Capil) Jalan Iskandar Muda Medan, Senin (10/6)
MATATELINGA,  Medan: Usai memimpin apel perdana di hari pertama kerja usai libur pajang  Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung meninjau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk & Capil) Jalan Iskandar Muda Medan, Senin (10/6/2019). Selain ingin melihat presentase kehadiran pegawai, orang nomor satu di Pemko Medan itu juga ingin memastikan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan berjalan dengan lancar pasca lebur panjang tersebut.


Peninjauan dilakukan Wali Kota didampingi Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Khairul Syahnan, Kepala Inspektorat Ikhwan Habibi Daulay, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Darusalam Pohan, Kabag Perlengkapan dan Layanan SI Dongoran, Kabag Umum M Andi Syahputra, Kabag Humas Ridho Nasution dan Camat Medan Petisah Agha Novrian.

Kedatangan Wali Kota beserta rombongan langsung disambut Kadisduk & Capil Zulkarnain. Begitu memasuki ruangan di lantai satu, Wali kota langsung menyapa sejumlah warga yang tengah menunggu giliran untuk mengurus dokumen kependudukan. Umumnya warga yang disapa Wali Kota menyatakan tidak ada masalah yang ditemui dalam pengurusan dokumen kependudukan tersebut.


Kepada petugas informasi yang berada di dekat tangga, Wali Kota berpesan untuk memberikan penjelasan sebaik-baiknya kepada warga. Sebab, tidak sedikit warga yang kurang mengetahui proses pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian maupun Akte Perkawinan. Dengan demikian setiap warga yang datang melakukan pengurusan, mereka telah membawa kelengkapan berkas yang dibutuhkan.

Setelah itu Wali Kota menuju lantai dua dan kembali  menyapa sejumlah warga sekaligus menayakan apa yang menjadi kendala. Tak satu pun warga yang disapa Wali Kota mengungkapkan keluhan, mereka menyatakan tidak ada masalah dan tengah menunggu giliran untuk dipanggil petugas.

"Alhamdulillah, setelah saya melihat mulai lantai satu dan dua, pelayanan yng diberikan petugas Disduk & Capil kepada warga yang membutuhkan layanan untuk pengurusan dokumen kependudukan sudah mulai baik dan teratur. Saya berharap jajaran Disduk & Capil tidak cepat puas dengan capaian ini, terus tingkatkan pelayanan sehingga masyarakat benar-benar terlayani dengan baik," kata Wali Kota.


Sekaitan dengan itu Wali Kota minta kepada Kadisduk & Capil untuk terus melakukan kreasi dan inovasi sehingga pelayanan dalam pengurusan dokumen kependudukan bisa lebih cepat  sehingga masyarakat merasa terpuaskan. Di samping itu terus melakukan pengawasan sehingga seluruh jajaran di Disduk & Capil senantiasa memberikan  pelayanan terbaik.

Selanjutnya guna mempercepat proses layanan pengurusan akte kelahiran, Wali Kota menginstruksikan kepada Kadisduk & Capil segera menyurati rumah sakil dan kilinik bersalin untuk dilakukan kerjasama. Dengan demikian setiap bayi yang lahir di rumah sakit maupun klinik bersalin segera dibuat akte kelahirannya.      "Usia bayi di bawah 60 hari, gratis pengurusan akte kelahirannya," ungkapnya.

Sementara itu menurut Kadisduk & Capil Kota Medan Zulkarnain, pihaknya saat ini tengah mengembangkan sistem pelayanan yang lebih cepat sehingga masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan merasa terpuaskan. Dikatakannya, instansi yang dipimpinnya sedang menyiapkan aplikasi pendaftaran secara online seluruh jenis pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.


"Insya Allah jika aplikasi ini selesai akan jauh mengurangi pelayanan secara face to face.  Melalui palikasi ini, semua pelayanan adiministrasi kependudukan dan pencatatan sipil dapat dilakukan secara online. Setelah pendaftaran dilakukan, diperkirakan 4 sampai 6 hari, administrasi kependudukan dan catatan sipil akan selesai," paparnya

Mantan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah kemudian mengungkapkan, bulan ini (Juni), Disduk & Capil rencananya akan meluncurkan pelayanan pemberian Kartu Indentitas Anak (KIA) untuk anak yang berumur 0-17 tahun. Dikatakannya, fungsi KIA sama dengan KTP.

"Selain sebagai identitas diri, KIA juga sebagai bentuk pengakuan negara terhadap warga negara. Fungsi-fungsi KIA nantinya kita kembangkan untuk memudahkan pendekatan akses masyarakat terhadap berbagai pelayanan publik," jelasnya.

Dalam rangka lebih mendekatkan akses kepada masyarakat, jelas Zularnain, pihaknya telah menempatkan sejumlah pegawainya di masing-masing kecamatan. Dengan demikian bagi amsyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukannya, mereka tidak perlu mendatangi Kantor Disduk & Capil, cukup mendatangi Kantor Disduk  & Capil.

Terakhir, Zulkarnain berharap agar masyarakat juga hendaknya memiliki pemahaman dan tanggung jawab yang baik terkait dengan dokumen kependudukan dan capil. Dikatakannya, dokumen kependudukan dan capil merupakan dokumen negara sehingga harus dijaga dan dipelihara agar tidak rusak maupun hilang. (mtc)

Editor: faeza

T#g:MatatelingaMedanpelayanan publikPemko MedansidakTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Kamis, 22 Agu 2019 23:05Berita Sumut

Tak Senang Ditegur, Langsung Tikam Teman Sekampung dengan Senjata Tajam

Hanya persoalan sepele berujung masuk tahanan sel tahanan Kepolisian Sektor Sei Kepayang, itulah yang dirasakan Sy ,35, warga dusun IV desa Bagan Asahan Baru Kecamatan Sei Kepayang Asahan, lantaran menikam perut Budi ,40, warga sekampung tersangka yang

Kamis, 22 Agu 2019 23:00Berita Sumut

Hj Rita Maharani: Jambore PKK Wadah Tingkatkan Kualitas Dan Aktualisasi Diri

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH

Kamis, 22 Agu 2019 20:15Berita Sumut

Belasan Jurnalis Sumut Berkunjung ke Perusahaan PT Toba Pulp Lestasi

Belasan jurnalis dari berbagai media cetak, Online yang ada di Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan ke operasional perusahaan pulp, PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk, Kamis (22/8/2019).

Kamis, 22 Agu 2019 19:26Nasional

Jokowi Akan Undang Tokoh Agama/Tokoh Adat Papua dan Papua Barat

Dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang para tokoh agama dan tokoh adat di Papua dan Papua Barat setelah adanya insiden demonstrasi masyarakat Papua yang berujung kerusakan sejumlah fasilitas umum di Tanah Cendrawasih.

Kamis, 22 Agu 2019 19:02Ekonomi

Rebut Simpati Generasi Millenial, Asuransi Astra Segera Hadirkan Otocare 5.0

Untuk merebut simpati generasi millenial, PT Asuransi Astra siap menghadirkan pembaruan aplikasi Garda Mobile Otocare ke versi 5.0 pada September 2019 mendatang.

Kamis, 22 Agu 2019 18:49Berita Sumut

Terdakwa Kredit Fiktif di BRI Agroniaga Dituntut 14 Tahun Penjara

PNS di Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, Mulyono (52) dituntut selama 14 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan. Warga Desa Tanjung Sarang Elang, Kec Panai Hulu, Kab Labuhanbatu itu dinilai bersalah dalam kasus korupsi kredit fiktif d

Kamis, 22 Agu 2019 18:16Berita Sumut

Ini Jawaban Pemko Medan Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Tentang RAPBD 2020

Pemko Medan telah melakukan sejumlah langkah guna mengatasi permasalahan sanitasi dan air bersih di Kota Medan. Salah satunya dengan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Mebidang yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sum

Kamis, 22 Agu 2019 18:03Ekonomi

Muliawansyah : Kesadaran Masyarakat Berasuransi Masih Sangat Rendah

Menurut Branch Manager Asuransi Astra Cabang Medan, Muliawansyah dalam acara Media Gathering di Hotel Adi Mulia Jalan Diponegoro Medan, Senin (19/8/2019) pangsa pasar otomotif di bawah bendera Astra, di antaranya Toyota, Isuzu dan Daihatsu, turut memberik

Kamis, 22 Agu 2019 17:45Berita Sumut

Hari Ketiga Normalisasi, Prajurit Kodam I/BB Bersihkan Bangunan di Sempadan Sei Badera

Pelaksanaan normalisasi alur Sei Badera di Kompleks Bumi Asri, Jln Asrama, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, sudah memasuki hari ketiga pada Kamis (22/8/2019).

Kamis, 22 Agu 2019 17:12Berita Sumut

Razia Kasih Sayang di Belawan, Polisi Sita Berbagai Senjata Tajam dari Pelajar

Personil Polres Pelabuhan Belawan menjaring 20 pelajar dalam operasi kasih sayang yang digelar pada Kamis (22/8). Selain mengamankan pelajar yang berasal dari tingkatan SMP hingga SMA ini, polisi juga menyita berbagai senjata tajam yang dipegang pelajar.

Kamis, 22 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Tak Pindahkan Napi Kasus Narkoba, Karutan Tanjung Gusta Perlu Dievaluasi

Meski sudah berstatus narapidana, Kepala Rutan Tanjung Gusta tak kunjung memindahkan ZA ke Lapas Tanjung Gusta Medan. Saat ini ZA masih menghuni Rutan Tanjung Gusta. Persoalan ini pun menjadi sorotan media massa.

Kamis, 22 Agu 2019 16:31Berita Sumut

1.300 Mahasiswa Baru UNPAB Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus di Makodam I/BB

Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto memimpin Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAB (Universitas Pembangunan Panca Budi) pada acara kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Panca Budi di Lapangan Upacara Makod

Kamis, 22 Agu 2019 16:01Berita Sumut

Martil Wajah Kekasih, Ucok Berakhir di Bui

NP alias Ucok (55) warga Dusun I, Desa Kuala, Sibolangit Deliserdang terpaksa berurusan dengan polisi. Pria ini tega menganiaya wajah sang kekasih Inawati br Ketaren (42) dengan menggunakan martil.

Kamis, 22 Agu 2019 15:46Berita Sumut

Duh !!, Anggota Dewan Banyak 'Menghilang', Perda PUD Pasar Pun Batal Disahkan

Meski sudah di skors lebih dari 45 menit sejumlah anggota DPRD Medan masih belum tampak hadir di ruang sidang Paripurna, Kamis (22/08/2019). Akibatnya rapat lanjutan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan kembali mol

Kamis, 22 Agu 2019 15:31Berita Sumut

Sidang Ke 15 HLC Malindo, Forum Strategis Indonesiaa dan Malaysia

Sidang ke-15 High Level Committee Malaysia-Indonesia (HLC Malindo) merupakan forum yang bernilai strategis bagi kedua negara dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks.

Kamis, 22 Agu 2019 15:16Berita Sumut

Soal Informasi Pelayanan Publik, KIP Apresiasi Pemko Medan

Seluruh aplikasi dan sarana informasi yang dimiliki Pemko Medan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjangkau setiap informasi terlebih mengenai pelayanan publik yang dilakukan Pemko Medan. Selain itu juga, menjadi wadah untuk dapa