Pawai Takbiran Kenderaan Hias Berlangsung Meriah

Amr/rel Selasa, 19 Juni 2018 15:49 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Diiringi lantunan gema takbir, Gubsu Ir H T Erry Nuriadi bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  Sumut dan Kota Medan melepas pawai takbiran kenderaan hias dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1Syawal 1439 H di Jalan Pulau Penang Medan,  Kamis (14/6/2018).


Pawai yang diikuti ratusan kenderaan hias yang berasal dari kelurahan,  kecamatan dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan berlangsung cukup meriah.  Pawai ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Medan untuk melantunkan asma Allah SWT untuk merayakan kemenangan usai sebulan penuh berpuasan

Pelepasan pawai takbiran kenderaan hias ditandai dengan pemukulan bedug.  Setelah itu satu persatu kenderaan hias berjalan melewati panggung kehormatan untuk selanjutnya menyusuri rute yang telah ditetapkan sambil terus melantunkan kalimah takbir.

Pawai takbiran kenderaan hias ini mendapat apresiasi warga.  Lebih seribuan warga datang membawa anggota keluarga berkerumun di seputaran Lapangan Merdeka guna menyaksikan pelepasan pawai kenderaan hias yang kental dengan motif bernuansa Islami tersebut.

Dalam sambutan singkatnya,  Gubsu atas nama pribadi dan seluruh unsur Forkopimda Sumut menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H kepada seluruh warga Sumut,  terutama Kota Medan. Gubsu mengajak semua untuk menjadikan hari kemenangan ini untuk mensucikan diri seperti bayi yang baru dilahirkan. "Ibarat kertas putih yang polos tanpa noda sedikit pun," kata Gubsu.


Selanjutnya Gubsu juga menjadikan momen itu untuk pamit kepada seluruh masyarakat Sumut, sebab masa tugasnya bersama Wagubsu telah berakhir. Diharapkannya,  masyarakat Sumut senantiasa kompak dan terus menjaga kekondusifan Sumut. Apalagi sebentar lagi masyarakat akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubsu dan Wagubsu periode 2018-2023.

"Jangan jadikan pemilihan itu untuk menebar fitnah sehingga kita terpecah belah.  Mari kita terus jaga kekondusifan Sumut," pesannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya,  Gubsu tak lupa mengingatkan kepada seluruh peserta pawai untuk menjaga kedisiplisan berlalu lintas  selama pawai berlangsung sehingga sumut,  khususnya Kota Medan menjadi contoh ketertiban berlalulintas di Indonesia.

Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan,  pawai kenderaan hias ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Selain di seputaran Lapangan Merdeka, pawai kenderaan hias juga dilaksanakan di kawasan Medan Bagian Utara yang dipusatkan di Kecamatan Medan Belawan.

"Untuk kawasan Lapangan Merdeka,  peserta pawai berasal dari 17 kecamatan dan OPD,  sedangkan pawai di Medan Bagian Utara diikuti empat kecamatan yakni Medan Belawan,  Medan Marelan,  Medan Deli dan Medan Labuhan, " jelas Wali Kota.


Sama seperti Gubsu,  Wali Kota juga menghimbau kepada seluruh peserta pawai untuk menjaga dan mentaati peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.  "Jangan ugal-ugalan di jalan,  selalu jaga ketertiban berlalulintas guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan, " harapnya.

Selain di seputaran Lapangan Merdeka, Pemko Medan juga menggelar pawai takbiran kenderaan hias di depan Kantor Kejaksaan negeri Belawan.  Pelepasan pawai takbiran kenderaan hias dilakukan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi. Pawai takbiran ini diikuti lebih kurang 60 kenderaan hias bernuansakan Islami yang berasal dari empat kecamatan di Medan bagian Utara yakni Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Deli dan Medan Marelan.

Selain kenderaan roda empatm, pawai takbiran kenderaan hias ini juga diikuti masyarakat dengan mengendarai sepeda motor. Seluruh peserta pawai tampak bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan tersebut sambil terus mengumandangkan takbir diserta dengan tabuhan bedug.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 12:57Berita Sumut

Elakan Longsoran, Mobil Siregar Terjun ke Danau Toba

Mobil Suzuki Escudo yang dikemudikan Bukti Siregar (70) terjun ke Perairan Danau Toba, Senin (18/3) malam. Hingga siang ini, tim SAR Gabungan masih berupaya mencari korban.

Selasa, 19 Mar 2019 12:10Berita Sumut

Jasad Bayi Perempuan Dalam Kantong Plastik Hebohkan Petugas Kebersihan Polonia

Sesosok jasad bayi berjenis kelamin perempuan menghebohkan para petugas kebersihan yang bekerja di kawasan Jalan Padang Golf, Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia, Selasa (19/3). Jasad bayi itu ditemukan terbungkus dalam plastik hitam diantar tumpukan sampa

Selasa, 19 Mar 2019 11:55Berita Sumut

BNN Ringkus IRT Kurir 9 Kg Sabu

Badan Narkotika Nasional (BNN) RI meringkus 6 orang komplotan pengedar sabu jaringan Malaysia-Indonesia di Jalan Sudirman Kota Dumai Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Minggu (17/3). Salah seorang yang berhasil ditangkap yaitu Syam yang merupa

Selasa, 19 Mar 2019 11:35Berita Sumut

Gerebek Transaksi Narkoba di Percut Seituan, Polsek Medan Baru Tembak Dua Pengedar Ganja

Dua orang pengedar narkoba jenis ganja dilumpuhkan tim Pegasus Polsek Medan Baru di kawasan Jalan Selamat Ketaren Ujung, Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (19/3/2019). Dari kedua tersangka, polisi menyita 15 kg ganja.

Selasa, 19 Mar 2019 08:30Berita Sumut

Ustadz Abdul Somad : Terimakasih Polisi dan Semua Pihak Yang Sudah Membantu

Sebelum jenazah almarhumah Rohana Binti Nuruddin, ibunda dari Ustadz Abdul Somad di salatkan, ahlil bait keluarga yang diwakili oleh Ustad Somad mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Wakapolda Brigjen Pol Mardiaz Kusin D s

Selasa, 19 Mar 2019 08:15Bola

Maurichio Pochettino Latih Barcelona?

Pelatih Tottenham Hotspur, Maurichio Pochettino, mengatakan dirinya masih menyimpan harapan

Selasa, 19 Mar 2019 08:00Nasional

Kepala SPKKL Aceh Bakamla Temui Komandan Kapal India Coast Guard Di Sabang

Kapal Indian Coast Guard Vijit melakukan kunjungan ke Sabang. Untuk menyambut kedatangannya, Bakamla mengirimkan perwakilannya yakni Kepala Stasiun Pemantauan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh Mayor Bakamla Dony Nova R., S.Kom. M.Si (Han), dalam pertemuan

Selasa, 19 Mar 2019 07:45Ekonomi

Gaji Polisi Naik, Yuk Intip Berapa Besarannya

Dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)

Selasa, 19 Mar 2019 07:30Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Bersama Unsur OPD Turut Menyambut Kedatangan Jenasah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama Sekdakab Asahan serta beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut kedatangan jenasah almarhumah Hj.Rohana binti Lobayudin orang tua dari Ustadz kondang Abdul Somad , putra asli asal desa Silo Lama kecamatan S

Selasa, 19 Mar 2019 07:15Berita Sumut

Walikota Buka Pelatihan Peningkatan Produktivitas Bagi Pelaku UKM

Walikota Binjai HM Idaham membuka pelatihan peningkatan produktivitas dalam rangka meningkatkan ekonomi, produktivitas dan daya saing perusahaan, yang diselenggarakan oleh Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Kementerian Ketenagakerjaan Republik

Selasa, 19 Mar 2019 07:00Ekonomi

BUMN Buka Lowongan Pekerjaan

PT Indra Karya membuka lowongan kerja bagi putra putri untuk bergabung dan berkarya bersama dalam membangun Negeri Indonesia. PT Indra Karya (Persero)

Selasa, 19 Mar 2019 06:45Berita Sumut

Kapolda Sumatera Utara Bersama Ribuan Masyarakat Antarkan Ibunda UAS ke Pemakaman

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol.Agus Andrianto bersama perwira tinggi Polda Sumatera Utara serta Kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu dan seluruh jajaran Polres Asahan menghantarkan jenasah almarhumah ibunda Al Ustadz Abdul Somad (UAS) Hj.R

Selasa, 19 Mar 2019 06:30Lifestyle

Netizen Jodoh-Jodohkan Aril Noah, Sontak Viral

Hal menarik terjadi dalam panggung Rising Star Indonesia 2018 pada Senin (18/3/2019), di mana Ariel NOAH

Selasa, 19 Mar 2019 06:15Lifestyle

Haru nan Pilu, Cuitan Aprilia Nur Azizah, 20 Hidup dengan Satu Mata di Medsos Sontak Viral

Nama saya Aprilia Nur Azizah, 20tahun, dari Pangandaran, Jawa Barat.

Selasa, 19 Mar 2019 06:00Bola

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer Alami Dua Kali Kekalahan Beruntun, Juan Mata: Kami Akan Segera Bangkit

Manchester United tengah berada dalam kondisi kurang baik musim ini.

Senin, 18 Mar 2019 22:33Berita Sumut

Kapolda Sumut: Alfatihah Untuk Almarhum Ibunda Abdul Samad

Seribuan jama'ah berkumpul dikediaman almarhumah Rohana Binti Nuruddin ibunda tercinta dari Ustadz Abdul Somad