• Home
  • Berita Sumut
  • Peluncuran MTQ Nasional XXVII 2018, Pj Gubsu Minta Dukungan Seluruh Masyarakat Sumut

Peluncuran MTQ Nasional XXVII 2018, Pj Gubsu Minta Dukungan Seluruh Masyarakat Sumut

faeza Kamis, 12 Juli 2018 16:18 WIB
mtc/ist
Kegiatan Peluncuran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional ke XXVII di Sumatera Utara (Sumut) 2018, ditandai penekanan tombol sirene oleh Penjabat Gubernur Sumut (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA bersama Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin
MATATELINGA, MEDAN: Kegiatan Peluncuran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Nasional ke XXVII di Sumatera Utara (Sumut) 2018, ditandai penekanan tombol sirene oleh Penjabat Gubernur Sumut (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA bersama Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin di Hotel Santika, Kamis (12/7/2018). Seluruh masyarakat pun diminta mendukung acara berskala nasional di provinsi ini.


"Kehadiran kita di sini merupakan suatu dukungan nyata terhadap Provinsi Sumatera Utara selaku tuan rumah. Karena acara Launching MTQ bertujuan untuk mensyiarkan dan memberitahukan kepada masyarakat, bahwa akan ada acara berskala nasional dan besar di Sumut," ujar Pj Gubsu Eko Subowo dalam sambutannya.

Penunjukan Sumut sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXVII 2018, kata Eko, merupakan sebuah penghargaan bagi seluruh warga. Penetapan tersebut juga menjadi peluang emas bagi provinsi ini dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera. Selain sebagai ajang syiar agama, juga berdampak kepada pembinaan kehidupan beragama, khususnya pengembangan Tilawatil Quran.


"MTQ Nasional ini akan memperlombakan tujuh cabang dan 18 golongan yang akan diikuti utusan kafilah dari 34 provinsi se-Indonesia. Pelaksanaannya akan berlangsung selama 7 hari mulai 6-12 Oktober 2018. Seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Sumut, khususnya Kota Medan dan Deli Serdang telah siap mensukseskan penyelenggarannya," jelasnya.

Seluruh elemen masyarakat Sumut, lanjut Eko, dari berbagai latar belakang agama, suku, etnis maupun budaya, siap menerima dan menyambut para kafilah dari seluruh provinsi. Untuk itu, telah disiapkan sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan. Diantaranya arena utama (astaka) yang berlokasi di kawasan Gedung Serbaguna Pemprov Sumut di Jalan Willem Iskandar/Pancing.


"Selain itu, tempat acara permusabaqahan (perlombaan) tersebar di beberapa kampus seperti Unimed, UIN Sumut dan Akademi Pariwisata Medan. Juga ada di Lapangan Merdeka Medan, Istana Maimun dan Asrama Haji Medan," sebut Eko, sembari memperkenalkan maskot Ayam Jago di MTQN XXVII kali ini.

Agenda nasional dua tahunan ini, lanjut Eko, diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam dan silaturahim bangsa, melahirkan semangat keberagamaan dan pengaktualisasian kembali nilai-nilai ajaran Islam. Serta mempererat persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

 "Semoga dengan semangat MTQ ini kita dapat semakin meningkatkan kerukunan, kedamaian dan keramahan dalam keberagamaan kita sebagai umat manusia. Mari kita ciptakan kehidupan antar umat beragama yang harmonis, penuh toleransi dan kasih sayang, serta menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia yang wajib dilindungi," jelasnya.

 
Aplikasi e-MTQ

 Sementara itu, mewakili Menteri Agama RI, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan MTQN XXVII di Sumut kali ini, pihaknya telah melakukan inovasi terhadap proses pendaftaran dengan aplikasi e-MTQ. Untuk peserta, tercatat ada 1872 orang yang mendaftar dengan ketentuan persyaratan yang sudah diatur, dimana nama-nama tersebut diserahkan kepada Dirjen Capil Kemendagri untuk diverifikasi seluruh e-KTP masing-masing.

 "Ternyata ada 36 orang yang harus dinyatakan gugur. Nanti kami akan umumkan siapa yang gugur itu untuk melakukan sanggahan kepada kami. Karena itu seremonial seperti ini penting dalam rangka launching, paling tidak logo," lanjutnya.

 Pada Pelaksanaan MTQN ini mengambil tema "MTQ Wujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Quran". Amin pun menekankan kepada panitia, baik pusat maupun daerah untuk mengintensifkan koordinasi dan komunikasi, baik formal, informal dan personal. Kemudian kesiapan fisik dan non fisik, transparansi anggaran dan persiapan peserta oleh masing-masing daerah.

 "Saya berharap pelaksanaan ini dapat mengangkat dan memajukan syiar Islam, menuju insan Quran. Beberapa bulan ini sampai pada pelaksanaan kami ingin terlaksana dengan sebaik-baiknya," sebut Amin yang menyampaikan rencana kehadiran Presiden RI Joko Widodo pada even skala nasional ini.

 Pada kegiatan tersebut hadir sejumlah perwakilan provinsi se-Indonesia, Forkopimda, Walikota Medan  Dzulmi Eldin, Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut Drs H Tengku Darmansah MA, Pemkab Deli Serdang, serta para pimpinan OPD yang juga menjadi panitia pelaksana di daerah.

 
Tinjau

Setelah acara launching di Hotel Santika Dyandra, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin bersama rombongan meninjau lokasi penyelenggaraan MTQN di area Jalan  Williem Iskandar/Pancing, Deli Serdang.

Melihat pembangunan di area ini, Amin yakin Sumatera Utara siap menyelenggarakan MTQN. "Melihat perkembangan pembangunan di sini, saya yakin Sumatera Utara siap untuk menyelenggarakan MTQ Nasional XXVII. Untuk pembangunan di sini sudah mencapai 60%, sebelum bulan Oktober saya yakin ini akan selesai," ujarnya.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:MatatelingaPeluncuran MTQ Nasional XXVII 2018PemprovsuTerkini
Komentar
Sabtu, 17 Nov 2018 08:33Berita Sumut

Hendak Konsumsi Narkoba, Polisi Keburu Datang

Pemuda yang baru mulai dewasa berinisial RLS ,21, warga Dusun V Desa Silo Bonto Kecamaatan Silau laut Asahan, harus merenungi nasib hari harinya di dalam sel tahanan milik Polri. Pasalnya, dia dibekuk opsnal Reskrim Polsek Air Joman saat hendak mengkomsu

Sabtu, 17 Nov 2018 07:25Berita Sumut

Kapolsek Medan Timur Sambangi Warga Butuh Perhatian

Polsek Medan Timur, Polrestabes Medan, Jumat (16/11/2018) siang mengunjungi beberapa warga yang membutuhkan perhatian.

Sabtu, 17 Nov 2018 07:15Nasional

Diakhir Penugasan, Kogasgabpad TNI Undang Relawan Gempa NTB

Diakhir penugasan, Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Rekonstruksi NTB menggelar silaturahmi dengan mengundang 60 orang perwakilan relawan dari berbagai Non Government Organization (NGO) yang memberikan bantuan kepada masyarakat

Sabtu, 17 Nov 2018 07:03Internasional

Sekitar 200 Migran Menunggu di Jembatan El Paso del Norte

Sekitar 200 migran menunggu di Jembatan El Paso del Norte hampir setiap hari untuk meminta suaka agar mereka dapat memasuki AS secara legal. Tetapi sebuah karavan ribuan migran Amerika Tengah sedang dalam perjalanan, sehingga menimbulkan pertanyaan tentan

Sabtu, 17 Nov 2018 06:52Bola

Timnas Indonesia Harus Peroleh Poin dari Thailand

Jika Indonesia tak mampu meraih poin di kandang Thailand, maka peluang Indonesia untuk lolos dari fase grup kian mengecil. Saat ini, Indonesia, Thailand, Filipina, dan Singapura mengoleksi poin yang sama tiga. Jika ada tim yang kehilangan poin, maka tent

Jumat, 16 Nov 2018 21:11Berita Sumut

Hujan Turun, Terjadi Longsor di Sembahe

Akibat hujan yang menguyur beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut) menyebabkan terjadinya longsor di daerah Deli Serdang tepat di kawasan Sembahe, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 20:56Berita Sumut

Dua Pelaku Spesialis Curanmor Meringkuk Terali Besi

Tim unit Reskrim Polrestabes Medan meringkus dua pelaku kasus pencurian kenderaan bermotor roda dua ditempat kediamannya masing masing. Selain meringkus kedua pelaku, Polisi juga menyita barang buktinya.

Jumat, 16 Nov 2018 20:52Nasional

Fokuskan Keselamatan Nelayan, SPKKL Ambon Kunjungi Nelayan dan Siswa SD

Dalam rangka Bina Kreasi Maritim Bakamla, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Ambon memfokuskan kegiatan bagi masyarakat nelayan dan pelajar melalui sosialisasi ke dua lokasi desa nelayan dan satu sekolah dasar di Kota Ambon, Maluku,

Jumat, 16 Nov 2018 20:48Berita Sumut

Pemprov Harapkan Prestasi Atlet Sumut Terus Meningkat

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) berharap prestasi olah raga atlet Sumut terus meningkat. Juga semakin banyak atlet Sumut yang mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dan internasional

Jumat, 16 Nov 2018 20:41Berita Sumut

Poldasu Tangkap Aktivis Asal Batubara

Direktorat kriminal khusu bagian unit Cyber Cerime Polda Sumatera Utara (Sumut) dikabarkan telah melakukan penangkapan terhadap seorang aktivis asal Kabupaten Batubara, berinisial MYH ,27,.

Jumat, 16 Nov 2018 20:33Berita Sumut

Pemprov Sumut Dukung Usaha Pengolahan Sampah

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mendukung usaha pengolahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya. Apalagi, selain dapat mengatasi pencemaran lingkungan, juga bisa menjadi penghasilan tambahan

Jumat, 16 Nov 2018 20:19Berita Sumut

Rumah Toko Nyaris Ludes di Lalap Sijago Merah

Sijago Merah meluluhlantakan satu unit Rumah Toko (Ruko) di Jalan Bahagia Baypass, Medan Kota

Jumat, 16 Nov 2018 19:56Berita Sumut

Tim SAR Masih Melakukan Pencarian Jenazah Rony

Memasuki hari ke-4, melakukan jenazah Rony Rizky ,14, yang hanyut di Sungai Batang Gadis, belum juga ditemukan. Seratusan Bayo Panjala (penjaring ikan-red) diturunkan untuk mencari jasad remaja tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 19:50Berita Sumut

Gubsu Edy: Islam di Nias Harus Rahmatan Lil Alamin

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersilaturahmi dengan masyarakat, usai shalat Jumat di Masjid Jami' Shalehin, Desa Miga, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Jumat (16/11). Gubernur menyampaikan bahwa Islam di Nias harus rahmatan

Jumat, 16 Nov 2018 19:37Berita Sumut

Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Tahap Final Tahun 2018

Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Propinsi Sumut, di hadapan Bupati Sergai Ir H Soekirman, Jumat (16/11/2018) di Aula Sultan Serdang Komplek Perkantoran Bupati Sergai, Sei Rampah. Kecamatan Teluk Mengkudu masuk Nominasi penilaian Kecamatan terbaik Tin

Jumat, 16 Nov 2018 19:33Nasional

1.000 PNS TNI Ikuti Olahraga Bersama HUT ke-47 Korpri

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada tanggal 29 November 2018 mendatang, sekitar 1.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU mengikuti olahraga bersama