Pemda Diminta Aktif Berikan Data UMKM ke SIKP

Amrizal Selasa, 07 November 2017 21:34 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) saat ini telah disalurkan di beberapa provinsi, termasuk Sumatera Utara. Berdasarkan data SIKP UMi, total akad per 6 November 2017 sebesar Rp 311,45 milyar seluruh Indonesia.  Dari jumlah tersebut di Provinsi Sumut baru memiliki 76 nasabah.

Meskipun tahun ini masih dalam masa percobaan dan akan diterapkan penuh Tahun 2018, program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) diharapkan mampu menyerap debitor khususnya di Sumatera Utara. Apalagi pemerintah telah menganggarkan untuk pembiayaan UMi pada tahun 2017 sekitar Rp1,5 triliun dan Tahun 2018 sebesar Rp2,5 triliun. Hal ini terungkap saat Sosialisasi pembiayaan Ultra Mikro (Umi) dan Training of Trainers Sistem Informasi Kredit Program di Hotel Santika Dindra Medan Selasa (7/11/2017).

Terkait hal ini Gubernur Sumatera Utara Dr Erry Nuradi melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumut Agus Tripriyono mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pemda harus berperan aktif dalam memberikan data Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan cara mengunggah data UMKM dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Hal ini untuk memudahkan penyaluran Kredit Usaha Kecil (KUR) maupun Ultra Mikro (UMi). Dengan adanya data UMKM di SIKP, Penyalur tidak perlu lagi mencari debitur secara mandiri. Penyalur cukup mengunduh data yang tersedia dan system selanjutnya akan mengevaluasi apakah UMKM tersebut layak mendapatkan KUR atau tidak.

"Untuk itu marilah bersama kita perbaikinya dengan memberikan data UMKM kepada SIKP. Dengan cara ini kita bisa menentukan arah kebijakan apa sebaiknya kita lakukan bagi UMKM yang belum mendapatkan pembiayaan dari pemerintah pusat,"ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumut dalam Sosialisasi pembiayaan Ultra Mikro (Umi) dan Training of Trainers Sistem Informasi Kredit Program di Hotel Santika Dindra Medan Selasa (7/11/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumut Bakhtaruddin, Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi, Pusat Investasi Pemerintah Sochif Winarno, Kepala Bappeda Sumut Irman Dj Oemar, perwakilan Pemerintah Kabupaten Kota se Sumut, Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Prov Sumut, Kantor Pelayan Perbendaharaan negara Lingkup Sumut, Bank Indonesia dan OJK Sumut.

Lebih lanjut dikatakan Agus, selain KUR, saat ini pemerintah tengah meluncurkan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Oleh karenanya melalui kegiatan hari ini Agus berharap para peserta lebih jauh lagi dapat memahami terkait pembiayaan UMi yang tujuannya untuk membantu para pengusahaa kecil yang tidak terjangkau melalui pembiayaan KUR salah satunya karena terbentur persoalan asset ataupun agunan.

"Pembiayaan UMi ini bertujuan agar masyarakat terhindar dari jebakan renternir yang mematok bunga 10% perbulan bahkan lebih. Pembiayaan UMi ini juga mengutamakan konsep kecepatan dan kemudahan dengan bunga lebih rendah dari pembiayaan komersil. Namun lebih jelasnya akan disampaikan oleh Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi, Pusat Investasi Pemerintah dan narasumber lainnya,"terang Agus.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumut Bakhtaruddin sebelum membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan Pemerintah membentuk kedua skema kredit untuk pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai bentuk implementasi dari agenda Nawacita nomor 5 yaitu 'Meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia' serta agenda nomor 7 yaitu 'Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor ekonomi domestik.'

KUR dan Pembiayaan UMi merupakan usaha untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia yang saat ini masih tercatat sebesar 10,64% berdasarkan data BPS bulan Maret 2017. Segmen dari kedua kredit adalah UMKM yang merupakan porsi terbesar dari usaha di Indonesia.

"Melalui pemberian akses kredit, diharapkan investasi dan modal kerja UMKM dapat meningkat sehingga tercipta lapangan-lapangan kerja baru yang menekan tingkat pengangguran terbuka,"ujarnya.

Sementara itu Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi, Pusat Investasi Pemerintah Sochif Winarno mengatakan

Hingga tanggal 6 November 2017 jumlah akad KUR seluruh Indonesia pada tahun 2017 dilaporkan SIKP mencapai Rp 41,76 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 1,86 juta orang. Dari jumlah tersebut, jumlah Debitur KUR di Sumatera Utara mencapai sekitar 55.365 orang dengan nilai akad sebesar Rp 1,693 Triliun.

Tentunya untuk memastikan KUR dan Kredit UMi tepat mencapai sasarannya, diperlukan informasi yang simetris di antara stakeholder termasuk perbankan dan Pemerintah Daerah. Menyadari hal tersebut, Ditjen Perbendaharaan telah mengembangkan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang menjadi data center kredit program di Indonesia. Melalui system ini, Pemerintah Daerah dapat mengajukan UMKM untuk dianalisis kelayakannya oleh perbankan untuk memperoleh KUR.

"Pemerintah menyadari bahwa KUR tidak dapat menjangkau setiap lapisan UMKM. Hal ini dapat dilihat pada tahun 2016 sejumlah 44,14juta UMKM atau 71,4% dari total UMKM di Indonesia belum mendapatkan KUR atau fasilitas pembiayaan perbankan lainnya. Permasalahan kolateral menjadi hambatan penyaluran KUR hingga ke masyarakat bawah,"terangnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, Pemerintah membuat suatu skema yang disebu Pembiayaan Ultra Mikro atau Pembiayaan UMi. Segmen dari kredit ini adalah usaha ultra mikro dimana setiap usaha diberikan kredit dengan plafon setinggi-tingginya 10 juta rupiah. Kredit ini bersumber dari APBN dan dikoordinasikan oleh Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Skema Pembiayaan UMi mewajibkan LKBB untuk memberikan pendampingan kepada Debitur Pembiayaan UMi. Setiap pengusaha ultra mikro tersebut mendapat pendampingan terkait langkah-langkah untuk mengatasi gap informasi/pengetahuan tentang peningkatan kapasitas ekonomi, akses pasar dan teknologi informasi.

"Saat ini telah terdapat Kredit UMi yang telah disalurkan melalui produk Kreasi UMi dari Pegadaian, Mekaar dari PNM serta produk-produk pembiayaan dari lembaga linkage seperti Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), Koperasi Abdi Kerta Rahardja (AKR), Koperasi Syariah BMT Sidogiri, Koperasi Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) dan lain-lain,"pungkasnya.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaNasabahPemprovsuProgramSumut
Komentar
Jumat, 19 Okt 2018 11:12Internasional

Terkait Kasus Jamal Khashoggi, Barat Tak Berani Sanksi Saudi. Ini Alasannya

PRESIDEN AS Donald Trump mengancam akan memberlakukan "hukuman berat" bagi Arab Saudi jika terbukti membunuh wartawan veteran Jamal Khashoggi, yang hilang setelah berkunjung ke kantor Konsulat Saudi di Istanbul.

Jumat, 19 Okt 2018 11:04Internasional

Anjem Choudary Bebas, Inggris Perketat Pengawasan

PARA pejabat keamanan Australia merasa khawatir dengan dibebaskannya salah seorang ulama Inggris, Anjem Choudary (51), yang dituduh sering menyampaikan pesan kebencian. ABC mendapat laporan bahwa pihak berwenang Australia akan memantau dari dekat pembebas

Jumat, 19 Okt 2018 11:01Internasional

Putin Sebut Rusia Siap Gunakan Senjata Hipersonik Bulan Depan

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, bahwa senjata hipersonik Rusia, hulu ledak New Avangard hypersonic glider akan siap digunakan dalam beberapa bulan mendatang. Putin mengklaim bahwa Rusia adalah negara pertama di dunia yang mengembangkan teknolog

Jumat, 19 Okt 2018 07:04Nasional

Para Kepala Kantor Bakamla di Daerah Simak Kebijakan Pembangunan ASN dalam Rakor Monev

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Tengah dan Timur, serta 14 Kepala SPKKL dan 2 Kepala Stasiun Bumi Bakamla berkumpul dalam rapat monev yang digelar Subdit Monitoring dan Evaluasi Direktorat Kebijakan Kamla. Rapat memasuki hari kedua dengan pembahas

Jumat, 19 Okt 2018 06:00Nasional

Satkes Kogasgabpad Bantu Imunisasi 112 Siswa SD di Sumbawa Barat

Satuan Kesehatan Komando Tugas Gabungan Terpadu (Satkes Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nusa Tenggara Barat, Subsektor Sumbawa Barat, ikut membantu Puskesmas Poto Tano melaksanakan Imunisasi kepada 112 siswa siswi SDN Tuananga, Desa Tuananga, K

Jumat, 19 Okt 2018 05:52Nasional

Pesawat Negara Sahabat Angkut Bantuan Kemanusiaan ke Palu

Pesawat angkut militer negara sahabat bersama pesawat TNI AU melaksanakan pengangkutan bantuan kemanusian untuk korban gempa dan tsunami ke Palu di Posko Satgas TNI AU Dharmapalu Lanud Dhomber Balikpapan

Kamis, 18 Okt 2018 21:45Berita Sumut

Doorr...Doorr....Warga Kelurahan Kapias Berhamburan Keluar

Warga masyarakat yang bermukim di jalan Jumpul lingkungan VI kelurahan Kapias Pulau Buaya kecamatan Teluk Nibung Tanjung Balai

Kamis, 18 Okt 2018 20:02Berita Sumut

Gilang Mendrofa dan Janice Jeconiah Terpilih Sebagai Mr & Ms UNPRI 2018

Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Gilang Mendrofa dan mahasiswi dari Fakultas Psikologi (UNPRI) Janice Jeconiah terpilih sebagai Mr & Ms UNPRI 2018, dalam acara UNPRI Fiesta dan Dies Natalis UNPRI ke 17, di Medan In

Kamis, 18 Okt 2018 19:37Nasional

Kapolri dan Panglima Dampingi Presiden ke Lokasi Gempa NTB

Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., bersama Panglima TNI mendampingi Presiden RI dalam kunjungan kerja guna penyerahan buku tabungan bantuan stimulan pembangunan rumah Korban Gempa NTB dan meninjau Risha, Riko dan Rika di Kabup

Kamis, 18 Okt 2018 19:28Berita Sumut

Sesosok Mayat wanita, Gegerkan Warga Denai

Sesosok mayat wanita diperkirakan berusia 18-22 tahun, ditemukan hanyut di bantaran Sungai Denai, tepatnya di Jalan Menteng VII-Jalan Kenanga Ujung Kelurahan Menteng, Medan Denai

Kamis, 18 Okt 2018 18:15Berita Sumut

Didakwa Lakukan Pencemaran Nama Baik, Penggiat Anti Korupsi Ini Dihukum 1 Tahun Penjara

Ketua LSM Forum Rakyat Sumut (Forsu), Ahmad Faisal Nasution ini langsung mengajukan protes tak lama usai mendengar vonis 1 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim PN Medan terhadap dirinya, Kamis, (18/10). Faisal merupakan terdakwa dalam kasus pencema

Kamis, 18 Okt 2018 18:00Berita Sumut

Lepas Kontingen PPSN V 2018, Gubsu: Jangan Hanya Sekadar Berangkat dan Pulang

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas kontingen Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) V di Jambi pada 24-30 Oktober 2018. Diharapkan, kontingen yang berjumlah 220 orang santri pramuka dari seluruh daerah di Sumut itu tidak hanya seka

Kamis, 18 Okt 2018 17:30Berita Sumut

Tim Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Kunjungi Balai Kota

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM menerima kunjungan Tim Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Bidang Reformasi Birokrasi di Balai Kota Medan, Kamis (18/10/2018). Kunjungan itu dila

Kamis, 18 Okt 2018 17:25Berita Sumut

BNN Sumut Beri Edukasi Bahaya Narkoba Kepaflda Masyarakat dan Pelajar

Dalam Pemberantasan peredaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP Sumut) berkomitmen memberi edukasi kepada masyarakat.

Kamis, 18 Okt 2018 17:19Berita Sumut

Besok Mulai Sosialisasi Penertiban Terminal Liar

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Drs Renward Parapat mengaku akan melakukan penertiban dan penataan terminal pool-pool bus liar yang ada di kota Medan. Penertiban diyakini guna mengurangi kemacetan dan memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Kamis, 18 Okt 2018 17:11Berita Sumut

Pemko Anggarkan Rp1,7 Triliun Untuk Infrastruktur, Dewan: Masih Perlu Dikaji dan Belum Final

Dalam formulasi Rancangan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (R-APBD) tahun 2019 sebesar Rp5,94 triliun masih perlu dikaji. Sebab, anggaran tersebut belum final atau diputuskan. Alokasi anggaran Rp1,7 triliun lebih untuk pembangunan infrastruktur yang