Pemda Diminta Aktif Berikan Data UMKM ke SIKP

Amrizal Selasa, 07 November 2017 21:34 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) saat ini telah disalurkan di beberapa provinsi, termasuk Sumatera Utara. Berdasarkan data SIKP UMi, total akad per 6 November 2017 sebesar Rp 311,45 milyar seluruh Indonesia.  Dari jumlah tersebut di Provinsi Sumut baru memiliki 76 nasabah.

Meskipun tahun ini masih dalam masa percobaan dan akan diterapkan penuh Tahun 2018, program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) diharapkan mampu menyerap debitor khususnya di Sumatera Utara. Apalagi pemerintah telah menganggarkan untuk pembiayaan UMi pada tahun 2017 sekitar Rp1,5 triliun dan Tahun 2018 sebesar Rp2,5 triliun. Hal ini terungkap saat Sosialisasi pembiayaan Ultra Mikro (Umi) dan Training of Trainers Sistem Informasi Kredit Program di Hotel Santika Dindra Medan Selasa (7/11/2017).

Terkait hal ini Gubernur Sumatera Utara Dr Erry Nuradi melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumut Agus Tripriyono mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pemda harus berperan aktif dalam memberikan data Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan cara mengunggah data UMKM dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Hal ini untuk memudahkan penyaluran Kredit Usaha Kecil (KUR) maupun Ultra Mikro (UMi). Dengan adanya data UMKM di SIKP, Penyalur tidak perlu lagi mencari debitur secara mandiri. Penyalur cukup mengunduh data yang tersedia dan system selanjutnya akan mengevaluasi apakah UMKM tersebut layak mendapatkan KUR atau tidak.

"Untuk itu marilah bersama kita perbaikinya dengan memberikan data UMKM kepada SIKP. Dengan cara ini kita bisa menentukan arah kebijakan apa sebaiknya kita lakukan bagi UMKM yang belum mendapatkan pembiayaan dari pemerintah pusat,"ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumut dalam Sosialisasi pembiayaan Ultra Mikro (Umi) dan Training of Trainers Sistem Informasi Kredit Program di Hotel Santika Dindra Medan Selasa (7/11/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumut Bakhtaruddin, Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi, Pusat Investasi Pemerintah Sochif Winarno, Kepala Bappeda Sumut Irman Dj Oemar, perwakilan Pemerintah Kabupaten Kota se Sumut, Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Prov Sumut, Kantor Pelayan Perbendaharaan negara Lingkup Sumut, Bank Indonesia dan OJK Sumut.

Lebih lanjut dikatakan Agus, selain KUR, saat ini pemerintah tengah meluncurkan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Oleh karenanya melalui kegiatan hari ini Agus berharap para peserta lebih jauh lagi dapat memahami terkait pembiayaan UMi yang tujuannya untuk membantu para pengusahaa kecil yang tidak terjangkau melalui pembiayaan KUR salah satunya karena terbentur persoalan asset ataupun agunan.

"Pembiayaan UMi ini bertujuan agar masyarakat terhindar dari jebakan renternir yang mematok bunga 10% perbulan bahkan lebih. Pembiayaan UMi ini juga mengutamakan konsep kecepatan dan kemudahan dengan bunga lebih rendah dari pembiayaan komersil. Namun lebih jelasnya akan disampaikan oleh Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi, Pusat Investasi Pemerintah dan narasumber lainnya,"terang Agus.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumut Bakhtaruddin sebelum membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan Pemerintah membentuk kedua skema kredit untuk pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai bentuk implementasi dari agenda Nawacita nomor 5 yaitu 'Meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia' serta agenda nomor 7 yaitu 'Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor ekonomi domestik.'

KUR dan Pembiayaan UMi merupakan usaha untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia yang saat ini masih tercatat sebesar 10,64% berdasarkan data BPS bulan Maret 2017. Segmen dari kedua kredit adalah UMKM yang merupakan porsi terbesar dari usaha di Indonesia.

"Melalui pemberian akses kredit, diharapkan investasi dan modal kerja UMKM dapat meningkat sehingga tercipta lapangan-lapangan kerja baru yang menekan tingkat pengangguran terbuka,"ujarnya.

Sementara itu Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi, Pusat Investasi Pemerintah Sochif Winarno mengatakan

Hingga tanggal 6 November 2017 jumlah akad KUR seluruh Indonesia pada tahun 2017 dilaporkan SIKP mencapai Rp 41,76 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 1,86 juta orang. Dari jumlah tersebut, jumlah Debitur KUR di Sumatera Utara mencapai sekitar 55.365 orang dengan nilai akad sebesar Rp 1,693 Triliun.

Tentunya untuk memastikan KUR dan Kredit UMi tepat mencapai sasarannya, diperlukan informasi yang simetris di antara stakeholder termasuk perbankan dan Pemerintah Daerah. Menyadari hal tersebut, Ditjen Perbendaharaan telah mengembangkan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang menjadi data center kredit program di Indonesia. Melalui system ini, Pemerintah Daerah dapat mengajukan UMKM untuk dianalisis kelayakannya oleh perbankan untuk memperoleh KUR.

"Pemerintah menyadari bahwa KUR tidak dapat menjangkau setiap lapisan UMKM. Hal ini dapat dilihat pada tahun 2016 sejumlah 44,14juta UMKM atau 71,4% dari total UMKM di Indonesia belum mendapatkan KUR atau fasilitas pembiayaan perbankan lainnya. Permasalahan kolateral menjadi hambatan penyaluran KUR hingga ke masyarakat bawah,"terangnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, Pemerintah membuat suatu skema yang disebu Pembiayaan Ultra Mikro atau Pembiayaan UMi. Segmen dari kredit ini adalah usaha ultra mikro dimana setiap usaha diberikan kredit dengan plafon setinggi-tingginya 10 juta rupiah. Kredit ini bersumber dari APBN dan dikoordinasikan oleh Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Skema Pembiayaan UMi mewajibkan LKBB untuk memberikan pendampingan kepada Debitur Pembiayaan UMi. Setiap pengusaha ultra mikro tersebut mendapat pendampingan terkait langkah-langkah untuk mengatasi gap informasi/pengetahuan tentang peningkatan kapasitas ekonomi, akses pasar dan teknologi informasi.

"Saat ini telah terdapat Kredit UMi yang telah disalurkan melalui produk Kreasi UMi dari Pegadaian, Mekaar dari PNM serta produk-produk pembiayaan dari lembaga linkage seperti Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), Koperasi Abdi Kerta Rahardja (AKR), Koperasi Syariah BMT Sidogiri, Koperasi Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) dan lain-lain,"pungkasnya.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaNasabahPemprovsuProgramSumut
Komentar
Jumat, 22 Jun 2018 22:55Berita Sumut

Ini Identitas Kru KM Ramos RM yang Karam di Kawasan Nainggolan, Danau Toba

Belum lagi usai proses evakuasi dan pencarian korban KM Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba, musibah kembali terjadi di kawasan danau kebanggaan Provinsi Sumatera Utara itu.

Jumat, 22 Jun 2018 22:45Berita Sumut

Lagi, Kapal Motor Kayu Angkut 5 Penumpang Karam di Danau Toba

Belum lagi selesai evakuasi dan pencarian penumpang KM SInar Bangun di perairan Danau Toba, hari Jumat (22/6/2018) ini dikabarkan satu unit kapal motor kayu mengangkut penumpang karam di perairan Danau Toba.

Jumat, 22 Jun 2018 22:20Berita Sumut

Pj Gubsu Harapan Kekompakan dan Kerjasama ASN

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA berharap kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk lebih menjaga kekompakan dan bekerjasama

Jumat, 22 Jun 2018 22:05Berita Sumut

Mencuri Sepeda Motor di Mesjid, Babak belur dihajar Warga

Petugas unit reskrim Polsek Percut Seituan meringkus pencurian kenderaan bermotor roda dua berinisial MH ,30, warga Jl. Mesjid Desa Kolam. Kec. Percut Sei Tuan

Jumat, 22 Jun 2018 21:59Berita Sumut

Kapolres Belawan Beri Santunan Pada Penarik Becak

Menyambut Hut Bhayangkara Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, S.H.,M.H. memberikan sedekah berupa beras kepada para tukang becak di jalan Asahan Kel. Belawan II, Kecamatan Medan Belawan

Jumat, 22 Jun 2018 21:46Berita Sumut

Polres Belawan Razia Lokasi Judi

Polres Pelabuhan Belawan berhasil meringkus empat laki - laki dan satu perempuan permainan judi jenis Jack Pot / dindong yang terdiri dari 3 pemain dan 2 penjaga .Diamankan di Jalan Selebes Gang 10 Paluh Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan.

Jumat, 22 Jun 2018 21:31Berita Sumut

Mempererat Kerukunan Antar Unsur Muspika

Mempererat kerukunan dan saling bersinergi antara unsur muspika dan instansi terkait di Wilayah Medan Utara

Jumat, 22 Jun 2018 21:19Berita Sumut

Satreskrim Batubara Tangkap Ratusan bal Pakain Bekas

Truk Colt Diesel bernomor Polisi BL 8392 GV dengan bermuatan 262 karung pakaian bekas (Ball Press) asal Malaysia, ditangkap Polres Batubara

Jumat, 22 Jun 2018 21:04Berita Sumut

Mobil Ustaz Ade Darmawan Dirusak Pria Mengendarai Dua Motor Trail

Mobil Kijang Innova dengan nomor polisi BK 333 HE yang biasa digunakan Ustaz Ade Darmawan dirusak orang tidak dikenal (OTK). Peristiwa pengerusakan mobil dengan branding Baitul Muslimin Indonesia

Jumat, 22 Jun 2018 20:49Berita Sumut

KAM BHINNEKA USU: Paslon yang Batalkan Debat, Calon Pemimpin yang Tukang Ingkar Janji

Dibatalkannya Debat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018 - 2023 bersama mahasiswa yang dihelat BEM-SI

Jumat, 22 Jun 2018 20:34Berita Sumut

Sangkan Tampubolon: Sihar Sosok yang Tepat untuk Memajukan Olahraga

Dibutuhkan sosok yang tepat untuk membangun dan memajukan olahraga. Pengalaman, pendidikan serta 'kegilaan' terhadap olahraga menjadi modal penting untuk mewujudkan itu.

Jumat, 22 Jun 2018 20:19Berita Sumut

Polda Sumut: Masyarakat Jangan Kaitkan Tragedi di Danau Toba dengan Hal Lain

Isu penangkapan ikan mas berukuran besar di Danau Toba dikait-kaitkan dengan tenggelamnya KM Sinar Bangun mendapat komentar dari Polda Sumut, dalam hal ini Kasubdit Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan

Jumat, 22 Jun 2018 20:04Berita Sumut

Demi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoss Siapkan Rancangan Sport Center

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menilai peningkatan prestasi olahraga tak hanya terpatri pada persoalan teknis yang menyokong para atlet saja. Sarana dan prasarana juga sebagai faktor penentu yang perlu diperhatikan

Jumat, 22 Jun 2018 19:59Nasional

TNI Gelar Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018

Dalam rangka menyambut Peringatan ke-73 Hari TNI Tahun 2018, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mabes TNI menggelar “Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018” bagi wartawan dan media massa

Jumat, 22 Jun 2018 19:48Berita Sumut

109 Pesepakbola Berebut Tiket ke Belgia, Sihar: Ini Harapan Bagi Masa Depan Sepakbola Sumut

Sebanyak 109 pesepakbola Sumatera Utara berebut meraih tiket pembinaan di akademi sepakbola di Belgia. Persaingan ke-109 pesepakbola berbakat ini di gelar di Stadion Teladan Medan

Jumat, 22 Jun 2018 19:30Berita Sumut

Si Tangan Ajaib Sembuhkan Istri Dir Narkoba Polda Sumut

Dalam rangka mudik Lebaran ke Kota Medan, Kiki 'Si Tangan Ajaib' Hendrawan tetap menyempatkan diri membantu penyembuhan pasien yang mengalami masalah pada bagian saraf