• Home
  • Berita Sumut
  • Pemkab Asahan Berikan Apresiasi Kepada Polisi Atas Pelimpahan Berkas Penyebar HOAX Ke JPU

Pemkab Asahan Berikan Apresiasi Kepada Polisi Atas Pelimpahan Berkas Penyebar HOAX Ke JPU

Mtc/Benawi Jumat, 22 Maret 2019 11:15 WIB
MATATELINGA
Tulisan Putra Hutasuhut pada dinding aakun face booknya dan tersangka Putra Hutasuhut.
MATATELINGA, Asahan: Sat.Resrim Polres Asahan telah melengkapi serta menyerahkan seluruh berkas dan tersangka penyebar HOAX yang diunggah pada akun facebook pada dinding akun facebook atas nama "PH" pada Minggu 11 Pebruari 2018 sekira pukul 17.13 Wib dengan tulisan yang diunggah berbunyi "Atas Nama Santri PMDU Asahan & Warga Asahan Mengucapkan INNALILLAHI WAINNA ILAIHI RAAJIUN , turut Berduka Cita Buya Kami & BUPATI ASAHAN Drs. H. TAUFAN GAMA SIMATUPANG , M.AP Semoga Keluarga diberikan Ketabahan & kekuatan.. Amin"



Dengan adanya tulisan tersebut pihak keluarga besar bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang, MAP, melalui kakak kandung Taufan Gama Simatupang, H.Armyn Simatupang melakukan dan membuat pengaduan ke pihak kepolisian Resor Asahan dengan kuasa hukumnya Leo Napitupulu, SH.Mhum dengan bukti STBL nomor: 52/II/2018/Ash serta LP/98/II/2018/SU/Res.Ash. tertanggal 17 Pebruari 2018.

Keterangan Kapolres Asahan AKBP. Faisal Florentinus Napitupulu,SIK.MH melalui Kasat Reskrim AKP.Ricky Pripurna Atmaja,SIK kepada matatelinga.com saat dikonfirmasi melalui selularnya membenarkan bahwasannya pada hari Kamis 21 Maret 2019 , penyidik Sat. Reskrim Polres Asahan yang menangani perkara perbuatan tidak menyenangkan dan atau fitnah melalui media sosial Face book pada akun tersangka "PH", sudah selesai pemberkasan dan hari ini sudah P21 tahap ke 2 dalam artian seluruh berkas penyidikan perkara tersebut sudah dapat diterima Jaksa Penuntut Umum (JPU) berikut tersangkanya dapat diserahkan ke pihak Kejaksaan, dengan demikian seluruh tugas penyidikan dalam perkara dimaksud sudah selesai, dan selanjutnya perkara tersebut sudah berada di tangan Kejaksaan Negeri Asahan.

Secara terpisah  kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Asahan H.Rahmad Hidayat Siregar, S.Sos.MSi yang dihubungi melalui selularnya mengatakan sangat mengapresiasi kinerja pihak Kepolisian Resor Asahan yang telah menyelesaikan pemberkasan penyidikan perkara berita hoax yang ditujukan kepada Bupati Asahan yang ditulis pada dinding akun facebook Putra Hutasuhut pada 11 Pebruari 2018 lalu, Pememrintah Kabupaten Asahan menyerahkan semua ini pada hukum yang ada di negara ini.



H.Rahmad Hidayat Siregar, S.Sos.MSi juga menghimbau kepada seluruh warga masyaraat agar lebih ber hati hati dalam menggunakan sarana media sosial, dalam media sosial kita juga harus lebih selektif dalam menuliskan suatu postingan, karena dengan tulisan yang kita perbuat dan diunggah pada media sosial dapat berakibat fatal, seperti yang dilakukan oleh Putra Hutasuhut ini, hindari yang berbau SARA, HOAX dan hal hal yang dapat menjerat diri sendiri, dalam perkara ini Pemerintah Kabupaten Asahan sudah meyerahkan seluruh permasalahan ini kepada kuasa hukum Leo Napitupulu, SH.Mhum.

Sementara tersangka Putra Hutasuhut ketika dikonfirmasi saat berada di Kejaksaan negeri Asahan  mengatakan menyesali perbuatannya dan kami bersama keluarga masih berupaya untuk melakukan pendekatan kepada keluarga besar Buya Armyn Simatupang, namun hingga saat ini masih belum dapat kami temui dikarenakan kesibukan buya Armyn Simatupang, pungkasnya.  

(Mtc/Ben)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:AsahanBerkas Penyebaran HoaxblibliJpujaksaMatatelingaPemkab AsahanPenuntutTerkiniumum
Komentar
Senin, 22 Jul 2019 22:45Internasional

Jamaah Haji Jangan Paksakan Diri Cium Hajar Aswad

Jamaah haji Indonesia diimbau tidak memaksakan diri untuk mencium hajar aswad.

Senin, 22 Jul 2019 21:32Berita Sumut

DPRD Terima LPJ APBD Kota Medan T.A 2108

DPRD Kota Medan menyetujui Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksananaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018 dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis

Senin, 22 Jul 2019 21:27Berita Sumut

Aspidum Edyward Kaban Terima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Edyward Kaban, SH, MH menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya yang telah berbakti sebgai pegawai negeri sipil selama 30 tahun secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapa

Senin, 22 Jul 2019 21:05Berita Sumut

Kanimsus Medan Luncurkan Immigration Corner di KNIA

Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus (Kanimsus) TPI Medan meluncurkan inovasi terbaru untuk melayani para warga negara asing (WNA) yang datang melalui Bandara Internasional Kualanamu . Inovasi yang dimaksud adalah dengan mendirikan Immigration Corner.

Senin, 22 Jul 2019 20:40Berita Sumut

Hanyut di Sungai Seruwai, Pemancing Ini Ditemukan Tewas

Seorang pria bernama Awi ,59, yang dilaporkan hanyut saat memancing di atas sampan di Sungai Seruwai pada Minggu (21/7) kemarin akhirnya ditemukan. Pria tua itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Senin (22/7/2019) sore.

Senin, 22 Jul 2019 20:14Berita Sumut

Jaksa Rayakan HUT Adhyaksa, PN Medan Sepi Persidangan

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Adyaksa ke-59, Senin (22/7/2019) kembali mengakibatkan sepinya aktivitas persidangan di PN Medan. Pemandangan ini juga terjadi Senin pekan lalu berkaitan dengan acara pembukaan Pekan Olahraga (POr) yang diikuti ke

Senin, 22 Jul 2019 19:51Berita Sumut

Akhyar Jadi Narasumber KKLDN

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memaparkan berbagai hal terkait Kota Medan dihadapan para Perwira Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan

Senin, 22 Jul 2019 19:36Nasional

UNSW Australia Kunjungi Mabes Bakamla RI/IDNCG

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi University of New South Wales (UNSW) Australia, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Jakarta Pusat,

Senin, 22 Jul 2019 19:21Berita Sumut

Wali Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Creative Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan jajaran redaksi Sindo Media di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7). Selain bersilaturahmi, kedatangan tersebut dalam rangka menyerahkan langsung penghargaan Government

Senin, 22 Jul 2019 18:47Berita Sumut

Sudah Dinonaktifkan, Eks Kades di Tapteng Ini Harus Meringkuk di Penjara

Seorang eks kepala desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Tengah ditangkap polisi lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Tersangka berinisial RS alias Roi ,34, disangka mengorupsi dana desa lebih dari Rp 280 juta saat menjabat Kades Ra

Senin, 22 Jul 2019 18:24Berita Sumut

Polsek Sunggal Ungkap Perdagangan Anak Dibawah Umur yang Libatkan Keluarga

Polsek Sunggal mengungkap kasus perdagangan perempuan di bawah umur yang melibatkan keluarga. Dalam kasus ini, polisi mengamankan dua orang pelaku.

Senin, 22 Jul 2019 18:00Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Bimtek PBMD

Pemko Medan melalui Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (PBMD) di lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7).

Senin, 22 Jul 2019 17:41Berita Sumut

Pangdam Lepas Keberangkatan 73 Orang Calon Haji KBIH Kodam I/BB

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melepas keberangkatan jama'ah calon haji KBIH Kodam I/BB ke Asrama Haji, pada Senin 22 Juli 2019 di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Senin, 22 Jul 2019 17:26Berita Sumut

57 Pati TNI Sandang Pangkat Baru

Sebanyak 57 prajurit Perwira Tinggi (Pati) TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1720/VII/2019 tanggal 19 Juli 2019.

Senin, 22 Jul 2019 17:08Berita Sumut

Aneh, Wartawan Dilarang Liput Rapat Pansus DPRD Medan

Rapat tertutup mulai membudaya di DPRD Medan. Jika sebelumnya rapat tertutup saat pembahasan LPj Walikota terhadap penggunaan APBD TA 2018 diberlakukan. Kali ini rapat tertutup terulang saat pembahasan Pansus Ranperda Perusahaan Umum Daerah Pasar Pemko Me

Senin, 22 Jul 2019 16:39Berita Sumut

FPKS Dorong Pemko Medan Buat Early Warning Sistem untuk Warga Bantaran Sungai

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan mengingatkan Pemerintah Kota Medan untuk mengantisipasi tumbangnya billboard dan baliho saat musim hujan ini.