• Home
  • Berita Sumut
  • Pemko Medan, TNI, Polri dan Elemen Masyarakat Bersihkan Kawasan Danau Siombak

Pemko Medan, TNI, Polri dan Elemen Masyarakat Bersihkan Kawasan Danau Siombak

faeza Sabtu, 21 September 2019 11:25 WIB
Mtc/ist
Pemko Medan menggelar Aksi Bersih Tingkat Kota Medan dalam rangka memperingati World Cleanup Day 2019 di kawasan Danau Siombak, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (21/9). Selain di seputaran Danau Siombak, aksi bersih-bersih ini juga di
MATATELINGA, Medan: Pemko Medan menggelar Aksi Bersih Tingkat Kota Medan dalam rangka memperingati World Cleanup Day 2019  di kawasan Danau Siombak, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (21/9/2019). Selain di seputaran Danau Siombak, aksi bersih-bersih ini juga digelar serentak di 21 kecamatan di Kota Medan.




Sebelum aksi bersih-bersih dimulai, kegiatan diawali dengan apel bersama. Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bertindak sebagai pembina apel gabungan yang dihadiri OPD terkait di lingkungan Pemko Medan seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum, jajaran Kecamatan Medan Marelan, Pramuka, pelajar serta didukung aparat TNI dan Polri.

Aksi bersih dimulai dengan pemberian peralatan kebersihan kepada perwakilan peserta oleh Wali Kota. Kemudian Wali Kota bersama seluruh peserta membersihkan kawasan Danau Siombak. Guna mendukung kelancaran aksi bersih-bersih sejumlah alat berat seperti long amp dan backhoe loader diturunkan serta truk yang digunakan untuk mengangkut sampah hasil pembersihan yang dilakukan.

Pembersihan dilakukan dengan membagi kawasan Danau Siombak menjadi 5 zona guna mempermudah sekaligus memaksimalkan pembersihan yang dilakukan. Wali Kota bersama Dandim 0201/BS Kol Inf Roy Hansen J Sinaga S Sisa, Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Kapten Marinir Yuda Bakti, anggota DPRD Kota Medan Surianto SH,  Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni serta Kadis Perhubungan Iswar Lubis bersama seluruh peserta aksi bersih kemudian melakukan pembersihan bersama-sama yang diikuti dengan penanaman pohon serta penaburan benih ikan.




Bahkan, Wali Kota bersama-sama unsur Forkopimda, Kadis Kebersihan dan Pertamanan serta Camat Medan Marelan M Yunus sempat mengelilingi Danau Siombak dengan mengendarai perahu karet dan boat untuk melihat kondisi Danau Siombak, terutama kebersihannya.

Menurut Wali Kota, kegiatan Aksi Bersih Tingkat Kota Medan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) 2019 merupakan salah satu bukti nyata kepedulian warga Kota Medan untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan."Kita tentu tidak ingin kota ini dinobatkan sebagai salah satu kota metropolitan yang tidak mampu menjaga kebersihan lingkungan," kata Wali Kota.

Apalagi kini Indonesia kata Wali Kota,  sedang berduka akibat kondisi darurat asap di Sumatera dan Kalimantan. Dikatakannya, luasnya lahan gambut yang terbakar membuat negara diliput asap yang mengundang partikel polutan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. ''Kondisi yang kerap berulang ini telah mencoreng wajah pemerintah di mata dunia, karena kita dianggap tidak becus dalam mengurusi masalah lingkungan," ungkapnya.

Wali Kota selanjutnya memaparkan, kebiasaan masyarakat yang kurang peduli terhadap isu-isu lingkungan telah membuat kondisi lingkungan menjadi kurang terawat dan kian hari menyedihkan. Oleh karenanya tegas Wali Kota, harus ada upaya dan usaha yang kuat untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya nilai kebersihan lingkungan untuk tumbuh kembang generasi masa depan Indonesia, terkhusus Kota Medan.




"Untuk itu saya berharap agar aksi bersih lingkungan yang dilakukan ini dapat menjadi tradisi dan budaya yang selalu kita laksanakan di lingkungan sekitar kita, sehingga Kota ni Medan Rumah Kita bersama akan semakin bersih dan asri pada masa mendatang," harapnya.

Tak lupa Wali Kota mengingatkan, masih banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Namun upaya itu harus dilakukan secara terintegrasi dengan semua pihak, utamanya masyarakat karena masyarakat merupakan kunci kebersihan menjaga lingkungan yang tetap lestari.

Sementara itu Kadis Kebersihan dan  Pertamaman Kota Medan HM Husni menjelaskan, WCD adalah aksi bersih-bersih terbesar di dunia yang dilakukan serentak di 157 negara, termasuk Indonesia. Tujuannya untuk membebaskan planet dari permasalahan sampah.

"Aksi hari ini merupakan bentuk dukungan Pemko Medan terhadap kegiatan WCD. Selain di kawasan Danau Siombak, aksi bersij-bersih juga dilakukan di 21 kecamatan di Kota Medan," jelas Husni.

Selanjutnya melalui kegiatan ini, Husni berharap lahir momentum untuk mempersatukan masyarakat, khususnya Kota Medan dari berbagai latar baik agama, suku, budaya dan golongan melalui WCD. Kemudian meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah. Serta menjadi gerakan masif untuk membuat Kita Medan bersih serta mengedepankan nilai-nilai perdamaian dan cinta lingkungan yang berkelanjutan. (mtc)

Editor: faeza

T#g:Pemko MedanPolri dan Elemen Masyarakat Bersihkan Kawasan Danau SiombaktniTerkiniWorld Cleanup Day (WCD) 2019World Cleanup Day WCD 2019danau siombakMedanPemko Medan
Komentar
Kamis, 24 Okt 2019 09:00Ekonomi

Di Tengah Penantian Brexit, Harga Emas Berjangka Naik

Harga emas naik karena beberapa investor mencari aset yang aman setelah anggota parlemen Inggris menunda Brexit

Kamis, 24 Okt 2019 08:45Ekonomi

Investor Fokus ke Laporan Keuangan Emiten, Wall Street Naik Tipis

Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat sedikit dengan tidak adanya perkembangan baru perundingan dagang

Kamis, 24 Okt 2019 08:30Nasional

KPK Imbau Kabinet Indonesia Maju Segera Laporkan LHKPN

Sebagi bentuk pencegahan dari tindak pidana korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi mengimbau para menteri di Kabinet Indonesia Maju

Kamis, 24 Okt 2019 08:15Nasional

Prancis Open 2019, ini Hasil Wakil Indonesia di Hari Kedua

Prancis Open 2019. Sebanyak tujuh wakil Indonesia berlaga di hari kedua, Rabu 23 Oktober 2019

Kamis, 24 Okt 2019 08:00Nasional

Harus Diselesaikan, ini Sederet PR 19 Menteri Ekonomi

Kabinet Indonesia Maju baru dilantik. Presiden Joko Widodo menitip pesan, dia meminta 34 menteri membantu

Kamis, 24 Okt 2019 07:45Bola

Liga Champions 2019-2020, Kamis 24 Oktober 2019, ini Hasil Laganya

Sejumlah pertandingan seru dan menegangkan tersaji di matchday ketiga Liga Champions 2019-2020 yang dihelat

Kamis, 24 Okt 2019 07:30Lifestyle

Makanan Halal Antarkan Pria Jepang Masuk Islam

Seorang pria Jepang, Kazushige Kobayashi menceritakan kisahnya menjadi seorang mualaf

Kamis, 24 Okt 2019 07:15Internasional

Fitriani Lolos ke Babak Kedua Prancis Open 2019

Babak pertama ajang Prancis Open 2019. Tunggal putri Indonesia, Fitriani, meraih hasil positif

Kamis, 24 Okt 2019 07:00Bola

Liverpool Curi Tiga Poin atas KRC Genk

Liga Champions 2019-2020. Liverpool meraih hasil positif saat menghadapi wakil Belgia, KRC Genk di fase grup

Kamis, 24 Okt 2019 06:45Bola

Barcelona Menang Tipis 2-1 di Markas Slavia Praha

Laga lanjutan fase grup Liga Champions 2019-2020. Barcelona meraih tiga poin saat bertandang ke markas wakil Republik Ceko, Slavia Praha

Kamis, 24 Okt 2019 06:30Berita Sumut

PAUS Sikat Tiga Pelaku Tindak Kejahatan Narkoba Di Asahan

Tim PAUS yang merupakan tim Satuan Tugas (Satgas) Preventif bentukan Sat.Res.Narkoba Polres Asahan yang bekerja sama bersama unsur masyarakat serta instansi terkait lainnya dalam memerangi serta memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Asahan

Kamis, 24 Okt 2019 06:15Berita Sumut

Fraksi PAN DPRD Medan, Edi Saputra Minta Usut Tuntas Dalang Pengrusakan Masjid

Masyarakat Kota Medan khususnya umat Islam mengecam keras pengrusakan Masjid Amal Silaturrahim di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, yang terjadi Selasa (22/10/2019) malam.

Kamis, 24 Okt 2019 06:00Nasional

Personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Gelar Latihan Menembak Senjata Kelompok

Personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Konga XXIII-N Unifil yang saat ini sedang melaksanakan Pre Deployment Training (PDT) di daerah latihan PMPP TNI, Sentul, Bogor, dalam dua hari terakhir melaksanakan latihan menembak senjata kelomp

Kamis, 24 Okt 2019 05:45Nasional

Puluhan Pencuri Sadis Dibekuk Polisi

Dikenal sadis dan tak segan melukai korban jika aksinya kepergok. Sebanyak 27 pelaku pencurian

Rabu, 23 Okt 2019 21:15Berita Sumut

Akhirnya, Fakultas Kedokteran UMI Medan Peroleh Akreditasi "B"

Setelah bertahun-tahun hanya menyandang predikat akreditasi C, Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) Medan akhirnya pecah telur dan menanjak satu tingkat dengan diperolehnya akreditasi"B" dari Perkumpulan Lembaga Akreditas

Rabu, 23 Okt 2019 19:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Laksanakan Pertemuan Dengan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia

Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah menerima kunjungan kemitraan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia, Selasa (22/10/2019).