• Home
  • Berita Sumut
  • Pemko Medan Dorong Warga Manfaatkan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga

Pemko Medan Dorong Warga Manfaatkan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga

Faeza Selasa, 26 Maret 2019 18:01 WIB
mtc/ist
Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Khairul Syahnan saat menghadiri acara Peresmian Jaringan Gas (Jargas) di kantor Camat Medan Denai Jalan Pancasila No 96, Selasa (26/3).
MATATELINGA, Medan: Produksi gas bumi nasional hingga kini masih cukup besar, sehingga harus mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk penggunaan dalam negeri dan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah Indonesia bersama BUMN Migas sendiri telah menargetkan jumlah Jaringan Gas (Jargas) mencapai 4,7 juta sambungan rumah tangga hingga tahun 2025 untuk mengurangi impor elpiji dan menekan subsidi elpiji.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Khairul Syahnan saat menghadiri acara Peresmian Jaringan Gas (Jargas) di kantor Camat Medan Denai Jalan Pancasila No 96, Selasa (26/3).

Kemudian Asisten Ekbang menjelaskan, agar bisa mewujudkannya, pemerintah menargetkan 1 juta sambungan rumah tangga tiap tahun mulai Tahun 2020 mendatang. Namun, badan usaha swasta masih banyak yang enggan berpartisipasi dalam upaya mewujudkan mimpi pemerintahan tersebut.

"Kita tentu berharap, pihak swasta akan makin terbuka mata, hati, dan pikirannya untuk turut membantu menyukseskan program pembangunan Jargas nasional ini," jelas Syahnan.

Lebih lanjut lagi Syahnan menambahkan bahwa kegiatan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kota Medan ini telah dilaksanakan sejak Tahun 2018 oleh Direktoral Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya mineral Republik Indonesia.

"Alhamdulillah sejak tahun 2018 sebagian warga Kota Medan telah menikmati Jargas yang tersambung ke rumah warga. Kedepannya akan lebih banyaj lagi sambungan Jargas ke rumah-rumah warga yang ada di Kota Medan" kata Syahnan.

Kemudian Syahnan mengungkapkan, pembangunan Jargas ini adalah upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi yang bersih, murah, ramah lingkungan dan efisien. Penggunaan jargas akan mampu menghemat elpiji sebanyak 216 ton per bulan dan mengurangi subsidi sebesar 1,5 Miliyar Rupiah per bulannya.

"Dengan begitu nantinya akan makin banyak warga Kota Medan yang akan menggunakan Jargas, sehingga warga kota Medan akan turut berperan serta secara aktif dalam mengurangi penggunaan gas elpiji yang sebagian besar masih harus diimpor," ungkapnya.

Syahnan juga berharap, pemasangan Jargas ini akan mampu menghilangkan pemandangan antrean warga yang mengular panjang berjibaku untuk membeli gas elpiji demi bisa memasak di rumah masing-masing masyarakat. Dengan Jargas, masyarakat Kota Medan bisa tenang menikmati kemudahan akses yang ditawarkan oleh program pro masyarakat ini.

"Dengan adanya Jargas ini akan bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat baik di sisi ekonomi, sosial maupun untuk program ramah lingkungan, juga mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan Kota Medan di masa depan," harapnya.

Sementara itu, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Parulian Sihotang, mengatakan, penggunaan Jargas ini lebih hemat dari pada penggunaan elpiji karena gas yang dihasilkan Indonesia tidak semuanya dapat dijadikan elpiji sehingga harus impor, jika terus menerus impor maka harga gas elpiji juga akan semakin mahal karena dan akan memberatkan warga yang kurang mampu.

"Penggunaan Jargas ini lebih hemat dibandingkan penggunaan elpiji, dan elpiji kita saat ini sudah semakin langka sehingga harus diimpor maka dari itu penggunaan elpiji juga bisa memberatkan warga yang kurang mampu dengan harga yang semakin mahal karena mengikuti perkembangan dolar," kata Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas.

Kemudian Parulian Sihotang menyebutkan ada sebanyak 5656 pipa unit sambungan rumah atau SR dengan total panjang pipa sebesar 72.385 meter di Kota Medan dimana untuk harga yang harus dibayar warga perbulannya, yakni untuk  Rumah Tangga (RT) 1 dan Pelanggan Kecil (PK) 1 sebesar Rp 4.250 sementara  Rumah Tangga (RT) 2 dan Pelanggan Kecil (PK) 2 sebesar Rp 6.250.

"Ada sebanyak 5656 sambungan pipa ke rumah-rumah warga dengan panjang pipa sebesar 72.385 meter. Dan untuk biaya perbulan yang harus dibayar untuk kelas RT1 dan PK1 sebesar Rp 4.250 sedangkan untuk RT2 dan PK2 sebesar Rp. 6.250," sebut Parulian Sihotang.

Dari jumlah yang terpasang itu, per 22 Maret lalu, SR beroperasi mencapai 1.404 unit. Pembangunan SR baru mencakup wilayah Tegal Sari Mandala, Medan Area, dan Medan Denai.

Parulian Sihotang menegaskan, penggunaan gas bumi jauh lebih efisien bagi rakyat miskin maupun industri. "Pembangunan jaringan gas bumi ini jauh lebih efisein dan aman tentunya, jika dibandingkan dengan LPG," ujarnya.

Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas juga meminta dukungan kepada pemerintah dan masyarakat untuk kiranya program ini dapat diteruskan dan dilaksanakan  kedepannya. Serta dapat memelihara pipa-pipa ini nantinya, karena diperkirakan umur pipa tersebut bisa mencapai 50 tahun kedepan.

"Saya mohon kepada mayarakat kiranya untuk ama-sama kita menjaga pipa-pipa ini agar bisa bertahan lama, sehingga anak cucu kita nanti dapat menikmati aset dari negara ini," pintanya.

Selanjutnya Peresmian Jargas Bumi Rumah Tangga ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pemecahan kendi oleh Asisten Ekbang dan Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas. Kemudian peninjauan langsung ke rumah warga yang sudah terpasang Jargas bumi.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:Jaringan Gas Bumi Rumah TanggaPemko Medan
Komentar
Rabu, 19 Jun 2019 13:40Nasional

Kapolri Menerima Courtesy Call Dubes Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. didampingi Kadiv Hubinter Polri dan Kadensus 88 AT menerima Courtesy Call Dubes Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka H. E. Mr. Dharshana M. Perera beserta rombongan di ruang tamu Kapolri.

Rabu, 19 Jun 2019 13:25Berita Sumut

Bupati Sergai Sambut Kunker Komisi D DPRD Sumut

Bupati Serdangbedagai Soekirman menyambut kedatangan rombongan Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara yang melaksanakan kunjung kerja, Rabu (19/6/2019) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. Dalam kesempatan itu, Soekirman mema

Rabu, 19 Jun 2019 13:10Berita Sumut

Kapolda Sumut Ultimatum Penggarap yang Masih Kuasai Lahan Proyek Jalan Tol di Tanjung Mulia

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memberikan ultimatum bagi para penggarap di lahan yang akan digunakan untuk proyek Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia. Kapolda Sumut berharap agar warga yang tinggal di lahan itu mementingkan proyek jalan tol

Rabu, 19 Jun 2019 12:01Bola

Mohammadou Al-Hadji Perkuat Skuad PSMS di Liga 2

Mohammadou Al-Hadji, salah seorang pemain naturalisasi asal Kamerun akan memperkuat tim PSMS dalam mengarungi kompetisi Liga 2 2019. Meski belum ada perjanjian tertulis, Al-Hadji memastikan akan menjadi bagian PSMS musim ini setelah menyepakati negosiasi

Rabu, 19 Jun 2019 12:00Berita Sumut

Polrestabes Medan Gelar Donor Darah

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-73 tahun 2019 menggelar berbagai kegiatan, salah satunya donor darah yang dilaksanakan di Aula Bhayangkara Jalan HM Said No.1 Medan, Selasa (18/6/2019).

Rabu, 19 Jun 2019 11:57Berita Sumut

Sholat Berjamaah Bersama Warga, Babinsa Limau Manis Tingkatkan Komsos

Babinsa Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa Koramil 16/Tanjung Morawa Kodim 0201/BS Serma Zulkifli usai Sholat Berjamaan bersama warga binaan melaksanakan komsos dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat, Selasa (18/06/2019)

Rabu, 19 Jun 2019 11:37Berita Sumut

Komsos Sarana Silaturahmi Babinsa Koramil 05/MB dengan Warga Binaan

Babinsa Koramil 05/MB Kodim 0201/BS Serda Taufik melaksanakan kegiatan Komsos dengan bapak Yusuf yang merupakan Imam Mesjid Al-Hidayah Starban serta warga masyarakat Kelurahan Polonia Kecamatan Medan Polonia yang merupakan warga binaannya, Selasa (18/06/1

Rabu, 19 Jun 2019 11:34Berita Sumut

Jasad Bayi Mengambang di Sungai Deli Hebohkan Warga Belawan Bahari

Sesosok jasad bayi ditemukan warga mengambang di bantaran Sungai Deli Kelurahan Belawan Bahari, Medan , Rabu (19/6) pagi. Sontak, penemuan ini membuat heboh warga sekitar.

Rabu, 19 Jun 2019 11:32Berita Sumut

Pasca Pemilu, Babinsa Koramil 08/MJ Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Sebagai wujud kepedulian dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Babinsa selalu bertanggungjawab dengan wilayah binaannya. Guna mewujudkan Kamtibmas, Babinsa aktif melaksanakan komsos dengan memberikan himbauan-himbauan.

Rabu, 19 Jun 2019 11:05Berita Sumut

Sambut HUT ke 73 Bhayangkara, Polsek Medan Baru Anjangsana ke Panti Sosial Pertuni

Dalam rangka menyambut HUT ke 73 Bhayangkara, Polsek Medan Baru melaksanakan Baksos dan anjangsana di Kantor Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia) Medan. Kunjungan anjangsana Personil Polsek Medan Baru langsung disambut oleh pengurus Pertuni.

Rabu, 19 Jun 2019 10:50Berita Sumut

Polsek Sunggal Sikat Kelompok Gengmot Pasukan Berani Mati

Sebanyak 12 orang anggota geng motor Pasukan Berani Tewas (PBT) diciduk tim Pegasus Polsek Sunggal dari kawasan Jalan Tanjung Balai, Desa Sunggal Kanan Kecamatan Sunggal, Selasa (17/6/2019).

Rabu, 19 Jun 2019 10:35Berita Sumut

Mabes Polri Gelar Lomba Foto dan Vlog dengan Total Hadiah Rp 60 Juta

Markas Besar (Mabes) Polri dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 73 mengajak masyarakat umum dan anggota TNI Polri untuk ikut berpartisipasi lomba foto dan vlog.

Rabu, 19 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Dituntut 12 Tahun Penjara, Jakir Usin : Saya Ditangkap Tanpa Barang Bukti

Jakir Usin alias Zakir Husin (47) terdakwa kasus narkotika dituntut 12 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randi Tambunan. Tuntutan itu dibacakan dihadapan majelis hakim yang diketuai Syafril Batubara dalam persidangan yang digelar di ruang sidan

Rabu, 19 Jun 2019 09:36Berita Sumut

Bikin Miris!!! Ini Motif Pasutri di Tapteng Bunuh Karyawati BSM

Polisi berhasil meringkus pasangan suami istri (Pasutri) DP dan NN yang tega membunuh karyawati Bank Mandiri Syariah, Santi Devi Malau (25) di Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumut pada Jumat (14/6) yang lalu. Motif kedua pelaku membunuh Santi karena d

Rabu, 19 Jun 2019 08:15Ekonomi

Lagi, Berbendera Malaysia, KKP Kembali Tangkap Kapal Pencuri Ikan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menangkap satu kapal perikanan asing (KIA

Rabu, 19 Jun 2019 08:00Internasional

Mencengangkan, Bocah 4 Tahun Curi Mobil

Seorang anak berusia empat tahun mencuri mobil kakeknya agar dia bisa membeli