Pemko Medan Dukung Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif

Faeza Rabu, 21 Agustus 2019 18:10 WIB
mtc/ist
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait Pembahasan Keadaan Be Craft (Badan Ekonomi Kreatif) Kota Medan di Ruang Rapat Komisi III DPRD Kota Medan, Rabu (21/8). Pemko Medan dalam RDP tersebut diwakili Plt Kadis Pariwisata Kota Medan Renward Parapat, Kadis Peri
MATATELINGA, Medan: Pemko Medan mendukung penuh dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif di Kota Medan. Kehadiran  Badan Ekonomi Kreatif itu nantinya dapat menampung para pelaku kreatif yang ada di Kota Medan.  Dengan demikian setiap kali Pemko Medan menggelar event, Badan Ekonomi Kreatif dilibatkan sehingga pelaksanaan event akan lebih baik dan bewarna lagi ke depannya.

Demikian terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait Pembahasan Keadaan Be Craft  (Badan Ekonomi Kreatif) Kota Medan di Ruang Rapat Komisi III DPRD Kota Medan, Rabu (21/8). Pemko Medan dalam RDP tersebut diwakili Plt Kadis Pariwisata Kota Medan Renward Parapat, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Kadis Kebudayaan OK Zulfi serta Kabag Perekonomia Nasib.



Di hadapan anggota Komisi III yang dipimpin Boydo HK Panjaitan selaku ketua, Renward mengungkapkan, terkait masalah ekonomi kreatif, Pemko Medan melalui OPD  terkait  yakni Dinas Pariwisata sudah memiliki satu bidang  bernama E-Creatif. Dikatakannya, ada 16 kegiatan yang telah dimuat dalam E-Creatif tersebut.

"Sebanyak 16 kegiatan kreatif tersebut berupa aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, fashion, desain interior, desain komunikasi visual, seni pertunjukan, film, animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni rupa, dan televisi dan radio," jelas Renward.



Meski demikian bilang Renward, Pemko Medan siap mendukung dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif karena akan menjadi wadah berkumpulnya para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. Dengan demikian para pelaku ekonomi kreatif dapat berkreasi dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik.

Dukungan juga disampaikan Kadis Perindustrian Kota Medan Zulkifli Sitepu. Dia berharap pembentukan Badan Ekonomi Kreatifsegera direalisasikan, sehingga badan ini nantinya dapat menampung para pelaku ekonomi kreatif  untuk berkreasi, sehingga menghasilkan produk terbaik. Apalagi jika produk yang dihasilkan itu melalui kolaborasi dengan nuansa budaya yang ada di Kota Medan.



"Dengan sentuhan para pelaku ekonomi kreatif, produk yang dihasilkan sebelumnya tidak memiliki nilai  jual  akhirnya menjadi produk terbaik dan memiliki nilai jual tinggi. Jadi kita snagat mendukung pembentukan Badan Ekonomi Kreatif," ungkap Zulkifli.

Dukungan pembentukan Badan Ekonomi Kreatif juga mengalir dari Kadis Kebudayaan OK Zulfi. Dikatakannya, pembentukan Badan Ekonomi Kreatif perlu dilakukan untuk mewadahi sleuruh pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. "Saya sangat setuju dengan dibentuknya Badan  Ekonomi Kreatif.  Badan ini kita harapkan dapat menjual kerajinan yang dihasilkan suatu budaya dengan sentuhan para pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan ini," ujarnya.



Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif mencuat  setelah Andre, perwakilan pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan dalam RDP itu mengusulkan dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif sebagai wadah mereka berkreasi.

"Kedatangan kami  ke Kantor DPRD Medan ini untuk menyikapi keresahan terhadap Kota Medan. Padahal banyak yang bisa dikembangkan di kota yang kita cintai bersama  namun tidak dilakukan. Untuk itu melalui pembentukan Badan Ekonomi Kreatif, para pelaku ekonomi kreatif dapat berkumpul dan mengembangkannya. Sekarang ini zaman industri 4.0 sehingga Kota Medan harus mampu mengikuti zaman yang kian berkembang,"  ungkap Andre.

Menyikapi hal itu  Ketua Komisi III C DPRD Kota Medan Boydo HK Panjaitan, menyetujui usulan tersebut dan minta Pemko Medan agar membentuk Badan Ekonomi Kreatif supaya bisa mengakomodir kegiatan yang ada di SKPD agar lebih kreatif bekerjasama dengan para pelaku ekonomi kretatif yang ada di Kota Medan. "Jadi kita akan lakukan rapat pembahasan lanjutan guna menindaklanjuti pembentukan ekonomi kreatif tersebut,"  ujar Boydo.(mtc)
Editor: faeza

T#g:Badan Ekonomi KreatifMedanPemko MedanPemko Medan Dukung Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif
Komentar
Minggu, 22 Sep 2019 09:00Ekonomi

Harga Tiket Selangit, ini 10 Maskapai Kelas Dunia

Walaupun dibanderol dengan harga yang mahal, harga pastinya tidak akan pernah bohong

Minggu, 22 Sep 2019 08:45Bola

Liga Italia 2019-2020, Sabtu 21 September 2019, ini Hasil Laganya

Pekan keempat yang berlangsung, Sabtu 21 September 2019 hingga Minggu

Minggu, 22 Sep 2019 08:30Ekonomi

Instagram Mulai Terapkan Batasan Usia Pengguna

Aplikasi berbagi foto ini telah mengeluarkan kebijakan baru pada aplikasinya. Ia memberikan batasan usia

Minggu, 22 Sep 2019 08:15Bola

Liga Inggris 2019-2020, Sabtu 21 September 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan pekan keenam Liga Inggris 2018-2019. Sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam

Minggu, 22 Sep 2019 08:00Lifestyle

Kisah Misteri Dibalik Nikah Muda Febri

Menikah muda bukanlah hal yang sangat mudah. Mungkin ada pasangan yang nikah muda karena sudah merencanakannya

Minggu, 22 Sep 2019 07:45Bola

Kisrus di Real Madrid Semakin Memanas, Zidane Angkat Bicara

Ajang Liga Champions membuat kelanjutan karier Pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane

Minggu, 22 Sep 2019 07:30Lifestyle

Ini Doa Hingga Keutamannya Shalat Tahajud

Shalat yang hanya bisa dikerjakan pada sepertiga malam ini memiliki banyak keutamaan

Minggu, 22 Sep 2019 07:15Nasional

Maluku Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo

Gempa 6,4 magnitudo guncang wilayah Maluku Tenggara Barat. Gempa tersebut dilaporkan terjadi, Minggu

Minggu, 22 Sep 2019 07:00Bola

Granda Petik Poin Penuh Usai Taklukkan Barcelona 2-0

Laga lanjutan Liga Spanyol 2019-2020. Granada memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 kala menjamu Barcelona

Minggu, 22 Sep 2019 06:15Nasional

Kepala Zona Kamla Timur Jadi Pembicara di Akademi Maritim Maluku

Kepala Zona Kamla Timur Laksamana Pertama Bakamla Vetty V. Salakay, S.H., M.Si., hadir sebagai pembicara di hadapan 50 Taruna/i Akademi Maritim Maluku Jl. DR. Kayadoe RT 05/05 Kudamati, Ambon beberapa hari lalu.

Minggu, 22 Sep 2019 06:00Berita Sumut

Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira

Tradisi pedang pora sambut kedatangan Kapolres Tanjung Balai yang baru, di halaman Mapolres Tanjung Balai

Sabtu, 21 Sep 2019 20:13Berita Sumut

MPW PP Sumut Persiapkan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Panitia Pelaksana Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Desa Bandar Khalipah Tembung terus di lakukan. Dimana setiap tahunnya Majelis Pempinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Sumatera Utara dibawah komando H Kodrat Shah dan Sekretari H Ali Madhy telah men

Sabtu, 21 Sep 2019 20:05Berita Sumut

Penyambutan Dan Farewell Parade Kapolres Simalungun

Kapolres Simalungun dari AKBP. Marudut Liberty Panjaitan S.I.K, M.H kepada Kapolres yang baru AKBP. Heribertus Ompusunggu S.I.K, M.si berlangsung dengan hikmat dan penuh haru dari seluruh personil berserta seluruh jajaran Polres Simalungun.di Mapolres Sim

Sabtu, 21 Sep 2019 19:28Nasional

Komandan Task Force Briefing Peserta TNI dalam Latihan Staf Gema Bhakti 2019

Kolonel Inf Edwin Habel selaku Komandan Task Force Latihan Staf Gema Bhakti 2019 melaksanakan briefing kepada peserta TNI terkait pelaksanaan kegiatan latihan TNI dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Hotel Raffles Kuningan Jakarta. Sabtu 21/9/20

Sabtu, 21 Sep 2019 19:13Berita Sumut

Puluhan Ton Minyak Makan Tumpah ke Laut

Puluhan ton minyak makan milik PT Sinar Mas jenis Ekspor tujuan kemancanegara dikawasan Gudang 105 Pelabuhan Ujung Baru Belawan Kota Medan Propinsi Sumater Utara pada Sabtu pagi ( 21/09/2019) tumpah kelaut. Tumpahnya minyak makan tersebut membuat lawa law

Sabtu, 21 Sep 2019 18:45Berita Sumut

Lely Zailani Apresiasi DPR RI Tetapkan RUU Tentang PKS

Puluhan massa yang tergabung dalam gerakan masyarakat sipil Sumut melakukan aksi damai dan aksi teatrikal di Tugu Pos Lapangan Merdeka Medan, tentang Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (GEMSU), Sabtu (21/9/2019) .