Pemko Medan Dukung Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif

Faeza Rabu, 21 Agustus 2019 18:10 WIB
mtc/ist
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait Pembahasan Keadaan Be Craft (Badan Ekonomi Kreatif) Kota Medan di Ruang Rapat Komisi III DPRD Kota Medan, Rabu (21/8). Pemko Medan dalam RDP tersebut diwakili Plt Kadis Pariwisata Kota Medan Renward Parapat, Kadis Peri
MATATELINGA, Medan: Pemko Medan mendukung penuh dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif di Kota Medan. Kehadiran  Badan Ekonomi Kreatif itu nantinya dapat menampung para pelaku kreatif yang ada di Kota Medan.  Dengan demikian setiap kali Pemko Medan menggelar event, Badan Ekonomi Kreatif dilibatkan sehingga pelaksanaan event akan lebih baik dan bewarna lagi ke depannya.

Demikian terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait Pembahasan Keadaan Be Craft  (Badan Ekonomi Kreatif) Kota Medan di Ruang Rapat Komisi III DPRD Kota Medan, Rabu (21/8). Pemko Medan dalam RDP tersebut diwakili Plt Kadis Pariwisata Kota Medan Renward Parapat, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Kadis Kebudayaan OK Zulfi serta Kabag Perekonomia Nasib.



Di hadapan anggota Komisi III yang dipimpin Boydo HK Panjaitan selaku ketua, Renward mengungkapkan, terkait masalah ekonomi kreatif, Pemko Medan melalui OPD  terkait  yakni Dinas Pariwisata sudah memiliki satu bidang  bernama E-Creatif. Dikatakannya, ada 16 kegiatan yang telah dimuat dalam E-Creatif tersebut.

"Sebanyak 16 kegiatan kreatif tersebut berupa aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, fashion, desain interior, desain komunikasi visual, seni pertunjukan, film, animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni rupa, dan televisi dan radio," jelas Renward.



Meski demikian bilang Renward, Pemko Medan siap mendukung dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif karena akan menjadi wadah berkumpulnya para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. Dengan demikian para pelaku ekonomi kreatif dapat berkreasi dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik.

Dukungan juga disampaikan Kadis Perindustrian Kota Medan Zulkifli Sitepu. Dia berharap pembentukan Badan Ekonomi Kreatifsegera direalisasikan, sehingga badan ini nantinya dapat menampung para pelaku ekonomi kreatif  untuk berkreasi, sehingga menghasilkan produk terbaik. Apalagi jika produk yang dihasilkan itu melalui kolaborasi dengan nuansa budaya yang ada di Kota Medan.



"Dengan sentuhan para pelaku ekonomi kreatif, produk yang dihasilkan sebelumnya tidak memiliki nilai  jual  akhirnya menjadi produk terbaik dan memiliki nilai jual tinggi. Jadi kita snagat mendukung pembentukan Badan Ekonomi Kreatif," ungkap Zulkifli.

Dukungan pembentukan Badan Ekonomi Kreatif juga mengalir dari Kadis Kebudayaan OK Zulfi. Dikatakannya, pembentukan Badan Ekonomi Kreatif perlu dilakukan untuk mewadahi sleuruh pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. "Saya sangat setuju dengan dibentuknya Badan  Ekonomi Kreatif.  Badan ini kita harapkan dapat menjual kerajinan yang dihasilkan suatu budaya dengan sentuhan para pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan ini," ujarnya.



Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif mencuat  setelah Andre, perwakilan pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan dalam RDP itu mengusulkan dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif sebagai wadah mereka berkreasi.

"Kedatangan kami  ke Kantor DPRD Medan ini untuk menyikapi keresahan terhadap Kota Medan. Padahal banyak yang bisa dikembangkan di kota yang kita cintai bersama  namun tidak dilakukan. Untuk itu melalui pembentukan Badan Ekonomi Kreatif, para pelaku ekonomi kreatif dapat berkumpul dan mengembangkannya. Sekarang ini zaman industri 4.0 sehingga Kota Medan harus mampu mengikuti zaman yang kian berkembang,"  ungkap Andre.

Menyikapi hal itu  Ketua Komisi III C DPRD Kota Medan Boydo HK Panjaitan, menyetujui usulan tersebut dan minta Pemko Medan agar membentuk Badan Ekonomi Kreatif supaya bisa mengakomodir kegiatan yang ada di SKPD agar lebih kreatif bekerjasama dengan para pelaku ekonomi kretatif yang ada di Kota Medan. "Jadi kita akan lakukan rapat pembahasan lanjutan guna menindaklanjuti pembentukan ekonomi kreatif tersebut,"  ujar Boydo.(mtc)
Editor: faeza

T#g:Badan Ekonomi KreatifMedanPemko MedanPemko Medan Dukung Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif
Komentar
Rabu, 19 Feb 2020 08:00Bola

Agnelli Mencoba Merubah Format Liga Champions,Apa Tanggapan Frank Lampard

Perlu diketahui, selain menjabat sebagai Presiden Juve, Agnelli juga Ketua Asosiasi Klub Eropa. Beberapa bulan lalu, Agnelli mencetuskan ide untuk mengubah format Liga Champions.

Rabu, 19 Feb 2020 07:30Bola

Jamu Liverpool, Atletico Madrid Menang Tipis

Menjamu Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Los Rojiblancos -julukan Atletico Madrid - menang tipis 1-0 lewat gol cepat Saul Niguez pada menit keempat. Simeone pun mengapresiasi para pemainnya yang berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga us

Rabu, 19 Feb 2020 07:15Lifestyle

Mencegah Sakit Jantung, Coba Sarapan Kentang

Bila Anda ingin sehat, bisa memilih makanan untuk sarapan tidak harus nasi. Anda bisa memilih kentang sebagai menu sarapan yang sehat dan bergizi.

Rabu, 19 Feb 2020 07:00Nasional

Direktur Strategi Bakamla RI Berkunjung ke Kantor Bea Cukai dan Kemenkominfo

Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief melaksanakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, beberapa hari lalu.

Rabu, 19 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada 18 Sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang dilaksanakan di SD Negeri 101956 Sukaramai, Dusun IX Sukaramai Desa Celawan Kec. Pantai Cermin

Rabu, 19 Feb 2020 06:15Nasional

Panglima TNI : 11 Pucuk Senjata Kecelakaan Mi-17 Kemungkinan Diamankan Masyarakat

Sejumlah 11 pucuk Senjata milik Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan pesawat Heli Mi-17 beberapa bulan yang lalu di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, kemungkinan masih diamankan oleh masyarakat. Aparat TNI dan Polri masih melakukan pendekatan kep

Rabu, 19 Feb 2020 06:00Berita Sumut

Gelar Pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2020, TNI AU Di Medan Gelar berbagai Pertandingan, diantaranya pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker bertempat dilapangan bulu tangkis Melky Way Lanud Soewondo

Selasa, 18 Feb 2020 22:34Nasional

Presiden Ingin Dana Desa Secepatnya Dikirimkan Ke Desa

Dana Desa yang jumlahnya mencapai 72 triliun rupiah harus secepatnya diterima oleh desa. Oleh karena itu, Pemerintah memutuskan mekanisme pencairannya kini langsung ke desa. Langsung ke rekening desa. Perubahan pencairan Dana Desa ini agar tidak ada lagi

Selasa, 18 Feb 2020 22:15Berita Sumut

Berkas Para Tersangka Pembunuh Jamaluddin Dilimpahkan Ke Kejari Medan

Penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan akhirnya merampungkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin (55).

Selasa, 18 Feb 2020 20:05Berita Sumut

Putu: Polres Tanjungbalai Tak henti Hentinya Membrantas Jaringan Narkoba

Tim gabungan Polres Tanjungbalai yang terdiri dari Polsek, dalam lebih kurang sepekan mengungkap tiga kasus Narkoba dengan meringkus 4 orang tersangkanya dari lokasi yang berbeda.

Selasa, 18 Feb 2020 18:25Berita Sumut

Musda Partai Beringin, Ijeck Mampu Jadikan Golkar Sumut Bermartabat

Ketua Kosgoro Sumut Riza Fakhrumi Tahir menilai hanya sosok H. Musa Rajekshah (Ijeck) yang mampu membuat Golkar Sumut menjadi Golkar yang Bermartabat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, Golkar butuh Ijeck untuk membenahi partai. Hal itu disampaikan

Selasa, 18 Feb 2020 18:10Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Satpol PP Tidak Hanya ‘Anggar’ Otot

Selain melakukan penertiban dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga bertugas memelihara ketentraman, ketertiban umum dan memberikan rasa aman pada masyarakat. Karena itu dalam bertugas Satpol PP tidak bisa hany

Selasa, 18 Feb 2020 17:40Nasional

Panglima TNI : Evakuasi Korban Heli Mi-17 Butuh Profesional dan Skill

Pelaksanaan evakuasi korban Heli Mi-17 di pegunungan Bintang tidak mudah karena berada pada ketinggian lebih dari 12.000 ft dengan kemiringan sampai dengan 90 derajat, butuh suatu profesional, skil dan tekad untuk melaksanakan evakuasi.

Selasa, 18 Feb 2020 17:20Nasional

Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua