Pemko Medan Gelar Penerimaan PPPK 2019

Faeza Jumat, 22 Februari 2019 16:27 WIB
mtc/ist
Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution S MSi MH meninjau lokasi pelaksanaan ujian penerimaan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Binaan Provinsi Sumut, Jalan Karya Dalam, Kelurahan Karang
MATATELINGA, Medan: Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution S MSi MH meninjau lokasi pelaksanaan ujian penerimaan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Binaan Provinsi Sumut, Jalan Karya Dalam, Kelurahan Karang Berombak, Kecamatan Medan Barat, Jumat (22/2) pagi. Peninjauan dilakukan guna mengetahui sejauh mana kesiapan yang telah dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Setda Kota Medan guna mendukung kelancaran pelaksanaan ujian tersebut.

Di dampingi Kepala BKD Setda Kota Medan Muslim Harahap dan Kabag Humas Ridho Nasution, Wakil Wali Kota meninjau 5 ruangan yang akan digunakan sebagai tempat ujian.  Keseluruhan ruangan dilengkapi dengan perangkat komputer, sebab ujian  dilakukan dengan sistem online. Direncanakan, ujian akan dilaksanakan dua gelombang yang dimulai hari ini, Sabtu (23/2) mulai pukul 10.00 WIB.

Dalam peninjauan tersebut, Wakil Wali Kota memastikan seluruh sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan ujian dalam kondisi baik, termasuk komputer dan internet. Meski pun SMKN Binaan Provinsi Sumut dilengkapi dengan mesin generator namun Wakil Wali Kota minta kepada Muslim agar berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan agar pihak PLN tidak memutuskan aliran listrik pada saat ujian berlangsung.

Dikatakan Wakil Wali Kota, ujian  penerimaan PPPK 2019 akan diikuti 197 orang dari total kuota 279 orang. "Alhamdulillah, segala hal yang menjadi kebutuhan ujian telah dipersiapkan dengan baik, khususnya alat utama ujian yakni komputer. Insya Allah semua berjalan lancar, sebab komputer yang digunakan memiliki spesifikasi tinggi. Dengan demikian, diharapkan para peserta tidak menemukan kendala selama mengikuti ujian besok (hari ini),'' kata Wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota selanjutnya memaparkan, ujian akan dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan diikuti sebanyak 120 orang, sedangkan gelombang kedua diikuti sebanyak 77 orang.  Ujian kedua gelombang berlangsung selama 3 sesi, dimana sesi pertama dimulai pukul 10.00 sampai 12.15 WIB, sesi kedua mulai pukul 13.00 sampai 15.15 WIB dan sesi ketiga mulai pukul 15.30 sampai 17.45 WIB.

''Saya mengimbau kepada seluruh peserta ujian PPPK 2019 agar senantiasa mengikuti perkembangan informasi terkait penerimaan PPPK di website resmi, agar tidak ketinggalan informasi yang terbaru. Semoga pelaksnaan ujian berjalan lancar dan para peserta dapat mempersiapkan dikri dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan," harapnya.

Sementara itu usai peninjauan, Kepala BKD Setda Kota Medan Muslim Harahap menerangkan, penerimaan PPPK 2019 di Kota Medan ditentukan langsung pemerintah pusat, mulai peserta yang ikut ujian, soal serta penetapan yang lulus ujian. Artinya, Pemko Medan hanya membantu memfasilitasi pelaksanaan ujian.

''Kita (BKD Kota Medan ) menerima nama-nama para peserta ujian langsung dari pusat. Sebab  bukan kita yang melakukan seleksi. Seluruh rangkaian dan tahapan serta database nama peserta yang lolos seleksi administrasi semuanya melalui website resmi yang dikeluarkan oleh BKN pusat. Dalam pelaksanaan ujian ini, kita hanya membantu menyediakan dan memfasilitasi tempat ujian sekaligus menjamin keamanan penyelenggaraan,'' jelas Muslim.

Untuk Pemko Medan, jelas Muslim, hanya dua bidang saja yang akan diterima melalui ujian penerimaan PPPK 2019 sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat yakni pendidikan dan penyuluhan pertanian. Perinciannya, bidang pendidikan sebanyak 190 orang, sedangkan penyuluhan pertanian sebanyak 17 orang.

"Kuota penerimaan untuk kota Medan sebanyak 299 orang, namun yang kami terima hanya sebanyak 197 orang. Kita hanya memfasilitasi penyelenggaraannya saja. Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan percaya bila ada yang mengatakan bahwa penerimaan PPPK 2019 ini bisa diurus oleh pihak-pihak tertentu. Itu tidak benar. Persiapkan diri dnegan baik, apabila hasil ujian bagus, insya Allah akan lulus," pungkasnya. (mtc)

Editor: faeza

T#g:Penerimaan PPPK 2019Pemko Medan
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa

Minggu, 24 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Muspika Namorambe Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Guna mensukseskan pesta demokrasi diwilayahnya, Muspika Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Minggu, 24 Mar 2019 20:29Berita Sumut

Nicko Perdana Putra Akan Atasi Banjir di Tebingtinggi Apabila Diberi Amanah Menjadi Wakil Rakyat

Nicko Perdana Putra Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Kota Tebingtinggi dengan nomor urut 5

Minggu, 24 Mar 2019 19:30Nasional

Pangdam I/BB "Berangkat tugas operasi adalah Tugas Mulia Bagi seorang Prajurit"

Panglima kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI M.Sabrar Fadhilah beserta rombongan dari Kodam I/BB

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Lifestyle

WOW! Batuk dan Pilek Berkepanjangan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan pendengaran atau biasa disebut tuli

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Nasional

GMNI: Hoax Hingga Terorisme adalah Politik kotor

Dalam menyikapi dinamika kehidupan bangsa saat ini, organisasi mahasiswa, termasuk Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

Minggu, 24 Mar 2019 19:00Bola

Pascal Plancque: Van Dijk adalah Monster di Dunia Sepak Bola

Ketangguhan bek Liverpool, Virgil van Dijk, di dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Minggu, 24 Mar 2019 18:45Bola

Chelsea Rekrut Christian Pulisic, Legenda Amerika Serikat

Salah satu pemain legendaris Timnas Amerika Serikat, Brian McBride

Minggu, 24 Mar 2019 18:30Internasional

Bermotif Etnis, Sedikitnya 134 Tewas dalam Penyerangan

Sedikitnya 134 orang terbunuh dalam sebuah serangan di sebuah desa di selatan Mali yang tampaknya didorong motif etnis.

Minggu, 24 Mar 2019 18:15Internasional

Lebih Dari 1000 Penumpang Kapal Pesiar Dievakuasi

Tim penyelamat bekerja keras untuk mengevakuasi 1.300 orang dari sebuah kapal pesiar yang terdampar di pantai barat Norwegia.

Minggu, 24 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Slank Hipnotis Milenial Medan di Acara Anti Narkoba Polda Sumut

Selamat siang milenial, sapa kaka yang mempunyai nama asli Akhadi Wira Satriaji vokalis grub band Slank. Setelah beberapa lagu dimainkan, Kaka pun meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto untuk naik keatas panggung dan bernyanyi bersama.

Minggu, 24 Mar 2019 18:00Nasional

Didepan Pendukungnya, Pak Prabowo Orasikan Anggaran Negara Bocor

Capres 02, Prabowo Subianto dalam orasinya saat menghadiri kampanye terbuka

Minggu, 24 Mar 2019 17:45Berita Sumut

MUI Paluta Ajak Warga Tolak Hoax dan SARA

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), mengimbau kepada semua pihak termasuk penyelenggara Pemilu, wajib bersikap jujur, adil, dan profesional serta mendukung Pemerintah mensukseskab Pemilu Damai.

Minggu, 24 Mar 2019 17:30Nasional

Lakukan Dengan Hal yang Unik Kampanye Pak Jokowi Disambut Riuh Pendukungnya

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo di arak menggunakan kereta