• Home
  • Berita Sumut
  • Pemko Medan Patikan Program Pemerintah Kota Pro Penanggulangan Kemiskinan

Pemko Medan Patikan Program Pemerintah Kota Pro Penanggulangan Kemiskinan

Amrizal Minggu, 14 Januari 2018 13:58 WIB
Google
MATATELINGA, Medan:   Pemerintah Kota Medan terus berupaya untuk meningkatkan program pembangunan kota dengan fokus pada penanggulangan kemiskinan di Kota Medan melalui berbagai program kesejahteraan sosial masyarakat.


Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin mengintruksikan perangkat daerahnya agar berkomitmen penuh memprogramkan Rencana Kerja Pemerintah Kota Medan tahun 2018 yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat miskin.

Dirinya mengatakan Pemko Medan telah memiliki program pembangunan masyarakat yang berorientasi pada manfaat program kepada masyarakat miskin melalui Program Penanggulangan Kemiskinan yang kegiatannya ditampung dan tersebar di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan.

Diantaranya program kesehatan, program pendidikan, kependudukan, pemberdayaan masyarakat, budi daya peternakan perikanan pertanian, program ekonomi kerakyatan, hingga program Bedah Rumah Aladin yang manfaatnya bisa dirasakan luas bagi masyarakat miskin di Kota Medan.


Kepala Bappeda Kota Medan Ir. Wiriya Alrahman ketika dikonfirmasi, Jumat (12/1) menjelaskan saat ini di Kota Medan terdapat berbagai program nasional maupun program pemerintah daerah yang orientasinya sama-sama untuk penanggulangan kemiskinan.        

Rastra, Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar, BPJS, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan program dari Pemerintah Pusat. Demikian juga Program Penanggulangan Kemiskinan Pemko Medan, seperti program JKN APBD Kota Medan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat, program ekonomi kerakyatan, program kesehatan, Bedah Rumah  Aladin hingga program pemberian bantuan Seragam Sekolah kepada siswa miskin.

"Tidak semua program penanggulangan kemiskinan tersebut berada dalam tanggung jawab pemerintah kota. Untuk program yang berada di bawah Kementerian, tanggung jawab pelaksanaan berada di bawah Kementerian terkait. Pemko Medan punya batasan tertentu seperti halnya pendataan peneriman bantuan pemerintah pusat. Pemko Medan hanya mengawasi dan mendampingi pelaksanaan program nasional tersebut dilapangan," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, data orang miskin penerima bantuan sosial di Kota Medan bukan berasal dari data Pemko Medan, tapi TNP2K di bawah Staff Kepresidenan RI tahun 2015 bekerjasama dengan BPS serta Forum Konsultasi Publik (Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta stakeholder di tingkat kelurahan dan kecamatan) yang kemudian diserahkan oleh TNP2K ke Kemensos RI untuk digunakan pada program kesejahteraan sosial.

Data ini setiap semesternya diverifikasi dan divalidasi, apabila ada yang meninggal dunia dihapuskan, namun jika hendak ditambah, tidak otomatis bisa dimasukkan, harus melalui prosedur pengusulan kembali dan dikeluarkan SK nya oleh Menteri Sosial karena kewenangannya ada di sana.

Data dari Bappeda Kota Medan tercatat bahwa jumlah masyarakat miskin Kota Medan yang tertampung sebagai Peserta JKN APBN sebesar 469.417 jiwa, Peserta JKN APBD Kota Medan sebanyak 253.742 jiwa, serta Peserta JKN APBD Provsu sebanyak 47.393 jiwa. Bahkan di tahun 2018 ini ditambah lagi 75.000 jiwa penerima manfaat JKN APBD Kota Medan.

"Hal ini menunjukkan bahwa Program Kerja Pembangunan Pemko Medan pro rakyat untuk penanggulangan kemiskinan," tegas Wiriya.

Hal senada juga diungkapkan Kadis Sosial Endar Sutan Lubis bahwa kewenangan Pemko Medan dalam pendataan warga miskin masih terbatas.

Namun demikian Kadis Sosial Endar Sutan Lubis menyebutkan Pemerintah Kota Medan siap mencarikan solusi penyelesaian terhadap pendataan masyarakat miskin agar semua masyarakat miskin di Kota Medan terfasilitasi.

"Kita telah anggarkan di tahun 2018 ini pendataan, validasi dan verifkasi ulang terhadap data kemiskinan yang ada di Kota Medan, sehingga data itu komprehensif dengan kondisi ril lapangan yang nantinya dapat digunakan untuk dasar pemberian program bantuan kesejahteraan sosial, " kata Kadis Sosial.

            Untuk itu dihimbau bagi masyarakat Kota Medan yang merasa dirinya berhak menerima bantuan sosial namun belum terdata dalam penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat, agar segera melaporkan secara resmi ke Dinas Sosial, supaya kita proses datanya dan usulkan agar dia bisa mendapat bantuan sosial tersebut.

Prinsipnya sambung Endar, Pemko Medan siap memfasilitasi pendataan agar masyarakat miskin yang benar-benar layak menerima bantuan sosial terfasilitasi, namun semua harus melalui mekanisme yang ada dari Pemerintah Pusat.

Editor: Amrizal

T#g:Dzulmi EldinMatatelingaPemko Medanpenanggulangan kemiskinan
Komentar
Kamis, 26 Apr 2018 08:40Berita Sumut

Kepergok Curi Baterai Truk, Martin Babak Belur

Martin alias Ronald (28), warga Jalan Pancing 1, Lorong 1 ( Gang Melinjo) , Desa Sampali, Kec Percut Sei Tuan babak belur diamuk warga. Pasalnya pemuda ini kepergok mencuri baterai truk yang terparkir di pinggir Jalan Cemara, Desa Sampali, Kec Percut

Kamis, 26 Apr 2018 08:20Berita Sumut

SBY Senang Dengan Edy Rahmayadi

Partai Demokrat diyakini akan mendeklarasikan dukungannya kepada Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Eramas) pada Pilgubsu 2018.

Kamis, 26 Apr 2018 07:03Berita Sumut

Dzulmi Eldin: Mewujudkan Medan Zero Waste City

Guna mewujudkan Medan Zero Waste City diharapkan semua lini agar dapat berperan, akademisi, praktisi dan juga masyarakat secara luas juga harus berpartisipasi

Kamis, 26 Apr 2018 06:48Aceh

Disenyalir, Masih Ada Tiga Jenazah di Lokasi Ledakan

Dilaporkan masih ada tiga jenazah korban terjebak di sekitar sumur minyak ilegal yang meledak di Desa Pasir Putih, Ranto Pereulak, Aceh Timur

Kamis, 26 Apr 2018 06:33Lifestyle

Wanita Yang Sunat, Lebih Sensitif Dalam Berhubungan Seks

Melakukan sunat pada perempuan rupanya dianjurkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Ada manfaatnya yang dirasakan setiap kaum hawa, terutama dapat meningkatkan libido

Kamis, 26 Apr 2018 06:18Nasional

Panglima TNI : Apel Bersama Menunjukkan Kesamaan Gender di Institusi TNI-Polri

Panglima TNI : Apel Bersama Menunjukkan Kesamaan Gender di Institusi TNI-Polri

Rabu, 25 Apr 2018 22:33Berita Sumut

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII, di Halaman Kantor Bupati Karo, Kabanjahe

Rabu, 25 Apr 2018 22:18Nasional

Wapres Jusuf Kalla Membuka Inacraft 2018

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Negara Mufidah Kalla membuka secara resmi pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC),

Rabu, 25 Apr 2018 22:03Berita Sumut

PDAM Tirtanadi dan Pokja Wartawan Tanam Pohon

Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2018 lalu, PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara bersama Pokja Wartawan PDAM Tirtanadi Sumatera Utara melakukan kegiatan penghijauan menanam pohon sebanyak 500 batang pohon

Rabu, 25 Apr 2018 21:48Berita Sumut

Sihar Iri dengan Kehidupan Anak-anak Panti Asuhan

Pernyataan mengejutkan diungkapkan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus saat berkunjung ke Panti Asuhan Terima Kasih Abadi Jalan Pengayoman Ujung Sei Agul Medan

Rabu, 25 Apr 2018 21:33Nasional

Panglima TNI : Generasi Penerus Bangsa Dituntut Responsif Menyikapi Perubahan Zaman

Generasi penerus bangsa dituntut untuk responsif dan cerdas dalam menyikapi perubahan zaman, khususnya pesatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan pengaruh

Rabu, 25 Apr 2018 21:18Berita Sumut

Baupati Karo Hadiri Penutupan Turnmen Catur dan Volly

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH hadiri penutupan Turnamen Catur Kapoldasu Cup dan Turnamen Volly Kapolres Tanah Karo Cup di Lapangan Mapolres TK

Rabu, 25 Apr 2018 21:03Berita Sumut

Usai Sholat Isya, Menuju Pulang di Siram Air Panas

Evi Susanto ,45, warga Jalan Selebes Paluh Perta Kelurahan Belawan Kecamatan Medan Belawan membuat pengaduan ke Polres Pelabuhan Belawan Selasa (24/4/2018) karena wajahnya disiram air panas hingga melepuh

Rabu, 25 Apr 2018 20:05Berita Sumut

Puasa Ramadan Momentum Perempuan Perkuat Dakwah Politik

Pengajian Perempuan Al Hidayah Partai Golkar Sumut menggelar pengajian akbar di Masjid Raya Al Mashun, Rabu (25/4/2018).

Rabu, 25 Apr 2018 19:48Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi KNPI dan Dinas Tenaga Kerja

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menerima audiensi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Medan, Rabu (25/4) di rumah dinasnya.

Rabu, 25 Apr 2018 19:17Berita Sumut

Polisi Ungkap Jaringan Begal Sadis di Medan, 4 Ditangkap

Tiga orang pelaku begal serta seorang penadah yang sering beraksi di sejumlah kawasan di Medan diringkus polisi. Para pelaku merupakan bagian dari jaringan pelaku begal yang tak segan menyakiti korban.