Wujudkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik,

Pemprov Sumut Integrasikan Data dan Aplikasi OPD

Mtc/rel Kamis, 23 Mei 2019 19:07 WIB
Matatelinga.com
Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumut M Faisal Hasrimy memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang juga dikenal dengan istilah e-Government, di Aula Raja Inal Siregar lantai 2 Kantor Gubernur
MATATELINGA, Medan:  Wujudkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang juga dikenal dengan istilah e-Government, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengintegrasikan data dan aplikasi yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).



Hal itu terungkap dalam Rapat Koodinasi (Rakor) Percepatan Pelaksanaan e-Government di lingkungan Pemprov Sumut, Kamis (23/5), di Aula Raja Inal Siregar lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

Rapat dipimpin Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumut M Faisal Hasrimy dan dihadiri jajaran OPD dan ASN Pemrov Sumut. "Usai rapat dengan Bapak Wakil Gubernur di awal, beberapa kali telah dilakukan rapat teknis lanjutan untuk mengetahui progres data dan aplikasi yang telah dimiliki oleh masing-masing OPD. Alhamdulillah, banyak progres terkait hal tersebut," ujar Faisal.



Namun, kata Faisal, masih ada beberapa perbedaan-perbedaan pemahaman antar OPD terkait kelengkapan data yang dikumpulkan. Untuk itu, diperlukan pembuatan standar dan regulasi termasuk hal-hal tambahan yang berkaitan dengan perwujudan SPBE, seperti penerapan tanda tangan elektronik pada masing-masing OPD dan koordinasi pengumpulan data dari Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumut.

"Dashboard Pimpinan (Dashboard Executive) kita sudah siap, hanya tinggal mengintegrasikan data dan aplikasi yang ada pada OPD. Untuk data, setiap OPD masih perlu mengemas data dengan baik sehingga data yang tampil mudah dibaca oleh pimpinan dan memberikan informasi saat disajikan. Dalam bentuk grafik kah? tabulasi atau diagram, dan harus senantiasa update khususnya yang berhubungan dengan data kependudukan misalnya," jelas Faisal.



Sementara itu, mendukung perwujudan e-Government di Sumut, turut hadir dalam rapat tersebut GM Government Solution and Partnership PT Telkom Alfi Sumarta beserta jajaran memberikan arahan terkait teknis atau model pengintegrasian data OPD dalam satu Dashboard Executive yang akan diterapkan nantinya.

"Ketika merancang sistem digital dan melakukan pengintegrasian, harus mempersiapkan manajemen informasi seperti standarisasi data, agar bisa diteliti dan disesuaikan dengan sistem dan meneliti data untuk kebutuhan apa. Integrasi aplikasi menggunakan pendekatan yang komprehensif, termasuk standarisasi metodologi pembangunan aplikasi, infrasturuktur jaringan, konsolidasi data center, SDM dan organisasi seperti mengadakan training, konsolidasi dukungan user IT, penegasan akuntabilitas pengelolaan investasi IT, pengelolaan struktur Governance TI yang membagi peran dan tanggung jawab, dan lainnya," jelas Alfi Sumarta.

Pembahasan dan perumusan regulasi dilakukan dengan pengkajian lewat Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion dengan membagi peserta menjadi beberapa kelompok untuk kemudian dikaji dan dirumuskan.
Editor: Amrizal

T#g:Basis ElektronikMatatelingamatatelinga.commatatelinga comMedanPemprovsuSumutTerkini
Komentar
Selasa, 07 Jul 2020 23:00Berita Sumut

Polsek Dolok Masihul Kawal Distribusi Penyaluran BLT DD Desa Tambak Cekur

Polsek Dolok Masihul Polres Serdang Bedagai melaksanakan pengamanan penyaluran BLT Dana Desa, di Desa Tambak Cekur, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (7/7/ 2020) pukul 09. 00 WIB.

Selasa, 07 Jul 2020 22:45Internasional

Juru Bicara Kepala Badan Antariksa Rusia Telah Ditangkap

Karena tuduhan pengkhianatan, seorang juru bicara kepala badan antariksa Rusia telah ditangkap

Selasa, 07 Jul 2020 22:30Aceh

Kenapa, Pasien Reaktif COVID-19 Asal Jatim, di Tolak Masyarakat..?

Dengan menggunakan mobil ambulans, seorang pasien reaktif COVID-19 asal Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, berinisial WA ,29, pada Selasa (7/7/2020), terpaksa dibawa ke Posko Tim Gugus Pencegahan dan Penanggulangan

Selasa, 07 Jul 2020 22:15Berita Sumut

Kapendam I/BB : TMMD 108 Wilayah Kodam I/BB Sebagai Bentuk Sinergitas TNI - Polri dan Masyarakat

Kegiatan program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 yang digelar di wilayah Kodam I Bukit Barisan bukan hanya membangun infrastruktur saja.Melainkan sebagai bentuk wujud sinergitas TNI, Polri dan masyarakat guna mewujudkan pembangunan

Selasa, 07 Jul 2020 22:00Nasional

Satgas Yonif 125 Dukung Dinas Kesehatan Merauke Dalam Pelatihan Kader Posyandu

Sadar akan pentingnya ketersediaan pelayanan kesehatan, Satgas Yonif 125/Simbisa bersama tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke menyelenggarakan Pelatihan Kader Posyandu di Balai Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Selasa, 07 Jul 2020 21:15Berita Sumut

Gelapkan Sepeda Motor, Pria Ini Terpaksa Nginap di Polsek

Modus pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang dilakukan, Taufik Lubis alias Tofik (38) sangat lucik. Dalam aksinya pelaku mengaku disuruh korban membawa sepeda motornya, namun justru membawanya kabur.

Selasa, 07 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Bupati Sergai Silaturahmi Dengan Kapolres Bicarakan Persiapan Sambut Kunker Kapolda Sumut

Serdang Bedagai : Kapoldasu Irjen Irjen Pol. Martuani Sormin direncanakan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Serdang Bedagai, pada 9 Juli 2020 sekaligus mengecek Program Ketahanan Pangan.

Selasa, 07 Jul 2020 20:30Berita Sumut

Dhiyaul Hayati : Tindakan Tegas Satpol PP Diharapkan Mampu Mendongkrak PAD

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Medan, Dhiyaul Hayati mengingatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meningkatkan kinerjanya dalam upaya penindakan dan penertiban perundang undangan dalam upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selasa, 07 Jul 2020 20:06Lifestyle

Perempuan ini Sholat Subuh Dalam Gerbong KRL Dalam Perjalanan

Viral di media sosial, seorang perempuan sholat subuh dalam gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline. Perempuan itu diduga berangkat dari Stasiun Bogor menuju Jakarta dan di tengah perjalanan menunaikan kewajiban kepada Allah SWT.

Selasa, 07 Jul 2020 19:17Berita Sumut

Jalin Silaturahmi, Kapolda Sumut Ajak HIMMAH Sumut Ikut Jaga Kamtibmas

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si silaturahmi dengan Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Sumut bertempat di ruang perjamuan Lt. II Mapolda Sumut, Selasa (07/07/20)

Selasa, 07 Jul 2020 18:09Nasional

Komandan Puspom TNI Serahkan Berkas Perkara Pembunuhan Anggota TNI ke Oditur Militer

Komandan Pusat Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia (Danpuspom TNI) Mayjen TNI Eddy Rate Muis, S.H., M.H. menyerahkan langsung berkas penyidikan, barang bukti dan tersangka kasus pembunuhan anggota TNI dan pengrusakan di Hotel Mercure kepada Kepala O

Selasa, 07 Jul 2020 17:15Berita Sumut

Polres Tebingtinggi Monitoring Penyaluran BST Tahap 3

Untuk Penerima bantuan BST dikantor pos kota Tebing Tinggi hari Selasa (7/7/2020) merupakan warga Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dengan jumlah penerima pada tahap 3 sebanyak 1.003 KK terbagi dalam 14 desa. Diantaranya Desa Paya Lombang sebanyak 239

Selasa, 07 Jul 2020 17:00Berita Sumut

Polda Sumut Siap Dukung KPU Sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si mengatakan bahwa Polda Sumut siap bekerja sama dengan KPU Sumut dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020. Hal tersebut diungkapkan Kapolda Sumut saat audiensi dengan KPU Provinsi Su

Selasa, 07 Jul 2020 16:40Berita Sumut

Pastikan Proses Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan, 4.294 PPDP Jalani Rapid Test

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan bekerjasama dengan RSUD dr Pirngadi Medan akan melakukan rapid test terhadap 4.294 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Selasa (7/7/2020). Mempermudah dan mengantisipasi kerumunan massa, proses rapid test akan dilakuka

Selasa, 07 Jul 2020 16:15Berita Sumut

Diciduk Polisi, Pemuda Ini Ngaku Beli Sabu dari Kampus

Seorang pemuda berinisial MRN (24), tak berkutik ketika disergap petugas kepolisian. Sebab, dari warga Jalan Air Bersih Medan itu ditemukan 1 paket sabu-sabu.

Selasa, 07 Jul 2020 16:00Berita Sumut

Wakil Wali Kota Apresiasi Sunatan Massal Karang Taruna Tebingtinggi

Sebanyak 61 orang anak dikhitan secara massal oleh Karang Taruna Kota Tebing Tinggi, Selasa (07/07), yang diselenggakan aula komplek RSUD. dr.Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi.