Wujudkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik,

Pemprov Sumut Integrasikan Data dan Aplikasi OPD

Mtc/rel Kamis, 23 Mei 2019 19:07 WIB
Matatelinga.com
Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumut M Faisal Hasrimy memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang juga dikenal dengan istilah e-Government, di Aula Raja Inal Siregar lantai 2 Kantor Gubernur
MATATELINGA, Medan:  Wujudkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang juga dikenal dengan istilah e-Government, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengintegrasikan data dan aplikasi yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).



Hal itu terungkap dalam Rapat Koodinasi (Rakor) Percepatan Pelaksanaan e-Government di lingkungan Pemprov Sumut, Kamis (23/5), di Aula Raja Inal Siregar lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

Rapat dipimpin Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumut M Faisal Hasrimy dan dihadiri jajaran OPD dan ASN Pemrov Sumut. "Usai rapat dengan Bapak Wakil Gubernur di awal, beberapa kali telah dilakukan rapat teknis lanjutan untuk mengetahui progres data dan aplikasi yang telah dimiliki oleh masing-masing OPD. Alhamdulillah, banyak progres terkait hal tersebut," ujar Faisal.



Namun, kata Faisal, masih ada beberapa perbedaan-perbedaan pemahaman antar OPD terkait kelengkapan data yang dikumpulkan. Untuk itu, diperlukan pembuatan standar dan regulasi termasuk hal-hal tambahan yang berkaitan dengan perwujudan SPBE, seperti penerapan tanda tangan elektronik pada masing-masing OPD dan koordinasi pengumpulan data dari Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumut.

"Dashboard Pimpinan (Dashboard Executive) kita sudah siap, hanya tinggal mengintegrasikan data dan aplikasi yang ada pada OPD. Untuk data, setiap OPD masih perlu mengemas data dengan baik sehingga data yang tampil mudah dibaca oleh pimpinan dan memberikan informasi saat disajikan. Dalam bentuk grafik kah? tabulasi atau diagram, dan harus senantiasa update khususnya yang berhubungan dengan data kependudukan misalnya," jelas Faisal.



Sementara itu, mendukung perwujudan e-Government di Sumut, turut hadir dalam rapat tersebut GM Government Solution and Partnership PT Telkom Alfi Sumarta beserta jajaran memberikan arahan terkait teknis atau model pengintegrasian data OPD dalam satu Dashboard Executive yang akan diterapkan nantinya.

"Ketika merancang sistem digital dan melakukan pengintegrasian, harus mempersiapkan manajemen informasi seperti standarisasi data, agar bisa diteliti dan disesuaikan dengan sistem dan meneliti data untuk kebutuhan apa. Integrasi aplikasi menggunakan pendekatan yang komprehensif, termasuk standarisasi metodologi pembangunan aplikasi, infrasturuktur jaringan, konsolidasi data center, SDM dan organisasi seperti mengadakan training, konsolidasi dukungan user IT, penegasan akuntabilitas pengelolaan investasi IT, pengelolaan struktur Governance TI yang membagi peran dan tanggung jawab, dan lainnya," jelas Alfi Sumarta.

Pembahasan dan perumusan regulasi dilakukan dengan pengkajian lewat Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion dengan membagi peserta menjadi beberapa kelompok untuk kemudian dikaji dan dirumuskan.
Editor: Amrizal

T#g:Basis ElektronikMatatelingamatatelinga.commatatelinga comMedanPemprovsuSumutTerkini
Komentar
Kamis, 22 Agu 2019 08:15Bola

Barcelona Campakkan Malcom

Hanya semusim berseragam Barcelona, Malcom mengakui kalau ia menjalani saat-saat

Kamis, 22 Agu 2019 08:00Lifestyle

Pahala Luar Biasa, ini Rahasia Keutamaan Shalat Dhuha

Shalat Dhuha adalah salat sunah yang dapat dilakukan ketika matahari sudah mulai naik sepenggalah sekitar pukul 7 pagi

Kamis, 22 Agu 2019 07:45Bola

Andai Neymar Gabung ke Barcelona, Dembele Tak Ambil Pusing

Jika "Blaugrana" julukan Barcelona berhasil mendatangkan Neymar Jr kembali ke Camp Nou pada musim panas ini

Kamis, 22 Agu 2019 07:30Internasional

Rumah Sakit di Suriah di Hantam Serangan Udara

Sejumlah serangan udara menghantam sebuah rumah sakit di sebuah desa yang dikuasai pemberontak di Suriah baratlaut

Kamis, 22 Agu 2019 07:15Bola

Alexis Sanchez Tak Bahagia di Manchester United

Robin van Persie, Mantan bintang Manchester United, memberikan komentar terhadap Alexis Sanchez

Kamis, 22 Agu 2019 07:00Bola

Davide Zappacosta Resmi Berseragam AS Roma

Bek berpaspor Italia itu direkrut Roma dari Chelsea dengan status pinjaman selama enam bulan.

Kamis, 22 Agu 2019 06:45Bola

Thierry Henry Gagal Tangani AS Monaco

Thierry Henry, Legenda sepakbola Prancis, Namun ia percaya masih bisa menjadi pelatih sukses

Kamis, 22 Agu 2019 06:30Lifestyle

Tanggapi Teguran KPAI, Duo Semangka Syok

Grup Duo Semangka yang dianggap penampilannya terlalu seronok dalam video musik Mantul Mantul

Kamis, 22 Agu 2019 06:15Nasional

Pertualangan Bandar "Barang Haram" ini Berakhir Usai Diterjang Timah Panas

Kerap beraksi di Kampung Permata atau Kampung Ambon, Jakarta Barat, berakhir.

Kamis, 22 Agu 2019 06:00Nasional

Jamaah Haji Indonesia, Sebanyak 222 Orang Masih Dirawat di Tanah Suci

Masih ada 222 jamaah haji Indonesia masih dirawat di rumah sakit di Tanah Suci

Kamis, 22 Agu 2019 05:45Berita Sumut

Kasdam I/BB Hadiri Pisah Sambut Danlanud Soewondo Medan

Kepala Staf Kodam I/BB Hadiri pisah sambut Danlanud Soewondo Medan dari Kolonel Pnb Dirk Poltjey Lengkey kepada kepada Kolonel Pnb Meka Yudanto SSos MAP dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No 41 Medan, Rabu malam (21/8/2019).

Kamis, 22 Agu 2019 05:30Berita Sumut

Dibantu Prajurit Kodam I/BB, Normalisasi Alur Sei Badera Hari Kedua Capai 70 Meter

Hingga hari kedua poses pengerukan dan pelebaran alur Sei Badera di sektor Kompleks Bumi Asri, Jln Asrama Medan, Kecamatan Medan Helvetia, Rabu (21/8/2019), sudah mencapai 70 meter.

Kamis, 22 Agu 2019 05:15Nasional

TNI-SAF Tuntaskan Latihan Posko Penanggulangan Terorisme Wilayah Perbatasan

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Singapore Armed Forces (SAF) menuntaskan latihan Posko penanggulangan terorisme pada wilayah perbatasan dalam latihan bersama (Latma) Counter Terrorism Command Post Exercise (CT CPX), bertempat di Hotel Mandarin Orcha

Kamis, 22 Agu 2019 05:00Berita Sumut

Petugas TNI AL Belawan Tangkap Dua Kapal Pukat Rawl

Petugas TNI dengan menggunakan Kapal patroli TNI AL KRI Teluk Sibolga- 536 milik Lantamal l Belawan, saat berpatroli rutin diperairan Belawan menangkap 2 kapal ikan menggunakan jaring Trawl tanpa izin Pemerintah Republik Indonesia

Rabu, 21 Agu 2019 20:03Berita Sumut

Lahan Hutan Berdekatan Dengan Konsesi TPL di Sianipar yang Terbakar Berhasil Dipadamkan

Lahan hutan konsesi milik PT. Toba Pulp Lestari. Tbk, yang terletak di desa Sianipar Kecamatan Silaen Toba Samosir pada koordinat N. 02° 19' 16,7" E. 99'12' 07,2" terbakar.

Rabu, 21 Agu 2019 19:54Internasional

Kevin/Marcus Terhenti di Babak Kedua

Ada hasil yang mengejutkan dari ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal melangkah ke babak 16 besar. Kevin/Marcus yang mendapat bye pertama, kandas dari pasangan