• Home
  • Berita Sumut
  • Pemprovsu Jalin Kerja Sama dengan Swasta Percepat Pembangunan Infrastruktur Jalan

Pemprovsu Jalin Kerja Sama dengan Swasta Percepat Pembangunan Infrastruktur Jalan

Faeza Selasa, 19 Februari 2019 17:00 WIB
mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, Elisa Marbun ketika membuka secara resmi acara ‘Sharing Knowledge Perspektif Infrastruktur Jalan dan Transportasi Menuju S
MATATELINGA, Medan: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, untuk mempercepat penyediaan infrastruktur jalan melalui penerapan teknologi alternatif. Bahkan, saat ini sudah dilakukan ujicoba teknologi konstruksi jalan 'terratech'.


Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, Elisa Marbun ketika membuka secara resmi acara 'Sharing Knowledge Perspektif Infrastruktur Jalan dan Transportasi Menuju Sumatera Utara yang Bermartabat, yang digelar HPJI Sumut di hotel Le Polonia Medan, Selasa (19/2/2019).

"Saat ini sudah diujicoba teknologi konstruksi jalan terratech melalui penggunaan material aspal polymer untuk menciptakan permukaan jalan yang memiliki stabilitas dan durabilitas yang tinggi dari tanah dasar yang ada," ungkap Gubsu dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubsu Elisa Marbun.

Dikatakannya, pembangunan infrastruktur jalan dan transportasi sangat penting untuk mendorong percepatan pembangunan, serta menjadi alat pemersatu wilayah di Sumut. Pembangunan infrastruktur juga menjadi salah satu program dari lima program prioritas Pemprovsu untuk mewujudkan masyarakat Sumut yang bermartabat.

Infrastruktur menjadi sektor yang penting untuk mendukung program lainnya, dalam upaya percepatan pembangunan di daerah ini. "Yaitu, peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan kerja, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, penyediaan layanan kesehatan berkualitas, serta peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata," katanya.


Kelima program prioritas ini diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan di Sumut dan menurunkan angka kemiskinan hingga 7,39% dari total jumlah penduduk Sumut. Pertumbuhan ekonomi ditargetkan mencapai 5,7% pada tahun 2023.  

"Itu merupakan target utama pembangunan Sumut yang akan dicapai tahun 2023. Target tersebut harus bisa dicapai melalui kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat," tegasnya.

Gubsu pun mengharapkan, acara yang digelar HPJI Sumut tersebut akan menghasilkan berbagai informasi dan masukan dari berbagai pihak. "Terkhusus dari HPJI, untuk melengkapi referensi bagi dalam membuat kebijakan yang pada akhirnya akan mempercepat pembangunan di Sumut yang kita cintai ini," sebutnya.

Pada acara yang dihadiri Forkopimda, pejabat Kementrian PU-PR, Ketua HPJI Pusat dan OPD Pemprovsu itu, juga dilaksanakan pengukuhkan pengurus DPD HPJI Sumut Periode 2018-2022.  Pengurus HPJI Sumut yang dikukuhkan antara lain, Ketua Umar Zunaidi Hasibuan, Wakil Ketua 1 Zulkarnain A Muis, Wakil Ketua II Iswahyudi, Wakil Ketua III Bambang Pardede, Wakil Ketua IV Meuthia F Fadilla, Wakil Ketua V Ibnu Sutomo, Sekretaris Burhan Batubara dan Bendahara Makmun Sukarna.


"Saya ucapkan selamat bekerja dan semoga HPJI Provinsi Sumatera Utara sukses menjalankan amanah organisasi," sebut Gubsu.

Sementara itu, Ketua HPJI Pusat Taufik Wijoyono mengharapkan kepemimpinan DPD HPJI Sumut mampu terus menjadi contoh DPD HPJI lainnya di Indonesia. Karena selama ini HPJI Sumut memiliki reputasi yang bagus.

"Selama ini HPJI Sumut menjadi benchmark DPD HPJI lain di Indonesia, jadi harapan saya tentunya itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Saya juga berharap DPD HJPI Sumut bisa bersinergi dengan pemerintah untuk membangun Sumut lebih baik," katanya.(mtc)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaMedanPemprovsuSumutTerkiniGubsu Edy RahmayadiPemprovsu
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 22:29Berita Sumut

Kampanyekan Indonesia Bersih, Jajaran IAD Kejaksaan RI di Bantaran Sungai Babura

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan RI di bawah pimpinan Ros Ellyana Prasetyo sebagai Ketua Umum IAD Pusat, terus mengkampanyekan Gerakan Indonesia Bersih, baik di pusat maupun pada sejumlah daerah di Indonesia.

Minggu, 24 Mar 2019 22:00Berita Sumut

Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa

Minggu, 24 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Muspika Namorambe Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Guna mensukseskan pesta demokrasi diwilayahnya, Muspika Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Minggu, 24 Mar 2019 20:29Berita Sumut

Nicko Perdana Putra Akan Atasi Banjir di Tebingtinggi Apabila Diberi Amanah Menjadi Wakil Rakyat

Nicko Perdana Putra Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Kota Tebingtinggi dengan nomor urut 5

Minggu, 24 Mar 2019 19:30Nasional

Pangdam I/BB "Berangkat tugas operasi adalah Tugas Mulia Bagi seorang Prajurit"

Panglima kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI M.Sabrar Fadhilah beserta rombongan dari Kodam I/BB

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Lifestyle

WOW! Batuk dan Pilek Berkepanjangan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan pendengaran atau biasa disebut tuli

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Nasional

GMNI: Hoax Hingga Terorisme adalah Politik kotor

Dalam menyikapi dinamika kehidupan bangsa saat ini, organisasi mahasiswa, termasuk Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

Minggu, 24 Mar 2019 19:00Bola

Pascal Plancque: Van Dijk adalah Monster di Dunia Sepak Bola

Ketangguhan bek Liverpool, Virgil van Dijk, di dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Minggu, 24 Mar 2019 18:45Bola

Chelsea Rekrut Christian Pulisic, Legenda Amerika Serikat

Salah satu pemain legendaris Timnas Amerika Serikat, Brian McBride

Minggu, 24 Mar 2019 18:30Internasional

Bermotif Etnis, Sedikitnya 134 Tewas dalam Penyerangan

Sedikitnya 134 orang terbunuh dalam sebuah serangan di sebuah desa di selatan Mali yang tampaknya didorong motif etnis.

Minggu, 24 Mar 2019 18:15Internasional

Lebih Dari 1000 Penumpang Kapal Pesiar Dievakuasi

Tim penyelamat bekerja keras untuk mengevakuasi 1.300 orang dari sebuah kapal pesiar yang terdampar di pantai barat Norwegia.

Minggu, 24 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Slank Hipnotis Milenial Medan di Acara Anti Narkoba Polda Sumut

Selamat siang milenial, sapa kaka yang mempunyai nama asli Akhadi Wira Satriaji vokalis grub band Slank. Setelah beberapa lagu dimainkan, Kaka pun meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto untuk naik keatas panggung dan bernyanyi bersama.

Minggu, 24 Mar 2019 18:00Nasional

Didepan Pendukungnya, Pak Prabowo Orasikan Anggaran Negara Bocor

Capres 02, Prabowo Subianto dalam orasinya saat menghadiri kampanye terbuka