• Home
  • Berita Sumut
  • Pemprovsu dan DPRD Sumut Bahas Ranperda Penyalahgunaan Narkotika

Pemprovsu dan DPRD Sumut Bahas Ranperda Penyalahgunaan Narkotika

Faeza Selasa, 13 Maret 2018 18:48 WIB
mtc/ist
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya,
MATATELINGA, Medan:  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, Selasa (13/3/2018) di Ruang Paripurna DPRD Sumut.

Rapat yang dibuka Wakil Ketua DPRD Sumut Aduhot Simamora itu dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH.

Wagubsu Nurhajizah Marpaung yang didampingi para OPD Provsu dalam paparannya menyampaikan,  narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya merupakan bahan yang bermanfaat dibidang medis atau kedokteran, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun apabila disalahgunakan dapat menimbulkan ketergantungan dan membahayakan perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM), serta mengancam kehidupan masyarakat di Sumut.

"Penyalahgunan narkotika,  psikotropika dan zat adiktif atau yang dikenal dengan istilah Napza merupakan salah satu permasalahan nasional yang terus mengancam kehidupan bangsa Indonesia," ujar Wagubsu.

Menurut Nurhajizah, peredaran gelap, narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya tidak lagi dapat dihadapi hanya dengan pencegahan, penanganan dan penindakan secara biasa.

"Tetapi perlu mengaktifkan seluruh institusi sosial dan lapisan masyarakat secara terintegrasi dan sistematis, "katanya.

Untuk melindungi rakyat Sumut dari penyalahgunaan Napza, Pemprovsu dan DPRD Sumut berinisiatif untuk menyusun Ranperda Provsu tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, dengan dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika.

Wagubsu juga mengaku sangat prihatin, jika sebagian besar pelaku sekaligus korban adalah kaum perempuan, karena para oknum pengedar narkoba memanfaatkan perempuan dan anak-anak.  

"Lebih parah lagi kalau saat ini sudah merambah kejajanan anak-anak dengan permen dikonsumsi dan semakin marak beredar di pasaran. Para pengedar narkoba terus bergerak dan cara baru mengelabui aparat hukum, "pungkasnya.

Sementara itu, HM Iskandar Sakti Batubara, Juru Bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Sumut mengatakan, dalam penyusuman Ranperda tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, harus diharmonisasikan dengan peraturan Undang-Undang yang berlaku.

"Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, bahwa pencegahan penyalahgunaan narkotika sangat krusial dalam hal untuk mencegah adanya kencenderungan yang semakin meningkat, baik secara kuantitatif dengan korban yang meluas terutama dikalangan anak-anak, remaja dan generasi muda pada umumnya,"kata Iskandar Sakti Batubara. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Sabtu, 15 Des 2018 21:45Nasional

Pangkalpinang: Berontak Saat Dibekuk Polisi, 2 Bandit Jalanan ini di Dor

Tim jajaran Polres Pangkalpinang mengamankan 12 pelaku sindikat kejahatan berbagai modus. Mereka kerap meresahkan warga Kota Pangkalpinang. Sementara 2 diantaranya pelaku Nanang dan Atman terpaksa ditembak dibagian kaki, karena mencoba melarikan diri dan

Sabtu, 15 Des 2018 21:30Internasional

Australia Akui Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison pada Sabtu mengumumkan bahwa Australia telah memutuskan untuk secara resmi mengakui Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel. Namun Morrison belum akan memindahkan kantor kedutaan Australia di Israel ke Yerusalem.

Sabtu, 15 Des 2018 21:15Internasional

India: 11 Tewas dan Lebih Dari 90 Orang Dirawat Setelah Makan Sesajen

Sedikitnya sebelas orang, termasuk dua anak-anak tewas dan lebih dari 90 lainnya dilarikan ke rumah sakit setelah mengonsumsi sesajen keagamaan di sebuah kuil di Negara Bagian Karnataka, selatan India. Polisi setempat mengategorikan kasus ini sebagai kasu

Sabtu, 15 Des 2018 21:00Nasional

Upacara Peringatan Hari Juang Kartika 2018, Kasad Sampaikan, Palagan Ambarawa Merupakan Sejarah yang Tak Bisa Dilupakan

Peristiwa Palagan Ambarawa merupakan sejarah bangsa Indonesia yang menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat melawan kekuatan kolonial Belanda.

Sabtu, 15 Des 2018 20:45Nasional

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Jambi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. beserta Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D. didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Kapuspen TNI Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.Tr. (Han), Waasops Panglima

Sabtu, 15 Des 2018 20:30Berita Sumut

Polres Asahan Bersama Pemerintah Kabupaten Asahan Semarakkan Kebangkitan Olah Raga Nasional

“Mensana Incorpore sano” didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat , itulah yang akan diwujudkan kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu,SIK.MH yang telah bersinergi dengan Pemerintah kabupaten Asahan dalam mewujudkan visi dan misi Asaha

Sabtu, 15 Des 2018 20:15Ekonomi

Indonesia-Taiwan Tandatangani Nota Kerjasama Perlindungan dan Kesejahteraan Pekerja Migran

Pemerintah Indonesia melalui Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (IETO) melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) mengenai perekrutan, penempatan, dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Sabtu, 15 Des 2018 20:00Nasional

Hanyut Disungai, Anak Laki-laki ini Tewas Tenggelam

Seorang bocah tewas setelah tenggelam di Sungai Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sebelumya, korban bersama lima rekannya bermain di sungai dan tak menyadari debit sungai meningkat drastis akibat guyuran hujan deras.

Sabtu, 15 Des 2018 19:53Berita Sumut

Pria Bersenpi Diamankan Kompi B 126/KC Damuli

Personil Kompi B 126/KC Damuli mengamankan seorang pria yang kedapatan memiliki senjata api, Sabtu(15/12).

Sabtu, 15 Des 2018 19:30Berita Sumut

Wujudkan Kasih Persaudaraan dengan Sungguh-sungguh

Alunan musik tradisional yang dipadukan dengan musik modern meramaikan acara perayaan Natal Keluarga Besar Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (FE-UMI) Medan, Jumat (14/12/2018) di Gereja GKPI Jalan Sriwijaya, Medan.

Sabtu, 15 Des 2018 19:00Berita Sumut

KPU Medan Pastikan Kotak Suara Kardus Aman dan Kuat

Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan bahan kotak suara yang saat ini terbuat dari karton kedap air. Selain dijamin anti air, kotak suara juga bakal dilapis dengan plastik transparan di bagian lua

Sabtu, 15 Des 2018 18:30Berita Sumut

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Santo Thomas Medan Hijaukan Pulau Samosir

Sebanyak 25 orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas St.Thomas Medan menggelar aksi peduli lingkungan di Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sabtu (15/12/2018). Aksi menghijaukan Pulau Samosir ini dilakukan dengan cara menanam

Sabtu, 15 Des 2018 18:00Nasional

The Jakmania "Oranyekan" Jalan Sudirman

Suporter klub sepakbola Persija, The Jakmania, pada hari ini merayakan gelar juara Liga 1 Indonesia 2018 yang direngkuh tim kebanggaannya. Pawai kemenangan Persija pun digelar dan diperkirakan diikuti 150 ribu orang.

Sabtu, 15 Des 2018 17:45Internasional

Perempuan Ini Diturunkan dari Dalam Pesawat Sesat Lontarkan Lelucon Menghebohkan Penumpang

Seorang perempuan yang mengatakan bahwa ia memiliki bahan peledak atau bom di bagasinya kepada staf di konter check-in Bandara Hobart, Australia, diizinkan melewati pemeriksaan keamanan dan naik ke pesawat sebelum staf keamanan menurunkannya dari pesawat.

Sabtu, 15 Des 2018 17:30Berita Sumut

Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, PLN Sumut Sediakan 152 Genset dan 49 Trafo Mobil

PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara mempersiapkan 152 genset dan 49 trafo mobil untuk menjaga kelancaran pelaksanaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2018. Fasilitas ini akan disejumlah wilayah di Sumut.

Sabtu, 15 Des 2018 17:15Nasional

Ini Penjelasan Ilmiahnya, Suara Misterius di Langit Pantura

Media sosial ramai membahas 'suara misterius' yang mendengung kencang di langit sejumlah daerah di Pantai Utara Jawa (Pantura): Cirebon, Pekalongan, Semarang sampai ke Blora. Ada yang menyebut suara yang terdengar di waktu bersamaan pada Jumat 1