MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Penanganan Perkara JR Saragih Dilimpahkan ke Sentra Gakkumdu Pusat

Penanganan Perkara JR Saragih Dilimpahkan ke Sentra Gakkumdu Pusat

Amrizal Selasa, 12 Juni 2018 19:15 WIB
mtc/ist
MATATELINGA, Medan: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut menyerahkan penanganan kasus Jopinus Ramli (JR) Saragih kepada Bawaslu Republik Indonesia selaku Pembina Sentra Gakkumdu Pusat.  Informasi itu diketahui melalui surat Bawaslu Sumut bernomor: 2303/K.Bawaslu-Prov.SU/PM.06.01/05/2018, Rabu (6/6). 

Dalam surat yang diteken langsung Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan itu, ternyata surat tersebut sudah sejak 23 Mei 2018 disampaikan kepada Bawaslu RI. Dimana terdapat dua poin krusial yang tercantum pada surat tersebut. Pertama, Bawaslu Sumut menyampaikan dasar-dasar hukum penyerahan penanganan kasus JR Saragih. 

Poin kedua, Bawaslu Sumut menyampaikan kronologi penanganan kasus JR Saragih (Laporan Nomor LP/332/III pada 9 Maret 2018), yang mana berkas telah dinyatakan lengkap (P-21) namun sampai kini belum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri dengan alasan pihak JPU Kejati Sumut (JPU Sentra Gakkumdu Sumut) menunggu penyerahan tersangka atas nama JR Saragih dan barang bukti dari pihak penyidik Gakkumdu (penyidik Polda Sumut), dengan kata lain status belum P-22. 

Masih dalam surat Bawaslu, adapun kronologis penanganan laporan dugaan pelanggaran Nomor 05/LP/PG/Prov/02.00/III/2018 atas nama pelapor Nurmahadi Darmawan. Yakni pada 2 Maret 2018 telah diterima laporan si pelapor atas dugaan penggunaan surat palsu oleh terlapor JR Saragih dalam pencalonan Pilgubsu. Lalu pada 3 Maret dilakukan pembahasan pertama di Sentra Gakkumdu Sumut, dengan kesimpulan adanya dugaan tindak pidana menggunakan surat palsu berupa fotokopi legalisir ijazah JR Saragih seolah-olah sebagai surat yang sah dalam pencalonan Pilgubsu. Dimana telah dikeluarkan tiga rekomendasi; harus dicari fotokopi ijazah legalisir yang digunakan saat Pilgubsu; harus dicari tanda tangan pembanding atas nama Sopan Adrianto; harus dimintakan hasil laboratorium forensik. 

Setelah itu pada 5-7 Maret, Gakkumdu Sumut telah mengklarifikasi dan lakukan penyelidikan terhadap pelapor, saksi, terlapor, KPU Sumut dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Selanjutnya pada 7 Maret Gakkumdu Sumut juga sudah melakukan pembahasan kedua atas kasus dimaksud, dimana menyimpulkan telah memenuhi unsur tindak pidana pemilihan pasal 184 UU Nomor 1/2015 tentang penetapan PP pengganti UU No.1/2014 menjadi UU, sebagaimana telah dirubah dengan UU No.8/2015 tentang perubahan pertama dan terakhir dirubah dengan UU No.10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota. Alhasil rekomendasinya laporan dugaan pelanggaran itu dapat ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. 

Pada 8 Maret Gakkumdu Sumut menyerahkan laporan ini kepada Dirkrimum Polda Sumut dengan surat penerusan Nomor:0802/K.Bawaslu-Prov.SU/PM.06.01/03/2018. Pihak Polda Sumut pun lantas melakukan pemeriksaan atas pelimpahan dugaan kasus pelanggaran dari Gakkumdu itu. Dimana sudah dilakukan pemeriksaan terhadap pelapor atas nama Nurmahadi Darmawan, saksi atas nama Lukman Manurung dan Setia Bina Jaya Hutajulu, KPU Sumut, dan terlapor atas nama JR Saragih (yang bersangkutan tidak hadir). 

Selanjutnya pada 15 Maret, JR Saragih ditetapkan sebagai tersangka oleh Poldasu dimana telah memenuhi unsur tindak pidana atas nama terlapor. Lalu 22 Maret dilakukan pembahasan ketiga di Sentra  Gakkumdu Sumut, dengan kesimpulan berkas perkara LP/322/III/2018/SPKT II tanggal 9 Maret dilimpahkan kepada jaksa Sentra Gakkumdu Sumut pada Senin, 26 Maret. Dimana ada rekomendasi berkas perkara dilimpahkan ke kejaksaan, penyidik perlu memeriksa kembali saksi-saksi dan ahli untuk memenuhi unsur setiap orang dan unsur dengan sengaja. 

Pada 28 Maret juga dilakukan pelimpahan berkas perkara kepada KPU Kejatisu di Sentra Gakkumdu Sumut, dimana setelah berkas dinyatakan P-21 maka dilakukan pelimpahan berkas oleh Dirkrimum Poldasu kepada JPU Kejatisu di Gakkumdu. Esok harinya, dilakukan pemanggilan pertama kepada tersangka JR Saragih oleh penyidik Poldasu untuk diserahkan kepada JPU, namun tersangka tidak menghadiri panggilan dimaksud. Lalu pada awal April, disepakati rencana pemanggilan kedua terhadap JR namun dari informasi penyidik Poldasu pemanggilan justru tidak jadi dilakukan dengan alasan yang bersangkutan merupakan bupati aktif dan banyak kesibukan. Kemudian terakhir pada 4 Mei, dilakukan pembahasan khusus Sentra Gakkumdu Sumut membicarakan tentang laporan dugaan pelanggaran ini. 

Yang mana Bawaslu selaku Ketua Koordinator dalam hal ini untuk meminta penjelasan dan status penanganan dari laporan tersebut, dengan kesimpulan penyidik segera menindaklanjuti P-21 dengan menyerahkan tersangka dan barang bukti ke JPU Kejatisu di Sentra Gakkumdu. Dan rekomendasinya penyidik segera menindaklanjuti P-21 dengan menyerahkan tersangka dan barang bukti ke JPU Kejatisu di Sentra Gakkumdu. 

Koordinator Gakkumdu yang juga Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumut, Herdi Munte tak menampik ihwal penyerahan penanganan perkara JR Saragih ke Sentra Gakkumdu Pusat. "Iya sudah kita lakukan," katanya singkat. (mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Minggu, 26 Mei 2019 09:03Aceh

Pelajar Terlibat Jaringan Narkoba Antar Kabupaten, Diamankan BNN Piddie

Seorang kurir narkoba jaringan antarkabupaten diamankan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pidie menangkap serta barang buktinya 100 gram sabu-sabu.

Minggu, 26 Mei 2019 08:06Nasional

Ratusan Orang Keracunan Makanan, Habis Buka Puasa

Lebih kurang 254 orang korban keracunan makanan di Desa Narahan Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, sudah ditangani Rumah Sakit Umum Daerah dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas.

Minggu, 26 Mei 2019 07:01Aceh

Kemarau Panjang, Seratusan Masyarakat Aceh Salat Minta Hujan

Masyarakat menunaikan salat istisqa atau salat meminta hujan di salah satu area persawahan Kemukiman Lamlhom Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar,Sabtu (25/5/2019) lantaran sepanjang tiga bulan terakhir mereka mengalami kemarau panjang.

Minggu, 26 Mei 2019 06:47Berita Sumut

Berbagi di Bulan Ramadan, Nawal Menyambangi Kaum Duafa

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumut Nurlela menyambangi beberapa keluarga kaum d

Minggu, 26 Mei 2019 06:32Berita Sumut

Muatan Sayur Kol, sekaligus 35 Kg Sabu Diselundupkan Dari Aceh ke Jakarta

Para jaringan Narkoba melakukan penyeludupan narkoba, untuk sampai kaki tangannya dan pada pecandunya. Namun, tercium oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) upaya penyelundupan 35 Kg Sabu dari Aceh ke Jakarta.

Minggu, 26 Mei 2019 06:17Berita Sumut

Tim Pegasus Polsek Kutalimbaru Ungkap Pelaku Melalui CCTV

Tim Pegasus Polsek Kutalimbaru mengamankan satu pelaku pencuri CCTV pada Rabu (22/5/2019) sekitar pukul 02.00 WIB.

Minggu, 26 Mei 2019 06:02Berita Sumut

Kapolrestabes: Tetap Jaga Kesehatan Masih Banyak Tugas Kita, Meski GNKR Tak Jadi Demo

MATATELINGA, Medan:  Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) Sumatera Utara tidak jadi datang ke Polda Sumut untuk melakukan aksi unjuk rasa pada Sabtu (25/5/2019).[adsense]Informasi Matateli

Sabtu, 25 Mei 2019 19:12Berita Sumut

Soal Tulisan Menghujat Presiden di Papan Totem SPBU Marelan, Polisi Periksa 7 Saksi

Polisi telah memeriksa 7 orang saksi terkait tulisan yang menghujat Presiden Joko Widodo di papan totem display LED milik SPBU Pertamina di Jalan Marelan IV Kota Medan, Sumatera Utara, pada Kamis (23/5/2019) malam.

Sabtu, 25 Mei 2019 16:47Berita Sumut

Selama Ramadhan, Dua Kelompok Pemuda di Belawan Berkali-kali Terlibat Bentrok

Selama bulan Ramadhan 1440 H, dua kelompok pemuda yang masih 1 Kelurahan terlibat bentrok. Bahkan bentrokan itu menggunakan senjata tajam dam saling lempar batu.

Sabtu, 25 Mei 2019 16:01Berita Sumut

Berharap Jumlah TKI Berkurang, Nawal Minta Para Ibu Aktif Ikuti Program PKK dan PPPA

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nawal Edy Rahmayadi berharap jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja ke Luar Negeri (LN), khususnya para kaum ibu bisa berkurang. Selain berisiko, masih banyak yang bisa dilakukan

Sabtu, 25 Mei 2019 15:21Berita Sumut

Empat Hari Nikmati Hasil Kejahatannya, Pelaku Jambret ini Akhirnya Terkapar Dipelor Polisi

Tim opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran meringkus seorang pelaku jambret pada Sabtu 25 Mei 2019 sekira pukul 01.00 Wib. Pelaku berinisial RH alias Rudi(32) warga dusun IV desa Sidomulyo kecamatan Pulo Bandrin Asahan terpaksa dilumpuhkan karena berusaha mel

Sabtu, 25 Mei 2019 14:48Berita Sumut

Wisata Pantai Barat Natal Belum Dikelola Maksimal

Objek wisata pantai sepanjang Pantai Barat, Mandailing Natal belum dikelola maksimal. Kawasan wisata pantai ini sangat berpotensi untuk menarik minat wisatawan datang ke kawasan ini diluar hari-hari besar seperti libur Lebaran, Natal atau Tahun Baru. Pant

Sabtu, 25 Mei 2019 14:38Berita Sumut

Peringati Hari Waisak, Ratusan Umat Buddha Perdagangan Adakan Pawai Lilin

Dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2563 BE/2019 yang jatuh pada tanggal 19 mei lalu, ratusan umat Buddha yang ada di sekitaran Kota Perdagangan melakukan pawai lilin dengan berjalan kaki pada hari Selasa (21/05) dimulai pukul 19.00 wib. Rute pawai

Sabtu, 25 Mei 2019 14:12Berita Sumut

Nama Hakim PN Medan Dicatut Untuk Aksi Penipuan

Nama Erintuah Damanik, salah seorang hakim di Pengadilan Negeri Medan dicatut oleh orang tak dikenal untuk melakukan penipuan. Bahkan salah seoranhg advokat di Medan nyaris tertipu dengan ulah oknum yang mencatut nama Humas PN Medan itu.

Sabtu, 25 Mei 2019 13:37Opini

Mengawasi Pemanfaatan Dana Desa

Dana desa sering menjadi topik pembicaraan di berbagai situasi dan kesempatan. Karena topik tentang dana desa ini sangat seksi ketika diperbincangkan, apalagi kepala desanya tertangkap tangan menggunakan dana desa untuk peruntukan yang tidak sesuai dengan

Sabtu, 25 Mei 2019 13:26Berita Sumut

Pabrik Plastik di Desa Sampali Terbakar

Sebuah pabrik plastik di Jalan Jati Rejo, Dusun II, Desa Sampali, Percut Sei Tuan mendadak terbakar, Sabtu (25/5/2019) sekitar pukul 01.00 WIB. Pabrik itu diketahui milik pengusaha bernama Fendi (34) warga Jalan Sabarudin, Kelurahan, Sei Rangas, Kecamatan