Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Berita Sumut
  • Penanganan Perkara JR Saragih Dilimpahkan ke Sentra Gakkumdu Pusat

Penanganan Perkara JR Saragih Dilimpahkan ke Sentra Gakkumdu Pusat

Amrizal Selasa, 12 Juni 2018 19:15 WIB
mtc/ist
MATATELINGA, Medan: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut menyerahkan penanganan kasus Jopinus Ramli (JR) Saragih kepada Bawaslu Republik Indonesia selaku Pembina Sentra Gakkumdu Pusat.  Informasi itu diketahui melalui surat Bawaslu Sumut bernomor: 2303/K.Bawaslu-Prov.SU/PM.06.01/05/2018, Rabu (6/6). 

Dalam surat yang diteken langsung Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan itu, ternyata surat tersebut sudah sejak 23 Mei 2018 disampaikan kepada Bawaslu RI. Dimana terdapat dua poin krusial yang tercantum pada surat tersebut. Pertama, Bawaslu Sumut menyampaikan dasar-dasar hukum penyerahan penanganan kasus JR Saragih. 

Poin kedua, Bawaslu Sumut menyampaikan kronologi penanganan kasus JR Saragih (Laporan Nomor LP/332/III pada 9 Maret 2018), yang mana berkas telah dinyatakan lengkap (P-21) namun sampai kini belum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri dengan alasan pihak JPU Kejati Sumut (JPU Sentra Gakkumdu Sumut) menunggu penyerahan tersangka atas nama JR Saragih dan barang bukti dari pihak penyidik Gakkumdu (penyidik Polda Sumut), dengan kata lain status belum P-22. 

Masih dalam surat Bawaslu, adapun kronologis penanganan laporan dugaan pelanggaran Nomor 05/LP/PG/Prov/02.00/III/2018 atas nama pelapor Nurmahadi Darmawan. Yakni pada 2 Maret 2018 telah diterima laporan si pelapor atas dugaan penggunaan surat palsu oleh terlapor JR Saragih dalam pencalonan Pilgubsu. Lalu pada 3 Maret dilakukan pembahasan pertama di Sentra Gakkumdu Sumut, dengan kesimpulan adanya dugaan tindak pidana menggunakan surat palsu berupa fotokopi legalisir ijazah JR Saragih seolah-olah sebagai surat yang sah dalam pencalonan Pilgubsu. Dimana telah dikeluarkan tiga rekomendasi; harus dicari fotokopi ijazah legalisir yang digunakan saat Pilgubsu; harus dicari tanda tangan pembanding atas nama Sopan Adrianto; harus dimintakan hasil laboratorium forensik. 

Setelah itu pada 5-7 Maret, Gakkumdu Sumut telah mengklarifikasi dan lakukan penyelidikan terhadap pelapor, saksi, terlapor, KPU Sumut dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Selanjutnya pada 7 Maret Gakkumdu Sumut juga sudah melakukan pembahasan kedua atas kasus dimaksud, dimana menyimpulkan telah memenuhi unsur tindak pidana pemilihan pasal 184 UU Nomor 1/2015 tentang penetapan PP pengganti UU No.1/2014 menjadi UU, sebagaimana telah dirubah dengan UU No.8/2015 tentang perubahan pertama dan terakhir dirubah dengan UU No.10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota. Alhasil rekomendasinya laporan dugaan pelanggaran itu dapat ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. 

Pada 8 Maret Gakkumdu Sumut menyerahkan laporan ini kepada Dirkrimum Polda Sumut dengan surat penerusan Nomor:0802/K.Bawaslu-Prov.SU/PM.06.01/03/2018. Pihak Polda Sumut pun lantas melakukan pemeriksaan atas pelimpahan dugaan kasus pelanggaran dari Gakkumdu itu. Dimana sudah dilakukan pemeriksaan terhadap pelapor atas nama Nurmahadi Darmawan, saksi atas nama Lukman Manurung dan Setia Bina Jaya Hutajulu, KPU Sumut, dan terlapor atas nama JR Saragih (yang bersangkutan tidak hadir). 

Selanjutnya pada 15 Maret, JR Saragih ditetapkan sebagai tersangka oleh Poldasu dimana telah memenuhi unsur tindak pidana atas nama terlapor. Lalu 22 Maret dilakukan pembahasan ketiga di Sentra  Gakkumdu Sumut, dengan kesimpulan berkas perkara LP/322/III/2018/SPKT II tanggal 9 Maret dilimpahkan kepada jaksa Sentra Gakkumdu Sumut pada Senin, 26 Maret. Dimana ada rekomendasi berkas perkara dilimpahkan ke kejaksaan, penyidik perlu memeriksa kembali saksi-saksi dan ahli untuk memenuhi unsur setiap orang dan unsur dengan sengaja. 

Pada 28 Maret juga dilakukan pelimpahan berkas perkara kepada KPU Kejatisu di Sentra Gakkumdu Sumut, dimana setelah berkas dinyatakan P-21 maka dilakukan pelimpahan berkas oleh Dirkrimum Poldasu kepada JPU Kejatisu di Gakkumdu. Esok harinya, dilakukan pemanggilan pertama kepada tersangka JR Saragih oleh penyidik Poldasu untuk diserahkan kepada JPU, namun tersangka tidak menghadiri panggilan dimaksud. Lalu pada awal April, disepakati rencana pemanggilan kedua terhadap JR namun dari informasi penyidik Poldasu pemanggilan justru tidak jadi dilakukan dengan alasan yang bersangkutan merupakan bupati aktif dan banyak kesibukan. Kemudian terakhir pada 4 Mei, dilakukan pembahasan khusus Sentra Gakkumdu Sumut membicarakan tentang laporan dugaan pelanggaran ini. 

Yang mana Bawaslu selaku Ketua Koordinator dalam hal ini untuk meminta penjelasan dan status penanganan dari laporan tersebut, dengan kesimpulan penyidik segera menindaklanjuti P-21 dengan menyerahkan tersangka dan barang bukti ke JPU Kejatisu di Sentra Gakkumdu. Dan rekomendasinya penyidik segera menindaklanjuti P-21 dengan menyerahkan tersangka dan barang bukti ke JPU Kejatisu di Sentra Gakkumdu. 

Koordinator Gakkumdu yang juga Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumut, Herdi Munte tak menampik ihwal penyerahan penanganan perkara JR Saragih ke Sentra Gakkumdu Pusat. "Iya sudah kita lakukan," katanya singkat. (mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Rabu, 20 Jun 2018 12:05Lifestyle

Putri Kedua Zara Tindall Jadi Anggota Baru Keluarga Kerajaan Inggris

Zara Tindall, cucu Ratu Elizabeth dan anak Putri Anne, melahirkan putri kedua bersama suaminya, Mike Tindall pada Senin (18/6). Hal itu dikonfirmasi oleh Istana Buckingham.

Rabu, 20 Jun 2018 11:45Berita Sumut

Ini Dia Daftar Korban KM Sinar Bangun, Pencarian Hari Ketiga Sudah 2 Korban Ditemukan

Hari ketiga pasca tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan instansi lainnya tetap berusaha untuk menemukan korban yang hilang dari ratusan korban ya

Rabu, 20 Jun 2018 11:20Lifestyle

Duet Steven Spielberg dan Sam Mendes Bakal Hasilkan Film Perang Dunia I

Sineas kondang Steven Spielberg menggandeng sutradara Sam Mendes untuk menggarap film drama soal Perang Dunia I, 1917.

Rabu, 20 Jun 2018 11:05Lifestyle

Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Libur panjang hampir berakhir, saatnya orang harus kembali ke rutinitas kerja.

Rabu, 20 Jun 2018 10:50Internasional

Buntut Kebijakan Trump, Anak Imigran Menangis Karena Dipisahkan dari Orangtua

Rekaman suara tangisan putus asa dari 10 anak-anak Amerika Tengah, terpisah dari orang tua mereka beredar luas, viral di media sosial, Senin (18/6). Rekaman tersebut diduga berasal dari dalam otoritas imigrasi di perbatasan Amerika Serikat. Ratapan anak-a

Rabu, 20 Jun 2018 10:35Berita Sumut

Dikunjungi Tamu Berlebaran, Pariono Gantung Diri

Warga bermukim di Jl. Citra Indah, Desa Cinta Rakyat, Kec. Percut Sei Tuan pada Selasa (19/6/20118) sekira pukul 14.30 wib mendadak heboh. Pasalnya, salah seorang warga bernama Pariono ,30,) ditemukan tewas gantung diri di rumahnya.

Rabu, 20 Jun 2018 10:20Berita Sumut

Hari Ketiga Pencarian, Tim Gabungan Evakuasi Satu Jenajah Kapal Karam Sinar Bangun

Tim gabungan dari TNI/Polri, SAR, Basarnas dan BPBD pada Rabu (20/6/2018) pagi menemukan satu jenazah di perairan Danau Toba. KUat dugaan, jenajah itu merupakan bagian dari penumpang KM Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba pada Senin kemarin.

Rabu, 20 Jun 2018 10:05Internasional

Tantang Erdogan, Meral Aksener Lahirkan Revolusi Yemeni

Menurut tradisi Turki, perkelahian antar pria berakhir saat perempuan melemparkan kerudungnya ke tanah. Karena itulah, kandidat Presiden Meral Aksener, mengunjungi satu kota ke kota lainnya, mengumpulkan kerudung warna-warni yang di Turki dikenal sebagai

Rabu, 20 Jun 2018 09:50Berita Sumut

Pelaku Jambret Pelajar Nyaris Tewas di Hajar Massa

Pelaku jambret yang beraksi di Jalan Sriwijaya Medan berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Medan Baru yang sedang melakukan patroli keliling di seputaran Jalan Sriwijaya Medan, Selasa malam (19 Juni 2018).

Rabu, 20 Jun 2018 09:35Internasional

Gagal Buat Dewan HAM PBB Bertekuk Lutut, AS Pilih Keluar

Amerika Serikat menyatakan keluar dari keanggotaan dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dianggap munafik pada Selasa (19/6).

Rabu, 20 Jun 2018 09:20Ekonomi

BI Siap Naikkan Suku Bunga Acuan Dalam Waktu Dekat

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkuat sinyal bahwa lembaganya akan kembali menaikkan suku bunga acuan, 7 Day Reverse Repo Rate pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan dilaksanakan 27-28 Juni mendatang.

Rabu, 20 Jun 2018 09:05Ekonomi

Jadi Pilihan Pemudik, Pertamax Meningkat 17 Persen

Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018 PT Pertamina (Persero) mencatat, per Selasa (19/6) atau H+4 Lebaran, penjualan Pertamax menembus 18 ribu kiloliter (kl) atau melonjak 17 persen dari penyaluran normal, 15 ribu kl. Jika dibandingkan

Rabu, 20 Jun 2018 08:50Ekonomi

Peningkatan Produksi Minyak Rusia Khawatirkan Negara OPEC

Usulan Rusia untuk meningkatkan produksi minyak melalui forum pertemuan OPEC+ diproyeksi akan memberikan tekanan secara signifikan terhadap harga minyak.

Rabu, 20 Jun 2018 08:35Bola

Samurai Biru Taklukkan Kolombia 2-1

Samurai Biru julukan Timnas Jepang- sukses mengandaskan Kolombia dengan skor tipis 2-1. Jepang sukses meraih kemenangan atas Kolombia laga perdana Grup H Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Mordovia Arena

Rabu, 20 Jun 2018 08:20Berita Sumut

Edy Tegaskan Ijeck Bersih dari Korupsi

Dalam debat ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat kembali membahas kasus korupsi yang sempat terangkat beberapa tahun lalu.

Rabu, 20 Jun 2018 08:05Berita Sumut

Warga Ramunia, Open Manurung Tegas Pilih Dua

Warga Ramunia, Open Manurung yang hadir dalam debat publik ketiga Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) mengaku tegas akan memilih nomor dua. Warga yang menjadi salah satu korban atas sengketa lahan di Kabupaten Deliserdang tersebut mengaku