• Home
  • Berita Sumut
  • Pendidikan Memanusiakan Manusia Berkarakter dan Berbudi Pekerti Luhur

15 TAHUN NANYANG ZHI HUI

Pendidikan Memanusiakan Manusia Berkarakter dan Berbudi Pekerti Luhur

Mtc/James Jumat, 11 Mei 2018 11:07 WIB
Matatelinga/James P Pardede
Penampilan peserta didik dalam acara 15 tahun Nanyang Zhi Hui Medan
MATATELINGA, Medan : Kemakmuran dan kesejahteraan suatu bangsa bukan ditentukan oleh kekayaan potensi alam atau kekuatan militer, melainkan pada pemimpin dan generasi penerus yang berkarakter dan berbudi pekerti yang luhur.

Merencanakan masa depan bangsa yang maju salah satu upayanya adalah dengan membangun sektor pendidikan ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Kesadaran inilah yang mengawali berdirinya Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan.


Seperti disampaikan Kepala Sekolah Nanyang Zhi Hui Ir. Lindawaty Roesli, M.Pd didampingi Ketua Panitia Jenny, S.Kom pada acara HUT ke-15 Nanyang Zhi Hui di Hotel Santika Medan, Kamis (10/5) tanpa terasa waktu berjalan sangat cepat dan tahun ini Sekolah Nanyang Zhi Hui genap berusia 15 tahun, dan generasi yang dididik adalah generasi Z (lahir tahun 1995-2010) serta akan menuju mendidik generasi terbaru yaitu Generasi Alpa (lahir tahun 2011-2025). 

"Generasi Z adalah generasi internet di mana anak cenderung egosentris, invidualis, tidak sabar/menginginkan sesuatu dengan serba instan, kurang dalam komunikasi verbal, tidak menghargai proses. Hal ini akan berpengaruh kepada kecerdasan emosionalnya," kata Lindawaty Roesli.


Untuk menyikapi hal tersebut di atas, sejak berdirinya sekolah Nanyang telah mengaplikasikan dan menekankan pada pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, pendidikan memanusiakan manusia sebagai pondasi yang perlu ditanamkan pada setiap murid.

Sekolah Nanyang mengawali kiprahnya di dunia pendidikan pada 2003 dengan membuka Sekolah Dasar kelas 1 dan 2. Sekolah yang awalnya berlokasi di Jalan Abdullah Lubis Medan (tepat di seberang bangunan saat ini). Nanyang membuka tahun ajaran baru dengan dengan jumlah peserta didik 27 orang. 


Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah peserta didik, lanjut Lindawaty mulai 2006 Sekolah Nanyang Zhi Hui menempati gedung baru dan lokasinya tetap berada di Jalan Abdullah Lubis Medan. Setelah pindah ke gedung yang sekarang,. Nanyang mulai membuka berbagai tingkat pendidikan mulai dari Playgroup sampai Senior High School (SMA). 

Pemotongan kue ulang tahun yang ke-15 dilakukan oleh Gubsu HT Erry Nuradi didampingi Bupati Sergai Soekirman, Konsul Kehormatan Belanda, Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah Nanyang Zhi Hui Lindawaty Roesli

Dengan dibukanya berbagai tingkat pendidikan tidak lantas membuat jumlah peserta didik  Sekolah Nanyang langsung melesat. Sampai saat ini Sekolah Nanyang hanya memiliki siswa sebanyak 555 orang. Ini karena sekolah tetap berfokus pada kualitas pendidikan itu sendiri dan bukan pada kuantitasnya. Dalam perjalanannya sampai sekarang, sekolah juga mengalami tantangan terutama dalam meyakinkan masyarakat yang tinggal di dekat sekolah.


"Dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, kedisiplinan dan peraturan sekolah dijalankan secara konsisten dengan mengutamakan pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, pembentukan karakter, serta pembekalan kecakapan hidup dan kecakapan sosial," paparnya.

Untuk pembentukan watak sekaligus meningkatkan konsentrasi belajar melalui perkembangan otak kiri dan kanan yang seimbang, peserta didik mengikuti senam otak (brain gym), senam semesta, mempraktikkan latihan napas masuk, napas keluar (breath in, breath out) setiap kali terdengar bel dan lonceng, dan latihan duduk diam (silent sitting). Khusus untuk latihan duduk diam dikemas dalam morning assembly yang dilakukan setiap Selasa sampai Jumat. Morning assembly dibawakan secara bergiliran oleh anggota House.


Dua tahun belakangan ini, kata Lindawaty sekolah Nanyang menerapkan sistem pembagian peserta didik dan guru ke dalam lima kelompok atau yang disebut dengan House. Masing-masing House adalah House of Truth, House of Right Conduct, House of Peace, House of Love, dan House of Non Violence. Nama Houses ini diambil dari lima nilai pokok kemanusiaan yang selaras dengan visi dan misi sekolah.

Selain pembentukan watak dan materi kecakapan hidup, kecakapan sosial juga diberikan dan dipertimbangkan sedemikian rupa. Sekolah Nanyang meramu kurikulum nasional yang telah diperkaya dengan perspektif kurikulum internasional lalu mengintegrasikannya secara harmonis dengan falsafah pendidikan timur dan teknologi ilmiah barat. Di samping materi ilmu pengetahuan, para peserta didik juga dibekali dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang terbagi atas tiga bidang besar, yaitu olahraga, kesenian, serta sains dan teknologi.


"Segala kegiatan siswa tersebut pun didukung dengan kelengkapan fasilitas yang dimiliki sekolah. Sampai saat ini, Sekolah Nanyang Zhi Hui telah memiliki auditorium, perpustakaan, lapangan futsal dan bulu tangkis, ruang-ruang untuk pelajaran alat musik, laboratorium komputer dan sains, mushola, taman sekolah, dan aula," tuturnya.

Sekolah juga melakukan berbagai seminar dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para guru, seperti pelatihan Day of Mindfulness, pelatihan pengintegrasian nilai-nilai pokok kemanusiaan ke dalam pembelajaran, serta berbagai pelatihan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum dan teknologi.


Lindawaty menambahkan, berkat kerja keras dan komitmen dari seluruh elemen (guru, staf, orangtua, dan siswa), berbagai prestasi yang membanggakan berhasil diraih siswa mulai dari tingkat nasional sampai lokal. Tidak sampai di situ, para alumni Sekolah Nanyang pun berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia dan perguruan tinggi di luar negeri.
Editor: James P Pardede

T#g:Hari Pendidikan Nasional 2018JennyLindawaty RoesliNanyang Zhi Hui Medan
Komentar
Rabu, 24 Jul 2019 10:15Nasional

Bakamla RI/IDNCG Evaluasi Strategi Kamla

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Monitoring Evaluasi Strategi Keamanan Laut, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat

Rabu, 24 Jul 2019 10:00Nasional

Gempa 4,9 SR Guncang Bali

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Gempa terjadi sekira pukul 08.29 WIB.

Rabu, 24 Jul 2019 09:53Berita Sumut

Bocah Hanyut di Sungai, Berhasil di Temukan Tim SAR Medan

Bocah bernama Dapa Al Rizki ,4, yang hanyut di aliran sungai Belawan,di Desa Paya Geli Dusun I Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang Selasa (23/7/2019) sore kemarin ditemukan tak bernyawa (tewas).

Rabu, 24 Jul 2019 09:45Ekonomi

Rupiah Melemah ke Rp14.022/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan hari ini. Rupiah kembali dekati level Rp14.000-an per USD

Rabu, 24 Jul 2019 09:30Bola

Drama Adu Pinalti, Madrid Kalahkan Arsenal

Real Madrid harus susah payah meraih kemenangan dari Arsenal di turnamen pramusim yang bertajuk International Champions Cup (ICC) 2019

Rabu, 24 Jul 2019 09:15Internasional

Setelah 10 Tahun Hilang, Pekerja Supermarket ini Ditemukan di Tokonya

Jasad seorang pria yang telah hilang sejak 2009 telah ditemukan di belakang lemari pendingin di sebuah supermarket tempatnya bekerja yang kini sudah tutup

Rabu, 24 Jul 2019 09:00Lifestyle

Nekat Berhubungan Badan di Dalam Mobil, Ini Kata Psikolog

Pasangan kekasih di Kupang, Nusa Tenggara Timur ditangkap oleh petugas Satpol PP pada Senin siang, 22 Juli 2019

Rabu, 24 Jul 2019 08:45Ekonomi

Wall Street Ditutup Menguat

Saham-saham di Wall Street reli dan berakhir dengan kenaikan cukup memuaskan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB)

Rabu, 24 Jul 2019 07:30Bola

Zidane Tak Ambil Pusing Soal Isu Hengkangnya James Rodriguez

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan komentarnya mengenai kabar kepergian James Rodriguez pada bursa transfer musim panas ini

Rabu, 24 Jul 2019 07:15Internasional

WOW! Wanita Ini Ngaku Mengandung Bayi Alien

Seorang perempuan mengklaim telah melakukan perjalanan lintas waktu ke tahun 3500 untuk dihamili oleh alien

Rabu, 24 Jul 2019 07:00Bola

Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020,ini Hasil Pertandingannya

Sebanyak lima pertandingan digelar pada Leg Pertama Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020, Rabu (24/7/2019) malam WIB

Rabu, 24 Jul 2019 06:45Bola

Ac Milan: Tetap Rekrut Correa Meski Gagal Jual Andre Silva

AC Milan sejatinya sudah memiliki perencanaan untuk menjual penyerang yang dimilikinya, Andre Silva, ke AS Monaco

Rabu, 24 Jul 2019 06:30Lifestyle

Tersangka Kasus "Ikan Asin" Ajukan Penangguhan Penahanan

Farhat Abbas diketahui mengajukan penangguhan penahanan untuk Rey Utami

Rabu, 24 Jul 2019 06:15Bola

Jangan Lewatkan Pertandingan Juventus vs Inter Milan

Laga antara Juventus vs Inter Milan dipastikan berjalan menarik. Apalagi, kedua tim sama-sama tengah beradaptasi dengan juru taktik anyar. Juventus masih mencari bentuk di bawah kendali Maurizio Sarri, sementara Antonio Conte sedang mencari racikan yang p

Rabu, 24 Jul 2019 06:00Berita Sumut

Polisi Airud Poldasu Tangkap KM Pendawa Lima, Bawa Bawang Merah

Kapal Patroli KP ll 2028 miik Ditpolairud Polda Sumatera Utara dengank Kopadnya Bripka Asun Simanjuntak saat berpatroli rutin dikawasan perairan Langkat

Rabu, 24 Jul 2019 05:43Berita Sumut

Bocah Hanyut Saat Bermain Bersama Teman - Temannya di Sungai Sunggal

Tim SAR Kota Medan melakukan pencarian terhadap seorang anak ,4, diketahui bernama Dafa, yang hanyut saat bermain dekat Sungai Sunggal, Desa Paya Geli, Dusun 1 Kecamatan Sunggal, Selasa (23/7/2019).