• Home
  • Berita Sumut
  • Pendidikan Memanusiakan Manusia Berkarakter dan Berbudi Pekerti Luhur

15 TAHUN NANYANG ZHI HUI

Pendidikan Memanusiakan Manusia Berkarakter dan Berbudi Pekerti Luhur

Mtc/James Jumat, 11 Mei 2018 11:07 WIB
Matatelinga/James P Pardede
Penampilan peserta didik dalam acara 15 tahun Nanyang Zhi Hui Medan
MATATELINGA, Medan : Kemakmuran dan kesejahteraan suatu bangsa bukan ditentukan oleh kekayaan potensi alam atau kekuatan militer, melainkan pada pemimpin dan generasi penerus yang berkarakter dan berbudi pekerti yang luhur.

Merencanakan masa depan bangsa yang maju salah satu upayanya adalah dengan membangun sektor pendidikan ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Kesadaran inilah yang mengawali berdirinya Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan.


Seperti disampaikan Kepala Sekolah Nanyang Zhi Hui Ir. Lindawaty Roesli, M.Pd didampingi Ketua Panitia Jenny, S.Kom pada acara HUT ke-15 Nanyang Zhi Hui di Hotel Santika Medan, Kamis (10/5) tanpa terasa waktu berjalan sangat cepat dan tahun ini Sekolah Nanyang Zhi Hui genap berusia 15 tahun, dan generasi yang dididik adalah generasi Z (lahir tahun 1995-2010) serta akan menuju mendidik generasi terbaru yaitu Generasi Alpa (lahir tahun 2011-2025). 

"Generasi Z adalah generasi internet di mana anak cenderung egosentris, invidualis, tidak sabar/menginginkan sesuatu dengan serba instan, kurang dalam komunikasi verbal, tidak menghargai proses. Hal ini akan berpengaruh kepada kecerdasan emosionalnya," kata Lindawaty Roesli.


Untuk menyikapi hal tersebut di atas, sejak berdirinya sekolah Nanyang telah mengaplikasikan dan menekankan pada pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, pendidikan memanusiakan manusia sebagai pondasi yang perlu ditanamkan pada setiap murid.

Sekolah Nanyang mengawali kiprahnya di dunia pendidikan pada 2003 dengan membuka Sekolah Dasar kelas 1 dan 2. Sekolah yang awalnya berlokasi di Jalan Abdullah Lubis Medan (tepat di seberang bangunan saat ini). Nanyang membuka tahun ajaran baru dengan dengan jumlah peserta didik 27 orang. 


Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah peserta didik, lanjut Lindawaty mulai 2006 Sekolah Nanyang Zhi Hui menempati gedung baru dan lokasinya tetap berada di Jalan Abdullah Lubis Medan. Setelah pindah ke gedung yang sekarang,. Nanyang mulai membuka berbagai tingkat pendidikan mulai dari Playgroup sampai Senior High School (SMA). 

Pemotongan kue ulang tahun yang ke-15 dilakukan oleh Gubsu HT Erry Nuradi didampingi Bupati Sergai Soekirman, Konsul Kehormatan Belanda, Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah Nanyang Zhi Hui Lindawaty Roesli

Dengan dibukanya berbagai tingkat pendidikan tidak lantas membuat jumlah peserta didik  Sekolah Nanyang langsung melesat. Sampai saat ini Sekolah Nanyang hanya memiliki siswa sebanyak 555 orang. Ini karena sekolah tetap berfokus pada kualitas pendidikan itu sendiri dan bukan pada kuantitasnya. Dalam perjalanannya sampai sekarang, sekolah juga mengalami tantangan terutama dalam meyakinkan masyarakat yang tinggal di dekat sekolah.


"Dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, kedisiplinan dan peraturan sekolah dijalankan secara konsisten dengan mengutamakan pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, pembentukan karakter, serta pembekalan kecakapan hidup dan kecakapan sosial," paparnya.

Untuk pembentukan watak sekaligus meningkatkan konsentrasi belajar melalui perkembangan otak kiri dan kanan yang seimbang, peserta didik mengikuti senam otak (brain gym), senam semesta, mempraktikkan latihan napas masuk, napas keluar (breath in, breath out) setiap kali terdengar bel dan lonceng, dan latihan duduk diam (silent sitting). Khusus untuk latihan duduk diam dikemas dalam morning assembly yang dilakukan setiap Selasa sampai Jumat. Morning assembly dibawakan secara bergiliran oleh anggota House.


Dua tahun belakangan ini, kata Lindawaty sekolah Nanyang menerapkan sistem pembagian peserta didik dan guru ke dalam lima kelompok atau yang disebut dengan House. Masing-masing House adalah House of Truth, House of Right Conduct, House of Peace, House of Love, dan House of Non Violence. Nama Houses ini diambil dari lima nilai pokok kemanusiaan yang selaras dengan visi dan misi sekolah.

Selain pembentukan watak dan materi kecakapan hidup, kecakapan sosial juga diberikan dan dipertimbangkan sedemikian rupa. Sekolah Nanyang meramu kurikulum nasional yang telah diperkaya dengan perspektif kurikulum internasional lalu mengintegrasikannya secara harmonis dengan falsafah pendidikan timur dan teknologi ilmiah barat. Di samping materi ilmu pengetahuan, para peserta didik juga dibekali dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang terbagi atas tiga bidang besar, yaitu olahraga, kesenian, serta sains dan teknologi.


"Segala kegiatan siswa tersebut pun didukung dengan kelengkapan fasilitas yang dimiliki sekolah. Sampai saat ini, Sekolah Nanyang Zhi Hui telah memiliki auditorium, perpustakaan, lapangan futsal dan bulu tangkis, ruang-ruang untuk pelajaran alat musik, laboratorium komputer dan sains, mushola, taman sekolah, dan aula," tuturnya.

Sekolah juga melakukan berbagai seminar dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para guru, seperti pelatihan Day of Mindfulness, pelatihan pengintegrasian nilai-nilai pokok kemanusiaan ke dalam pembelajaran, serta berbagai pelatihan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum dan teknologi.


Lindawaty menambahkan, berkat kerja keras dan komitmen dari seluruh elemen (guru, staf, orangtua, dan siswa), berbagai prestasi yang membanggakan berhasil diraih siswa mulai dari tingkat nasional sampai lokal. Tidak sampai di situ, para alumni Sekolah Nanyang pun berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia dan perguruan tinggi di luar negeri.
Editor: James P Pardede

T#g:Hari Pendidikan Nasional 2018JennyLindawaty RoesliNanyang Zhi Hui Medan
Komentar
Selasa, 11 Des 2018 12:30Berita Sumut

Miris Bayi Baru Lahir Ditemukan Terlantar di Medan Timur Gegerkan Warga

Tega, Warga Jalan Riau, Gang Buntu, Kecamatan Medan Timur dihebohkan dengan penemuan bayi Berusia 1 Hari Dibuang dilingkungannya.

Selasa, 11 Des 2018 10:32Berita Sumut

Tiga Unit Rumah Di Bromo Ludes Terbakar

Tiga unit rumah yang berada di Jalan Bromo, Lorong 5, Lingkungan I, Kelurahan Tegal Sari II, Kecamatan Medan Area ludes terbakar, Selasa (11/12/2018) sekitar pukul 09.50 WIB.

Selasa, 11 Des 2018 09:15Bola

Liga Champions 2018-2019: Inter Milan di Hantui Nasib Buruk Jelang Laga Krusial Mereka Rabu Dini Hari

Inter Milan berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan jelang laga krusial mereka di ajang Liga Champions 2018-2019. Pelatih Inter, Luciano Spalletti, mengatakan Il Nerazzurri dilanda badai cedera setelah beberapa pemain bintang dipastikan absen, teru

Selasa, 11 Des 2018 09:00Ekonomi

Dolar AS Kembali Menguat di Tengah Penundaan Kesepakatan Denagn Perdana Menteri Inggris

Kurs dolar AS naik terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin, karena sterling mengambil pelemahan setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May menunda pemungutan suara parlemen atas kesepakatan Brexit yang direncanakan.

Selasa, 11 Des 2018 08:00Lifestyle

Orang Tua Berselingkuh, ini Dampak Buruknya Diterima Anak

Salah satu faktor yang memperkuat keretakan rumah tangga ialah masalah perselingkuhan. Setiap pasangan tidak mau mengalami nasib ini, mendengarnya saja sudah sangat menyeramkan.

Selasa, 11 Des 2018 07:45Nasional

Komet Paling Terang Bakal Menyambangi Bumi Desember ini

Fenomena alam tampaknya akan kembali menyambangi bumi. Kali ini komet paling terang tahun ini, komet 46P/Wirtanen akan mendekati bumi pada 16 Desember 2018.

Selasa, 11 Des 2018 07:30Berita Sumut

Sergai Raih Penghargaan Predikat Kepatuhan 2018 Dari Ombudsman

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan 1 dari 60 Kabupaten se-Indonesia yang meraih “Zona Hijau” dari Ombudsman RI terkait dengan Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik di T

Selasa, 11 Des 2018 07:15Bola

Christiano Ronaldo Bandingkan Situasi di Real Madrid dan Juventus

Christiano Ronaldo merasakan kesan berbeda setelah berseragam Juventus, ia menilai tim asal Kota Turin itu bukan sekedar tim, melainkan seperti sebuah keluarga. Pemain berdarah Portugal menilai situasi dalam skuad Juve lebih bersahabat bahkan jika dibandi

Selasa, 11 Des 2018 07:00Berita Sumut

Gubsu : Asrama dan Wisma Hanya untuk Mahasiswa Pemula

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan bahwa Asrama Mahasiswa dan Wisma Tamu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di Yogyakarta diperuntukan bagi mahasiswa pemula asal Sumut yang kuliah di Yogyakarta. Mahasiswa pemula hanya bol

Selasa, 11 Des 2018 06:45Nasional

Gegerkan Warga, Penemuan Bayi di Depan Teras Rumah

Temuan bayi baru lahir yang dibuang di teras rumah salah seorang warga, yakni di kediaman Siti Juhro (47), gegerkan warga Perum Duta Garden Blok A7, Jurumudi Baru, Benda, Kota Tangerang, Senin (10/12/2018).

Selasa, 11 Des 2018 06:30Nasional

Prajurit TNI Gagalkan Penyeludupan BBM di Perbatasan NKRI

Penyeludunpan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke daerah Timor Leste berhasil digagalkan oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgaspamtas) RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH melalui Pos Damar yang dikomandoi oleh Lettu Inf Andi Milzam.

Selasa, 11 Des 2018 06:15Berita Sumut

Peringati Hari HAM, PWI Sumut, Pusham Unimed Dan UMA Gelar Seminar Jurnalisme Berbasis HAM

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Pusham Unimed, Asian Agri dan Universitas Medan Area (UMA) menggelar kegiatan Seminar bertema "Jurnalisme Berbasis HAM dalam media Massa" yang diselenggarakan diRuang Serbaguna Fisipol kampus UMA, Senin

Selasa, 11 Des 2018 06:00Berita Sumut

RDP Kisruh Pengelolaan Pasar Peringgan Batal

Rapat Dengar Pendapat (RDP) kisruh pengelolaan Pasar Peringgan yang digelar di ruang Komisi C DPRD Medan batal digelar

Senin, 10 Des 2018 22:51Berita Sumut

Tirta Investama Bantu Masyarakat Sei Bingai Peroleh Air Bersih

Sulitnya masyarakat mendapatkan air bersih telah dijawab oleh PT Tirta Investama Langkat sebagai pabrik air dalam kemasan bernama Aqua. CSR yang dilakukan adalah di Kecamatan Sei Bingai.

Senin, 10 Des 2018 20:02Berita Sumut

OSO: Menangkan Pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019

Ketua Umum DPP Paratai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Oesman Sapta Odang memastikan bahwa partainya akan memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Senin, 10 Des 2018 19:52Berita Sumut

Partai Hanura Gelar Training of Trainer

Partai Hanura menggelar Training of Trainer (ToT) kepada jajaran kader yang menjadi pengurus partai di tingkat Nasional di Tiara Concension Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (10/12/2018). Kegiatan ini menjadi rangakaian agenda yang digelar oleh Partai Hanura