• Home
  • Berita Sumut
  • Pendidikan Memanusiakan Manusia Berkarakter dan Berbudi Pekerti Luhur

15 TAHUN NANYANG ZHI HUI

Pendidikan Memanusiakan Manusia Berkarakter dan Berbudi Pekerti Luhur

Mtc/James Jumat, 11 Mei 2018 11:07 WIB
Matatelinga/James P Pardede
Penampilan peserta didik dalam acara 15 tahun Nanyang Zhi Hui Medan
MATATELINGA, Medan : Kemakmuran dan kesejahteraan suatu bangsa bukan ditentukan oleh kekayaan potensi alam atau kekuatan militer, melainkan pada pemimpin dan generasi penerus yang berkarakter dan berbudi pekerti yang luhur.

Merencanakan masa depan bangsa yang maju salah satu upayanya adalah dengan membangun sektor pendidikan ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Kesadaran inilah yang mengawali berdirinya Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan.


Seperti disampaikan Kepala Sekolah Nanyang Zhi Hui Ir. Lindawaty Roesli, M.Pd didampingi Ketua Panitia Jenny, S.Kom pada acara HUT ke-15 Nanyang Zhi Hui di Hotel Santika Medan, Kamis (10/5) tanpa terasa waktu berjalan sangat cepat dan tahun ini Sekolah Nanyang Zhi Hui genap berusia 15 tahun, dan generasi yang dididik adalah generasi Z (lahir tahun 1995-2010) serta akan menuju mendidik generasi terbaru yaitu Generasi Alpa (lahir tahun 2011-2025). 

"Generasi Z adalah generasi internet di mana anak cenderung egosentris, invidualis, tidak sabar/menginginkan sesuatu dengan serba instan, kurang dalam komunikasi verbal, tidak menghargai proses. Hal ini akan berpengaruh kepada kecerdasan emosionalnya," kata Lindawaty Roesli.


Untuk menyikapi hal tersebut di atas, sejak berdirinya sekolah Nanyang telah mengaplikasikan dan menekankan pada pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, pendidikan memanusiakan manusia sebagai pondasi yang perlu ditanamkan pada setiap murid.

Sekolah Nanyang mengawali kiprahnya di dunia pendidikan pada 2003 dengan membuka Sekolah Dasar kelas 1 dan 2. Sekolah yang awalnya berlokasi di Jalan Abdullah Lubis Medan (tepat di seberang bangunan saat ini). Nanyang membuka tahun ajaran baru dengan dengan jumlah peserta didik 27 orang. 


Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah peserta didik, lanjut Lindawaty mulai 2006 Sekolah Nanyang Zhi Hui menempati gedung baru dan lokasinya tetap berada di Jalan Abdullah Lubis Medan. Setelah pindah ke gedung yang sekarang,. Nanyang mulai membuka berbagai tingkat pendidikan mulai dari Playgroup sampai Senior High School (SMA). 

Pemotongan kue ulang tahun yang ke-15 dilakukan oleh Gubsu HT Erry Nuradi didampingi Bupati Sergai Soekirman, Konsul Kehormatan Belanda, Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah Nanyang Zhi Hui Lindawaty Roesli

Dengan dibukanya berbagai tingkat pendidikan tidak lantas membuat jumlah peserta didik  Sekolah Nanyang langsung melesat. Sampai saat ini Sekolah Nanyang hanya memiliki siswa sebanyak 555 orang. Ini karena sekolah tetap berfokus pada kualitas pendidikan itu sendiri dan bukan pada kuantitasnya. Dalam perjalanannya sampai sekarang, sekolah juga mengalami tantangan terutama dalam meyakinkan masyarakat yang tinggal di dekat sekolah.


"Dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, kedisiplinan dan peraturan sekolah dijalankan secara konsisten dengan mengutamakan pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, pembentukan karakter, serta pembekalan kecakapan hidup dan kecakapan sosial," paparnya.

Untuk pembentukan watak sekaligus meningkatkan konsentrasi belajar melalui perkembangan otak kiri dan kanan yang seimbang, peserta didik mengikuti senam otak (brain gym), senam semesta, mempraktikkan latihan napas masuk, napas keluar (breath in, breath out) setiap kali terdengar bel dan lonceng, dan latihan duduk diam (silent sitting). Khusus untuk latihan duduk diam dikemas dalam morning assembly yang dilakukan setiap Selasa sampai Jumat. Morning assembly dibawakan secara bergiliran oleh anggota House.


Dua tahun belakangan ini, kata Lindawaty sekolah Nanyang menerapkan sistem pembagian peserta didik dan guru ke dalam lima kelompok atau yang disebut dengan House. Masing-masing House adalah House of Truth, House of Right Conduct, House of Peace, House of Love, dan House of Non Violence. Nama Houses ini diambil dari lima nilai pokok kemanusiaan yang selaras dengan visi dan misi sekolah.

Selain pembentukan watak dan materi kecakapan hidup, kecakapan sosial juga diberikan dan dipertimbangkan sedemikian rupa. Sekolah Nanyang meramu kurikulum nasional yang telah diperkaya dengan perspektif kurikulum internasional lalu mengintegrasikannya secara harmonis dengan falsafah pendidikan timur dan teknologi ilmiah barat. Di samping materi ilmu pengetahuan, para peserta didik juga dibekali dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang terbagi atas tiga bidang besar, yaitu olahraga, kesenian, serta sains dan teknologi.


"Segala kegiatan siswa tersebut pun didukung dengan kelengkapan fasilitas yang dimiliki sekolah. Sampai saat ini, Sekolah Nanyang Zhi Hui telah memiliki auditorium, perpustakaan, lapangan futsal dan bulu tangkis, ruang-ruang untuk pelajaran alat musik, laboratorium komputer dan sains, mushola, taman sekolah, dan aula," tuturnya.

Sekolah juga melakukan berbagai seminar dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para guru, seperti pelatihan Day of Mindfulness, pelatihan pengintegrasian nilai-nilai pokok kemanusiaan ke dalam pembelajaran, serta berbagai pelatihan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum dan teknologi.


Lindawaty menambahkan, berkat kerja keras dan komitmen dari seluruh elemen (guru, staf, orangtua, dan siswa), berbagai prestasi yang membanggakan berhasil diraih siswa mulai dari tingkat nasional sampai lokal. Tidak sampai di situ, para alumni Sekolah Nanyang pun berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia dan perguruan tinggi di luar negeri.
Editor: James P Pardede

T#g:Hari Pendidikan Nasional 2018JennyLindawaty RoesliNanyang Zhi Hui Medan
Komentar
Rabu, 20 Feb 2019 16:55Berita Sumut

2 Terduga Pencuri Helm Tewas Diamuk Massa di Kampus Unimed

Dua orang pria tewas diamuk massa di kawasan kampus Universitas Negeri Medan (Unimed) pada Selasa (19/2) sore kemarin. Keduanya dituduh mencuri helm saat akan keluar areal kampus.

Rabu, 20 Feb 2019 16:30Nasional

Wapre JK Jajal MRT Bundaran HI - Lebak Bulus, ini Kata JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla menjajal moda transportasi, Mass Rapid Transit (MRT) Fase I yang menghubungkan dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) - Lebak Bulus.

Rabu, 20 Feb 2019 16:17Berita Sumut

Bawa 55 Kg Sabu dan Puluhan Butir Esktasi, Warga Lhokseumawe Dilumpuhkan Polisi

Personel unit 2 Subdit II DitNarkoba Polda Sumut menggagalkan masuknya 55 kilogram sabu dan 10 ribu butir pil ekstasi dari Aceh yang akan diedarkan ke Sumatera Utara. Polisi juga terpaksa melumpuhkan tersangka karena berusaha melarikan diri.

Rabu, 20 Feb 2019 16:15Nasional

Makan Korban, Dentuman Keras Terjadi di Mal Taman Anggrek, Berikut Kronologisnya

Polda Metro Jaya memastikan ada enam orang yang menjadi korban dari ledakan yang terjadi di Mal Taman Anggrek, Jakarta.

Rabu, 20 Feb 2019 16:00Lifestyle

Dunia Hiburan Tanah Air Kembai Berduka, Komedian Senior Nana Krip Tutup Usia

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior, Nana Krip dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (20/2/2019).

Rabu, 20 Feb 2019 15:45Lifestyle

Warga Net Haru Liat Kepedulian Pria ini Dengan Agamanya

Bersedekah merupakan kegiatan yang sangat disukai Allah SWT dan wajib dilakukan oleh umat Islam. Tidak perlu mengeluarkan banyak, sedikit pun akan tetap mendapat pahala.

Rabu, 20 Feb 2019 15:45Berita Sumut

Tiga Satwa Kebun Binatang Ragunan Tambah Koleksi Medan Zoo

Tiga satwa dari Kebun Binatang Ragunan dipindahkan ke Taman Margasatwa Medan (Medan Zoo). Ketiga satwa itu yakni sepasang orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), tiga ekor pelikan timor (Pelacanus conspicillatus) dan seekor capybara (Hydrochoeeus hydrocha

Rabu, 20 Feb 2019 15:30Lifestyle

Semarak Hijab Terus Digandrungi Muslim Milenial Hingga Perusahaan Negara

Seiring dengan movement world hijab day setiap 1 Februari, HIJUP kembali menghadirkan Hijab Celebration Day, berkolaborasi dengan Kementerian BUMN bersama 8 perusahaan BUMN dan anak usahanya di kawasan Bintaro Xchange, Tangerang pada Minggu, (17/02/2019).

Rabu, 20 Feb 2019 15:30Berita Sumut

Bayi Penderita Hidrosefalus di Sibolga Butuh Uluran Dermawan

Bayi penderita Hidrosefalus bernama Afdun Hamdan mengharapkan bantuan para dermawan. Bayi berusia 2 bulan itu butuh biaya untuk penyembuhannya.

Rabu, 20 Feb 2019 15:15Berita Sumut

TNI AL dan TDLM Malaysia Gelar Patkor Malindo di Belawan

Patkor Malindo 143/19 (Patroli Koordinasi Malaysia-Indonesia) antara TNI AL Indonesia dan TLDM Malaysia secara resmi dibuka oleh Danguskamla Armada I di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal l Belawan - Sumatera Utara. Rabu (20/02/2019.)

Rabu, 20 Feb 2019 15:00Nasional

Kasum TNI : Personel TNI Profesional Akan Dicintai Rakyat

Rapat Koordinasi Bidang Personel (Rakorpers) TNI merupakan kegiatan yang sangat penting untuk lebih memantapkan sinergitas pelaksanaan kegiatan pembinaan personel di lingkungan TNI, terutama bagi para pejabat personel dalam rangka mendukung terwujudnya ko

Rabu, 20 Feb 2019 14:45Nasional

Tim Wasrik BPK Periksa Aset Bakamla di Zona Kamla Tengah

Memasuki hari ketiga, Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melaksanakan pemeriksaan terhadap pemeliharaan gedung SPKKL Manembo-nembo, Stasiun Bumi Bitung dan SPKKL Kema serta aset alat Navigasi dan Komunikasi (Navkom)

Rabu, 20 Feb 2019 14:30Berita Sumut

Pelindo Modernisasi Pelabuhan Tanjungbalai Asahan

PT. Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan. Dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan melakukan modernisasi penataan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Bala

Rabu, 20 Feb 2019 13:12Berita Sumut

Ngaku Karyawan PT Waskita Karya, Pria Ini Tipu Warga dengan Modus Bisa Beri Pekerjaan

Polsek Perdagangan mengamankan seorang pelaku penipuan yang mengaku sebagai karyawan PT Waskita Raya. Pelaku berinisial DPI (32) warga huta III Nagori Lambau Kecamatan Bandar, Simalungun ini mengaku kepada warga bisa memberikan pekerjaan di perusahaan BUM

Rabu, 20 Feb 2019 12:51Berita Sumut

Budidayakan Tanaman Ganja di Belakang Rumah, Andes Digelandang ke Kantor Polisi

Personil Polsek Bandar Pulau meringkus seorang warga di kawasan Dusun V Pergambiran desa Gunung Berkat kecamatan Bandar Pulau Asahan karena menanam pohon ganja. Tersangka berinisial ECD alias Andes (33) diboyong ke kantor polisi berikut 4 batang pohon gan

Rabu, 20 Feb 2019 12:36Berita Sumut

Kapolda Sumut Ta'ziah ke Rumah Jurnalis Senior di Medan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto melayat ke rumah duka Almarhum H Baharuddin yang tutup usia 75 tahun di jalan Pendidikan Gang Sempurna (Starban) Medan Polonia.