• Home
  • Berita Sumut
  • Pendidikan Vokasi Pariwisata Sangat Penting dalam Pengembangan Wisata Danau Toba

Pendidikan Vokasi Pariwisata Sangat Penting dalam Pengembangan Wisata Danau Toba

faeza Rabu, 11 Juli 2018 16:15 WIB
mtc/ist
Pendidikan vokasi pariwisata sangat penting dan strategis dalam mengembangkan wisata Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut). Apalagi, Danau Toba merupakan salah satu dari tiga kawasan yang merupakan prioritas nasional, selain Kawasan Borobudur di Jawa Teng
MATATELINGA, Medan: Pendidikan vokasi pariwisata sangat penting dan strategis dalam mengembangkan wisata Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut). Apalagi, Danau Toba merupakan salah satu  dari tiga kawasan yang merupakan prioritas nasional, selain Kawasan Borobudur di Jawa Tengah dan Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat.


Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA ketika membuka Rapat Sinkronisasi Potensi Kerja Sama Bidang Pendidikan Vokasi Pariwisata dan Kerjasama Transportasi di Wilayah Kawasan Danau Toba, Rabu (11/7) di Hotel Le Polonia Medan.

Menurut Pj Gubsu Eko Subowo, untuk pengembangan kawasan Danau Toba, sektor pariwisata dan perhubungan (tranportasi) merupakan faktor penunjang yang cukup penting. "Pendidikan vokasi sektor pariwisata memang sangat diperlukan dalam rangka pengembangan ini. Banyak bidang pada sektor pariwisata tersebut, seperti hotel dan restoran, kuliner, UMKM dan lainnya. Paling susah adalah yang menyangkut sosial budaya masyarakat," ujarnya


Untuk budaya Sumut dengan sebutan "Body Rambo Hati Rinto", lanjut Eko, perlu upaya pembenahan guna menarik wisatawan. Karena wisatawan melihat apa yang kelihatan di luar. "Tak bisa dilihat apa yang di dalam hati. Dalam hati siapa yang tahu," ucapnya.

Selain itu, untuk bidang perhubungan, Eko menceritakan bahwa dirinya sejak dulu telah mengetahui bahwa Danau Toba itu sangat indah, luas dan letaknya di atas sehingga cuacanya sejuk. Masalahnya bagaimana dari daerah lain bisa sampai ke kawasan tersebut.

Bandara Silangit, lanjut Eko, adalah contoh bagaimana perhubungan bisa membuka isolasi, sehingga objek wisata itu bisa di akses wisatawan. Karena itu, infrastruktur yang sudah dibangun harus terus dijaga. Jangan sampai apa yang sudah dibangun ini rusak citranya, karena tata kelola yang kurang baik. "Ada infrastruktur dan ada tata kelola yang baik," ucapnya.


Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Kasubbid Kerjasama dan Penyelesaian Perselisihan antar Daerah Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Jamiko mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi terwujudnya inisiasi perumusan kesepakatan bersama, antara pemerintah daerah dengan industri/swasta dalam pengembangan pendidikan vokasi, khususnya terkait dengan pariwisata di kawasan Danau Toba. "Juga akan dibahas kerjasama antar daerah di kawasan Danau Toba di bidang transportasi untuk pelayanan publik," ujar Jamiko.

Sedangkan peserta rapat sinkronisasi ini terdiri dari pejabat Provinsi Sumatera Utara yang membidangi kerja sama dan perhubungan, Dirut Badan Otorita Danau Toba dan para OPD kabupaten se kawasan Danau Toba, serta stakeholder terkait.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerjasama Kemendagri Sugiarto SE MSi, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, para Kepala OPD Provsu dan kabupaten/kota, Bupati se kawasan Danau Toba.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:Berita SumutPemko MedanPengembangan Wisata Danau TobaTerkini
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 15:30Berita Sumut

Sebar Hoax Bom Surabaya Pengalihan Isu, Oknum Dosen USU Dituntut 1 Tahun Penjara

Dosen USU Himma Dewiyana Lubis (45) dituntut setahun penjara akibat postingannya di media sosial yang dianggap melanggar UU ITE. Dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Senin, 22 Apr 2019 14:54Berita Sumut

HUT Ke-55 Dharma Pertiwi, Momentum Eratkan Persaudaraan, Kesejahteraan dan Kemajuan Organisasi

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi Tahun 2019, diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengeratkan ikatan persaudaraan untuk kesejahateraan anggota dan kemajuan organisasi.

Senin, 22 Apr 2019 14:32Berita Sumut

Ketua DPRD Madina Sebut Presiden Tolak Pengunduran Diri Bupati Lewat Bobby

Permohonan pengunduran diri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ditolak Presiden Jokowi. Penolakan itu disampaikan Presiden langsung via telepon menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Senin, 22 Apr 2019 13:53Berita Sumut

Kawal Kotak Suara, Aiptu Martin Sembiring Kritis Alami Laka Lantas

Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Sembiring, anggota Babinkamtibmas Polres Padangsidimpuan yang kondisinya kritis dan tak sadarkan diri, pasca mengalami kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas mengawal kotak suar

Senin, 22 Apr 2019 13:24Berita Sumut

Usai Pemilu, Eldin Berharap Istilah Cebong dan Kampret Dihilangkan

Walikota Medan Dzulmi Eldin berharap masyarakat menghilangkan istilah Cebong dan Kampret usai Pemilu. Kedua istilah ini dinilai sangat negatif dan telah mengkotak-kotakan masyarakat.

Senin, 22 Apr 2019 13:09Berita Sumut

Usai Bunuh Adik Ipar, Pria Sepuh Ini Serahkan Diri ke Polisi

Seorang pria tua berusia 76 tahun berinisial PS warga Dusun Bertungen Jehe I Desa Sukandebi Kecamatan Tigalingga, Dairi menyerahkan diri ke Kantor Polsek Tigalingga usai membunuh adik iparnya, Tiurmina Br Ginting (70) pada Minggu (22/4/2019).

Senin, 22 Apr 2019 12:46Berita Sumut

Ini Tanggapan Gubsu Soal Soal Surat Pengunduran Diri Bupati Madina

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi hingga saat ini mengaku belum menerima surat pengunduran ‎diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution secara resmi. Sejauh ini dia hanya mengaku mendengar dari berita.

Senin, 22 Apr 2019 10:00Lifestyle

Deddy Corbuzier Peluk Lucinta Luna

Lucinta Luna terlibat adu argumen dengan Deddy Corbuzier yang terlihat melalui Instagram Live milik pelantun Jom Jom Manjalita itu, Minggu (21/4/2019)

Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,