• Home
  • Berita Sumut
  • Pengamat : Tingginya Angka Kriminalitas Karena Kebijakan Pemerintah yang Tidak Pro Rakyat

Pengamat : Tingginya Angka Kriminalitas Karena Kebijakan Pemerintah yang Tidak Pro Rakyat

Faeza Jumat, 10 November 2017 08:00 WIB
MATATELINGA, Medan:  Maraknya pelaku 3C (Curanmor,Curat dan Curas) membuat Kota Medan menjadi kota yang angker untuk masyarakat dan pengendara sepeda motor. Angka kriminalitas jug aemakin tinggi dari hari ke hari.

Pengamat Sosial FISIP USU Yurial Arief Lubis membeberkan apa sebenarnya akar permasalahan maraknya begal di Kota Medan. Dari kacamata sosial, Yurial beranggapan tingginya angka kriminalitas disebabkan faktor kesejahteraan masyarakat.

"Ini akibat dari kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat. Pemko Medan lepas tangan dengan wacana begal ini. Apalagi angka krimialitas yang tinggi karena tingkat kesejahteraan yang sangat rendah jadi pemicunya," Kata Yurial dalam diskusi yang digelar oleh Barisan Anti Kriminalitas (Ribak) Kota Medan di LLPM Cikal USU, Kamis (9/11/2017).

Yurial juga bilang, selama ini pemerintah hanya fokus pada pembangunan infrastruktur. Sedangkan untuk kesejahteraan masyarakat sangat minim. Artinya, masyarakat yang miskin memilih menggunakan bermacam cara untuk memenuhi kehidupannya.

Dia pun menanggapi soal tindakan tembak langsung kepada pelaku kriminalitas yang dilakukan polisi belakangan ini. Menurutnya itu hal yang salah dalam perspektif sosial. Apalagi hukum diciptakan untuk kebijaksanaan.

Yurial beranggapan, solusi untuk mengurangi angka kriminalitas di Kota Medan adalah dengan mensejahterakan masyarakat. Pemerintah harus mengeluarkan kebijakan yang pro rakyat.

Setiap tahunnya jumlah penduduk miskin di Kota Medan terus bertambah. Berdasarkan update data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir tahun 2015, kata Yurial, angka kemiskinan Kota Medan 420.208 penduduk.

"Untuk tindakan pencegahan tindak kriminalitas bukan ansih harus dilakukan kepolisian. Pemerintah juga bertanggung jawab. Jangan jadikan polisi ini sebagai tameng," tandas Yurial.

Sementara itu, Kanit Bintibmas Sat Binmas Polrestabes Medan Ajun Komisaris Torang Niari Sinaga megatakan, angka kriminalitas juga dipicu dari maraknya penyalahgunaan narkoba. Kepolisian sudah melakukan cara pre emtif, preventif dan represif.

Soal tindakan tegas terukur yang dilakukan untuk para pelaku kriminalitas, Torang Niari bilang itu sudah sesuai prosedur. Apalagi para pelaku sampai melukai korban dan sampai menghilangkan nyawa.

"Ini lah pertimbangan dari pihak kepolisian. Apakah ini melanggar HAM atau tidak, Kami melakukan itu pasti sudah menerima pendapat-pendapat dari pihak lain. Kami mendapat banyak masukan," jelas Torang. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:aksi begalkirminalitasPemko Medan
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:35Berita Sumut

Gubsu Beri Penghargaan Penggiat Peduli Kebencanaan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi memberikan penghargaan kepada 11 orang dan 8 lembaga

Jumat, 27 Apr 2018 09:22Nasional

Rizieq Shihab Restui Alumni 212 Bertemu Jokowi: Utamakan Dialog

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab telah merestui sejumlah petinggi Persaudaraan Alumni 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama bertemu Presiden Joko Widodo. Rizieq menilai dialog harus diutamakan terhadap penyelesaian kasus dug

Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,