Perayaan Navaratri, Akhyar : Medan Rumah Semua Umat Beragama

Faeza Rabu, 09 Oktober 2019 17:00 WIB
Mtc/ist
Perayaan Navaratri yang berlangsung khidmat dan meriah tersebut mendapat apresiasi dan sambutan baik dari Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi. Dinilai Wakil Wali Kota, antusias dan semangat Umat Hindu dalam merayakan Navaratri menjadi wujud ketaata
MATATELINGA, Medan: Ratusan umat Hindu Kota Medan merayakan Navaratri 2019 di Shri Mariaman Kuil, Gang India, Jalan H M Said Medan, Kecamatan Medan Perjuangan, Selasa (8/10) malam. Dalam kepercayaan Umat Hindu, Navaratri merupakan hari  atau lambang kemenangan bagi Dewi Chamundeswari karena telah berhasil melawan dan membunuh setan jahat Mahishasura. Untuk itulah, perayaan ini diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur.







Sebelum menuju Kuil, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi yang hadir bersamaan dengan Ketua DPRD Medan Hasyim terlebih dahulu disambut dengan iringan musik serta dipakaian kain khas Umat Hindu sebagai ucapan selamat datang. Selanjutnya, sesaat sebelum masuk ke dalam Kuil, seluruh tamu terlebih dahulu mencuci kaki untuk membersihkan diri. Selanjutnya, para tamu disuguhi Tarian Bardhenatio sebagai salam pembuka.

Perayaan Navaratri yang berlangsung khidmat dan meriah tersebut mendapat apresiasi dan sambutan baik dari Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi.   Dinilai Wakil Wali Kota, antusias dan semangat Umat Hindu dalam merayakan Navaratri menjadi wujud ketaatan sekaligus memberi warna bagi keragaman suku, agama dan budaya di Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis.







"Kami (Pemko Medan) mengaku bangga dan menaruh apresiasi tinggi pada perayaan Navaratri 2019 ini. Sebab, perayaan ini menjadi bentuk keragaman budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Untuk itu, hendaknya makna dari perayaan ini dapat dimaknai dengan seksama sehingga nilai baik yang terkandung dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Wakil Wali Kota.

Selanjutnya, Wakil Wali Kota mengungkapkan bahwa jajaran Pemko Medan senantiasa siap untuk hadir dalam setiap kesempatan perayaan hari besar seluruh umat beragama di Kota Medan. Sebab, jelas Wakil Wali Kota, Kota Medan merupakan rumah bagi siapa saja tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).







"Siapapun punya kesempatan yang sama untuk memperingati, merayakan dan mengekspresikan setiap keyakinan dan kepercayaannya masing-masing. Sebab Medan adalah rumah kita, rumah kita bersama, milik kita semua. Semoga perayaan ini semakin mempererat dan memperkokoh rasa kebersamaan tidak hanya bagi umat Hindu tapi juga seluruh umat beragama di Kota Medan," pesannya.

Sebelumnya, Ketua Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Medan Surya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan sambutan baik semua pihak termasuk Wakil Wali Kota. Dirinya berharap perayaan perayaan Navaratri dapat berlangsung lebih meriah dan menarik di tahun berikutnya. Untuk itu, pihaknya minta dan berharap dukungan semua pihak khususnya Pemko Medan.







"Terima kasih kami ucapkan atas dukungan semua yang hadir. Semoga perayaan ini memberi keceriaan bagi kita semua. Melalui ini juga kami mengajak semua umat khususnya umat Hindu untuk meningkatkan hal baik dalam diri agar memberi manfaat bagi sesama umat manusia," bilangnya.

Sebelum meninggalkan Kuil, Wakil Wali Kota dan Ketua DPRD Medan diberikan cinderamata wujud ungkapan terimakasih. Selanjutnya, Wakil Wali Kota beranjak keluar Kuil untuk kemudian melepas Kereta Kencana yang akan diarak berkeliling Kota Medan sebagai pertanda puncak perayaan Navaratri tersebut. (mtc)
Editor: faeza

T#g:Akhyar Medan Rumah Semua Umat BeragamaBerita SumutPemko MedanPemko MedanPerayaan NavaratriTerkiniMedan
Komentar
Kamis, 24 Okt 2019 08:30Nasional

KPK Imbau Kabinet Indonesia Maju Segera Laporkan LHKPN

Sebagi bentuk pencegahan dari tindak pidana korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi mengimbau para menteri di Kabinet Indonesia Maju

Kamis, 24 Okt 2019 08:15Nasional

Prancis Open 2019, ini Hasil Wakil Indonesia di Hari Kedua

Prancis Open 2019. Sebanyak tujuh wakil Indonesia berlaga di hari kedua, Rabu 23 Oktober 2019

Kamis, 24 Okt 2019 08:00Nasional

Harus Diselesaikan, ini Sederet PR 19 Menteri Ekonomi

Kabinet Indonesia Maju baru dilantik. Presiden Joko Widodo menitip pesan, dia meminta 34 menteri membantu

Kamis, 24 Okt 2019 07:45Bola

Liga Champions 2019-2020, Kamis 24 Oktober 2019, ini Hasil Laganya

Sejumlah pertandingan seru dan menegangkan tersaji di matchday ketiga Liga Champions 2019-2020 yang dihelat

Kamis, 24 Okt 2019 07:30Lifestyle

Makanan Halal Antarkan Pria Jepang Masuk Islam

Seorang pria Jepang, Kazushige Kobayashi menceritakan kisahnya menjadi seorang mualaf

Kamis, 24 Okt 2019 07:15Internasional

Fitriani Lolos ke Babak Kedua Prancis Open 2019

Babak pertama ajang Prancis Open 2019. Tunggal putri Indonesia, Fitriani, meraih hasil positif

Kamis, 24 Okt 2019 07:00Bola

Liverpool Curi Tiga Poin atas KRC Genk

Liga Champions 2019-2020. Liverpool meraih hasil positif saat menghadapi wakil Belgia, KRC Genk di fase grup

Kamis, 24 Okt 2019 06:45Bola

Barcelona Menang Tipis 2-1 di Markas Slavia Praha

Laga lanjutan fase grup Liga Champions 2019-2020. Barcelona meraih tiga poin saat bertandang ke markas wakil Republik Ceko, Slavia Praha

Kamis, 24 Okt 2019 06:30Berita Sumut

PAUS Sikat Tiga Pelaku Tindak Kejahatan Narkoba Di Asahan

Tim PAUS yang merupakan tim Satuan Tugas (Satgas) Preventif bentukan Sat.Res.Narkoba Polres Asahan yang bekerja sama bersama unsur masyarakat serta instansi terkait lainnya dalam memerangi serta memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Asahan

Kamis, 24 Okt 2019 06:15Berita Sumut

Fraksi PAN DPRD Medan, Edi Saputra Minta Usut Tuntas Dalang Pengrusakan Masjid

Masyarakat Kota Medan khususnya umat Islam mengecam keras pengrusakan Masjid Amal Silaturrahim di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, yang terjadi Selasa (22/10/2019) malam.

Kamis, 24 Okt 2019 06:00Nasional

Personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Gelar Latihan Menembak Senjata Kelompok

Personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Konga XXIII-N Unifil yang saat ini sedang melaksanakan Pre Deployment Training (PDT) di daerah latihan PMPP TNI, Sentul, Bogor, dalam dua hari terakhir melaksanakan latihan menembak senjata kelomp

Kamis, 24 Okt 2019 05:45Nasional

Puluhan Pencuri Sadis Dibekuk Polisi

Dikenal sadis dan tak segan melukai korban jika aksinya kepergok. Sebanyak 27 pelaku pencurian

Rabu, 23 Okt 2019 21:15Berita Sumut

Akhirnya, Fakultas Kedokteran UMI Medan Peroleh Akreditasi "B"

Setelah bertahun-tahun hanya menyandang predikat akreditasi C, Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) Medan akhirnya pecah telur dan menanjak satu tingkat dengan diperolehnya akreditasi"B" dari Perkumpulan Lembaga Akreditas

Rabu, 23 Okt 2019 19:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Laksanakan Pertemuan Dengan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia

Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah menerima kunjungan kemitraan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia, Selasa (22/10/2019).

Rabu, 23 Okt 2019 18:45Berita Sumut

Hari Pertama Ops Zebra Toba, Puluhan Pengendara Ditilang di Depan Mapolres Pelabuhan Belawan

Di hari pertama Sat Lantas Polres Pelabuhan Belawan mengelar Operasi Zebra Toba 2019 di depan Mapolres Pelabuhan Belawan, Rabu (23/10/2019). Dalam Operasi Zebra Toba 2019 ini, puluhan kendaraan terjaring, baik itu sepeda motor, mobil pribadi maupun mobil

Rabu, 23 Okt 2019 18:27Berita Sumut

BNNK dan Polres Simalungun Sosialisasi Bahaya Narkoba

Guna meningkatkan wawasan dan menekan jumlah penyalahan narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Simalungun melakukan sosialisasi bahaya narkoba di Lormes Kelurahan Perdagangan 1 Kecamatan Bandar,kabupaten Simalungun, Rabu (23/10).