• Home
  • Berita Sumut
  • Peringatan HANI 2019, Gubsu Sebut Sinergisme dan Keimanan Kunci Lawan Narkoba

Peringatan HANI 2019, Gubsu Sebut Sinergisme dan Keimanan Kunci Lawan Narkoba

faeza Rabu, 26 Juni 2019 17:43 WIB
Matatelinga.com
Gubernur Sumut Edy Rahmaydi menghadiri kegiatan Hari Anti Narkotika Internasiolnal (HANI) tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Rabu (26/6/2019). Gubernur menyebut sinergisme dari semua kelompok serta kekuatan ima
MATATELINGA, Medan:  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebut sinergisme dari semua kelompok serta kekuatan iman menjadi kunci utama dalam melawan dan memberantas narkoba. Hal ini disampaikannya usai menghadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019, di Halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30, Medan, Rabu (26/6/2019).


"Perkuat iman itu adalah segala-galanya, yang membentengi diri dari godaan-godaan seperti narkoba ini. Kemudian, bersatu-padu kita selesaikan masalah narkoba ini. Pemerintah, rakyat, sama-sama. Selama sifatnya masih terus-menerus seremonial, tak bisa kita selesaikan. Niat dan tekad kuat, motivasi, dan iman yang harus terus kita tingkatkan," ujar Gubernur.

Gubernur menilai peringatan HANI yang bersifat seremonial tetap penting untuk diselenggarakan. Namun, yang lebih penting adalah implementasinya di lapangan. Apalagi jika kampanye anti narkotika dilakukan seperti  kampanye Pilpres yang lalu, tentu hasilnya akan luar biasa.


"Apabila kampanye narkoba ini kita lakukan seperti kampanye Pilpres lalu, semua ngotot untuk saling memenangkan, tentu hasilnya akan luar biasa. Coba kita menangkan Republik Indonesia ini untuk bersih dari narkoba. Insya Allah habis narkoba ini. Kita tanya pada diri masing-masing, apakah kita sudah punya cukup keimanan dan tekad untuk melawan narkoba ini, kalau belum tak akan pernah selesai narkoba ini," ucap Edy Rahmayadi.

Sebelumnya, Edy juga membacakan pidato Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada Peringatan HANI 2019. Disebutkan, penanggulangan permasalahan narkotika harus dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa. Caranya, melalui pendekatan hukum dan pendekatan kesehatan, sosial, serta pendidikan.

"Oleh karena itu dukungan seluruh elemen bangsa sangat dibutuhkan dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan oleh rakyat. Marilah berjuang bersama, bekerja sekuat tenaga, menjadikan negara kita bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Karena jika masyarakat sehat maka negara akan kuat," sebutnya.


Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut Atrial menyebutkan, tema yang diusung pada Peringatan HANI 2019 ialah "Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas". Tema ini dipilih karena generasi milenial merupakan calon pemimpin bangsa. Bila gagal dalam mendidik mereka, maka sama dengan gagal membangun suatu bangsa.

"Saat ini, berdasarkan hasil rilis Badan Narkotika Internasional, terdapat 803 narkotika jenis baru yang beredar di dunia dan 74 telah beredar di Indonesia. Kemudian tahun 2018, BNN bersama dengan LIPI mengungkap bahwa prevalensi penyalahgunaan narkotika pada kelompok pelajar dan mahasiswa sebesar 3,21 % atau setara 2.297.492 orang. Pada kelompok pekerja sebesar 2,1 % atau 1.514.000 orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, Atrial menginformasikan bahwa saat ini BNN telah memiliki 16 satuan kerja di wilayah Provinsi Sumut, yakni terdiri dari 1 BNN Provinsi dan 15 BNN kabupaten/kota. Adapun capaikan kinerja BNNP Sumut dua tahun terakhir yaitu telah terlaksana sebaran informasi sebanyak 3.543.314 atau setara dengan 24.84 persen dari penduduk Sumut. Kemudian, terbentuk relawan anti narkotika sebanyak 1688 dan penggiat narkotika sebanyak 1400 orang. Pada tahun 2018, berkas kasus tidak pidana narkotika yang terungkap sebanyak 118 dan tindak pidana pencucian uang sebanyak 5 kasus dengan jumlah tersangka 142 orang.

"Pada tahun 2018, jumlah klien yang direhabilitasi berupa rawat jalan berjumlah 920 orang dan rawat inap sebanyak 190 orang. Pada tahun 2017, diketahui prevalensi penyalahgunaan narkotika di Sumut adalah 2,53 % atau setara 256.000 jiwa terpapar narkoba," jelasnya.

Adapun beberapa rangkaian peringatan HANI yakni dilaksanakan penyerahan Piagam dan Plakat Penghargaan P4GN kepada penggiat anti narkoba oleh Gubernur, penampilan teater dan akustik dari pecandu yang telah pulih, testimoni dari pecandu yang telah pulih, dan dilanjutkan dialog interaktif P4GN. Saat itu, dilakukan pula penandatanganan komitmen anti narkotika dan pelepasan balon sebagai lambang peringatan HANI 2019.

Turut hadir dalam peringatan HANI 2019 yakni, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah beserta unsur forkopimda Sumut atau yang mewakili, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, OPD dan ASN Pemprov Sumut, BUMN/BUMD, dan masyarakat umum.(mtc)
Editor: faeza

T#g:HANI 2019Matatelingamatatelinga.commatatelinga comPemprovsuTerkiniGubsu Edy Rahmayadi
Komentar
Jumat, 15 Nov 2019 07:51Berita Sumut

Pelindo I Tanda Tangani Optimalisasi Pelabuhan Tanjung Kuala Tanjung

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama Port of Rotterdam Authority dan Zhejiang Provincial Seaport Investment & Operation Group Co, Ltd. menandatangani Head of Agreement (HoA) untuk optimalisasi pengembangan Pelabuhan Hub Internasi

Jumat, 15 Nov 2019 07:22Berita Sumut

Bupati Sergai Resmikan Kampung Budaya Jawa di Sei Rampah

Bupati Sergai meresmikan Kampung Ibus Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah

Jumat, 15 Nov 2019 07:00Ekonomi

Mentri BUMN: Kepastian Mantan Guber DKI Pimpin BUMN, Tunggu Saja Bulan Desember

Kepastian posisi mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) di pucuk pimpinan BUMN akan terjawab awal Desember, hal tersebut dikatakan Menteri BUMN Erick Thohir.

Jumat, 15 Nov 2019 06:45Ekonomi

Surplus Transaksi modal dan Finansial (TMF) pada Triwulan II 2019 Mencapai US$ 7,1 Miliar

Neraca pembayaran Indonesia (NPI) di kuartal kedua tercatat defisit US$ 2,0 miliar. Tapi untuk seluruh semester pertama, NPI masih surplus US$ 400 juta. Perkembangan ini ditopang surplus neraca transaksi modal dan finansial, serta defisit neraca transaksi

Jumat, 15 Nov 2019 06:30Bola

Moldova Sempat Buat Kewalahan Timnas Prancis

Laga lanjutan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 pada Jumat (15/11/2019) dini hari WIB,Tim Nasional (Timnas) Prancis sukses mengalahkan Moldova

Jumat, 15 Nov 2019 06:15Nasional

Maluku Utara di Guncang Gempa

Gempa terjadi sekira Pukul 23.17 WIB, Kamis (14/11/2019) di 137 Km Barat Laut Jailolo, Malut dengan kedalaman 73 Km.

Jumat, 15 Nov 2019 06:00

Kenapa Willian Menggap Pesepakbola Terbaik Ronaldinho, Bukan Mesi dan Ronaldo...?

Dua pesepakbola yang diakui bahwa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldose terbaik dalam sejarah. Akan tetapi, bagi winger Chelsea, Willian Borges, pesepakbola terbaik sepanjang masa adalah Ronaldinho.

Kamis, 14 Nov 2019 21:30Nasional

Kemendagri Sukses Selenggarakan Rakornas Terbesar Bertajuk Indonesia Maju

Kementerian Dalam Negeri sukses menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda. Rakornas tersebut bahkan disebut-sebut sebagai Rakornas terbesar dan terpenting yang pernah dialami Presiden Joko Widodo

Kamis, 14 Nov 2019 21:15Nasional

DIPA Pemprov Sumut Tahun 2020 Sebesar Rp7,9 T

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2020, bersama beberapa kepala daerah lainnya langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi),

Kamis, 14 Nov 2019 21:00Nasional

Panglima TNI Terima Audiensi Ketua KPU

Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos. dan Waka Babinkum TNI Brigjen TNI Dr. Wahyu Wibowo, S.H., M.H., me

Kamis, 14 Nov 2019 20:45Berita Sumut

Polres Tanjungbalai Perketat Penjagaan Pasca Bom Bunuh Diri di Medan

Polres Tanjungbalai memperketat penjagaan pasca insiden bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan

Kamis, 14 Nov 2019 20:30Berita Sumut

Edarkan Narkoba Jenis Sabu, Mersakan Dinginnya Terali Besi

Pengedar narkoba diwilayah hukum Polsek Patumbak, harus merasakan dinginnya terali besi. Pasalnya, saat beraksi, diketahui oleh Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Patumbak, hingga diringkus.

Kamis, 14 Nov 2019 20:15Berita Sumut

Pelajar SMA Jiwanya Tak Terselamatkan Perjalanan ke Rumah sakit

Seorantg pelajar SMA, warga Jalan Jalan Baut Lingkungan ll Kelurahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan Kota Medan,jiwanya tak dapat tertolong dalam perjalanan ke Rumah Sakit

Kamis, 14 Nov 2019 20:07Berita Sumut

Dikabarkan, , Sudah 12 Orang Diamankan, Terkait Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Beredar dilapangan terkait dengan aksi bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan

Kamis, 14 Nov 2019 20:00Berita Sumut

Ajib Shah : Perlu Percepatan Pembangunan Sumut Bermartabat

Saat ini infrastruktur di Sumatera Utara masih kurang maksimal. Makanya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara perlu melakukan percepatan pembangunan demi Sumut yang lebih baik dan bermartabat, Ucap Politisi Golkar H Ajib Shah kepada Wartawan

Kamis, 14 Nov 2019 19:45Berita Sumut

Wakil Ketua DPRD Medan: Dinas PU Medan Diharapkan Perbaiki Drainase Sei Agul

Antonius Devolis Tumanggor selaku Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPRD Medan, minta Pemko melalui Dinas PU Kota Medan prioritaskan perbaikan drainase di Jalan Danau Singkarak Gang Saudara Kelurahan Sei Agul Kec Medan Barat. Pasalnya, setiap turun hujan, rumah