• Home
  • Berita Sumut
  • Perintis dan Pejuang Kemerdekaan Merupakan Anak Bangsa Terbaik

Perintis dan Pejuang Kemerdekaan Merupakan Anak Bangsa Terbaik

Faeza Jumat, 10 Agustus 2018 16:00 WIB
mtc/ist
Pj Gubsu Eko Subowo pada acara ramah tamah dan silaturahmi dengan janda perintis dan pejuang kemerdekaan dalam rangka menyambut HUT ke-73 Republik Indonesia tahun 2018 sekaligus peringatan Hari Veteran Nasional, di halaman kantor Gubsu, Medan, Jumat (10/8
MATATELINGA, Medan: Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengatakan perintis dan pejuang kemerdekaan merupakan anak bangsa terbaik yang telah berkoban jiwa dan raga. Hal itu dilakukan demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Hal tersebut disampaikan Pj Gubsu pada acara ramah tamah dan silaturahmi dengan janda perintis dan pejuang kemerdekaan dalam rangka menyambut HUT ke-73 Republik Indonesia tahun 2018 sekaligus peringatan Hari Veteran Nasional, di halaman kantor Gubsu, Medan, Jumat (10/8/2018).

Untuk itu, mengadakan agenda peringatan pejuang kemerdekaan tahunan perlu dilakukan. "Ramah tamah ini merupakan agenda tahunan Pemprovsu untuk mengenang, menghormati, menimba pengalaman dan kepeloporan, serta keperintisan jasa para pejuang," ujar Eko Subowo yang didampingi  Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus dan Kepala Biro Bina Sosial Muhammad Yusuf.


Dikatakannya, agenda ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan nasional yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk menjaga NKRI. "Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya," katanya.

Eko yakin, keluarga perintis kemerdekaan dan para pejuang tidak pernah berhenti berkontribusi untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan. "Meski sudah tidak muda lagi, kita semua bisa berkontribusi di bidang apa saja, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing," ujarnya.


Diharapkan, ke depan, para pejuang di Sumatera Utara agar dapat terus berkiprah di berbagai lapangan kehidupan, terutama dalam penerusan nilai-nilai kejuangan dan keperintisan kepada generasi muda. Menggelorakan semangat baru untuk membangun Indonesia, khususnya Sumatera Utara. "Hal itu sejalan dengan yang telah dicita-citakan oleh para pendahulu," harapnya.

Ketua Umum Dewan Harian Daerah 45 Nurdin Lubis mengatakan bangsa dan negara masih membutuhkan tenaga veteran. "Kita di usia seperti ini tidak boleh berhenti mengabdi kepada negara," katanya.

Nurdin mengharapkan silaturahmi antara Pemprovsu dan keluarga pejuang tidak hanya sekadar seremonial. "Ada makna yang terkandung di dalamnya yakni meningkatkan silaturahmi antara pemerintah dan perintis kemerdekaan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia wilayah Sumatera Utara Alaudin AE mengapresiasi agenda tahunan yang diadakan Pemprovsu tersebut. "Terima kasih Pemprovsu yang telah mengadakan agenda ini setiap tahun," katanya.

Alaudin mengatakan keluarga perintis dan pejuang kemerdekaan punya hubungan emosional dengan perjuangan di Indonesia. "Tidak hanya perjuangan di Sumatera Utara, tentu kita semua punya hubungan emosional dengan semua pejuang di Indonesia yang telah mendahului kita," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemprovsu juga memberikan bingkisan kepada 4 keluarga perintis, 500 pejuang Kemerdekaan, serta 7 keluarga pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Utara.

Turut hadir Kakanwil Pertahanan Kol Azhar Mulyadi, Wakil Walikota Medan H Akhyar Nasution, Kepala OJK Regional Sumbagut Lukdir Gultom, Kepala BPKP Sumut Sihar Panjaitan, Ketua PWRI Sumut Hasban Ritonga, Ketua PEPABRI Sumut H M Ali Imran Siregar, seluruh organisasi veteran dan pejuang di Sumatera Utara, dan seluruh tamu undangan.(mtc)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaNKRIPerintis dan PejuangTerkini
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Tersangkut Kasus Penipuan, Nasib Bonaran Situmeang Ditangan Kejati Sumut

Berkas perkara dugaan penipuan dan pencucian uang tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bonaran Situmeang telah dilimpahkan Poldasu ke Kejaksaan.

Jumat, 16 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Mengaku Sebagai Polisi, Tiga Bandit Ini Dipelor Polisi Sungguhan

Polsek Medan Barat meringkus tiga orang pelaku kejahatan Curanmor yang mengaku sebagai polisi setiap menjalankan aksinya. Berdasarkan pemeriksaan, ketiganya tercata sudah empat kali melancarkan aksi kejahatan dengan menyamar sebagai polisi.

Jumat, 16 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Mau Tahu 21 Tokoh Sumut yang Memotivasi? Baca Buku Ini

Buku berjudul "Sumut Bangga 21 Tokoh Yang Memotivasi" diluncurkan di Omerta Kafe Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Jumat (16/11).

Jumat, 16 Nov 2018 16:25Berita Sumut

Taiwan Excellence Cara Pemerintah Taiwan Penetrasi Produk Ke Indonesia

Taiwan terus menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar paling potensial untuk produk-produk unggulan mereka. Penetrasi pasar pun terus dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 15:46Berita Sumut

Dinas PMPTSP Kota Medan Didesak Tingkatkan Pelayanan

Panitia Khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019, mendesak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Medan supaya meningkatkan pelayanan pengurusan izin bagi pelaku usaha. Sama halnya lintas kordinasi sesama Satuan Kerja Perang

Jumat, 16 Nov 2018 15:24Berita Sumut

Hujan Lebat Bakal Melanda Lima Hari Kedepan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika selama lima hari kedepan, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda oleh hujan lebat.

Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.

Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),